Lani Menanam Bibit Sayuran Kewajiban Yang Harus Dilakukan Lani Adalah?

Lani Menanam Bibit Sayuran Kewajiban Yang Harus Dilakukan Lani Adalah
TRIBUNNEWS. COM – Berikut ini kunci jawaban Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 4 Kelas 4 SD/MI Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Peduli Terhadap Makhluk Hidup. Buku Tematik Kelas 4 Tema 3 edisi revisi 2017 memiliki judul Peduli Terhadap Makhluk Hidup.

  1. Emudian, Subtema 1 buku ini berjudul Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku.
  2. Artikel ini berisi kunci jawaban soal pembelajaran 4 yakni halaman 24 hingga 30.
  3. Baca: Kunci Jawaban Tema 3 Buku Tematik Kelas 3 SD Halaman 70 – 80 Subtema 2 Pembelajaran 2, Wujud Benda Baca: Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 SD Halaman 123 125 126 127 128 129 Subtema 3 Buku Tematik Berikut kunci jawaban tema 3 kelas 4 subtema 1 halaman 24 – 30 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku: Bacaan halaman 24 Lani dan Adiknya Lani mempunyai tanaman yang ditanamnya di rumah.

Setiap pagi dan sore hari, Lani selalu menyiram tanamannya. Selain menyiram Lani juga memberikan pupuk seminggu sekali. Tanaman Lani tumbuh dengan subur. Adik Lani juga mempunyai tanaman yang ditanam di rumah. Sering kali, ia lupa untuk menyiram tanamannya.

  1. Ia juga jarang memberikan pupuk.
  2. Lani sudah sering mengingatkan adiknya.
  3. Namun, adik Lani selalu lupa.
  4. Ia lebih senang menonton TV dan bermain.
  5. Tanaman miliknya layu dan hampir mati.
  6. Halaman 25 Diskusikan dengan kelompokmu.1, Apa yang dilakukan Lani terhadap tanamannya? Jelaskan.
  7. Jawaban: Lani menyiram dan memberikan pupuk agar tanamannya tumbuh dgn subur.2.

Apa yang dilakukan adik Lani terhadap tanamannya? Jelaskan. Jawaban: Adik Lani sering lupa untuk menyiram tanamannya. Ia juga jarang memberikan pupuk. Lani sudah sering mengingatkan adiknya. Namun,adik Lani selalu lupa. Ia lebih senang menonton TV dan bermain.

  1. Tanaman miliknya layu dan hampir mati.3.
  2. Manakah yang menurutmu telah bersikap bijak terhadap tanaman? Lani atau adiknya? Jelaskan jawabanmu.
  3. Jawaban: Menurut saya yang lebih bijak terhadap tanaman adalah Lani, karena Lani selalu menyiram tanamannya.
  4. Selain menyiram Lani juga memberikan pupuk seminggu sekali.

Tanaman Lani tumbuh dengan subur 4. Ketika adik Lani tidak menyiram tanamannya, siapa saja yang dia rugikan? Jelaskan jawabanmu. Jawaban: Ketika adik Lani tidak menyiram tanamannya maka yang dirugikan pertama pasti tanamannya karena bisa mengakibtakn tanaman itu kekeringan.

Kemudian yang kedua adalah Adik Lani.5. Ketika adik Lani lupa menyiram tanamannya, apakah dia sudah melaksanakan kewajibannya? Jelaskan jawaabanmu. Jawaban: Tidak, karna dia lupa menyiram tanamannya berarti dia sudah melupakan kewajibannya.6. Ketika Lani menyiram tanamannya, apakah dia sudah melaksanakan kewajibannya? Jelaskan jawabanmu.

Jawaban: Sudah,Karna ketika ia menyiram tanaman maka akan terjadi suatu kegiatan yang positif dimana dapat memberikan keuntungan kepada keduanya. Bunganya tidak mati dan yang menyiram dapt menikmati keindahan dari bunga tersebut.7. Mengapa memperoleh hak untuk mendapatkan tanaman subur itu penting? Jawaban: Karen tumbuhan yg kita tanam menghasilkan hasil maksimal dan tumbuhan itu akan tumbuh subur jika tumbuhan itu subur maka itu juga akan menghasilkan udara yang sejuk (oksigen).

Apa kewajiban menanam pohon?

Kewajiban terhadap tumbuhan – Tidak hanya mendapatkan apa yang menjadi haknya, manusia juga memiliki kewajiban terhadap tumbuhan. Dilansir dari situs Al Jazeera, kewajiban terhadap tumbuhan berarti kita memberi apa yang menjadi hak tumbuhan. Baca juga: Pentingnya Melestarikan Hewan dan Tumbuhan Berikut beberapa contoh kewajiban terhadap tumbuhan:

    Kewajiban untuk melindunginya

Manusia wajib melindungi tumbuhan di sekitarnya. Contohnya melindungi tumbuhan dari penggunaan secara berlebihan, tidak melakukan perbuatan semena-mena terhadap tumbuhan, serta tidak merusak tumbuhan.

    Kewajiban untuk merawatnya

Selain melindungi, manusia juga berkewajiban untuk selalu merawat tumbuhan yang dimilikinya. Contohnya rajin menyiram tanaman setiap hari, memberi pupuk, tidak memetik tumbuhan sembarangan, dan menjaga keindahan tumbuhan.

    Kewajiban untuk melestarikannya

Manusia juga memiliki kewajiban untuk melestarikan tumbuhan. Contohnya dengan tidak merusak tumbuhan dan lingkungan sekitarnya, serta melakukan penanaman tumbuhan kembali setelah menggunakannya. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.

Apa kewajiban kita supaya tanaman tumbuh subur?

KOMPAS. com – Lingkungan yang hijau berpengaruh terhadap kesehatan manusia. Karena manusia menghirup oksigen yang dihasilkan oleh tumbuhan, Tumbuhan yang hijau membuat udara menjagi seger karena menghasilkan oksigen. Sehingga kita harus menjaga dan melestarikan tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar kita.

You might be interested:  Zat Gizi Yang Terdapat Di Dalam Sayuran Antara Lain?

Apa kewajibanmu terhadap tumbuhan yang ada disekitar kita? Baca juga: Apa Manfaat Tumbuhan di sekitar Kita? Kita harus merawat tumbuhan di sekitar kita dengan baik. Setiap tumbuhan memiliki bagian-bagian yang bermanfaat bagi makhluk hidup lain. Salah satu bagian tumbuhan adalah memiliki bunga. Agar bunga tampak subur dan terjaga dengan baik, maka kita perlu merawat dan memelihara tumbuhan.

Caranya dengan menyirami secara rutin dan memberikan pupuk dengan teratur agar subur. Karena jika tidak rutin disiram dan diberi pupuk, tumbuhan akan kering. Bahkan lama-lama bisa mati, jika ada kering segera di potong agar tidak menyebar ke bagian tumbuhan lain.

  1. Baca juga: Penyesuaian Manusia terhadap Keadaan Alam Selain itu kita juga harus membersihkan dari gulma atau hama yang bisa merusakan tumbuhan.
  2. Menjaga kebersihan di sekitar tumbuhan.
  3. Ita juga bisa merawat dengan memangkas tanaman agar tampak rapi.
  4. Sehingga tumbuhan bisa berkembang biak dengan baik.
  5. Ita juga harus menempatkan bunga pada lokasi yang terkena cahaya matahari.

Baca juga: Bagian dan Fungsi Akar Tumbuhan Bunga membuat lingkungan menjadi indah dan sejuk dipandang mata. Bahkan beberapa jenis bunga menghasilkan bau wangi dan harum. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas. com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.

Siapa yang memiliki kewajiban merawat tanaman?

Setiap anggota keluarga memiliki kewajiban yang sama dalam merawat dan menjaga kelestarian tanaman di sekitar rumah. Adapun kewajiban dalam menjaga dan merawat tanaman yaitu menyiram, memcabuti tanaman gulma, menyapu sisa-sisa dedauanan yang berserakan, dan tidak memetik maupun merusak tanaman.

  1. Penjelasan: Kewajiban adalah segala sesuatu yang harus dilakukan oleh setiap orang dengan penuh tanggung jawab guna mendapatkan hak yang seharusnya diterima.
  2. Dalam pelaksanaannya kewajiban selalu dilaksanakan dengan hak secara seimbang.
  3. Hak adalah segala sesuatu yang didapatkan dan diterima oleh setiap manusia atas pemberian Tuhan Yang Maha Esa.

Hak yang dimiliki oleh setiap manusia sama dan tidak ada pihak yang dapat mencabut maupun merebutnya serta setiap negara berkewajiban melindungi dan menjamin setiap hak seluruh warga negaranya. Dalam sebuah keluarga setiap anggota keluarga memiliki hak dan kewajibanya masing-masing.

    Patuh terhadap perintah orang tua Menghormati dan menghargai sesama anggota keluarga Saling menyayangi sesama anggota keluarga Menjaga nama baik keluarga Menjaga kebersihan dan keasrian rumah Mengejakan tugas rumah dengan baik dan penuh tanggung jawab Membantu orang tua Membahagiakan dan membanggakan orang tua

Mengapa kita harus melaksanakan kewajiban terhadap tanaman yang kita tanam?

Pexels/Karolina Grabowska Merawat tumbuhan merupakan contoh kewajiban kita terhadap tumbuhan. Bobo. id – Manusia memiliki kewajiban terhadap tanaman, salah satunya dengan merawatnya. Perawatan pada tanaman akan berdampak baik untuk lingkungan tempat tinggal manusia.

Teman-teman, coba sebutkan apa saja manfaat merawat tanaman? Berikut beberapa manfaat merawat tanaman antara lain menjaga kelestarian lingkungan, membuat tanaman subur, melatih kesabaran pada diri masing-masing. Merawat tanaman juga dapat membantu tanaman untuk menghasilkan oksigen dan memberikan udara segar.

Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 4 SD Tema 3, Apa Kewajiban Kita Terhadap Tumbuhan Sekitar? Selain itu, merawat tanaman juga termasuk wujud kasih sayang kita terhadap makhluk hidup lain. Pada pelajaran tematik kelas 4 SD Tema 3, teman-teman akan menemukan pertanyaan mengenai merawat tanaman.

  • Pertanyaan tersebut berbunyi, mengapa melakukan kewajiban untuk merawat tanaman itu penting? Yuk, cari kunci jawaban pertanyaan tersebut dari penjelasan berikut ini! Pentingnya Merawat Tanaman Merawat tanaman memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh manusia, contohnya sebagai berikut.1.
  • Membantu Memberikan Oksigen Tanaman memiliki kemampuan untuk memasak makanannya sendiri, namanya fotosintesis.

Bagaimana caranya? Bahan yang dibutuhkan tanaman untuk memasak adalah air dan unsur hara dari tanah, serta sinar matahari dan karbon dioksida. Setelah itu bahan-bahan tersebut dikumpulkan pada daun untuk melangsungkan proses memasak. Hasil masakannya berupa oksigen yang dibutuhkan makhluk hidup lain untuk bernapas.

  1. Baca Juga: Dampak Menanam Tanaman bagi Orang Lain, Materi Kelas 4 SD Tema 3 Tanaman dapat melakukan fotosintesis jika mendapatkan asupan air, nutrisi, dan sinar matahari yang tersedia di alam.
  2. Manusia memiliki peran dalam hal ini, karena manusia yang merawat tanaman dan memberikannya nutrisi yang dibutuhkan.

Jadi, itulah salah satu contoh pentingnya melakukan kewajiban untuk merawat tanaman.2. Membantu membersihkan Udara Tanaman yang dirawat dengan baik dan dapat melakukan fotosintesis dengan lancar, membantu manusia untuk membersihkan udara. Dari penelitian yang dilakukan oleh NASA, tanaman dapat membersihkan udara di dalam ruangan dengan menangkap polutan di udara.

  • Polutan adalah bahan yang mengakibatkan polusi atau pencemaran.
  • Polutan di udara berbahaya untuk kesehatan manusia, karena akan menimbulkan efek keracunan dan gangguan saluran pernapasan.
  • Contoh tanaman yang memiliki kemampuan untuk membersihkan udara antara lain Sirih Gading dan Lidah Mertua.
  • Cara Merawat Tanaman Jika kamu memiliki tanaman di rumah, kamu bisa merawatnya dengan cara berikut.
You might be interested:  Potongan Sayuran Yang Berbentuk Dadu Disebut?

Baca Juga: Dampak Sikap Bijak Terhadap Tumbuhan bagi Lingkungan, Materi Kelas 4 SD Tema 3 – Melakukan penyiraman sesuai dengan kebutuhan air menurut masing-masing jenis tumbuhan.

Apa kewajibanmu terhadap tumbuhan yang ada disekitar rumahmu?

1. Apa kewajibanmu terhadap tumbuhan yang ada di sekitar? – Jawaban: Rajin merawat dan menyiramnya setiap hari, selain itu juga perlu memberikan pupuk secara teratur. Klik link di bawah untuk kunci jawaban lengkap Tema 3 Kelas 4 Pembelajaran 3 Subtema 1: • Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 17 18 19 21 22 23 Pembelajaran 3 Subtema 1 Buku Tematik Cermati teks tentang upaya manusia untuk menjaga kelestarian lingkungan berikut ini.

Setiap tumbuhan memiliki bagian-bagian yang bermanfaat bagi makhluk hidup lain. Di antara tumbuhan tersebut, ada yang memiliki bunga. Bunga-bunga di sekitar rumah Lani terlihat sangat subur dan beraneka warna. Lani sangat rajin merawat bunga-bunga tersebut. Ia menyiramnya setiap hari dan memberikan pupuk secara teratur.

Bunga membuat lingkungan rumah Lani menjadi indah dan sejuk dipandang mata. Beberapa jenis bunga menghasilkan wangi, sehingga membuat harum udara di lingkungan rumah Lani. (TribunPadang. com)

Mengapa menanam pohon itu baik?

KOMPAS. com – Menanam pohon di halaman rumah tidak hanya akan menambahkan keindahan dan kesejukan. Lebih dari itu, menanam pohon dapat memberikan manfaat yang lebih luas, baik untuk manusia maupun lingkungan. Mengingat fungsi pohon yang sangat vital bagi makhluk hidup dan lingkungan, menjaga dan menanam pohon kembali menjadi upaya yang penting untuk menjaga kelangsungan kehidupan di Bumi.

  • Dilansir dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng, berikut adalah manfaat pohon untuk kehidupan.1.
  • Menghasilkan oksigen Pohon menghasilkan oksigen di siang hari.
  • Oksigen adalah unsur yang sangat penting untuk kelangsungan kehidupan di Bumi.
  • Baca juga: Meski Bisa Jalan, 3,67 Juta Tahun Lalu Manusia Purba Pilih Berayun di Pohon Menurut penelitian Mohammad Hasroel Thayib, pakar lingkungan Universitas Indonesia, satu pohon, jika dikonversi ke rupiah, rata-rata menghasilkan oksigen senilar Rp 1.174.000 per hari.

Ini menunjukkan bahwa pohon sangat berharga bagi makhluk hidup karena menyuplai banyak sekali oksigen setiap harinya.2. Menyerap karbon dioksida Di samping manfaat pohon yang menghasilkan oksigen, pohon juga dapat menyerap karbon dioksida serta gas-gas beracun lain.

  • Arbon dioksida ini berperan besar dalam kerusakan lingkungan, seperti penipisan lapisan ozon yang berdampak pada meningkatnya panas Bumi.
  • Oleh sebab itu, menanam pohon menjadi langkah yang sangat penting untuk memperbaiki lingkungan dan menyelamatkan Bumi.
  • Baca juga: Monkeydactyl, Dinosaurus Terbang dari China yang Bisa Panjat Pohon 3.

Menyerap air hujan Akar pohon dapat menyerap air hujan yang masuk ke dalam tanah, mengikat air tanah, dan mencegah banjir. Dengan demikian, pohon berperan penting dalam mencegah terjadinya bencana alam yang dapat memberikan kerugian bagi makhluk hidup.4.

  1. Sumber pangan dan papan Pohon menghasilkan bunga, buah, daun, dan lain-lain yang dimanfaatkan sebagai bahan pangan oleh manusia dan hewan.
  2. Selain itu, kayu yang dihasilkan oleh pohon tertentu dapat dimanfaatkan sebagai sumber papan bagi manusia.
  3. Beberapa jenis hewan pun memanfaatkan pohon sebagai rumah, tempat berkembang biak, dan tempat berlindung dari predator.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas. com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas. com News Update”, caranya klik link https://t. me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Mengapa kita harus melaksanakan kewajiban terhadap tanaman yang kita tanam?

Pexels/Karolina Grabowska Merawat tumbuhan merupakan contoh kewajiban kita terhadap tumbuhan. Bobo. id – Manusia memiliki kewajiban terhadap tanaman, salah satunya dengan merawatnya. Perawatan pada tanaman akan berdampak baik untuk lingkungan tempat tinggal manusia.

Teman-teman, coba sebutkan apa saja manfaat merawat tanaman? Berikut beberapa manfaat merawat tanaman antara lain menjaga kelestarian lingkungan, membuat tanaman subur, melatih kesabaran pada diri masing-masing. Merawat tanaman juga dapat membantu tanaman untuk menghasilkan oksigen dan memberikan udara segar.

Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 4 SD Tema 3, Apa Kewajiban Kita Terhadap Tumbuhan Sekitar? Selain itu, merawat tanaman juga termasuk wujud kasih sayang kita terhadap makhluk hidup lain. Pada pelajaran tematik kelas 4 SD Tema 3, teman-teman akan menemukan pertanyaan mengenai merawat tanaman.

  • Pertanyaan tersebut berbunyi, mengapa melakukan kewajiban untuk merawat tanaman itu penting? Yuk, cari kunci jawaban pertanyaan tersebut dari penjelasan berikut ini! Pentingnya Merawat Tanaman Merawat tanaman memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh manusia, contohnya sebagai berikut.1.
  • Membantu Memberikan Oksigen Tanaman memiliki kemampuan untuk memasak makanannya sendiri, namanya fotosintesis.
You might be interested:  Sayuran Yang Mengandung Insulin?

Bagaimana caranya? Bahan yang dibutuhkan tanaman untuk memasak adalah air dan unsur hara dari tanah, serta sinar matahari dan karbon dioksida. Setelah itu bahan-bahan tersebut dikumpulkan pada daun untuk melangsungkan proses memasak. Hasil masakannya berupa oksigen yang dibutuhkan makhluk hidup lain untuk bernapas.

Baca Juga: Dampak Menanam Tanaman bagi Orang Lain, Materi Kelas 4 SD Tema 3 Tanaman dapat melakukan fotosintesis jika mendapatkan asupan air, nutrisi, dan sinar matahari yang tersedia di alam. Manusia memiliki peran dalam hal ini, karena manusia yang merawat tanaman dan memberikannya nutrisi yang dibutuhkan.

Jadi, itulah salah satu contoh pentingnya melakukan kewajiban untuk merawat tanaman.2. Membantu membersihkan Udara Tanaman yang dirawat dengan baik dan dapat melakukan fotosintesis dengan lancar, membantu manusia untuk membersihkan udara. Dari penelitian yang dilakukan oleh NASA, tanaman dapat membersihkan udara di dalam ruangan dengan menangkap polutan di udara.

  1. Polutan adalah bahan yang mengakibatkan polusi atau pencemaran.
  2. Polutan di udara berbahaya untuk kesehatan manusia, karena akan menimbulkan efek keracunan dan gangguan saluran pernapasan.
  3. Contoh tanaman yang memiliki kemampuan untuk membersihkan udara antara lain Sirih Gading dan Lidah Mertua.
  4. Cara Merawat Tanaman Jika kamu memiliki tanaman di rumah, kamu bisa merawatnya dengan cara berikut.

Baca Juga: Dampak Sikap Bijak Terhadap Tumbuhan bagi Lingkungan, Materi Kelas 4 SD Tema 3 – Melakukan penyiraman sesuai dengan kebutuhan air menurut masing-masing jenis tumbuhan.

Hadist tentang sedekah menanam pohon?

Sejumlah warga menanam pohon dikawasan pegunungan Patiayam Desa Klaling, Jekulo, Kudus, Jawa Tengah, Rabu (15/1/2020). Foto: Antara/Yusuf Nugroho Apa yang dicuri dari sebuah pohon jadi sedekah bagi orang yang menanamnya. REPUBLIKA. CO. ID, Oleh Dr KH Syamsul Yakin MA Menanam pohon itu berpahala.

  1. Nabi SAW bersabda, “Tidaklah seorang muslim menanam tanaman lalu tanaman itu dimakan manusia, binatang ataupun burung melainkan tanaman itu menjadi sedekah baginya sampai hari kiamat. ” (HR. Muslim).
  2. Manusia tidak bisa terlepas dari tanaman dan pepohonan.
  3. Apalagi pohon juga menghasilkan oksigen.
  4. Berdasar riset, seorang manusia menghirup 740 kilogram oksigen sepanjang tahun.

Kalau peduduk bumi saat ini berjumlah sekitar 7,7 miliar lebih, berapa miliar tonkah oksigen yang harus dipasok agar semua penduduk bumi bisa terus bernafas? Selain itu, berapa pohon yang harus ditanam untuk dikonsumi dari jenis biji-bijian, buah, dan sayuran? Biji-bijian seperti padi, palawija, dan gandum berasal dari pohon yang ditanam dengan cara intensifikasi maupun ekstensifikasi pertanian.

  1. Beragam macam buah, seperti anggur, kurma, apel, jeruk adalah hasil budi daya manusia yang masih terus ditanam, bahkan dengan cara rekayasa genetika.
  2. Termasuk sayuran hijau tak henti-hentinya ditanam dan dikembangkan.
  3. Maka itu, Nabi SAW mewanti-wanti, “Jika terjadi hari kiamat sementara di tangan salah seorang dari kalian ada sebuah tunas, maka jika ia mampu sebelum terjadi hari kiamat untuk menanamnya, maka tanamlah.

” (HR. Bukhari dan Ahmad). Hadits ini adalah pralambang bahwa desah nafas manusia tergantung dari pohon yang ditanam dan buah yang diketam. Melihat besarnya pahala menanam pohon dari beragam jenis, sudah sepantasnya seorang muslim itu melakukan reboisasi dengan menanam pohon pelindung dan konsumsi.

Pohon pelindung selain menghasilkan oksigen juga mampu menahan erosi di saat musim penghujan. Bahkan pohon pelindunglah yang menahan longsor dan banjir bandang. Inilah pahala ekologi menanam pohon yang membuat langit cerah, polusi merendah, dan lapisan ozon tidak terus bolong. Selain itu, pada pohon pula burung-burung bernyanyi, bahkan tak jarang pipit mencuri padi milik petani di sawah yang menghampar.

Tentu ini menjadi menjadi pahala tersendiri bagi petani. Termasuk ketika tanaman itu dimakan hama atau makhluk lainnya. Nabi SAW bersabda, “Apa yang dicuri dari tanaman tersebut merupakan sedekahnya. Apa yang dimakan oleh binatang buas dari tanaman itu merupakan sedekahnya.

  1. Apa yang dimakan oleh seekor burung dari tanaman itu merupakan sedekahnya.
  2. Tidaklah dikurangi atau diambil oleh seseorang dari tanaman itu kecuali merupakan sedekahnya. ” (HR. Muslim).
  3. Secara psikologis, manusia menyukai keindahan alam yang menghijau, taman, air yang mengalir.
  4. Maka surga yang dijanjikan juga digambarkan seperti itu.

Allah SWT menjelaskan, “Bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya” (QS. al-Baqarah/2: 25). Untuk menikmati surga di dunia bisa dengan cara melestarikan lingkungan. Namun membangun gerakan menanam pohon juga tidak mudah.

Related Post