Jenis Sayuran Yang Mudah Dibudidayakan Dan Populer Adalah?

Jenis Sayuran Yang Mudah Dibudidayakan Dan Populer Adalah
Kangkung adalah jenis sayuran daun yang sangat populer karena mudah dibudidayakan. Kangkung dapat tumbuh ditempat-tempat yang berair dan lembab, seperti di rawa-rawa dan ditanah gambut yang basah. Penjelasan

  • Kangkung adala h tumbuhan dari jenis sayur-sayuran yang banyak terdapat di kawasan Asia. Kangkung memiliki beberapa ciri-ciri diantaranya yaitu sebagai berikut :
  1. Memiliki morfologi batang yang berongga dengan ukuran batang yang tidak terlalu besar
  2. Memiliki bentuk daun yang panjang dan meruncing pada bagian ujungnya
  3. Memiliki biji berwarna coklat tua berbentuk menyerupai seperempat lingkaran
  4. Memiliki akar tunggang yang memiliki akar-akar kecil disekitarnya
  • Penanaman kangkung sangat mudah dilakukan yaitu dengan cara memotong-motong batang kangkung lalu menancapkannya di lahan yang telah disiapkan.
  • Kangkung dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu sebagai berikut :
  1. Kangkung darat adalah kangkung yang menggunakan tanah sebagai media tanah dan metode hidroponik. Kangkung darat dapat dipanen saat sudah berusia 30 – 45 hari sejak masa penanaman.
  2. Kangkung air adalah kangkung yang hidup di permukaan air secara alami, misalnya di area persawahan. Kangkung air lebih ceoat memasuki masa panen dibandingkan dengan kangkung darat yaitu sekitar 11 hari sejak masa penanaman.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang ciri-ciri kangkung : brainly. co. id/tugas/11547777

Detil Jawaban Kelas : VIII (SMP) Mapel : Biologi Bab : Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan Kode : 8.4.6 Kata kunci : Kangkung

Tanaman sayuran apa yang bisa dibudidayakan di dataran rendah?

Sayuran dataran rendah Beberapa jenis tanaman sayur yang bisa tumbuh subur di dataran rendah adalah kangkung, bayam, terung, kacang panjang, dan kecipir.

You might be interested:  Cara Memasak Sayur Hijau Yang Benar?

Tanah kering cocok ditanami apa?

Lahan kering biasanya ditanami banyak tanaman seperti jenis tanaman hortikultura, tanaman perkebunan, maupun tanaman pangan seperti padi gogo, jagung, ubi kayu/simgkong, ubi jalar, kacang tanah, dan kedelai.

Apa saja jenis bayam yang bisa ditanam?

Bayam ( Amaranthus sp.) Tanaman Bayam berbentuk perdu atau semak, berdaun tunggal dengan ujung meruncing, lunak dan lebar. Batangnya lunak dan berwarna hijau keputih-putihan, putih kemerah-merahan, atau hijau. Bunga berukuran kecil muncul dari ketiak daun dan ujung barang pada rangkaian tandan.

  1. Buahnya tidak berdaging tetapi biijinya banyak, sangat kecil, bulat dan mudah pecah.
  2. Tanaman bayam berakar tunggang dan berakar samping yang kuat dan agak dalam.
  3. Bayam banyak digemari masyarakat Indonesia karena rasanya enak, lunak dan dapat pencernaan.
  4. Selain itu, bayam banyak mengandung vitamin A dan C serta sedikit Vitamin B.

Bayam pun banyak mengandung garam-garam mineral yang penting seperti kalsium, fosfor dan besi. Jenis bayam ada yang dibudidayakan, ada juga yang tidak dibudidayakan. Bayam yang liar dan tidak dibudidayakan ada dua jenis, yaitu bayam tanah ( Amaranthus blitum L.) dan bayam berduri ( Amaranthus spinosus L.).

Bayam tersebut enak dimakan walaupun agak keras dan kasap. Warna batangnya kemerah-merahan. Sementara bayam yang biasa ditanam atau diusahakan umumnya berbiji hitam, diantaranya bayam cabut dan bayam tahun. Bayam cabut ( Amaranthus tricolor L) atau biasa disebut bayam sekul ada yang berwarna kemerah-merahan (bayam merah) dan ada juga yang hijau keputih-putihan (bayam putih).

Bayam sekul berbunga pada ketiak daun. Jenis bayam ini biasa dijual dengan akarnya dalam bentuk ikatan sebesar lingkaran dua jari. Adapun jenis bayam yang dianjurkan ditanam ialah Giti Hijau dan Giti Merah. Bayam tahun ( Amaranthus hybridus L.) atau biasa disebut bayam sekop atau bayam kakap ini berdaun lebar.

  • Amaranthus hybridus memiliki dua varietas, yaitu varietas caudatus dan varietas paniculatus.
  • Varietas caudatus berdaun agak panjang, berujung runcingm dan berwarna hijau atau merah tua.
  • Bunganya merangkai panjang di ujung-ujung batang.
  • Sementara varietas paniculatus memiliki dasar daun yang lebar dan berwarna hijau.
You might be interested:  Tanaman Sayuran Yang Diambil Manfaatnya Pada Bagian Bunga Yaitu?

Rangkaian bunganya panjang dan tersebar di ketiak daun atau cabang, tetapi lebih teratur daripada varietas caudatus. Bayam tahun ada yang berbiji putihm dikenal dengan nama bayam maksi ( Amaranthus hypochondriacus ). Biji bayam maksi enak dimakan sebagai bubur atau campuran roti.

  • Sewaktu masih kecil, batang bayam maksi berwarna merah, setelah dewasa berwarna hijau kemerahan.
  • Jenis bayam lainnya adalah bayam belanda atau spinach /spinas ( Spinacea oleracea ).
  • Spinas yang terkenal adalah marisca, samba dan movera.
  • Spinas hanya baik ditanam di dataran tinggi, Jenis bayam ini sangat terkenal dan enak.

Bayam dapat ditanam sepanjang tahun baik di dataran rendah maupun di dataran tinggi, dapat pula di tanam di areal kebun atau pekarangan rumah. Waktu penanaman yang baik adalah pada saat awal musim hujan atau pada awal musim kemarau. Bayam akan tumbuh dengan optimal bila ditanam di tanah dengan derajat keasaman (pH tanah) sekitar 6-7.

Cabai termasuk tanaman apa?

Tanaman cabai termasuk famili Solanaceae genus Capsicum, Famili ini memiliki 25 spesies liar dan 5 speises yang sudah didomestikasi. Kelima spesies hasil domestikasi tersebut adalah C. annuum, C. baccatum, C. chinense, C. frutescens, dan C. pubescens,

Berikut ini tanaman keluarga cabai yang sering Anda jumpai. Capsicum annuum Capsicum annuum L. paling sering dibudidayakan dan bernilai ekonomi tinggi. Berdasarkan karakter buahnya, spesies C. annuum digolongkan ke dalam empat tipe, yakni cabai besar, cabai keriting, cabai rawit, dan paprika. Cabai besar memiliki daging yang tebal, ukuran buah mencapai 6—10 cm, dan rasanya relatif kurang pedas.

Cabai keriting memiliki permukaan buah yang ramping dan berlekuk-lekuk seperti mengeriting. Rasa cabai keriting cukup pedas. Cabai rawit berukuran kecil, panjangnya hanya 1—3 cm dengan lebar buah 2,5—1,2 mm. Permukaan buah cabai rawit licin dan rasanya cukup pedas.

    frutescens dikenal dengan nama cabai rawit putih. Spesies cabai ini ditemukan di dataran rendah tropis Amerika dan Asia Tenggara. Di Kalimantan, spesies cabai ini berwarna kemerahan. Tanaman spesies ini tergolong lebih tinggi dan kokoh. Selain itu, rasanya terbilang lebih pedas dibanding cabai kecil lainnya.
You might be interested:  Sebutkan Macam-Macam Tumbuhan Yang Termasuk Ke Dalam Jenis Kacang-Kacangan?

Jenis cabai yang termasuk spesies C, frute sce ns adalah Tabasco dan Thai Hot. Tabasco memiliki tingkat kepedasan sekitar 120.000 skala Scovile, sedangkan Thai Hot sekitar 60.000 skala Scoville. Capsicum chinense Spesies ini tersebar luas di wilayah tropis Amerika dan sering ditanam di sekitar wilayah Amazon.C.

    pubescens ditanam di Amerika Tengah dan dataran tinggi Pegunungan Andes. Ciri utama spesies cabai ini adalah bijinya yang berwarna hitam. Di Jawa Barat, cabai spesies ini dikenal dengan nama cabai gendot.

Capsicum baccatum

    baccatum populer di Bolivia, Brazil, Chilli, dan Argentina dengan nama Aji Pepper, Konon bentuk buah spesies cabai ini menyerupai telur atau buah murbei.

Sumber: pertanianku. com

Related Post