Mengapa Kita Harus Mengkonsumsi Sayuran?

Mengapa Kita Harus Mengkonsumsi Sayuran
11 Juni 2018 Mengapa Kita Harus Mengkonsumsi Sayuran Oleh : P2PTM Kemenkes RI Makan SAYUR & BUAH Setiap Hari Sangat Penting, Karena :

    Mengandung vitamin dan mineral, yang mengatur pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh. Mengandung serat yang tinggi.

Baca Juga Apa manfaat vitamin yang ada dalam sayur dan buah ?

Apa kandungan dan manfaat dari sayuran?

Bisnis. com, JAKARTA – Sayuran dan buah memiliki warna yang berbeda. Ternyata perbedaan warna ini, juga mengandung manfaat yang berbeda untuk tubuh. Misalnya saja sayuran dan buah berwarna hijau, berfungsi untuk membantu melawan infeksi dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, kekebalan tubuh, dan peredaran darah.

Sayur dan buah yang berwarna hijau di antaranya adalah timun, brokoli, pok choy, kale, bayam, selada, seledri, mint, asparagus, kacang hijau, alpukat, anggur hijau, kiwi, melon, pir, jeruk nipis dan zaitun. Sayuran dan buah hijau mengandung klorofil, serat, lutein, zeaxanthin, kalsium, folat, vitamin C, dan beta karoten.

Nutrisi yang ditemukan dalam sayuran ini mengurangi resiko kanker, menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol jahat, membantu pencernaan makanan yang lebih baik, mendukung kesehatan dan penglihatan retina, melawan radikal bebas yang berbahaya, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Berikut ini adalah beberapa manfaat dari sayur dan buah hijau.1.
  • Menurunkan kolesterol jahat Kolesterol yang menumpuk di dinding arteri dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.
  • Untuk menjaga kadar kolesterol Anda, tingkatkan konsumsi makanan hijau seperti avokad, zaitun, kacang hijau, anggur dan lainnya.

Sayur dan buah tersebut mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan serat yang membantu menurunkan kolesterol.2. Mencegah kanker Banyak penelitian mencatat bahwa diet kaya sayuran dan buah-buahan hijau dapat membantu menangkal kanker. Mereka mengandung fitonutrien seperti antioksidan, karotenoid dan flavonoid yang membantu dalam memerangi kanker perut, kanker usus besar, kanker kulit dan kanker payudara.

You might be interested:  Bagaimana Cara Memasak Jengkol Agar Tidak Bau?

Fitonutrien ini ditemukan dalam avokad, zaitun, apel hijau, bayam, kale dan lainnya.3. Meningkatkan kesehatan mata Mengkonsumsi sayuran berdaun hijau membantu menjaga kesehatan mata Anda. Bayam, kale, kiwi, anggur dan zucchini mengandung karotenoid esensial yang disebut lutein dan zeaxanthin. Senyawa ini bertindak sebagai perisai pelindung untuk macula dan mencegah kerusakan dari cahaya biru.

Ini juga berfungsi mencegah katarak.4. Kesehatan pencernaan Tubuh Anda membantu memecah makanan menjadi nutrisi melalui pencernaan untuk membangkitkan energi, pertumbuhan dan perbaikan sel. Untuk memastikan fungsi sistem pencernaan lebih baik, konsumsilah makanan berserat tinggi seperti artichoke, apel, brokoli, kacang hijau, kacang polong dan lobak hijau.

Serat menyerap air tambahan di usus, mempromosikan bakteri usus yang sehat dan memudahkan gerakan usus.5. Meningkatkan metabolisme Dorongan dalam metabolisme akan membantu Anda menurunkan berat badan. Cabai hijau, avokad serta bayam adalah beberapa makanan hijau yang meningkatkan aktivitas metabolisme.

Nutrisi yang paling penting untuk fungsi metabolisme adalah vitamin B.6. Meningkatkan fungsi otak Sayuran berdaun hijau gelap dan buah-buahan seperti brokoli, kacang hijau, kubis, avokad, asparagus, bayam, kale semuanya kaya akan folat yang juga dikenal sebagai vitamin B9.

Apa manfaat makan buah dan sayur bagi kesehatan tubuh?

Manfaat bagi Kesehatan – Berbagai kajian menunjukkan bahwa konsumsi sayuran dan buah-buahan yang cukup turut berperan dalam menjaga kenormalan tekanan darah, kadar gula dan kolesterol darah. Konsumsi sayur dan buah yang cukup juga menurunkan risiko sulit buang air besar (BAB/sembelit) dan kegemukan.

    1. Meningkatkan Daya Ingat. Zat antoksidan yang terkandung dalam buah buhan dan sayuran dapat melindungi sel sel otak dan membantu meningkatkan daya ingat.
    2. Membuat Tubuh Lebih Bugar. Buah buahan dan sayuran memilki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Vitamin bersama dengan enzim bereaksi memproduksi energi; sehingga membuat tubuh menjadi lebih bugar.
    3. Melancarkan Buang Air Besar. Buah buahan dan sayuran mengandung serat yang tinggi yang dapat meningkatkan kelancaran metabolisme tubuh, serta melancarkan buang air besar. Lancarnya buang air besar menghindari penyerapan kembali sisa metabolisme oleh usus.
    4. Membantu Mengatasi Obesitas. Tingginya kandungan serat dalam buah buahan dan sayuran memberikan rasa kenyang yang lebih lama bahkan dapat mengurangi porsi makan yang berlebih.
    5. Mencegah dan Mengobati Kanker. Buah buahan dan sayurab kaya kan mineral, vitamin, serat, dan antioksidan. Nutrisi jenis ini dapat memperkuat tubuh serta meningkatkan imun untuk melawan berbagai jenis penyalit secara alami, termasuk penyakit kanker.
    6. Membuat Perasaan Lebih Bahagia. Aktioksidan dalam buah buhan dan sayuran terbukti mengurangi p[eradangan yang terjadi pada tubuh dan mampu melindungi seseorang dari depresi (antidepresan).
You might be interested:  Yang Merupakan Karakteristik Dari Jenis Sayuran Umbi Berlapis Adalah?

Begitu besar manfaat mengkonsumsi buah buahan dan sayuran bagi kesehatan tubuh, maka mulai saat ini gantikanlan menu cemilan dan kudapan seperti kue, cokelat, gorengan dengan mengkonsumsi buah buahan dan sayuran; mungkin juice buah dan sayuran menjadi menu pilihan yang menarik.

Apa manfaat sayuran hijau bagi manusia?

1. Jaga Kesehatan Mata – Manfaat sayuran hijau bagi tubuh yang pertama adalah baik untuk menjaga kesehatan mata. Banyak antioksidan yang ditemukan dalam sayuran hijau, seperti vitamin C dan E, beta-karoten, lutein dan zeaxanthin. Kandungan-kandungan ini mampu membantu memperlambat perkembangan kondisi mata seperti degenerasi makula terkait usia, katarak dan glaukoma.

  • Dalam sebuah penelitian, wanita yang makan lebih dari satu porsi kangkung selama seminggu menjadi 57% lebih kecil kemungkinannya menderita glaukoma dibandingkan mereka yang makan tidak lebih dari sekali sebulan.2.
  • Tingkatkan Fungsi Kognitif Manfaat sayuran hijau yang kedua adalah untuk membantu meningkatkan fungsi kognitif.

Penelitian mendapati bahwa mengonsumsi satu sampai dua porsi sayuran berdaun hijau setiap hari membuat fungsi kognitif menjadi 11 tahun lebih muda. Hal ini berkat peran folat, beta-karoten, dan vitamin K yang dikandung sayuran berdaun hijau.3. Lindungi Jantung Manfaat sayuran hijau yang ketiga adalah untuk membantu melindungi jantung.

  1. Sayuran hijau berkontribusi pada kesehatan jantung dalam beberapa cara.
  2. Mereka mengandung potasium, yang menurunkan tekanan darah tinggi; serat, yang menjaga kolesterol tetap terkendali; dan folat, yang melindungi terhadap penyakit jantung dan stroke.
  3. Rangkaian antioksidannya yang luas juga dapat melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas, kontributor utama aterosklerosis.4.

Basmi Kanker Manfaat sayuran hijau yang ke empat adalah untuk membantu membasmi kanker. Studi telah mengkonfirmasi bahwa asupan sayuran silangan yang lebih tinggi terkait dengan risiko yang lebih rendah dari terkena banyak jenis kanker, seperti kanker kandung kemih, payudara, usus, perut, paru-paru, ovarium, pankreas, prostat, dan ginjal.

You might be interested:  Bunga Kol Dan Brokoli Merupakan Tanaman Sayuran Yang Dimanfaatkan Bagian?

Sayuran hijau ini kaya akan senyawa unik yang disebut glukosinolat, yang terurai untuk membentuk senyawa penghilang kanker, dan mereka dikemas dengan flavonoid dan karotenoid yang melawan kanker.5. Jaga Tubuh Tetap Sehat Manfaat sayuran hijau bagi tubuh yang kelima adalah untuk membantu menjaga kesehatannya.

Sayuran cruciferous atau brassica seperti brokoli atau kubis brussel, serta bayam, lobak swiss dan selada, penuh dengan nutrisi yang mampu membantu melindungi kesehatan tubuh secara umum. Kubis Brussel dikemas dengan vitamin C, yang membantu menjaga paru-paru tetap sehat sepanjang hidup.

  1. Bayam kaya akan folat untuk kesehatan saraf.
  2. Bayam yang matang sangat kaya akan lutein dan zeaxanthin yang ramah mata.
  3. Ale kaya akan vitamin K, dibutuhkan untuk kekuatan tulang dan membantu melindungi dari osteoporosis.
  4. Sedangkan brokoli adalah salah satu penyedia vitamin E sayuran terbaik, yang mendukung sel melawan kuman.

Baca juga: Konsumsi Makanan Berserat Bisa Bantu Kurangi Risiko Karies saat Puasa Manfaat Konsumsi Sayur bagi Kesehatan, Lawan Peradangan dan Baik untuk Kulit Manfaat Daun Seledri untuk Membersihkan Ginjal, Ketahui Faktanya Manfaat Jus Kubis bagi Kesehatan, Cegah Gangguan Pencernaan hingga Antikanker

Apa saja yang terkandung dalam sayuran?

20 September 2018 Mengapa Kita Harus Mengkonsumsi Sayuran Sayuran merupakan bahan pangan yang berasal dari tumbuhan yang memiliki kandungan air tinggi, beberapa diantara sayuran tersebut ada yang dapat dikonsumsi langsung tanpa dimasak, Namun ada juga yang memerlukan proses pengolahan terlebih dahulu seperti direbus, dikukus untuk memaksimalkan kandungan gizi yang terdapat didalamnya atau untuk menambah cita rasa dari sayuran tersebut.

Related Post