Bagian Utama Dari Sayuran Brokoli Yang Dimanfaatkan Adalah?

Bagian Utama Dari Sayuran Brokoli Yang Dimanfaatkan Adalah
Mengolah brokoli – Jika anda akan mengolah brokoli, bilas kepala bunga dengan mencelupkan terbalik dalam air garam, dan direndam selama 30 menit, Kemudian bersihkan brokoli dengan air dingin yang mengalir, untuk menghilangkan residu dari pestisida dan kot*ran lain.

Cara mencuci sayuran tadi bisa anda terapkan juga terhadap jenis sayuran yang lain. Bila mungkin, mengonsumsi brokoli untuk mendapat manfaat yang baik adalah pada saat masih segar. Jika tidak, anda dapat menyimpan brokoli pada lemari pendingin, dan dibungkus dengan kantong agar tetap baik untuk beberapa hari.

Daging kepala bunga, batang dan daun brokoli bisa dimakan, bagian yang paling lezat dari brokoli adalah Batang dan daun bunga yang tebal. Kepala brokoli yang mudan dan lembut dapat dimakan mentah, atau digunakan sebagai salad. Bisa juga brokoli ditumis dengan sayuran lain, seperti kacang-kacangan dan daging ayam, yang menggunakan bumbu lezat seperti saus, bawang minyak, merica, dan bawang putih.

Bagian apakah pada brokoli yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan samping?

Jawab : Sayur adalah semua jenis tanaman yang dapat dikonsumsi baik yang diambil dari akar, batang, daun, biji, bunga atau bagian lain yang digunakan untuk diolah menjadi masakan. Sayuran mengandung zat gizi yang berfungsi mengatur Metabolisme atau proses kerja tubuh.

  • Zat pengatur ini terdiri dari air, vitamin, dan mineral.
  • Ada juga protein, dan karbohidrat.
  • PEMBAHASAN : Biasanya saat kita mengolah bahan pangan sayuran ada banyak bagian sayuran yang tidak digunakan atau dibuang.
  • Ita seringkali hanya menggunakan bagian dari bahan pangan sayuran yang umumnya dikonsumsi saja.

Padahal banyak sekali hasil samping dari sayuran dapat bermanfaat menjadi olahan produk pangan. Saat mengolah bahan pangan, seringkali kita membuang batang/tangkai, kulit, maupun daun bagian luar dari sayuran. Padahal menurut para para ahli pertanian dan saintis, bagian sayuran yang dianggap tidak bisa dimakan itu sebenarnya kaya khasiat dibandingkan bagian bahan pangan utama dari sayuran itu sendiri.

Menurut hasil penelitian, bagian dari hasil samping sayuran yang bernutrisi berikut ini yang masih dapat dikonsumsi, antara lain : 1. Kulit Bawang merupakan hasil samping dari sayuran umbi lapis di antaranya kulit bawang merah, kulit bawang putih dan kulit bawang bombay. Kulit bawang mengandung quercetin, yakni sebuah senyawa yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mendukung sistem kekebalan tubuh atau antioksidan yang sangat tinggi.

Di samping itu, quercetin juga dapat mengurangi peradangan, melawan alergi dan dapat mencegah penyakit jantung koroner. Antioksidan dalam kulit bawang akan larut ke dalam makanan dan membuatnya lebih sehat.2. Batang Brokoli dikatakan sebagai hasil samping sayur brokoli karena sayur brokoli yang biasa dikonsumi adalah bunganya.

Batang brokoli masih dapat dimakan dengan mengupas sedikit bagian yang keras dari batangnya. Batangnya ini biasa diolah sebagai acar atau ditumis. Kandungan nutrisi pada batang brokoli sama seperti yang terkandung dalam bunga brokoli.3. Daun Brokoli juga dapat dikatakan sebagai hasil samping sayur brokoli.

Hal ini karena sayur brokoli yang biasa dikonsumi adalah bunganya. Daun yang menyelimuti bunga brokoli sangat nikmat jika dimasak sop seperti kubis atau dibuat jus sayuran. Daun brokoli mengandung karotenoid, merupakan sumber vitamin A, yang memiliki sifat mencengah kanker.4.

  • Tangkai Daun Hijau pada Wortel merupakan hasil samping dari sayuran wortel.
  • Tangkai hijau daun pada wortel mengandung banyak nutrisi yaitu memiliki banyak antioksidan yang baik untuk untuk kesehatan Daun hijau kaya akan kalsium, magnesium, niasin, zat besi, seng, vitamin B, vitamin K, serta antioksidan yang baik untuk kesehatan.

Kandungan tersebut membantu melawan kanker usus besar dan memperkuat tulang. Kita bisa memasak daun hijau menjadi sayuran, dicampur dengan bawang putih, minyak zaitun, kacang tanah, garam, dan keju.5. Kulit Kentang ternyata lebih baik dari kentang itu sendiriNutrisi kentang paling banyak terletak pada bagian bawah kulitnya.

Batang brokoli apakah bisa dimakan?

Bagian Utama Dari Sayuran Brokoli Yang Dimanfaatkan Adalah Bagian brokoli yang enak dimakan bukan hanya bunga. GridKids. id – Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang banyak diminati, terutama brokoli organik. Banyak mengandung gizi yang tinggi dan memiliki rasa lezat sehingga banyak orang gemar mengonsumsi brokoli.

  • Biasanya ketika mengonsumsi brokoli hanya menikmati bunganya.
  • Bunga brokoli berwarna hijau dan letaknya di bagian ujung batang dan bergerombol.
  • Baca Juga: Mudah Ditemukan, 6 Khasiat Singkong Rebus Salah Satunya Meningkatkan Kekebalan Tubuh Semakin tua, bunga akan menguning dan rontok.
  • Bunga brokoli muda memiliki tekstur renyah dan sedikit manis.
You might be interested:  Bagian Tanaman Yang Dimanfaatkan Batang Contoh Tanaman Sayuran?

Umumnya brokoli dimasak dan dimakan hanya bunganya saja, padahal beberapa bagian brokoli juga enak dimakan. Apa saja, ya? Bagian Brokoli yang Enak Dimakan Selain Bunga Bagian brokoli yang enak dimakan adalah tunas lateral yang tumbuh di ruas-ruas batang.

  1. Tunas lateral sering disebut dengan siwilan.
  2. Untuk memperbanyak siwilan, biasanya setelah bunga brokoli dipanen.
  3. Jika dibiarkan, maka akan tumbuh tunas lateral di ruas batang atau ketiak daun.
  4. Bonggol brokoli juga enak dimakan, Kids.
  5. Bonggol Brokoli adalah batang brokoli yang menggembung dan terletak di pangkal bunga.

Baca Juga: 7 Macam Rumah Adat Sumatra serta Ragam Keunikannya Batang atau bonggol brokoli enggak langsung bisa dimasak. Pertama kupas terlebih dahulu sampai ditemukan bagian dalam yang memiliki tekstur renyah. Jika dimakan mentah, bagian ini terasa lebih manis dibandingkan bunga brokoli.

  • Bagian brokoli yang bisa dimakan mentah adalah bunga dan bonggol.
  • Biasanya diolah menjadi smoothies atau jus.
  • Bisa juga ditambahkan dengan buah yang rasanya manis.
  • Sehingga rasa sengir khas sayur dapat tertutupi oleh manisnya buah.
  • Selain itu juga bisa dimasak capcay, tumis, dan aneka masakan lain.
  • Bagian siwilan atau tunas lateral sebaiknya dimasak karena lebih berasa sengir.

Cara Memotong Brokoli Bagian Utama Dari Sayuran Brokoli Yang Dimanfaatkan Adalah Pixabay. com Cara memotong brokoli. Sebelum dipotong, bersihkan brokoli terlebih dahulu. Cara memotonganya yaitu dengan memangkas kuntum di batang brokoli. Iris secara horizontal batang brokoli. Kemudian potong kuntum brokoli menjadi lebih kecil seukuran gigitan.

Brokoli termasuk sayuran jenis apa?

KOMPAS. com – Brokoli adalah sayuran hijau yang berbentuk seperti kecil. Brokoli merupakan sayuran yang dekat hubungannya dengan kol, kale, dan kembang kol. Brokoli terkenal sebagai salah satu sayuran yang mengandung banyak vitamin dan mineral dengan kalori yang rendah.

Dalam setengah cangkir brokoli yang sudah dimasak, atau sekitar 78 gram, mengandung 84 persen kebutuhan vitamin C harian. Vitamin C ini lebih banyak daripada yang terkangund pada 1,5 buah jeruk. Selain itu, brokoli juga kaya kandungan vitamin K dan antioksidan, Vitamin dan mineral lain yang juga terkandung di dalam sayuran yan sehat ini adalah vitamin A, folat, potasium, fosfor, dan selenium.

Menurut penelitian, berbagai metode memasak yang berbeda bisa mengurangi kandungan vitamin dan mineral di dalam brokoli. Namun, cara memasak yang paling baik adalah dengan mengukusnya. Cara ini terbukti mempertahankan nutrisi paling banyak dibandingkan cara yang lain.

Apakah brokoli termasuk sayuran daun?

Jika Anda pergi ke pasar atau supermarket, jangan lagi menyebut brokoli sebagai sayur. Kenapa? ( iStockphoto/Mizina) Jakarta, CNN Indonesia – Jika Anda pergi ke pasar atau supermarket, jangan lagi menyebut brokoli sebagai sayur. Pasalnya, brokoli yang selama ini disebut dan dianggap sebagai sayur, nyatanya sebenarnya tak resmi dianggap bagian dari sayur-sayuran.

Alih-alih sebagai sayur, brokoli sebenarnya merupakan bagian dari bunga. Ada beberapa sayuran yang secara teknis disebut bunga, yaitu tumbuhan yang dapat dimakan yang daun, batang, bunga, atau akarnya dapat dimakan. Mengutip The Daily Meal, sayuran adalah istilah umum untuk bagian yang dapat dimakan dari tanaman herba (bertangkai lunak).

Bunga adalah jenis sayuran tertentu, jenis yang bagian atasnya dapat dimakan. Dalam kasus brokoli, tangkai berbunga dipanen sebelum berbunga. Mengutip Republic World, brokoli merupakan tanaman hijau dari famili Brassicaceae yang bunga dan tangkainya dikonsumsi sebagai sayuran.

  1. Brokoli umumnya dianggap sebagai sayuran yang sehat dan dapat dimakan mentah atau bahkan dalam bentuk dimasak.
  2. Ini memiliki reputasi sebagai makanan super karena rendah kalori tetapi kaya nutrisi.
  3. Biasanya dimakan dalam salad atau sebagai lauk untuk menemani hidangan daging tanpa lemak.
  4. Sama seperti brokoli, kembang kol juga merupakan bunga yang banyak dikonsumsi di seluruh dunia.

Sekitar 80 persen konsumsi kembang kol di dunia berasal dari negara-negara Eropa seperti Prancis, Italia, Spanyol, Jerman, Yunani, dan negara tetangga lainnya. Kembang kol adalah sayuran populer yang banyak dikonsumsi di India. (chs/chs)

Apa manfaat dari batang brokoli?

Brokoli atau dengan nama latin Brassica Oleracea ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, baik itu untuk kanker, stroke, atau pun penyakit jantung, bahkan memiliki khasiat untuk meredakan penyakit-penyakit lainnya. Sehingga sangat baik mengkonsumsi brokoli ini yang diolah menjadi sajian sayuran yang mantap dan nikmat.

  • Karbohidrat
  • Protein
  • Lemak
  • Kolesterol
  • Serat
  • Sodium
  • Kalium
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Mangnesium
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Zinc
  • Asam pantotenat
  • Niacin
  • Folat
  • Karoten
  • Lutein

Dan masih banyak lagi lainnya kandungan dari brokoli. Dengan kandungan-kandungan brokoli di atas maka brokoli memiliki khasiat yang banyak bagi tubuh. Sebenarnya pembahasan di sini akan membahas mengenai manfaat batang brokoli, namun pada dasarnya manfaat batang brokoli dan manfaat brokoli hampir sama, kandungan gizi antara keduanya hampir mirip sehingga fungsi dari keduanya dapat dimanfaatkan bersama-sama.

  1. Memperlancar pencernaan Dengan mengkonsumsi brokoli maka pencernaan akan mudah bekerja, karena pencernaan membutuhkan serat untuk proses bekerjanya sedangkan dalam brokoli terdapat cukup serat sehingga baik untuk pencernaan
  2. Mencegah racun Salah satu Manfaat vitamin C juga dirasakan melalui pengkonsumsian brokoli. Pada brokoli memang mengandung vitamin C yang cukup banyak. Seperti layaknya sebuah kulit ia membutuhkan vitamin C untuk melepaskan kotoran-kotoran yang ada dikulit. Begitu juga pada tubuh. Vitamin c dibutuhkan untuk menghilangkan racun pada tubuh
  3. Mengontrol diabetes Kandungan yang tak kalah pentingnya adalah kandungan dari kromium, karena kandungan ini memiliki kerja secara nyata untuk memberikan atau mengatur insulin pada tubuh sehingga mampu untuk mengatasi diabetes pada manusia.
  4. Menjaga mata Seperti yang telah disebutkan pada kandungan brokoli, batang brokoli pun memiliki manfaat vitamin A, itu artinya kandungan brokoli memiliki manfaat yang didapatkan dari vitamin a salah satunya adalah menjaga mata agar mata tetap sehat
  5. Mencegah radiasi ultraviolet Salah satu pencegah radiasi adalah sulforaphane, dan pada batang brokoli atau pada brokoli memiliki kandungan tersebut sehingga brokoli bermanfaat untuk mencegah radiasi ultraviolet.
  6. Mencegah oeseoporosis Kalsium, fosfor dan magnesium yang ada pada batang brokoli ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang agar tulang tetap kuat
  7. Menjaga kehamilan Kandungan yang terdapat pada brokoli lainnya adalah asam folat, pada dunia medis terutama pada kehamilan asam ini berfungsi untuk mencegah terjadinya kecacatan pada janin si anak. dengan banyak mengkonsumsi brokoli beserta batangnya berarti telah membantu merawat anak sejak janin.

    Apa manfaat dari batang dan daun brokoli?

    Kandungan dan manfaat dari batang bunga dan daun brokoli antara lain vitamin A dan kalsium. Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Kalsium berfungsi untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi. Brokoli juga memiliki kandungan serat tinggi. Fungsi serat adalah menjaga kesehatan pencernaan dan melancarkan buang air besar.

    Apakah daun brokoli bisa dimakan?

    Daun brokoli menjadi pilihan bagus sebagai sumber protein, Thiamin, Niacin, Asam Pantotenat, Kalsium, Besi dan Selenium serta memenuhi asupan Vitamin A, Vitamin C, Riboflavin, Vitamin B6, Folat, Magnesium, Fosfor, Kalium dan Mangan.

    Apakah kandungan yang terdapat pada batang brokoli?

    source: https://images. unsplash. com/photo-1584868792839-bff69783216a?ixid=MnwxMjA3fDB8MHxwaG90by1wYWdlfHx8fGVufDB8fHx8&ixlib=rb-1.2.1&auto=format&fit=crop&w=1050&q=80 Brokoli menjadi salah satu superfood yang kaya manfaat untuk kesehatan. Biasanya, orang hanya menggunakan dan mengolah bunga brokoli.

    Sementara bagian batangnya dibuang dan tidak dimanfaatkan. Padahal ternyata Moms, batang brokoli juga kaya manfaat untuk kesehatan, lho. Brokoli sangat baik dikonsumsi anak-anak hingga orang dewasa, termasuk ibu hamil dan menyusui. Brokoli mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, C, D, E, dan K, serta serat, mineral dan makronutrien lainnya.

    Sama dengan bagian bunganya, batang brokoli juga memiliki vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk tubuh. Seperti serat, vitamin C, vitamin A, zat besi, antioksidan, kromium, dan carotenoid lutein. Nah Moms, berikut 6 manfaat batang brokoli untuk kesehatan tubuh.

    Apa bedanya kembang kol dan brokoli?

    Perbedaan Brokoli dan Kembang Kol – Bagian Utama Dari Sayuran Brokoli Yang Dimanfaatkan Adalah ilustrasi sayur brokoli/Photo by Reinaldo Kevin on Unsplash Brokoli dan kembang kol memiliki perbedaan yang sangat terlihat. Brokoli adalah sayuran yang memiliki warna hijau, walaupun ada jenis brokoli yang berwarna putih. Sedangkan kembang kol memiliki warna putih dengan tangkai berwarna hijau.

    1. Brokoli dan kembang kol memiliki nama latin yang hampir sama.
    2. Untuk sayuran brokoli adalah Brassica Oleracea var, Italita, sedangkan nama latin untuk kembang kol adalah Brassica oleracea var. botrylis.
    3. Perlu diketahui bahwa brokoli memiliki serat yang lebih banyak daripada kembang kol.
    4. Arena setiap 1 mangkuk brokoli mengandung 2,4 gram serat dan 1 mangkuk kembang kol mengandung 2,1 gram serat.

    Bahkan kandungan vitamin C di dalam brokoli juga lebih tinggi dibandingkan kembang kol. Sehingga sayuran brokoli lebih kaya akan antioksidan daripada kembang kol. Brokoli mengandung beta karoten dan tidak menyimpan kholine. Sementara kembang kol menyimpan kholine dan tidak ada beta karoten.

    Apa yang dimanfaatkan dari bagian tanaman brokoli yang memiliki nilai gizi paling banyak?

    Daun Brokoli (pucuk hijau) merupakan sumber karotenoid dan vitamin A; (16000 IU vitamin A per 100 g), senyawa ini lebih banyak beberapa kali dari yang di bunga.

    Sayuran apa yang dimanfaatkan batangnya?

    Jawaban: Rebung bambu,Batang kelapa, Batang pisang. Penjelasan: semoga membantu, selamat belajar.

    Brokoli apa artinya?

    KOMPAS. com – Brokoli atau Brassica oleracea italica adalah sayuran kubis berwarna hijau tua yang bentuknya seperti kembang kol. Sayur ini terdiri dari batang berukuran tebal dan kelompok daun hijau menyerupai bunga yang berumpun. Melansir laman The Spruce Eats, brokoli merupakan hasil rekayasa dari kerabat kubis yang dilakukan oleh orang Etruria, yaitu kelompok orang jenius di bidang tanaman pada peradaban Italia Kuno.

      Resep Tumis Brokoli Jagung Manis, Sayur Bergizi untuk Isoman Resep Kaserol Brokoli Saus Keju, Cara Beda Masak Sayur biar Anak Suka Resep Kroket Tanpa Kentang, Ganti dengan Brokoli dan Misoa

    Apakah brokoli termasuk sayur?

    Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

    Broccoli
    Spesies Brassica oleracea
    Kelompok budidaya italica
    Tanah asal Italia, lebih dari 2.000 tahun yang lalu

    Brokoli ( Brassica oleracea L. Kelompok Italica) adalah tanaman yang sering dibudidayakan sebagai sayur. Brokoli adalah kultivar dari spesies yang sama dengan kubis dan kembang kol, yaitu Brassica oleracea, Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan.

    Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama (sekitar 1970-an) dan kini cukup populer sebagai bahan pangan. Bagian brokoli yang dimakan adalah kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Sebagian besar kepala bunga tersebut dikelilingi dedaunan. Brokoli paling mirip dengan kembang kol, namun brokoli berwarna hijau, sedangkan kembang kol putih.

    Cara menanam brokoli adalah disemai setelah tumbuh 3-4 daun sejati kemudian ditanam (dijadikan bibit terlebih dahulu). Masa panen adalah 55- 100 hari (tergantung varietas). Brokoli merupakan tanaman yang hidup pada cuaca dingin, Sebagai makanan, brokoli biasanya di rebus atau di kukus, atau dapat pula dimakan mentah,

    1. Cara terbaik dalam mengolah brokoli adalah dengan cara dikukus.
    2. Hal ini bertujuan agar segala vitamin dan nutrisi penting di dalamnya tidak hilang selama proses pemasakan.
    3. Merebus brokoli akan menghilangkan sekitar 50 % asam folat yang terkandung di dalamnya.
    4. Oleh karena itu, jika ingin mengolah brokoli dengan cara direbus, sebaiknya brokoli tidak direbus terlalu lama, kira-kira tidak lebih dari 5 menit.

    Brokoli mengandung vitamin C dan serat makanan dalam jumlah banyak. Brokoli juga mengandung senyawa glukorafanin, yang merupakan bentuk alami senyawa antikanker sulforafana ( sulforaphane ). Selain itu, brokoli mengandung senyawaan isotiosianat yang, sebagaimana sulforafana, ditengarai memiliki aktivitas antikanker.

    Broccoli, mentah

    Nilai nutrisi per 100 g (3,5 oz)
    Energi 141 kJ (34 kcal)
    Karbohidrat 6.64 g
    Gula 1.7 g
    Serat pangan 2.6 g
    Lemak 0.37 g
    Protein 2.82 g
    Vitamin Kuantitas %DV †
    Vitamin A equiv.

    Apakah sayur brokoli bisa dimasak?

    Bagian Utama Dari Sayuran Brokoli Yang Dimanfaatkan Adalah Kandungan Gizi Sayur Brokoli dan Manfaat Sayur Brokoli bagi Kesehatan – Sayur Brokoli adalah jenis sayur-sayuran yang tergolong dalam keluarga kubis-kubisan ( Brassicaceae ). Sayur yang berwarna hijau ini berasal dari kawasan Laut Tengah dan telah dibudidayakan sejak Yunani kuno.

    • Sayur Brokoli sering disebut sebagai “Sayuran Super” karena mengandung berbagai Nutrisi atau Gizi tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.
    • Sayur Brokoli dapat dimakan secara mentah ataupun dimasak, beberapa penelitian menunjukan bahwa sayur brokoli akan memberikan manfaat kesehatan yang maksimum apabila dikukus.

    Sayur Brokoli juga disering diolah menjadi Jus bersama dengan beberapa buah ataupun sayuran lainnya seperti Wortel dan Apel. Baca juga : Kandungan Gizi buah Apel dan Manfaatnya bagi Kesehatan.

    Apa itu brokoli?

    Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

    Broccoli
    Spesies Brassica oleracea
    Kelompok budidaya italica
    Tanah asal Italia, lebih dari 2.000 tahun yang lalu

    Brokoli ( Brassica oleracea L. Kelompok Italica) adalah tanaman yang sering dibudidayakan sebagai sayur. Brokoli adalah kultivar dari spesies yang sama dengan kubis dan kembang kol, yaitu Brassica oleracea, Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan.

    Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama (sekitar 1970-an) dan kini cukup populer sebagai bahan pangan. Bagian brokoli yang dimakan adalah kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Sebagian besar kepala bunga tersebut dikelilingi dedaunan. Brokoli paling mirip dengan kembang kol, namun brokoli berwarna hijau, sedangkan kembang kol putih.

    Cara menanam brokoli adalah disemai setelah tumbuh 3-4 daun sejati kemudian ditanam (dijadikan bibit terlebih dahulu). Masa panen adalah 55- 100 hari (tergantung varietas). Brokoli merupakan tanaman yang hidup pada cuaca dingin, Sebagai makanan, brokoli biasanya di rebus atau di kukus, atau dapat pula dimakan mentah,

    Cara terbaik dalam mengolah brokoli adalah dengan cara dikukus. Hal ini bertujuan agar segala vitamin dan nutrisi penting di dalamnya tidak hilang selama proses pemasakan. Merebus brokoli akan menghilangkan sekitar 50 % asam folat yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, jika ingin mengolah brokoli dengan cara direbus, sebaiknya brokoli tidak direbus terlalu lama, kira-kira tidak lebih dari 5 menit.

    Brokoli mengandung vitamin C dan serat makanan dalam jumlah banyak. Brokoli juga mengandung senyawa glukorafanin, yang merupakan bentuk alami senyawa antikanker sulforafana ( sulforaphane ). Selain itu, brokoli mengandung senyawaan isotiosianat yang, sebagaimana sulforafana, ditengarai memiliki aktivitas antikanker.

    Broccoli, mentah

    Nilai nutrisi per 100 g (3,5 oz)
    Energi 141 kJ (34 kcal)
    Karbohidrat 6.64 g
    Gula 1.7 g
    Serat pangan 2.6 g
    Lemak 0.37 g
    Protein 2.82 g
    Vitamin Kuantitas %DV †
    Vitamin A equiv.

    Apa saja senyawa tumbuhan yang terkandung pada sayur brokoli?

    Manfaat Sayur Brokoli bagi Kesehatan – Selain Vitamin dan Mineral, Sayur Brokoli juga mengandung berbagai senyawa tumbuhan yang bermanfaat bagi ksehatan tubuh kita, beberapa senyawa tumbuhan yang terkandung pada sayur brokoli ini diantaranya seperti Sulforaphane, Indole-3-Carbinol, Carotenoids, Kaempferol dan Quercetin, Berikut ini adalah beberapa manfaat sayur brokoli bagi kesehatan tubuh kita.

    Related Post