Brokoli Dikenal Sebagai Sayuran Subtropis Yang Termasuk Anggota Keluarga?

Brokoli Dikenal Sebagai Sayuran Subtropis Yang Termasuk Anggota Keluarga
Brokoli (Brassica oleracea L. Kelompok Italica) adalah tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan. Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama (sekitar 1970-an) dan kini cukup populer sebagai bahan pangan. semoga membantu.,

Brokoli termasuk sayuran jenis apa?

KOMPAS. com – Brokoli adalah sayuran hijau yang berbentuk seperti kecil. Brokoli merupakan sayuran yang dekat hubungannya dengan kol, kale, dan kembang kol. Brokoli terkenal sebagai salah satu sayuran yang mengandung banyak vitamin dan mineral dengan kalori yang rendah.

Dalam setengah cangkir brokoli yang sudah dimasak, atau sekitar 78 gram, mengandung 84 persen kebutuhan vitamin C harian. Vitamin C ini lebih banyak daripada yang terkangund pada 1,5 buah jeruk. Selain itu, brokoli juga kaya kandungan vitamin K dan antioksidan, Vitamin dan mineral lain yang juga terkandung di dalam sayuran yan sehat ini adalah vitamin A, folat, potasium, fosfor, dan selenium.

Menurut penelitian, berbagai metode memasak yang berbeda bisa mengurangi kandungan vitamin dan mineral di dalam brokoli. Namun, cara memasak yang paling baik adalah dengan mengukusnya. Cara ini terbukti mempertahankan nutrisi paling banyak dibandingkan cara yang lain.

Berasal dari manakah brokoli?

Gambar 1. Brokoli ( Brassica oleracea Var italica) 1. Nama Tanaman Nama Indonesia: brokoli Nama asing: broccoli, sprouting broccoli (English) Sinonim: Brassica oleracea var. italica Plenck 2. Klasifikasi Tanaman Divisio: Spermatophyta Subdivisio: Magnoliophyta Kelas: Magnoliopsida Bangsa: Capparales Suku : Brassicaceae Marga: Brassica Jenis: Brassica oleracea Var italica 3.

  1. Uraian Tanaman Bagian brokoli yang dimakan adalah kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal.
  2. Sebagian besar kepala bunga tersebut dikelilingi dedaunan.
  3. Brokoli paling mirip dengan kembang kol, namun brokoli berwarna hijau, sedangkan kembang kol putih.4.
  4. Habitat dan Penyebaran Brokoli merupakan tanaman yang hidup pada cuaca dingin.
You might be interested:  Jenis Tumbuhan Paku Yang Dapat Dimanfaatkan Untuk Sayuran Adalah?

Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan. Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama (sekitar 1970-an),5. Kandungan Tanaman Brokoli banyak mengandung Sulforapan (SFN). Selain itu dari proses biosintesis di dalam brokoli juga dihasilkan 3,3-diindolilmetana (DIM).

Juga terdapat kandungan lemak, protein, karbohidrat, serat, air, zat besi, kalsium, mineral, dan bermacam vitamin (A, C, E, Vitamin, ribofalvin, nikotinamide).6. Manfaat Tanaman Brokoli berkhasiat mempercepat penyembuhan penyakit serta mencegah dan menghambat perkembangan sel-sel kanker di dalam tubuh.

Terutama penyakit kanker yang berkaitan dengan hormon, seperti kanker payudara pada wanita, dan kenker prostat yang mengancam pria. Manfaat lain, brokoli mampu mencegah serangan stroke. Ini terbukti melalui penelitian yang dilakukan tim epidemologi dari Harvard University.

Tanaman ini sangat baik dikonsumsi penderita kencing manis. Kandungan chromium dan seratnya dapat mengatur kadar gula darah. Brokoli memperkuat sel-sel tulang. Mengkonsumsinya sejak muda, mencegah penyakit pengeroposan tulang (osteoporosis) di usia tua (Dalimartha, ) 7. Penelitian Mekanisme Antikanker Telah dilakukan penelitian untuk melihat pengaruh dari campuran SFN dan DIM dalam beberapa variasi konsentrasi terhadap pertumbuhan sel kanker kolon secara in vitro.

Perbandingan profil antiproliferasi dari masing-masing senyawa menunjukkan bahwa SFN dengan konsentrasi di atas 10 μM bersifat sitotoksik, sedangkan DIM bersifat sitostatik. Sedangkan perhitungan efek kombinasi menggunakan metode Chou dkk untuk campuran SFN dan DIM menunjukkan bahwa regresi linier dari dua senyawa tersebut tidak paralel.

Apakah brokoli termasuk sayuran subtropik?

Brokoli (Brassica oleraceaL. var. botrytis L.) merupakan tanaman sayuran subtropik yang banyak dibudidayakan di Eropa dan Asia. Tanaman brokoli termasuk tanaman musim dingin, sehingga cocok ditanam pada daerah pegunungan (dataran tinggi) yang beriklim sejuk.

You might be interested:  Sayuran Yang Berasal Dari Akar Atau Umbi Banyak Mengandung?

Apakah brokoli termasuk sayuran musim dingin?

Tanaman brokoli termasuk tanaman musim dingin, sehingga cocok ditanam pada daerah pegunungan (dataran tinggi) yang beriklim sejuk. Di Indonesia, tanaman brokoli sebagai sayuran dibudidayakan secara luas pada daerah tinggi seperti Bukit Tinggi (Sumatera Barat), Karo (Sumatera Utara), Pangalengan (Jawa Barat) dan Sumber Brantas (Jawa Timur).

Apakah brokoli termasuk sayur?

Brokoli ( Brassica oleracea L. Kelompok Italica) adalah tanaman yang sering dibudidayakan sebagai sayur. Brokoli adalah kultivar dari spesies yang sama dengan kubis dan kembang kol, yaitu Brassica oleracea.

Apa itu brokoli?

Brokoli (Brassica oleracea L. Kelompok Italica) adalah tanaman yang sering dibudidayakan sebagai sayur. Brokoli adalah kultivar dari spesies yang sama dengan kubis dan kembang kol, yaitu Brassica oleracea. Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan.

Related Post