Yang Dimaksud Dengan Hasil Sampingan Sayuran Adalah?

Yang Dimaksud Dengan Hasil Sampingan Sayuran Adalah
Bahan pangan hasil samping sayuran adalah bahan samping atau bagian lain yang dihasilkan dari tanaman sayuran (selain dari pada bahan pangan utama sayuran) yang masih bisa dimanfaatkan.

Apa yang dimaksud dengan hasil sampingan?

Yang Dimaksud Dengan Hasil Sampingan Sayuran Adalah Pixabay Kulit udang, kepiting, dan lobster adalah hasil samping yang digunakan untuk keperluan industri dan obat-obatan. Bobo. id – Indonesia memiliki industri perikanan dan peternakan yang berjalan dengan baik. Hasil industri perikanan dan peternakan ini kita gunakan sehari-hari, misalnya produk makanan berupa daging ikan dan daging unggas.

  • Sama seperti industri lainnya, pengolahan perikanan dan peternakan juga menghasilkan hasil samping, lo.
  • Hasil samping merupakan sisa atau limbah dari proses pengolahan.
  • Jadi, selain daging yang kita nikmati sebagai hasil industri, perikanan dan peternakan memiliki sisa pemrosesan.
  • Hasil samping ini bisa juga digunakan sebagai bahan baku industri yang lain, lo! Mari mengindentifikasi hasil samping perikanan dan peternakan berdasarkan contoh-contoh di bawah ini, yuk! 1.

Industri Udang Produk yang dihasilkan: olahan udang. Baca Juga: Aktivitas Penduduk yang Dominan Terjadi di Wilayah Pantai Hasil samping yang dimanfaatkan: kulit udang yang mengandung senyawa kitin. Manfaat hasil samping: kitin merupakan bahan dasar untuk bahan-bahan kimia seperti obat-obatan, pakan ternak, industri kertas, industri tekstil, pengawet makanan, dan antibiotik.2.

  1. Industri Ikan Tuna Produk yang dihasilkan: daging ikan.
  2. Hasil samping yang dimanfaatkan: minyak ikan tuna yang mengandung gelatin.
  3. Manfaat hasil samping: gelatin dari ikan tuna bisa dimanfaatkan sebagai bungkus obat kapsul dan agen pengental dalam produksi makanan.3.
  4. Industri Ikan Salmon Produk yang dihasilkan: daging ikan.

Hasil samping yang dimanfaatkan: minyak ikan salmon. Baca Juga: Selain Tuna dan Salmon, Ikan yang Mudah Ditemukan di Pasar Ini Juga Baik untuk Perkembangan Otak Manfaat hasil samping: minyak ikan salmon bisa dimanfaatkan menjadi sumber multivitamin.4.

Industri Ikan Bawal Produk yang dihasilkan: daging ikan. Hasil samping yang dimanfaatkan: sisik ikan bawal yang mengandung kolagen. Manfaat hasil samping: sisik ikan bawal (dan banyak ikan lainnya) akan dimanfaatkan sebagai sumber kolagen. Kolagen akan dipakai untuk pembuatan kosmetik dan produk kecantikan yang memberikan manfaat bagi kulit.5.

Industri Ikan Kakap Produk yang dihasilkan: daging ikan. Hasil samping yang dimanfaatkan: sisik ikan kakap yang mengandung senyawa kitin dan kitosan. Baca Juga: Tidak Semua Menyehatkan, Ini Bagian Ikan yang Beracun dan Tak Boleh Dikonsumsi Manfaat hasil samping: kitin dan kitosan memiliki kegunaan yang sangat luas dalam kehidupan sehari-hari misalnya sebagai penyerap limbah logam berat dan zat warna, pengawet, anti jamur, kosmetik, farmasi, flokulan, anti kanker, dan anti bakteri.6.

You might be interested:  Berikut Ini Yang Termasuk Manfaat Sayuran Adalah?

Apa yang dimaksud dengan bahan pangan hasil samping sayuran berikan contohnya?

A. Pengertian Bahan Pangan Hasil Samping Sayuran –   Pengertian dari bahan pangan hasil samping sayuran tidak berbeda jauh dengan pengertian dari hasil samping buah. Hasil utama dari tanaman sayuran yaitu daun, bunga, buah, akar, batang maupun umbi dikategorikan sebagai bahan pangan utama.

Namun kulit dari sayuran seperti kentang dan wortel, ataupun daun yang membungkus brokoli dikategorikan sebagai bahan pangan hasil samping dari sayuran. Dengan demikian, pengertian dari bahan pangan hasil samping sayuran adalah bahan samping atau bagian lain yang dihasilkan dari tanaman sayuran (selain dari pada bahan pangan utama sayuran) yang masih bisa dimanfaatkan.

Hasil samping dari sayuran dapat dimanfaatkan sebagai olahan pangan yang dapat dikonsumsi oleh manusia dan ada juga yang dikonsumsi oleh hewan. Dalam bab ini hanya akan diuraikan mengenai hasil samping sayuran yang diolah menjadi produk pangan sehingga dapat dikonsumsi manusia dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia   .

Tugas 2 Diskusi Kelompok! Identifikasi tanaman sayuran yang dapat dimanfaatkan hasil sampingnya. Utamakan tanaman sayuran yang merupakan hasil dari wilayah daerah setempat. Apa saja bagian tanaman sayuran yang dimanfaatkan dan dapat diolah menjadi produk pangan apa? Diskusikan bersama temanmu! Ungkapkan perasaanmu dan sampaikan dalam pembelajaran.

(Lihat Lembar Kerja Tugas-2)    Prakarya    B. Kandungan dan Manfaat dari Bagian Hasil Samping Sayuran   Menurut hasil penelitian, bagian dari hasil samping sayuran yang bernutrisi berikut ini yang masih dapat dikonsumsi, antara lain:    1. Kulit Bawang   Dalam setiap masakan kita biasanya menggunakan bawang sebagai bumbu utama.

Tanpa bawang, rasa makanan menjadi kurang nikmat. Kulit bawang merupakan hasil samping dari sayuran umbi lapis di antaranya kulit bawang merah, kulit bawang putih dan kulit bawang bombay. Kulit bawang mengandung    quercetin, yakni sebuah senyawa yang dapat Nama Kelompok :,

Kelas Anggota :, Kelas :, Mengidentifikasi bahan pangan hasil samping dari sayuran: Nama Tanaman Sayuran   Bagian tanaman yang dapat dimanfaatkan   Kandungan Manfaat Produk Olahan Pangan Ungkapkan perasaanmu:,

You might be interested:  Cara Memasak Ayam Yang Lezat?

Lembar Kerja Tugas-2   membantu menurunkan tekanan darah dan mendukung sistem kekebalan tubuh atau antioksidan yang sangat tinggi. Di samping itu, quercetin juga dapat mengurangi peradangan, melawan alergi dan dapat mencegah penyakit jantung koroner. Antioksidan dalam kulit bawang akan larut ke dalam makanan dan membuatny a lebih sehat.

Apabila kita tidak suka memakan kulit bawang, maka kulit bawang tersebut dapat diambil pada saat makanan hendak disajikan.

Apa yang dimaksud dengan pengolahan bahan pangan sayuran hasil samping?

Adalah produk samping dari sayuran, selain produk utama, yang dapat diolah lagi untuk dimakan.

Apa saja contoh makanan hasil samping?

Hasil samping dari bahan pangan hasil perikanan dan peternakan dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi makanan siap konsumsi seperti mie bakso dan ceker ayam, keripik ceker ayam, kerupuk kulit ian, kerupuk kulit sapi, keripik usus ayam, gulai kepala ikan kakap, rempeyek sisik ikan, dan lain-lain.

Mengapa kita harus memanfaatkan hasil samping dari sayur?

Sayur mempunyai khasiat yang penting bagi tubuh kita. Jadi, alasan kita harus memanfaatkan hasil samping dari sayuran karena sayur itu penting dalam pertumbuhan kita.

Apa yang dimaksud dengan hasil samping prakarya?

Jawaban: Produk sampingan, atau hasil tambahan, adalah produk sekunder yang berasal dari suatu proses produksi atau reaksi kimia. Produk ini bukanlah layanan atau produk utama yang dihasilkan oleh proses tersebut.

Apa hasil sampingan dari sereal?

Jawab : Bahan pangan hasil samping tanaman adalah bahan samping atau bagian lain yang dihasilkan dari tanaman (selain dari pada bahan pangan utama yang digunakan) yang masih bisa dimanfaatkan. Hasil samping dari tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai olahan pangan yang dapat dikonsumsi oleh manusia dan ada juga yang dikonsumsi oleh hewan.

  • PEMBAHASAN : Dengan memanfaatkan hasil samping suatu tanaman seperti batang/tangkai, kulit, maupun daun bagian luar dari tanaman dapat membantu masyarakat atau komunitas dan lingkungan dengan program daur ulang.
  • Penerapan program daur ulang atau sistem reuse, reduce dan recycle menjadi salah satu solusi dalam menjaga lingkungan di sekitar kita yang murah dan mudah untuk dilakukan.
You might be interested:  Bagaimana Cara Menyimpan Kacang-Kacangan Agar Tahan Lama?

Manusia sebagai makhluk yang paling unggul di dalam lingkungan merupakan pihak yang selalu memanfaatkan lingkungan hidupnya, memiliki kemampuan untuk berkreasi dan mengkonsumsi berbagai sumber daya alam bagi kebutuhan hidupnya, salah satunya untuk pemenuhan kebutuhan pangan.

  • Adapun hasil samping dari pengolahan serealia, kacang-kacangan, dan umbi antara lain : 1. Padi.
  • Hasil samping serealia ini berupa beras yang merupakan makanan pokok bagi manusia, dan batang jerami yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar, pakan ternak, dan bahan bangunan.2. Gandum.
  • Hasil samping serealia yang dapat dimanfaatkan dari gandum ini yaitu batang, daun, sekam hasil penggilingan gandum seperti brand (bagian terluar dari kulit gandum), pollar (kulit gandum bagian dalam yang berupa serpihan).

Bermanfaat untuk pakan ternak berupa unggas.3. Jagung. Hasil saming yang dapat dimanfaatkan berupa tongkol, batang tua dan muda, daun jangung dan klobot. Bermanfaat untuk pakan ternak, pupuk kompos, bahan kerajinan.4. Kacang kedelai. Hasil samping kacang-kacangan ini berupa ampas atau kulit kacang yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan.5.

  • Acang hijau.
  • Hasil samping daring kacang ini berupa daun yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan, dan akar yang dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak ataupun pupuk organik.
  • Dan masih banyak hasil samping yang dapat dimanfaatkan dari tanaman kacang-kacangan, serealia, dan umbi baik sebagai bahan pangan ataupun pakan ternak, bahan pupuk kompos bahkan bahan bakar hingga bahan bangunan.

Pelajari lebih lanjut : brainly. co. id/tugas/14899203 brainly. co. id/tugas/14866701 brainly. co. id/tugas/9932780 DETIL JAWABAN MAPEL : Biologi KELAS : 10 MATERI : Keanekaragaman Hayati KATA KUNCI : Macam Hasil Samping Tanaman Kacang-Kacangan, serealia dan Umbi-Umbian KODE SOAL : 4 KODE KATEGORISASI : 10.4.2

Apa hasil samping dari kentang?

Hasil Samping Kentang yaitu Kentang dapat diolah menjadi Keripik, Stik, dan perkadel.

Related Post