Sebutkan Apa Saja Bahan Pangan Hasil Samping Sayuran?

Sebutkan Apa Saja Bahan Pangan Hasil Samping Sayuran
Hasil samping sayuran adalah bagian lain dari sayuran yang biasanya tidak digunakan sebagai bahan pangan, namun masih bisa dimanfaatkan dan diolah supaya dapat dikonsumsi. Biasanya, saat mengolah sayuran atau bahan makanan lainnya, setelah mengambil bagian utamanya kita akan membuang bagian sayuran lainnya.

Namun demikian, tidak semua hasil samping sayuran ini tidak bermanfaat. Hasil samping sayuran dapat diolah sebagai penerapan sistem daur ulang sehingga dapat membantu menjaga lingkungan. Contoh makanan olahan dari hasil samping sayuran adalah: 1. Batang dan daun brokoli Biasanya, kita hanya mengonsumsi bunga brokoli.

Namun demikian, daun yang menyelimuti bunga brokoli dapat diolah menjadi bahan sop atau dibuat jus sayuran. Batang brokoli juga dapat dikupas bagian kerasnya, lalu diolah sebagai acar atau ditumis.2. Tangkai wortel Bagian wortel berwarna oranye yang biasa kita makan adalah umbi wortel.

Tangkai wortel yang biasa disingkirkan ketika mengolah wortel, ternyata mengandung banyak antioksidan yang baik untuk kesehatan. Tangkai ini bisa dimasak tumis bersama dengan bawang putih, minyak zaitun, kacang tanah, garam, dan keju.3. Kulit kentang Ahli gizi menyarankan untuk mengupas kulit kentang setipis mungkin karena kulit kentang mengandung banyak gizi.

Kulit kentang dapat mencegah mutasi sel-sel yang mengarah pada kanker. Kulit kentang dapat ditumis bersama kentang, bawang, dan cabe di masakan balado kentang.4. Kulit melinjo Tanaman melinjo biasanya dimanfaatkan daun dan bijinya. Kulit melinjo yang biasanya menjadi limbah dapur ternyata memiliki banyak vitamin dan dapat dijadikan obat asam urat.

  1. Ulit melinjo dapat diolah menjadi oseng-oseng dan dikonsumsi.5.
  2. Daun talas Umbi talas biasanya digunakan sebagai bahan olahan pangan utama.
  3. Namun demikian, hampir semua bagian dari talas ternyata dapat diolah dan dimanfaatkan.
  4. Contohnya adalah daun talas yang dapat diolah menjadi buntil daun talas atau ditumis dengan santan.

Detil tambahan Kelas: VII SMP Mapel: Seni Kategori: Pengolahan bahan pangan Kata kunci: makanan olahan, bahan samping sayuran

Apa saja contoh makanan hasil samping?

Hasil samping dari bahan pangan hasil perikanan dan peternakan dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi makanan siap konsumsi seperti mie bakso dan ceker ayam, keripik ceker ayam, kerupuk kulit ian, kerupuk kulit sapi, keripik usus ayam, gulai kepala ikan kakap, rempeyek sisik ikan, dan lain-lain.

1 Apa yang dimaksud dengan bahan pangan hasil samping sayuran?

Penjelasan: 1. Bahan pangan hasil samping sayuran merupakan bahan samping atau bagian lain yang dihasilkan dari tanaman sayuran yang masih bisa di manfaatkan kembali.2. Contoh bahan pangan penghasil sayuran: Kulit bawang, daun bawang, batang brokoli, daun brokoli, kulit buah melinjo dan lain-lain.3.I.

  1. Metode panas basah / moist heat cooking Ada beberapa metode yang menggunakan metode panas basah, yaitu aka dijelaskan sebagai berikut : a.) Merebus ( boiling) Merebus adalah memasak bahan makanan dalam cairan sampai titik didih ( 100oc),
  2. Cairan yang digunakan dapat berupa air ataupun kaldu.
  3. Caranya adalah bahan makanan dimasukkan dalam cairan dalam keadaan panas atau dingin,
You might be interested:  Leaf Vegetable Merupakan Jenis Sayuran Yang Dapat Dikonsumsi Pada Bagian?

misalnya dalam merebus telur, telur dimasukkan dalam air yang dingin baru direbus. Ketika bahan cair dipanaskan sampai titik didih 100oc, maka terjadi vaporisasi (penguapan) cairan secara cepat. Alat yang dipergunakan untuk merebus pada umumnya yaitu panic bertutup, centong (ladle) dan sendok kayu untuk mengaduk,b.) Memasak dengan api kecil (simmering) Simmering dapat diartikan memasak dalam cairan mendidih dengan api kecil dan pelan karena proses memasak yang dikehendaki berlangsung lebih lama.

Temperature yang dikehendaki berlangsung labih lama, temperature panas sekitar 185-205of atau 85-96oc.c.) Blansir dapat diartikan memasak bahan makanan dengan cepat. Bahan makanan yang sering diolah dengan metode memasak ini adalah daging/tulang, sayuran, buah toamat, dll.d.) Mengukus Menguus adalah memasak bahan makanan dengan uap panas yang berasal dari air mendidih,

dengan metode ini, bahan makanan tidak berhubungan langsung dengan air. Mengukus menggunakan panci pengukus yang terdiri dari dua bagian, yaitu berisi air pada bagian bawah, dan bagian atas untuk menaruh bahan makanan yang akan dikukus, pada bagian ini, dasarnya berlubang-lubang agar uap air bisa terkena makanan.

  1. Memasak dengan menggulai, maksudnya bahan dimasak dengan menumis bumbu lebih dahulu ditumis atau tidak ditumis.
  2. Semua bahan sudah dipotong rapi, lalu direbus dengan cairan berbumbu atau santan di atas api sedang dan sering diadu-aduk.
  3. Contoh makanan Indonesia yang menggunakan teknik adalah : f.) Mengungkep Mengungkep adalah proses memasak makanan dengan sedikit cairan dan ditutup.

Cairan yang digunakan adalah berupa air atau kaldu, jenis bahan makanan yang bisa diolah dengan teknik ini adalah daging,g.) Mentim Mentim adalah merebus bahan makanan secara tidak langsung dalam air mendidih. Alat yang digunakan disebut dengan panci tim yang terdiri dari dua panci.

Apa hasil samping dari sayuran brokoli?

Jawaban: BATANG BROKOLI dikatakan sebagai hasil samping sayur brokoli karena sayur brokoli yang biasa dikonsumi adalah bunganya. Batang brokoli masih dapat dimakan dengan mengupas sedikit bagian yang keras dari batangnya. Batangnya ini biasa diolah sebagai acar atau ditumis.

  1. Andungan nutrisi pada batang brokoli sama seperti yang terkandung dalam bunga brokoli.
  2. DAUN BROKOLI juga dapat dikatakan sebagai hasil samping sayur brokoli.
  3. Hal ini karena sayur brokoli yang biasa dikonsumi adalah bunganya.
  4. Daun yang menyelimuti bunga brokoli sangat nikmat jika dimasak sop seperti kubis atau dibuat jus sayuran.

Daun brokoli mengandung karotenoid, merupakan sumber vitamin A, yang memiliki sifat mencengah kanker.

You might be interested:  Sayuran Yang Banyak Mengandung Vitamin K?

Apa hasil samping dari melinjo?

Jawaban: Semoga Membantu. Penjelasan: Bahan pangan hasil samping buah yaitu bahan- bahan selain buah pada tanaman buah yang dapat dimanfaatkan untuk pangan. Penjelasan lebih lanjut: Pada sebuah tanaman buah, ada hasil samping yang juga dapat dimanfaatkan untuk pangan.

Selain rasa yang bisa menjadi lezat, tentu saja gizinya juga tinggi. Contohnya adalah buah melinjo. Sebagai produk utama yaitu buah melinjo. Namun selain buahnya, ada hasil samping yang dapat dimanfaatkan untuk pangan. Diantaranya yaitu kulit melinjo dan daun melinjo yang dapat digunakan sebagai sayur. Contoh lain yaitu pohon pisang.

Buah pisang sebagai produk utamanya. Hasil samping yang dapat dimanfaatkan untuk pangan yaitu jantung pisang untuk sayur ataupun dibuat keripik.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan hasil samping sayuran serta berikan contohnya?

Penjelasan singkat tentang jelaskan yang dimaksud dengan hasil samping sayur beserta contoh adalah bagian lain dari sayuran selain bahan pangan utama sebagai contoh adalah batang brokoli yang masih bisa dimakan.

Apa yang dimaksud dengan bahan pangan hasil samping dan beri contohnya?

Penjelasan: Bahan pangan hasil samping buah yaitu bahan – bahan selain buah pada tanaman buah yang dapat dimanfaatkan untuk pangan. Penjelasan lebih lanjut: Pada sebuah tanaman buah, ada hasil samping yang juga dapat dimanfaatkan untuk pangan. Contohnya adalah buah melinjo.

Mengapa hasil samping sayuran masih diolah sebagai bahan pangan?

Jawaban: Sayur adalah semua jenis tanaman yang dapat dikonsumsi baik yang diambil dari akar, batang, daun, biji, bunga atau bagian lain yang digunakan untuk diolah menjadi masakan. Sayuran mengandung zat gizi yang berfungsi mengatur Metabolisme atau proses kerja tubuh.

  • Zat pengatur ini terdiri dari air, vitamin, dan mineral.
  • Ada juga protein, dan karbohidrat.
  • Penjelasan: Oleh karena itu bagian sampingan dari sayuran sebenarnya sangat bermanfaat, karena sebenarnya seluruh bagian dari sayuran dapat diolah dan tinggi khasiat.
  • Bagian sayuran yang dianggap tidak bisa dimakan itu sebenarnya kaya khasiat dibandingkan bagian bahan pangan utama dari sayuran itu sendiri.

Itulah mengapa hasil sampingan dari bahan sayuran dapat dimanfaatkan kembali menjadi produk pangan.

Hasil samping apakah yang bisa dibuat dari bawang?

Hasil Samping Bawang yaitu Kulit Bawang dapat diolah menjadi Bahan Kerajinan.

Apakah tujuan penggunaan hasil samping sayuran?

Jawaban: Tujuan mengolah hasil samping dari sayuran yaitu dapat untuk bahan makanan pokok, dapat dijual, sebagai bahan makanan untuk makan, Maaf jika salah :v

Apa hasil samping kulit pisang?

PISANG merupakan buah yang banyak mengandung vitamin C, A, mineral, serat dan kandungan gizi lain yang bermanfaat untuk tubuh. Orang sudah banyak mengakui kelezatan dan kandungan gizi pada buah pisang. Namun, belum banyak yang melirik kelezatan kulit pisang.

Selama ini orang hanya menikmati buahnya saja. Kulit pisang merupakan hasil samping dari pemanfaatan pisang yang dapat dijadikan makanan ringan seperti keripik atau kerupuk kulit pisang. Walaupun kulit pisang merupakan hasil samping, namun kandungan gizinya tak kalah dari buahnya. Kulit pisang mengandung serat yang cukup tinggi, vitamin C, B, kalsium, protein, dan karbohidrat.

Hasil penelitian tim Universitas Kedokteran Taichung Chung Shan, Taiwan, memperlihatkan bahwa ekstrak kulit pisang ternyata berpotensi mengurangi gejala depresi dan menjaga kesehatan retina mata. Selain kaya vitamin B6, kulit pisang juga ternyata banyak mengandung serotonin yang sangat vital untuk menyeimbangkan mood.

Selain itu, ditemukan pula manfaat ekstrak pisang untuk menjaga retina dari kerusakan cahaya akibat regenerasi retina. Manfaat kulit pisang dapat dinikmati dalam keripik kulit pisang. Hal ini menjadi peluang bisnis baru. Para pengusaha keripik pisang tidak perlu ragu untuk memanfaatkan kulit pisang menjadi olahan keripik kulit pisang.

Kelezatan keripik kulit pisang tak kalah dengan keripik pisang. Untuk memberikan variasi rasa, taburkan bumbu tabor pada keripik kulit pisang. Pilih bumbu tabur aneka rasa untuk memberikan sensasi rasa yang berbeda. Kulit pisang mengandung nutrisi/gizi yang bisa di konsumsi oleh manusia.

  1. Ternyata dari sesuatu hal yang sepeleh ini, juga ada manfaat dan kandungan nutisi yang baik untuk di konsumsi manusia.
  2. Di Kabupaten Lumajang merupakan perkebunan penghasil pisang terbesar di Indonesia.
  3. Bahkan, Lumajang di juluki sebagai “KOTA PISANG (Banana City) “.
  4. Buah pisang memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, tentu sudah banyak yang tahu bukan? Olehkarena itu banyak yang memilih mengkonsumsi buah yang banyak jenisnya ini, baik dikonsumsi sebagai buah segar maupun hasil olahan dari buah pisang ini.
You might be interested:  Sayuran Yang Berwarna Orange Adalah?

Namun mengenai manfaat kulit pisang, mungkin belum banyak yang tahu, sehingga selama ini kulit pisang banyak dibuang begitu saja. Jus dan Yogurt Pisang Banyak sekali cara kita memanfaatkan kulit pisang ini, yang paling mudah dan sering adalah dengan cara di jus bersama dengan buah-buahan lainnya.

  • Langkah-langkah pembuatan jus itu cukup mudah yaitu dimulai dengan mencuci bersih kulit pisang, lalu dicincang kecil-kecil sebelum dimasukkan ke dalam blender dengan buah-buahan lain.
  • Setelah diblender beberapa menit, jadilah jus yang siap minum.
  • Selain dikonsumsi dalam bentuk jus, masih banyak bentuk olahan kulit pisang lainnya.

Misalnya dibuat selai kulit pisang, yogurt kulit pisang, tepung kulit pisang, es krim kulit pisang, brownies kulit pisang, nugget kulit pisang, keripik kulit pisang dan kerupuk kulit pisang. Dalam pelatihan yang dari Kantor Ketahanan Pangan dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lumajang, yaitu pembuatan kerupuk kulit pisang dan berikut ini cara pembuatannya.

Apa saja bahan pangan hasil samping yang terdapat pada tanaman pisang?

Sementara itu, kulit pisang, daun,akar, batang dan jantung pisang dikategorikan sebagai bahan pangan hasil samping dari tanaman buah pisang.

Apa yang dimaksud dengan hasil samping sayuran berikan contohnya?

Penjelasan singkat tentang jelaskan yang dimaksud dengan hasil samping sayur beserta contoh adalah bagian lain dari sayuran selain bahan pangan utama sebagai contoh adalah batang brokoli yang masih bisa dimakan.

Apa hasil samping dari kentang?

Hasil Samping Kentang yaitu Kentang dapat diolah menjadi Keripik, Stik, dan perkadel.

Related Post