Cara Memasak Ayam Yang Lezat?

Cara Memasak Ayam Yang Lezat
Resep Ayam Kecap Manis – Bumbu :

  • Sayap Ayam 5 potong
  • Bumbu ayamn bakar kecap
  • 6 butir bawang merah
  • 5 butir bawang putih
  • 7 butir cabai rawit
  • 3 butir cabai merah
  • 2 butir kemiri
  • ½ ruas jari jahe
  • Serei 1 batang
  • 2 lembar daun jeruk
  • Kecap bango
  • Kepala ¼ butir
  • 1 gelas santan

Cara membuat :

  1. Bersihkan sayap ayam terlebih dahulu, lalu lumuri sayap ayam dengan air jeruk nipis supaya sayap ayam tidak berbau amis
  2. Kupas bawang merah, bawang putih dan potong cabai, kemudian cuci dan tumbuk hingga halus
  3. Tumis bumbu bersama jahe dan serei, lalu masukkan ayam dan santan
  4. Biarkan hingga santan menyusut, kemudian tuangkan garam, gula, masako, dan kecap bango
  5. Cicipi rasanya terlebih dahulu, kemudian bairkan hingga menyusut dan bumbu terlihat kering
  6. Angat ayam bakar di atas pemanggang
  7. Ayam bakar siap di sajikan

Bagaimana cara masak ayam kecap?

Cara Masak Ayam Kecap Pedas Manis – Cara Memasak Ayam Yang Lezat cookpad. com Bahan:

  • 2 batang daun bawang
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 500 gram ayam potong
  • 5 buah cabai rawit
  • 100 ml air
  • 2 buah cabai merah besar (opsional)
  • 4 siung bawang putih
  • 4 sendok makan kecap manis
  • 1/2 ruas jahe
  • 1/2 buah bawang bombay
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 1 buah tomat
  • Minyak goreng secukupnya

Cara masak ayam kecap:

  1. Potong ayam jadi enam bagian. Memarkan bawang putih dan jahe. Iris memanjang bawang bombay, kemudian iris menyerong daun bawang dan cabai merah besar. Potong-potong tomat seukuran dadu dan iris halus cabai rawit.
  2. Panaskan minyak, lalu goreng ayam sampai setengah matang.
  3. Tumis jahe, bawang bombay, dan bawang putih hingga layu. Masukkan ayam, aduk sebentar.
  4. Tambahkan kecap manis, air, garam, dan lada. Masak sampai air menyusut dan ayam matang.
  5. Selanjutnya masukkan tomat dan daun bawang. Aduk sebentar sampai cukup layu.

3 dari 9 halaman

Bagaimana cara mengungkep ayam?

Cara Memasak Ayam Yang Lezat Penulis: Rosalia | Editor: Ria Siapa tak suka ayam goreng yang bumbunya meresap sampai ke dalam daging? Ternyata, rahasia kenikmatannya karena proses mengungkep ayam, lho, Teknik ungkep ini adalah teknik memasak dengan api kecil hingga sedang supaya bumbu-bumbu meresap dengan sempurna.

You might be interested:  Sayuran Yang Boleh Untuk Diet Debm?

Pantas ayam ungkep goreng ini sangat nikmat hingga ke tulang-tulang, ya, Dagingnya yang gurih, wanginya yang semerbak, serta kenikmatan bumbunya saat dicampur nasi menjadi alasan kenapa ayam ungkep ini menjadi menu favorit yang sulit untuk dilewatkan. Terbayang kelezatannya? Lalu apa saja tips mengungkep ayam supaya bisa lezat? Ini dia tipsnya.1.

Gunakan ayam yang telah dipotong-potong Agar bumbu-bumbu bisa meresap sempurna saat diungkep, sebaiknya anda memotong ayam menjadi bagian yang lebih kecil. Jika ayam utuh langsung diungkep, maka bumbunya akan sulit meresap hingga ke bagian dalam.2. Bumbu yang halus Setelah ayam dipotong-potong menjadi beberapa bagian, kini saatnya anda mempersiapkan bumbu ungkepan.

  1. Saat ayam terkena panas, pori-porinya akan terbuka sehingga bumbu bisa terserap dengan baik.
  2. Oleh sebab itu buatlah bumbu yang super halus supaya bumbu ini bisa meresap dengan baik ke dalam daging ayam.
  3. Jika mengungkep ayam hanya dalam jumlah sedikit, ulek bumbunya dengan cobek.
  4. Bumbu ulek banyak disukai karena dipercaya memberi rasa dan aroma khas pada makanan.

Kalau ingin bumbunya terasa krenyes-krenyes dan tampil cantik, anda bisa menghaluskan bumbunya dengan chopper, Alat ini bisa menghaluskan bumbu hingga jadi potongan kecil-kecil tapi tidak sampai sehancur blender. Nah, bumbu yang digunakan pun beragam.

Mulai dari bawang putih, bawang merah, kemiri, lengkuas, kunyit, jahe, ketumbar, daun salam, dan sereh. Semua rempah ini dihaluskan bersama, kecuali daun salam dan sereh, yang langsung dimasukkan bersama ayam saat mengungkep.3. Gunakan api kecil Seperti yang sudah disebutkan di atas, untuk mengungkep ayam, ada baiknya menggunakan api kecil.

Teknik memasak seperti ini biasa dikenal dengan sebutan slow cooking, Taknik slow cooking memang memakan waktu lebih lama, tapi dipastikan ayam bisa matang merata dan bumbunya meresap dengan sempurna. Kalau anda menggunakan api besar, yang ada bagian dalam ayamnya belum matang tetapi bagian luar sudah overcooked.4.

  1. Gunakan air secukupnya Penggunaan air tergantung seberapa banyak dan jenis ayam yang akan diungkep.
  2. Gunakan air secukupnya, hanya sampai semua ayam terendam dengan baik.
  3. Tidak perlu menggunakan air sampai sepanci penuh.
  4. Sebab, saat direbus nanti daging ayam pun akan mengeluarkan cairan.
  5. Untuk ayam kampung, gunakan air lebih banyak dibanding ayam negeri.
You might be interested:  Yang Termasuk Sayuran Umbi Batang Adalah?

Sebab, ayam kampung butuh waktu lebih lama untuk menjadi empuk karena dagingnya yang lebih ‘alot’, dibandingkan ayam negeri.5. Rebus air dan bumbu terlebih dahulu Supaya bumbu bisa meresap dengan sempurna, ada baiknya bumbu dibuat matang terlebih dahulu.

Bagaimana cara bersihkan ayam?

Tips Mempersiapkan Ayam Sebelum Diolah: –

  1. Untuk yang pertama kali bisa dilakukan adalah dengan mempersiapkan bahan utama yakni ayamnya. Sebelum ayam diolah menjadi hidangan utama yang enak dan sedap, ada beberapa bagian pada ayam yang harus kita bersihkan secara merata karena bagian tersebut tidak akan kita gunakan. Nah, untuk membersihkan ayam yang pertama terlebih dahulu silahkan potong-potong ayam utuh yang sudah anda beli dengan ukuran yang anda tentukan sebelumnya. Belah ayam dengan bentuk dan kuran yang sedang yang kira-kira cukup untuk satu porsi perorang.
  2. Setelah ayam dipotong-potong secara merata, lalu masukkan ayam dalam wadah dan ambil ayam ke tempat cucian untuk kemudian ayam akan kita bersihkan.
  3. Bersihkan ayam dibagian luar, perhatikan bila masih terdapat darah yang membeku pada ayam maka buang bagian ini secara merata dengan dibersihkan menggunakan air bersih.
  4. Setelah itu, dibawah bagian kulit ayam biasanya terdapat kotoran dan lendir yang menempel pada lemak ayam. Bersihkan pula bagian ini dengan menggunakan tangan secara merata dan patikan jika tidak ada kotoran yang masih tersisa.
  5. Selanjutnya, setelah ayam dibersihkan angkat ayam dan masukkan dalam wadah sebelumnya akan tetapi bersihkan terlebih dahulu baskom tersebut.
  6. Angkat dan tiriskan air cucian ayam secara merata. Sisihkan dalam wadah dan berikan air jeruk nipis dan garam sedikit bagian saja. Aduk-aduk secara merata dan lumuri.
  7. Setelah itu, diamkan ayam selama kurang lebih 10 menit agar bumbu yang anda masukkan merata dan bau amis pada ayam bisa dihilangkan.
You might be interested:  Tanaman Sayuran Yang Diambil Manfaatnya Pada Bagian Akar Adalah?

Bagaimana cara menggoreng ayam?

Tips Ayam Goreng Ungkep Agar Tidak Keras – Agar ayam goreng tidak keras, teksturnya lembut dan rasanya enak, simak beberapa tips berikut ini ketika anda membuat ayam goreng.

  • Pilihlah jenis ayam yang tepat agar tidak keras saat diolah. Jenis ayam akan mempengaruhi rasa serta tekstur dari sajian ayam goreng. Ayam negeri ataupun ayam kampung dapat diolah menjadi sajian ayam goreng yang enak. Namun, ayam negeri dagingnya lebih tebal dibandingkan dengan ayam kampung, sehingga ketika diolah dagingnya akan tetap empuk. Namun, anda juga dapat menggunakan jenis ayam kampung untuk diolah menjadi ayam goreng. Hanya saja teksturnya akan lebih keras saat disajikan sudah dingin.
  • Sebelum digoreng, ayam harus diungkep terlebih dahulu. Dengan mengungkep ayam dulu maka ayam akan menjadi lebih mudah matang, teksturnya lunak serta bumbunya meresap. Ketika mengungkep ayam anda harus memakai api sedang agar bumbunya meresap, serta dagingnya empuk.
  • Ayam yang sudah diungkep silakan digoreng dengan menggunakan minyak panas. Anda bisa memanaskan minyak memakai api sedang. Jika ayam sudah mulai kering, silakan apinya dikecilkan agar ayam tetap empuk.
  • Ketika menggoreng ayam pastikan semua bagian ayam terendam dengan minyak agar daging ayam empuk dan matang dengan merata.
  • Ayam yang sebelumnya sudah diungkep sebenarnya tidak perlu digoreng terlalu lama. Pasalnya dengan menggoreng ayam terlalu lama akan menyebabkan dagingnya menjadi keras dan alot. Anda cukup menggoreng ayam memakai minyak panas sampai warnanya kuning kecoklatan. Lalu tiriskan ayam supaya tidak terlalu berminyak.
  • Setelah ayam matang, angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji untuk kemudian sajian ini akan siap dinikmati selagi masih hangat. Santapan kali ini akan sangat nikmat bila dinikmati dengan nasi hangat.

Related Post