Sebutkan 4 Macam Sayuran Yang Mempunyai Hasil Samping?

Sebutkan 4 Macam Sayuran Yang Mempunyai Hasil Samping
Jawaban:

  • Batang dan daun brokoli.
  • Tangkai wortel.
  • Kulit kentang.
  • Kulit melinjo.
  • Daun talas.

Apa hasil samping dari sayuran wortel?

Hasil samping sayuran wortel adalah tangkai daun hijau pada wortel. Tangkai tsb merupakan hasil samping dari sayuran wortel, yang biasanya tidak digunakan namun ternyata masih tetap bisa dimanfaatkan. P e m b a h a s a n : Wortel adalah tumbuhan yg menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar.

  • Tumbuhan tersebut berbunga pada tahun kedua, dengan batang bunga tumbuh setinggi sekitar 1 m, kemudian bunganya berwarna putih, dan rasanya yang sedikit manis langu.
  • Bagian yang biasa dimanfaatkan dari wortel adalah bagian umbi/ akarnya.
  • Namun selain umbinya, wortel punya hasil samping yg bisa dimanfaatkan yaitu tangkai hijau daun yg mengandung banyak nutrisi yaitu mengandung banyak antioksidan.

Kemudian daun hijaunya kaya akan kalsium, magnesium, niasin, zat besi, seng, vit B serta vit K. Wortel berkembang biak secara vegetatif, lebih spesifiknya perkembangbiakkan vegetatif dengan cara menumbuhkan umbi akarnya. Umbi akar yg terdapat pada wortel adalah cadangan makanan yang disimpan yg kemudian nantinya akan tumbuh tunas baru, lalu kemudian tanaman induk akan layu.

Wortel juga dapat berkembangbiak dengan cara generatif, yaitu ketika lingkungan di sekitarnya mengalami musim hujan, kemudian wortel tsb akan menghasilkan bunga. Bunga-bunga tsb akan mengalami penyerbukan yg kemudian menghasilkan biji. Bijinya inilah yanh akan menyebar dan menghasilkan tanaman wortel yang baru.

You might be interested:  Berbagai Kacang Kacangan Yang Telah Banyak Dikenal Adalah?

P e l a j a r i l e b i h l a n j u t

    Materi perkembangbiakan vegetatif brainly. co. id/tugas/30520354, Materi perkembangbiakan generatif brainly. co. id/tugas/3140474 Materi tentang manfaat wortel brainly. co. id/tugas/1635666

D e t a i l J a w a b a n Kelas : 6 Mapel : IPA Bab : Tema 1 Kode : – #AyoBelajar #SPJ2

Apa hasil samping dari sayuran brokoli?

Jawaban: BATANG BROKOLI dikatakan sebagai hasil samping sayur brokoli karena sayur brokoli yang biasa dikonsumi adalah bunganya. Batang brokoli masih dapat dimakan dengan mengupas sedikit bagian yang keras dari batangnya. Batangnya ini biasa diolah sebagai acar atau ditumis.

  • Andungan nutrisi pada batang brokoli sama seperti yang terkandung dalam bunga brokoli.
  • DAUN BROKOLI juga dapat dikatakan sebagai hasil samping sayur brokoli.
  • Hal ini karena sayur brokoli yang biasa dikonsumi adalah bunganya.
  • Daun yang menyelimuti bunga brokoli sangat nikmat jika dimasak sop seperti kubis atau dibuat jus sayuran.

Daun brokoli mengandung karotenoid, merupakan sumber vitamin A, yang memiliki sifat mencengah kanker.

Apa hasil samping dari kentang?

Hasil Samping Kentang yaitu Kentang dapat diolah menjadi Keripik, Stik, dan perkadel.

Apa saja contoh makanan hasil samping?

Hasil samping dari bahan pangan hasil perikanan dan peternakan dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi makanan siap konsumsi seperti mie bakso dan ceker ayam, keripik ceker ayam, kerupuk kulit ian, kerupuk kulit sapi, keripik usus ayam, gulai kepala ikan kakap, rempeyek sisik ikan, dan lain-lain.

Apakah hasil samping dari tanaman talas?

Hasil samping dari talas adalah daun,batang dan akar talas. Daun dan batang dapat dimanfaatkan sebagai olahan produk pangan yg menunjang kesehatan tubuh,namun akar talas lebih banyak dibuat sebagai obat.

1 Apa yang dimaksud dengan bahan pangan hasil samping sayuran?

Penjelasan: 1. Bahan pangan hasil samping sayuran merupakan bahan samping atau bagian lain yang dihasilkan dari tanaman sayuran yang masih bisa di manfaatkan kembali.2. Contoh bahan pangan penghasil sayuran: Kulit bawang, daun bawang, batang brokoli, daun brokoli, kulit buah melinjo dan lain-lain.3.I.

  • Metode panas basah / moist heat cooking Ada beberapa metode yang menggunakan metode panas basah, yaitu aka dijelaskan sebagai berikut : a.) Merebus ( boiling) Merebus adalah memasak bahan makanan dalam cairan sampai titik didih ( 100oc),
  • Cairan yang digunakan dapat berupa air ataupun kaldu.
  • Caranya adalah bahan makanan dimasukkan dalam cairan dalam keadaan panas atau dingin,
You might be interested:  Berdasarkan Pigmen Yang Dikandung Pada Sayuran Yang Berwarna Hijau?

misalnya dalam merebus telur, telur dimasukkan dalam air yang dingin baru direbus. Ketika bahan cair dipanaskan sampai titik didih 100oc, maka terjadi vaporisasi (penguapan) cairan secara cepat. Alat yang dipergunakan untuk merebus pada umumnya yaitu panic bertutup, centong (ladle) dan sendok kayu untuk mengaduk,b.) Memasak dengan api kecil (simmering) Simmering dapat diartikan memasak dalam cairan mendidih dengan api kecil dan pelan karena proses memasak yang dikehendaki berlangsung lebih lama.

Temperature yang dikehendaki berlangsung labih lama, temperature panas sekitar 185-205of atau 85-96oc.c.) Blansir dapat diartikan memasak bahan makanan dengan cepat. Bahan makanan yang sering diolah dengan metode memasak ini adalah daging/tulang, sayuran, buah toamat, dll.d.) Mengukus Menguus adalah memasak bahan makanan dengan uap panas yang berasal dari air mendidih,

dengan metode ini, bahan makanan tidak berhubungan langsung dengan air. Mengukus menggunakan panci pengukus yang terdiri dari dua bagian, yaitu berisi air pada bagian bawah, dan bagian atas untuk menaruh bahan makanan yang akan dikukus, pada bagian ini, dasarnya berlubang-lubang agar uap air bisa terkena makanan.

Memasak dengan menggulai, maksudnya bahan dimasak dengan menumis bumbu lebih dahulu ditumis atau tidak ditumis. Semua bahan sudah dipotong rapi, lalu direbus dengan cairan berbumbu atau santan di atas api sedang dan sering diadu-aduk. Contoh makanan Indonesia yang menggunakan teknik adalah : f.) Mengungkep Mengungkep adalah proses memasak makanan dengan sedikit cairan dan ditutup.

Cairan yang digunakan adalah berupa air atau kaldu, jenis bahan makanan yang bisa diolah dengan teknik ini adalah daging,g.) Mentim Mentim adalah merebus bahan makanan secara tidak langsung dalam air mendidih. Alat yang digunakan disebut dengan panci tim yang terdiri dari dua panci.

You might be interested:  Chiffonade Adalah Jenis Potongan Sayuran Yang Dengan Model?

Apa hasil samping dari jagung?

Kelobot atau kulit jagung merupakan hasil samping dari pemanenan jagung yang memiliki kandungan serat kasar yang tinggi dan protein kasar yang rendah, sehingga pemanfaatannya sebagai pakan perlu dilakukan pengolahan. Kandungan nutrien kelobot jagung dapat dilihat pada Tabel 1.

Apa hasil samping dari ubi jalar?

Hasil samping tanaman ubi adalah daunnya, selain ubi nya bisa dipanen, daunnya dapt dijadikan sayuran, batangnya dapat dijadikan calon tanaman yang baru. mohon maaf kalau salah.

Apa hasil samping dari gandum?

Gandum Batang, daun, sekam hasil penggilingan gandum seperti bran (bagian terluar dari kulit gandum), pollard (kulit gandum bagian dalam yang berupa serpihan). Untuk pakan ternak unggas. Jika brand dan pollard dicampurkan akan menjadi pellet (pakan ternak). Karena di Indonesia memiliki peternakan di setiap daerahnya maka banyak hasil samping gandum yang dimanfaatkan untuk bahan pakan ternak.

Sayuran apa saja yang dimanfaatkan batangnya?

Jawaban: Rebung bambu,Batang kelapa, Batang pisang. Penjelasan: semoga membantu, selamat belajar.

Apa yang dimaksud dengan bahan pangan hasil samping dari sayuran?

Jawaban: bahan pangan hasil samping sayuran adalah bahan samping atau bagian lain yang di hasilkan dari tanaman sayuran (selain dari bahan pangan utama sayuran ) yang masih bisa dimanfaatkan.

Related Post