Tumbuhan Paku Yang Dapat Digunakan Sebagai Sayuran Adalah?

Tumbuhan Paku Yang Dapat Digunakan Sebagai Sayuran Adalah
Berbagai jenis tumbuhan paku memiliki manfaat bagi kehidupan manusia. Salah satu contoh pemanfaatan tumbuhan paku oleh manusia adalah sebagai sayuran, misalnya Marsilea crenata (semanggi). Jenis tumbuhan paku ini termasuk kelompok paku sejati (Pteropsida). Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

Apa itu tumbuhan paku?

3 menit Tumbuhan paku atau tanaman pakis kerap dianggap mengganggu karena menempel di pohon atau tanaman lain. Namun, ternyata banyak jenis tumbuhan paku yang bermanfaat untuk dekorasi. Apa saja, ya? Tumbuhan paku adalah jenis parasit yang sering ditemukan pada dataran tinggi dan daerah lembap.

Tidak menjadi tanaman hias saja, banyak tumbuhan paku yang dapat dikreasikan untuk berbagai macam kebutuhan. Seperti, dekorasi pernikahan, buket bunga, dan lain-lain. Ciri khas dari tiap jenis tumbuhan paku adalah daun yang menggulung saat masih muda. Ukuran setiap tanaman paku pun berbeda-beda tergantung jenisnya.

Jenis pakis mana saja yang dapat dimanfaatkan? Simak 10 macam-macam tumbuhan paku dan gambarnya agar kamu lebih paham.

Apa saja jenis tanaman paku yang digunakan sebagai penghasil obat-obatan?

Manfaat tanaman paku-pakuan – Tanaman paku-pakuan ternyata memiliki banyak manfaat bagi kehidupan makhluk sekitarnya. meskipun tanaman paku tidak terlalu banyak yang menyukai, namun masih banyak manusia yang memelihara tanaman paku. Banyak manfaat tanaman paku-pakuan yaitu : 1.

  • Paku tanduk rusa(platycerium bifurcatum)

Paku tanduk rusa sering dipakai sebagai tanaman hias karena daunnya tersusun rapi, saling bertumpuk tetapi terlihat indah. Paku tanduk rusa termasuk tanaman epifit yang menempel pada tanaman lain, seperti pohon, tanpa menganggu nutrisi tanaman yang ditumpanginya. Tanaman ini termasuk salah satu tanaman yang menyukai tempat tumbuh yang tak langsung terkena sinar matahari.

  • Paku sarang burung (Asplenium sp)
You might be interested:  Sayuran Dan Buah-Buahan Adalah Makanan Yang Mengandung?

Paku sarang burung sering dipakai sebagai tanaman hias karena warna hijaunya yang sangat cerah, sehingga menyejukkan mata. Warnanya akan berubah sedikit kekuningan apabila terkena cahaya matahari langsung. Daunnya besar dan panjang, hampir menyerupai daun pohon pisang.

  • Suplir (Adiantum sp)

Tanaman suplir biasanya disimpan di dalam pot teras rumah untuk mempercantik rumah. Tanaman ini memiliki daun yang berwarna hijau muda dengan bentuk yang hampir menyerupai trapesium. Tanaman suplir menyukai tempat yang teduh, tak langsung terkena sinar matahari.2.

  • Equisetum(paku ekor kuda)

Paku ekor kuda mempunyai fungsi diuretic, yaitu untuk melancarkan pengeluaran urine atau air seni. Nah, dengan begitu paku ekor kuda sangat cocok bagi penderita sumbatan saluran kencing.

  • Paku rane (Selaginella)

Selaginella dapat dijadikan sebagai obat luka digigit ular. Cara pengolahannya, dicuci bersih dan ditumbuk halus kemudian ditempelkan pada luka dan dibalut kain bersih. Selain sebagai obat luka digigit ular, selaginella dapat juga digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan infeksi saluran kencing.

  • Semanggi (marsilea crenata)

Semangi dapat dijadikan sebagai obat – obatan selain sebagai sayuran. Manfaat semangi sebagai tanaman obat, diantaranya untuk mengobati pengecilan hati, melancarkan saluran kencing, mengobati amandel dan sariawan, mengobati batuk dan sesak nafas. Pengolahannya dilakukan dengan cara mencuci bersih dan merebus daun semangi untuk diambil airnya dan diminum.

  • Paku tanduk rusa (platycerium bifurcatum)

Tanaman paku tanduk rusa mengandung zat antiinflamasi dan karenanya dapat dijadikan sebagai obat demam, radang rahim, bisul serta haid tak teratur.

Bagaimana siklus hidup tanaman paku?

Umumnya, tanaman paku-pakuan (pterydophyta ) merupakan tanaman dengan ciri memiliki daun, batang, akar sejati atau istilahnya disebut cormophyta. Tanaman paku -pakuan hidup di hampir semua wilayah/tempat di seluruh dunia. Wilayah lembab, di atas permukaan tanah (misalnya: secara merambat, di wilayah bangunan kosong tak terawat, pinggiran tebing), sekitar wilayah air (seperti danau, kolam), wilayah gunung berapi kecuali daerah gurun yang kering dan daerah salju abadi.

You might be interested:  Mengapa Sayuran Sangat Penting Bagi Tubuh Manusia?

Bagaimana cara hidup tanaman paku ? Cara hidup tanaman paku – pakuan juga beragam. Ada yang hidup secara epifit maupun saprofit. Sebagaimana lumut, tanaman paku -pakuan juga mengalami metagenesis. Namun, ada yang membedakan tanaman paku – pakuan dari lumut, yaitu pada tanaman paku – pakuan fase yang lebih dominan adalah fase sporofit, pada tanaman lumut fase gametofit justru lebih dominan.

Ini bearti dalam sistim reproduksi, tanaman paku – pakuan berkembang biak mengunakan spora. Bentuk tanaman paku-pakuan cukup bervariasi, ada yang berbentuk pohon, rerumputan serta berbentuk seperti tanduk rusa. Ciri – ciri umum tanaman paku-pakuan

  1. Memiliki akar, batang, daun sejati ( cormophyta). Ini berarti antara akar, batang, dan daun sudah dapat dibedakan dengan jelas.
  2. Akar pada tanaman paku-pakuan bersifat seperti serabut atau istilahnya rizoid dengan pelindung pada ujungnya yang disebut tudung akar atau kaliptra.
  3. Umumnya batang pada tanaman paku – pakuan tidak terlihat, karena biasanya akar pada tanaman paku – pakuan terbenam dalam tanah dalam bentuk rimpang (rizoma). Namun demikian, ada juga akar tanaman paku – pakuan yang berdiri tegak di atas permukaan tanah seperti Cyathea.
  4. Daun muda pada tanaman paku-pakuan umumnya menggulung dan melingkar pada ujungnya.
  5. Memiliki klorofil sehingga bersifat autotrof
  6. Tidak memiliki biji untuk berkembangbiak
  7. Walaupun sifat akarnya seperti serabut (rizoid), tetapi telah memiliki jaringan pengangkut yang sempurna, yaitu jaringan pengangkut xilem dan floem.
  8. Memiliki tinggi yang bervariasi, dari yang tingginya 2 cm hingga 5 m (misalnya paku tiang atau Sphaeropteris). Bahkan tanaman paku pada zaman purba diperkirakan tingginya mencapai 15 m.
  9. Siklus hidupnya terdiri dari dua generasi, yaitu generasi sporofit dan gametofit.
  10. Cara hidup tanaman paku-pakuan secara epifit dan sprofit.
You might be interested:  Irisan Sayuran Yang Halus Pada Kol Atau Lettuce Disebut?

Setelah kita mengetahui penjelasan tanaman paku berserta ciri-ciri tanaman paku. kita akan menjelaskan jenis-jenis jenis tanaman paku yaitu :

Apa ciri-ciri tumbuhan paku?

Selaginellales – Tumbuhan Paku Yang Dapat Digunakan Sebagai Sayuran Adalah Tumbuhan Selaginellales Ciri tumbuhan paku yang tergolong ordo Selaginellales yaitu batang berbaring dan sebagian berdiri tegak, bercabang menggarpu, tidak memperlihatkan pertumbuhan menebal sekunder, tumbuhnya ada yang memanjat dan tunasnya dapat mencapai panjang sampai beberapa meter. Selaginella bersifat heterospor.

Related Post