Diantara Tanaman Sayuran Berikut Yang Memerlukan Pemasangan Ajir Adalah?

Diantara Tanaman Sayuran Berikut Yang Memerlukan Pemasangan Ajir Adalah
Jawaban: jawaban C. Pare Penjelasan: Penggunaan ajir biasanya digunakan untuk tanaman yang merambat seperti tanaman timun, kacang panjang, pare, gambas, labu, anggur, melon, buncis, merica dan lain sebagainya.

Apa yang dimaksud dengan ajir?

Selain persiapan lahan dan pemilihan benih kualitas unggul, ada juga kiat-kiat lain yang bisa dilakukan untuk membantu meningkatkan hasil produksi dari tanaman budidaya. Kebutuhan pupuk yang terpenuhi secara optimal, pencahayaan yang mencukupi, dan irigasi yang tepat kebutuhan merupakan beberapa di antaranya.

Hal lain yang tak kalah penting adalah pengaturan ruang tumbuh kembang tanaman yang didukung oleh pemasangan ajir. Pemasangan ajir yang tepat merupakan salah satu faktor teknis yang memiliki andil penting dalam proses pertanian. Di kalangan petani, ajir dikenal sebagai alat penegak yang terbuat dari batang bambu atau bahan lainnya yang berfungsi sebagai tempat bersandar pohon, penyangga batang, atau tempat merambatnya tanaman perdu seperti timun, kacang panjang, paria, gambas, labu, dan sebagainya.

Namun bagi tanaman semusim yang berbuah lebat seperti cabai, tomat, paprika juga memerlukan ajir agar tidak mudah roboh. Namun, selain memberikan rangka yang kokoh bagi tumbuh kembang tanaman, ajir juga memiliki fungsi-fungsi lainnya. Berikut adalah beberapa fungsi ajir bagi tumbuh kembang tanaman budidaya: 1.

  1. Sebagai penopang tanaman agar tidak mudah roboh atau terkoyak akibat curah hujan tinggi, tiupan angin, atau karena adanya kontak dari aktivitas fisik lainnya.2.
  2. Agar tanaman tumbuh lurus ke arah atas, mencegah tanaman tidak tumbuh bengkok kea rah samping kanan atau samping kiri, 3.
  3. Mempercepat proses fotosintesis pada tanaman karena tanaman menhadap tepat di atas cahaya matahari.4.

Menciptakan jarak-jarak antara tanaman secara teratur sehingga membentuk sirkulasi udara yang baik. Hal ini dapat menekan munculnya serangan hama penyakit tanaman seperti jamur dan cendawan. #IndonesiaKT #sipindo #sipindopoweredbysmartseeds #aplikasipertanian #petanimuda #petaniindonesia #tanaman #agriculture #ajir #ajirbambu #ajirjaring #timun #labu #tomat #cabai #cabairawit #terong #berkebun #sayur #sayuran #farmlife Disadur dari: 8villages.

You might be interested:  Tuliskan 5 Contoh Hasil Samping Sayuran Yang Bernutrisi?

Pemasangan ajir dimaksudkan untuk apa?

Kegunaan dan Manfaat Ajir – Diantara Tanaman Sayuran Berikut Yang Memerlukan Pemasangan Ajir Adalah sumber: 8villages. com Pada umumnya ajir bermanfaat untuk media sandar pohon dan batang. Tiangnya juga banyak digunakan sebagai tempat merambat daun dan tangkai sebuah tanaman. Itulah mengapa kehadirannya sering dipakai para petani tomat, anggur, merica, buncis, kacang panjang, pare, dan lain-lain.

  1. Namun, keberadaannya lebih dibutuhkan untuk tanaman musiman dengan buah lebat seperti paprika dan cabai.
  2. Batang cabai dan paprika terlalu kurus untuk ukuran buah yang cukup besar, sehingga butuh disangga agar tidak roboh.
  3. Tiang ajir tanaman dipasang setelah bibit terpilih masuk ke dalam media tanam dengan jarak sekitar 5-7 cm dari permukaan.

Tiangnya juga bisa dipasang setelah batang atau sukur tanaman tumbuh setinggi 40-50 cm. Apabila terlambat dipasang, tanaman berbuah besar dan berat akan memiliki batang bengkok. Kebengkokan tanaman bisa berakibat fatal, mulai dari layu sampai akar yang rusak dan membusuk.

    Membantu fungsi batang agar tumbuh tebal dan kokok Mengantarkan nutrisi tanaman dari akar menuju batang dan daun Menyangga tanaman agar tidak mudah roboh di kala cuaca ekstrem seperti angin datau hujan badai Melindungi tanaman dari hama serangga atau hewan lainnya yang mencoba merusak kebun Membuat tanaman tumbuh tegak lurus ke atas Mempercepat proses fotosintesis tanaman (semakin tinggi tumbuh batang dan daunnya, semakin baik masa pertumbuhannya, karena tanaman membutuhkan cahaya matahari)

Baca Juga: Ajaib! Ini Dia 9 Tanaman Buah Dalam Pot yang Cepat Berbuah

Bagaimana pengikatan ajir dengan tanaman dilakukan?

Pengajiran tanaman adalah penopangan tanaman agar tanaman tetap berdiri tegak dan mendapat sinar matahari yang cukup untuk pertumbuhannya. Pengajiran bertujuan agar tanaman mendapatkan sinar matahari secara maksimal dengan cara menopang tanaman sedemikian rupa sehingga memperoleh sinar matahari yang cukup untuk pertumbuhannya. Ajir harus dipasang sedini mungkin yaitu dimulai pada saat tanam, pemasangan ajir yang terlambat akan mengakibatkan akar tanaman rusak, ajir dipasang 4 cm dimuka tajuk tanaman terluar. Jenis dan bahan ajir 1). Bahan yang berasal dari cabang kayu : Bahan ini bisa didapat dari cabangcabang tanaman penghasil kayu sebagai hasil samping dari pemangkasan cabang yang tidak berguna atau tidak produktif.

Kelemahan dari bahan ini mudah diserang rayap dan persediaannya terbatas.2). Bahan yang berasal dari kaso : Bahan ini berasal dari tanaman kaso dan biasanya tumbuh di pinggir-pinggir kali, batangnya berbuku-buku mirip tanaman tebu tetapi diameter batangnya relatif kecil-kecil. Biasanya ajir ini sering digunakan oleh petani untuk tanaman kacang panjang yang mempunyai beban agak ringan.

Kelemahan dari bahan ini mudah patah dan tidak kuat menanggung beban yang berat sehingga mudah rusak dan hanya bisa dipergunakan satu musim saja pada tanaman yang berumur tidak lebih dari tiga bulan.3). Bahan yang berasal dari bambu Beberapa jenis bambu yang yang semuanya bisa dipergunakan sebagai bahan ajir, di antaranya : a.

  • Bambu kuning Biasanya banyak orang dipelihara di pekaranganpekarangan rumah atau di taman-taman sebagai tanaman hias, karena warna kuning sehingga indah di pandang.
  • Tanaman yang sudah tua bisa dibelah-belah dan dipotong untuk ajir.b.
  • Bambu aur banyak tumbuh dipematang-pematang sawah dan tanah daratan dipinggiran pegunungan.
You might be interested:  Sayuran Yang Cepat Panen?

Bambu ini mempunyai ciri jarak antar bukunya relatif lebih pendek dan tanamannya tumbuh relatif lebih pendek. Bambu jenis ini biasa rebungnya banyak dimakan orang dibuat sayur lodeh. Bambu jenis ini jarang dipergunakan untuk ajir, kecuali untuk tanaman yang diusahakan dalam sekala kecil dan dekat dengan lahan tanaman yang dibudidayakan.c.

Kapan waktu yang tepat untuk pemasangan ajir?

E. Ajir harus dipasang sedini mungkin yaitu dimulai pada saat tanam atau maksimal 1 bulan setelah penanaman, jelas mengapa demikian!

Komoditas tanaman apa saja yang memerlukan ajir?

Penggunaan ajir biasanya digunakan untuk tanaman yang merambat seperti tanaman timun, kacang panjang, pare, gambas, labu, anggur, melon, buncis, merica dan lain sebagainya. Namun, untuk tanaman semusim yang berbuah lebat seperti cabai, tomat, paprika juga memerlukan ajir agar tanaman tersebut tidak mudah roboh.

Bahan apa saja yang digunakan untuk ajir?

Misalnya Ajir biasanya terbuat dari kayu, bambu, plastik atau kombinasi dari ketiganya. Pertama : Ajir Bambu dan Kayu, dipilih Bambu tau Kayu dipilih sebagai ajir karena selain mudah diperoleh, diameter kedua bahan juga lebih besar dan dagingnya lebih tebal sehingga cocok untuk bahan pembuatan ajir.

Apa akibat keterlambatan pemasangan ajir pada tanaman?

Jangan Sampai Terlambat Pasang Ajir untuk Pohon Tomat! – Admin dkpp | 11 Agustus 2020 | 1817 kali Ajir atau turus sering dibutuhkan untuk tanaman tomat, baik tipe determinated maupun indeterminated, Tanaman determinated memiliki cabang samping yang cukup banyak sehingga tanaman perlu ditopang agar tidak roboh. Sementara itu, indeterminated memerlukan rambatan yang tinggi karena pertumbuhan ke atas sangat cepat.

Ajir pohon tomat harus dipasang tepat waktu jangan sampai terlambat. Ajir yang biasa digunakan untuk tanaman adalah kayu, bilah bambu, dan tali rafia. Pohon tomat memiliki pertumbuhan yang sangat cepat untuk kedua tipe tadi. Oleh karena itu, pemasangan ajir pohon tomat tidak bisa ditunda-tunda. Saat tanaman tomat sudah besar, tanaman tidak mampu menopang tubuh dan buahnya sehingga memerlukan ajir untuk menopang tanaman.

Biasanya pengajiran dilakukan pada saat tanaman tomat sudah berumur dua minggu setelah tanam. Pemasangan ajir yang terlambat akan menyebabkan akar tanaman rusak. Pasalnya, saat menancapkan ajir ke dalam tanah, ajir tersebut rawan melukai akar tanaman yang sudah berkembang.

Akar yang rusak dapat menyebabkan tanaman sangat mudah terkena serangan layu bakteri. Untuk tomat yang ditanam dengan mulsa plastik hitam perak, ajir dipasang lebih awal, yaitu pada saat satu minggu setelah tanam. Hal tersebut dikarenakan untuk mencegah tanaman roboh dan menyebabkan akar tanaman terputus.

Ada dua tipe pemasangan ajir yang bisa Anda gunakan, yaitu sistem ajir tegak dan miring. Anda bisa menggunakan bilah bambu setinggi 70—125 cm, lebar 4 cm, dan tebalnya sekitar 2 cm. Sistem ajir tegak dipasang dalam posisi tegak searah dengan pertumbuhan tanaman.

You might be interested:  Sayuran Yang Dapat Menurunkan Resiko Stroke Dan Kanker Adalah?

Pada bagian percabangan utama, batang tanaman diikat dengan tali rafia membentuk angka delapan dengan ajir. Hal ini bertujuan menghindari pergesekan secara langsung antarbatang tanaman sehingga tidak menimbulkan luka gesekan. Selanjutnya, sistem ajir miring. Ajir ini dipasang dengan menyilangkan ajir pada percabangan tanaman.

Setiap tanaman diberikan satu ajir. Pada ujung ajir dibuat keratan agar mudah diikat dengan tali rafia. Pada bagian tajuk diberikan ajir tambahan atau anyaman rafia yang berfungsi sebagai penopang tanaman. SUMBER : https://www. pertanianku. com/jangan-sampai-terlambat-pasang-ajir-untuk-pohon-tomat/

Related Post