Sup Konro Merupakan Makanan Khas Yang Terkenal Dari?

Sup Konro Merupakan Makanan Khas Yang Terkenal Dari
Sop Konro Kuliner Legendaris Makassar – Jika berkunjung ke suatu daerah, tak afdol jika tidak menyicipi menu khas daerah tersebut. Setiap daerah memiliki citarasa yang berbeda, karena bumbu yang digunakan pastinya berbeda. Atau bisa jadi bahan dan rasa hampir sama, tapi nama berbeda.

Misalkan antara rawon dari Surabaya dan sop konro dari Makassar, nama dan rasa berbeda, namun penampilan kuah hampir mirip. Meski sama-sama memakai kluwak sebagai salah satu bumbu, namun kuah sop konro berwarna coklat kehitaman. Bedanya adalah, hidangan kuah rawon yang hitam legam, bisa disebut black soup ini tidak ada tulang iga, hanya campuran daging yang sudah berwarna hitam karena ikut dimasak bersama kuahnya.

Bumbu lain yang menjadikan rasa kuah konro sangat tajam adalah campuran rempah-rempah lebih banyak daripada rawon. Kota Makassar, memang memiliki sederet makanan khas yang bisa dicicipi. Tidak hanya sop konro, tapi ada juga coto Makassar, barangko, pisang epe, es palu butung, pallubasa, mie titi, ikan bakar bandeng, jalangkote, kue dange, dan masih banyak varian makanan yang bisa menjadi pilihan untuk memanjakan lidah.

  • Ada sop, ada pula coto.
  • Sama-sama hidangan istimewa.
  • Apa perbedaannya? Coto Makassar adalah masakan berkuah dengan varian irisan daging dan jeroan sapi yang direbus cukup lama dengan bumbu racikan khusus.
  • Disajikan dalam mangkuk besar bersama burasa, lontong, atau ketupat.
  • Hapir mirip dengan pallubasa yang ditambah dengan gore kaluku atau kelapa goreng dan kuning telur ayam kampung.

Sementara sop konro adalah masakan berkuah dengan bahan dasar tulang iga berbalut daging dan berbumbu rempah-rempah. Biasanya disajikan dengan nasi putih. Warna kuah hitam kecoklatan dari buah kluwek yang berwarna hitam dan beraroma khas. Pilihan lain adalah sop saudara, juga masakan berkuah dengan bahan dasar daging ditambah pelengkap bihun, perkedel, dan jeroan.

  • Umumnya disantap dengan nasi putih dan ikan bolu.
  • Diantara sederet masakan di Kota Angin Mamiri ini, terbilang lebih sering dicari turis domestik dan mancanegara adalah sop konro.
  • Tak heran, karena rasa dari kuah sop ini berasal dari bumbu yang dibuat dari campuran rempah-rempah, seperti ketumbar, kluwek, sedikit pala, kunyit, kencur, kayu manis, asam, daun lemon, cengkih, dan daun salambagi, membuat rasa sup semakin tajam.
You might be interested:  Apa Yang Dimaksud Dengan Bahan Pangan Hasil Samping Sayuran?

Tidak hanya para pedagang, penduduk asli Makssar pun sering membuat sop ini. Masakan ini juga disajikan untuk acara besar seperti pernikahan, Hari Raya Idul Fitri, atau Hari Raya Idul Adha, mereka menyantap bersama keluarga. Memasak sop konro terbilang praktis dan mudah.

Bumbu yang digunakan pun tak sulit didapat. Bahannya hanya tulang iga berbalutkan daging yang empuk, Sop Konro ini menantang untuk disantap. Sop konro sejatinya disantap dengan sepiring nasi, tapi banyak pula pemburu kuliner memilih untuk menyantapnya dengan potongan ketupat. Belakangan, sop konro ini bervarian menjadi konro bakar.

Tetap berkuah tapi iga sapi berbalut daging ini dibakar dan disajikan terpisah. Sop Konro Antara Iga Sapi dan Kerbau Arti dari konro sendiri adalah sapi, namun isi sop tersebut bukan hanya daging sapi melainkan tulang iga yang berbalut daging.

Apa ciri khas dari sup konro?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sup konro

Sajian Makanan utama
Tempat asal Indonesia
Daerah Makassar
Suhu penyajian Panas
Bahan utama Iga sapi
Variasi Konro bakar

Sup konro adalah masakan sup iga sapi khas Indonesia yang berasal dari tradisi Bugis dan Makassar, Sup ini biasanya dibuat dengan bahan iga sapi atau daging sapi, Masakan ber kuah warna coklat kehitaman ini biasa dimakan dengan burasa dan ketupat yang dipotong-potong terlebih dahulu.

Apa perbedaan sop konro dan coto makassar?

Liputan6. com, Makassar – Walikota Makassar Sulawesi Selatan Moh Ramdhan Pomanto menggelar open house di Baruga Anging Mamiri rumah jabatan (rujab) walikota. Acara yang rutin digelar walikota setiap tahunnya tersebut dipadati sejumlah pejabat Pemerintah Kota Makassar.

Aneka hidangan khas Makassar disiapkan orang nomor satu Makassar itu untuk menjamu ratusan orang yang hadir. Primadonanya, sop konro dan coto Makassar.2 Hidangan itu menjadi menu wajib setiap Lebaran, “Hidangan coto dan konro merupakan makanan khas suku Bugis Makassar, dengan itu saya mencoba menjaga dan melestarikan makanan khas lokal dengan menyajikannya di hadapan para tamu yang ada,” kata sang walikota yang karib disapa Danny itu, Jumat (17/7/2015).

Sop konro adalah hidangan sup yang terbuat dari iga sapi. Masakan ini dihidangkan berkuah dengan warga cokelat kehitaman. Warna gelap ini berasal dari buah kluwek yang memang berwarna hitam. Sup Konro Merupakan Makanan Khas Yang Terkenal Dari Sop konro biasa dimakan dengan ketupat kecil yang dipotong-potong terlebih dahulu. Makanan ini bisa dijumpai di sepanjang jalan di Kota Makassar. Sementara coto Makassar terbuat dari jeroan (isi perut) sapi yang direbus dalam waktu lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik khusus. Ini merupakan open house kedua yang digelar Danny sebagai walikota. Dia nampak didampingi istri tercinta, Indira Jusuf Ismail dan putri mereka. Satu persatu tamu yang datang disalami Danny yang menyambut tamu di pintu masuk Baruga Anging Mamiri. (Ndy/Mut)

You might be interested:  Contoh Sayuran Yang Mengandung Beta Alfa Karoten Yaitu?

Apa itu sup konro?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas (Dialihkan dari Sup Konro )

Sup konro

Sajian Makanan utama
Tempat asal Indonesia
Daerah Makassar
Suhu penyajian Panas
Bahan utama Iga sapi
Variasi Konro bakar

Sup konro adalah masakan sup iga sapi khas Indonesia yang berasal dari tradisi Bugis dan Makassar, Sup ini biasanya dibuat dengan bahan iga sapi atau daging sapi, Masakan ber kuah warna coklat kehitaman ini biasa dimakan dengan burasa dan ketupat yang dipotong-potong terlebih dahulu.

Apa itu Sop Konro?

Berkunjung ke suatu kota, kurang afdol rasanya jika tidak mencicipi menu khas dari tempat tersebut. Setiap sajian daerah di Indonesia memiliki citarasa yang berbeda-beda. Hal ini dikarenakan bumbunya juga bermacam-macam atau bisa jadi, rasa dan bahan hampir sama, tapi memiliki nama serta cara buat yang berbeda.

  1. Misalnya saja antara rawon khas Surabaya dan Sop Konro yang berasal dari Makassar.
  2. Nama serta rasa keduanya berbeda, namun kuahnya hampir mirip, meski sama-sama menggunakan kluwak sebagai salah satu bumbunya.
  3. Bedanya, sop konro memiliki kuah dan aroma lebih tajam karena resep makanan asli Surabaya satu ini menggunakan campuran rempah-rempah lebih banyak dibanding rawon.

Selain coto, sop konro adalah salah satu makanan khas Surabaya yang cukup terkenal di dunia perkulineran Indonesia. Hidangan ini bahan utamanya terbuat dari daging dan juga iga sapi. Tidak hanya di Makassar, kamu juga bisa menikmati sop konro di berbagai daerah di Indonesia.

Apakah ada Sop Konro di Kemang?

3. Raja Konro Daeng Naba (Jakarta) – Sup Konro Merupakan Makanan Khas Yang Terkenal Dari Foto By @kikyagustian

    Alamat: Jln. Ampera Raya No.50, RW.02, Kemang, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan Map: Klik Disini Jam Buka: Setiap Hari (11.00-22.00) No. Telp/HP: 0821 1220 4881
You might be interested:  Apa Yang Dimaksud Hasil Samping Sayuran?

Kalau di Jakarta, selain Karebosi, sop konro yang memiliki rasa juara terletak di jalan Ampera Raya No.50, Pasar Minggu. Meskipun bumbunya terasa kuat, namun pas di lidah. Rasanya pun segar, walaupun mengandung banyak lemak. Makan disini akan semakin puas bila ditemani sepiring nasi hangat.

Apakah ada Sop Konro di Malang?

5. Soto Konro Daeng Rudi (Malang) – Sup Konro Merupakan Makanan Khas Yang Terkenal Dari Foto By @april_riri

    Alamat: Jl. Trunojoyo No.20, Kecamatan Klojen, Malang City, East Java Map: Klik Disini Jam Buka: Setiap Hari (09.00-22.00) No. Telp/HP: 0812 3314 6519

Beranjak ke kota Malang, di kota Apel ini juga terdapat tempat makan yang menawarkan aneka menu khas Makassar, namanya yaitu Sop Konro Daeng Rudi. Letaknya di jalan Trunojoyo no.20, Klojen. Lokasinya tepat disebelah BCA. Lokasinya sangat strategis dan tempatnya pun begitu nyaman.

Related Post