Apa Manfaat Air Rebusan Daun Sirih?

Apa Manfaat Air Rebusan Daun Sirih
1. Menyehatkan Saluran Pencernaan – Fakta pertama terkait manfaat daun sirih yaitu, daun ini mampu menyehatkan saluran pencernaan dalam tubuh. Kandungannya dapat meningkatkan metabolisme, sehingga merangsang kerja usus untuk menyerap nutrisi dan vitamin penting bagi tubuh.

Apa manfaat minum air rebusan daun sirih hijau?

Menurunkan Kadar Kolesterol dan Baik untuk Penderita Kanker – 5. Menurunkan Kadar Kolesterol Manfaat daun sirih hijau yang tak kalah penting, dilansir dari Lybrate, yaitu memiliki eugenol di dalamnya yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, eugenol juga menghambat jumlah kolesterol yang dihasilkan di hati dan dapat membantu mengurangi jumlah lipid yang diserap oleh usus.

  • Ini sangat bagus untuk tubuh.6.
  • Baik untuk Penderita Kanker Daun sirih hijau memiliki senyawa fenolik di dalamnya yang dapat mengandung berbagai khasiat seperti anti bakteri, anti mutagenik, antioksidan, dan anti proliferatif.
  • Daun sirih hijau juga memiliki kandungan fitokimia yang tinggi, yang dapat membantu melawan kanker mulut dan usus besar.

Daun sirih hijau juga membantu melawan stres oksidatif dan menghilangkan radikal bebas. Kedua faktor ini penting dalam mencegah kanker.

Apa manfaat rebusan daun sirih bagi wanita?

“Daun sirih merah mengandung flavonoid, alkaloid, karvakol, tanin, saponin, dan eugenol. Ini bermanfaat untuk menunjang kesehatan, termasuk organ intim wanita. ” Apa Manfaat Air Rebusan Daun Sirih Halodoc, Jakarta – Daun sirih merah bersifat antioksidan, antikanker, antiinflamasi, dan antiseptik. Ini yang membuat daun sirih merah kerap dikonsumsi untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita. Sistem reproduksi wanita memiliki beragam fungsi dan saling berkaitan.

Apa manfaat minum air rebusan daun sirih setiap hari?

7. Menjaga saluran pencernaan – Apa Manfaat Air Rebusan Daun Sirih Daun sirih hijau dan daun sirih merah diketahui dapat membantu meningkatkan produksi lendir yang melindungi kesehatan saluran cerna. Produksi lendir akan mencegah luka pada dinding usus dan lambung yang dapat terjadi karena berbagai hal. Daun sirih sangat efektif dalam mengurangi nyeri lambung dan meredakan gejala GERD dan melindungi usus dari racun dan radikal bebas yang berbahaya.

Manfaat daun sirih lainnya terhadap kesehatan saluran cerna adalah menormalkan kembali tingkat pH lambung untuk meredakan maag, refluks asam lambung (asam lambung naik), dan rasa sakit yang timbul karena perut kembung. Selain itu, daun sirih juga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme saluran cerna untuk bekerja lebih baik lagi ketika membuang semua materi limbah yang ada di dalam tubuh.

Mengunyah daun sirih dapat meningkatkan produksi air liur yang bisa mengikat dan melembutkan makanan. Dengan begitu, Anda bisa menelan dan mengirimkan makanan menuju saluran cerna dengan lebih lancar. Hal ini tentu membantu memudahkan kerja sistem pencernaan Anda.

Daun sirih bisa mengobati apa saja?

Manfaat Daun Sirih Untuk Lambung – Manfaat daun sirih selanjutnya yakni untuk mengatasi permasalahan pada lambung, Dikutip dari hellosehat. com, daun sirih ternyata bisa meningkatkan produksi lendir yang berfungsi menjaga kesehatan organ pencernaan. Lendir juga bisa mencegah luka pada usus dan lambung.

Apa efek samping minum air rebusan daun sirih?

Berbaya untuk Kesehatan Mata – Daun sirih sudah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk beberapa kondisi. Memiliki sifat antiseptik, rendaman atau rebusan daun sirih kerap digunakan sebagai penyembuh untuk pengobatan luka luar. Daun sirih juga dipercaya mampu mengatasi masalah mata seperti gatal hingga belekan atau mata merah.

Bahkan air rebusan daun sirih kerap digunakan untuk membersihkan mata bayi. Namun meskipun telah digunakan turun temurun pengobatan tersebut belum terbukti secara klinis. Banyak kasus orang yang menggunakan ramuan-ramuan ini akhirnya malah kehilangan fungsi penglihatannya. Hingga saat ini belum ditemukan penelitian terkait manfaat sirih untuk mata.

Bahaya air sirih untuk membilas mata juga banyak diungkapkan oleh para dokter ahli. Berdasarkan pendapat para ahli, penggunaan air rebusan daun sirih sangat tidak disarankan untuk mengatasi sakit mata. Bukannya menyembuhkan sakit mata, air daun sirih malah berisiko membuat iritasi mata dan kondisi makin memburuk.

  • Hal ini juga diungkapkan dr.
  • Valda Garcia dalam tulisannya di KlikDokter.
  • Menurutnya, tingkat keasaman atau pH yang dihasilkan rebusan daun sirih tidak sesuai dengan pH normal yang terdapat di permukaan mata.
  • Ini dapat menimbulkan reaksi perubahan tingkat keasaman pada permukaan mata, terutama pada lapisan epitel kornea dan konjungtiva.

Kondisi ini bisa berujung pada kerusakan permukaan mata. Salah satu efek samping rebusan daun sirih ini adalah luka pada kornea atau disebut ulkus kornea. Ketika terjadi kerusakan pada permukaan mata, risiko infeksi mata juga akan meningkat. Iritasi Gusi dan Kanker Mulut Bukan hanya memiliki efek samping untuk kesehatan mata, air rebusan daun sirih juga berisiko memicu iritasi mulut hingga kanker mulut.

  1. Bukan hanya air rebusan daun sirih, sebelumnya Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah memperingati bahwa menyisir daun sirih dengan campuran biji pinang, kapur dan tembakau dapat bersifat karsinogenik atau dapat memicu kanker.
  2. Esimpulan tersebut diperoleh berdasarkan penelitian yang dilakukan Internasional Agency for Research on Cancer di Asia Selatan dan Asia Tenggara.
You might be interested:  Apa Saja Keuntungan Budidaya Sayuran Menggunakan Sistem Hidroponik?

Tidak Baik untuk Ibu Hamil Efek samping daun sirih untuk kesehatan tubuh lainnya adalah jika dikonsumsi oleh ibu hamil akan membawa dampak buruk bagi kesehatannya dan bayi dalam kandungannya. Saat dikonsumsi dalam jumlah yang tidak tepat rebusan daun sirih dapat memicu cacat bawaan hingga keguguran.

Apa efek samping minum rebusan daun sirih?

KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Daun sirih populer dalam dunia pengobatan alami. Dipercaya memiliki banyak manfaat, kenali efek samping daun sirih untuk kesehatan berikut ini. Daun sirih tanaman herbal yang populer di tanah air. Baca Juga: Bisa membantu menurunkan gula darah, ini manfaat daun sirih merah untuk kesehatan Daun sirih sudah dijadikan obat herbal sejak zaman dahulu kala.

Umumnya, daun sirih digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati sakit mata. Mengutip dari buku berjudul Khasiat & Manfaat Daun Sirih: Obat Mujarab dari masa ke semasa karya Rini Damayanti Moeljanto, daun sirih merupakan tanaman yang tumbuh merambat. Tanaman daun sirih bisa tumbuh dan berkembang sampai 15 meter.

Daun sirih memiliki bentuk yang unik yakni berbentuk jantung dengan berujung runcing. Warna daun sirih cukup bervarisi yakni kuning, hijau, dan hijau tua. Saat diremas daun sirih akan mengeluarkan aroma yang khas. Masuk dalam jajaran tanaman herbal, daun sirih cukup banyak dikembangkan oleh masyarakat.

Biasanya mereka menanam daun sirih di halaman depan rumah atau di kebun. Daun sirih efektif menyembuhkan sejumlah penyakit karena mengandung banyak senyawa aktif yang baik untuk kesehatan tubuh. Daun sirih mengandung minyak atsiri yang terdiri daro betlephenol, kavikol, seskuiterpen, hidroksikavikol, cavibetolm estragol, eugenol, dan karvakrol.

Tidak hanya itu, daun sirih juga mengandung enzim diastase, gula, dan tanin. Daun sirih memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tapi, menggunakan daun sirih terlalu banyak bisa memicu masalah kesehatan. Berikut efek samping daun sirih untuk kesehatan yang harus diwaspadai.1.

Mengganggu kesehatan mata Sebagian orang menggunakan daun sirih untuk meredakan mata merah. Mengutip dari Klikdokter. com, terlalu banyak merebus daun sirih akan membuat pH air rebusannya semakin asam. Bila cairan tersebut digunakan untuk merendam mata maka bisa merusak lapisan epitel kornea dan konjungtiva.

Tidak hanya itu, daun sirih yang tidak steril mengandung mikroorganisme yang bisa membuat iritasi mata.2. Keguguran Ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi daun sirih. Melansir dari India Parenting, daun sirih bisa meningkatkan risiko keguguran dan cacat lahir.3.

Iritasi gusi dan kanker mulut Melansir dari Parenting. firstcry. com, menguyah daun sirih terlalu lama bisa mengiritasi gusi dan membuat rahang menjadi kaku. Selain itu daun sirih juga bisa meningkatkan risiko kanker mulut.4. Ketagihan Anda suka menguyah daun sirih? Awas menguyah daun sirih bisa membuat ketagihan.

Baca Juga: Efek samping dan manfaat kayu manis untuk kesehatan

Bolehkah cebok dengan air daun sirih setiap hari?

Efek samping – Air rendaman atau rebusan daun sirih memang sudah lama diyakini khasiatnya. Namun apakah metode membersihkan vagina dengan air daun sirih bisa dilakukan setiap hari? Lantas apakah ada efek sampingnya? Faktanya membersihkan vagina dengan air daun sirih tidak bisa dilakukan terlalu sering. Akan ada efek samping jika hal ini dilakukan terus-menerus, yaitu:

    Kadar pH alami vagina akan terganggu. Bakteri baik yang terdapat di area vagina juga akan terganggu. Jika salah mengolahnya, air daun sirih belum tentu higienis dan bisa menimbulkan masalah kesehatan vagina Anda. Vagina merupakan area sensitif sehingga ada risiko terjadi alergi saat terkena rebusan air daun sirih. Gatal dan ruam pada vagina atau vulva.

Apakah rebusan daun sirih bagus untuk Miss V?

Daun Sirih dan Miss V – Untuk kebersihan Miss V sendiri, khasiat daun sirih dipercaya dapat membunuh jamur, bakteri, parasit, dan mikroorganisme yang menjadi penyebab keputihan, Menggunakan daun sirih untuk kebersihan Miss V serta menyembuhkan dari keputihan dapat dilakukan dengan cara sederhana.

Meski begitu, beberapa wanita menggunakan air rebusan daun sirih untuk membersihkan vagina, apakah boleh? Faktanya, hal ini merupakan salah satu cara yang umum dilakukan. Caranya, siapkan 10 lembar daun sirih, lalu cuci dengan bersih. Setelah itu, rebus daun sirih dengan menggunakan 500 ml air bersih hingga mendidih.

Dinginkan air hingga suhu ruang. Kemudian, gunakan air tersebut untuk membilas daerah kewanitaan. Namun, sebelum menggunakan cara ini, sebaiknya tanyakan langsung pada dokter untuk mengetahui cara tepat dalam menjaga kebersihan Miss V. Meskipun daun sirih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tetapi ada beberapa efek samping yang perlu kamu ketahui ketika terlalu banyak menggunakan daun sirih pada bagian Miss V.

You might be interested:  Memilih Sayuran Yang Baik?

Meski memiliki khasiat yang baik, tetapi tidak serta-merta penggunaan daun sirih bisa digunakan setiap hari secara rutin. Soalnya, penggunaan rutin dapat menghilangkan pH alami yang ada di area intim. Miss V memiliki bakteri baik yang memang berfungsi untuk menjaga suasana asam di organ genital tetap berada pada suhu normal.

Bahkan sebenarnya, Miss sendiri bisa membersihkan dirinya sendiri tanpa bantuan produk pembersih. Namun, memang ada beberapa situasi tertentu seperti infeksi, sehingga perlu produk pembersih untuk membuat pH alami Miss V kembali normal. Namun, kalau Miss V tidak sedang mengalami masalah dan dalam kondisi normal alias seimbang, ada baiknya kamu tidak “mengganggu” kondisi yang sudah ada dengan perawatan yang berlebihan.

  1. Salah satunya dengan menggunakan air rebusan daun sirih,
  2. Justru membersihkan Miss V secara berlebihan dapat mengganggu keseimbangan dan membuat Miss V menjadi teriritasi.
  3. Maka dari itu, kalau kamu pernah punya pengalaman mengalami keputihan berlebihan setelah penggunaan produk pembersih kewanitaan, bisa jadi ini dikarenakan kamu menggunakan produk pembersih kewanitaan yang tidak seharusnya.

Baca juga: Bolehkah Membersihkan Miss V dengan Sabun Pembersih Kewanitaan?

Bagaimana cara menggunakan daun sirih untuk miss V?

Manfaat Daun Sirih untuk Miss V – Kesehatan organ kewanitaan alias Miss V tentunya sangat penting bagi setiap perempuan. Kamu bisa menggunakan manfaat daun sirih untuk merawat organ intim ini. Manfaat daun sirih untuk miss V adalah sebagai antiseptik yang bisa membunuh bakteri Candida penyebab leukorrhea atau keputihan.

Kapan waktu yang tepat minum rebusan daun sirih?

TRIBUNJABAR. ID – Ada waktu terbaik minum daun sirih yang bermanfaat melancarkan pencernaan dan menyehatkan lambung. Syaratnya air sari-sari daun sirih diminum saat perut kosong. Penggunaan daun sirih dalam mengobati penyakit sudah dilakukan sejak zaman dahulu.

  • Di Asia, daun sirih sering digunakan untuk penggunaan yang berkaitan dengan antiseptik dan antiinflamasi.
  • Adapun khasiat lain daun sirih yang baik untuk masalah pencernaan dan metabolisme.
  • Baca juga: Sudah Coba Berbagai Cara Tapi Jerawat Tetap Mengganggu? Gunakan Daun Sirih Cina untuk Mengatasinya Dipercaya bisa meredakan konstipasi, manfaat daun sirih lainnya adalah membantu mempercepat menurunkan berat badan.

Manfaat tersebut bisa didapatkan bila meminum atau mengunyah daun sirih di pagi hari ketika perut kosong. Dikutip dari onmanorama. com, daun sirih mengandung antioksidan yang menghancurkan radikal bebas dalam tubuh. Zat itu juga mengembalikan pH kembali normal dan mengendalikan masalah perut. Apa Manfaat Air Rebusan Daun Sirih ilustrasi – air rebusan daun sirih untuk kesehatan (Pixabay/congerdesign) Minum air tersebut dalam keadaan perut kosong keesokan harinya. Melansir dari recipes. timesofindia. com, ada cara lain mengonsumsi daun sirih agar terhindar dari konstipasi atau sembelit.

Yakni, mengunyah beberapa daun sirih saat perut kosong. Air daun sirih akan menrmalkan pH saat perut bermasalah dan hasilnya Anda tidak merasakan sembelit. Manfaat lain daun sirih adalah membantu memperlancar metabolisme dan mencegah naiknya asam lambung. Kandungan daun sirih bisa menyehatkan sistem pencernaan.

Dikutip dati thehealthsite. com, mengunyah daun sirih tidak hanya mempercepat metabolisme tapi juga membantu mencegah keasaman dengan cara meningkatkan mukus di perut. Hasilnya, perut terlindungi dari efek asam lambung. Selain itu, mengunyah daun sirih menambah produksi air ludah. Apa Manfaat Air Rebusan Daun Sirih Ilustrasi – Manfaat daun sirih merah untuk mengatasi jerawat (Shutterstock via Kompas. com) Produksi air ludah memberikan kode kepada perut untuk bersiap mencerna makanan. Daun sirih juga membuang zat toksik dari perut dan meredakan konstipasi. Tidak hanya itu, daun siri juga membantu menurunkan berat badan.

Berapa kali sehari minum air rebusan daun sirih?

Cara termudah merasakan daun sirih adalah dengan merebus dan meminum airnya. Rebusan daun sirih membawa banyak manfaat untuk kesehatan. – Kamis, 25 November 2021 22:43 Tribunjabar. id/Kisdiantoro Daun sirih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. TRIBUNJABAR.

ID – Cara termudah merasakan daun sirih adalah dengan merebus dan meminum airnya. Jika dilakukan dengan benar, rebusan daun sirih membawa banyak manfaat untuk kesehatan. Daun sirih baik sirih hijau dan sirih merah dikenal sejak lama sebagai obat herbal, Bahkan daun sirih merah masuk dalam jajaran Tanaman Obat Keluarga (TOGA).

Berikut ini cara merebus daun sirih yang benar untuk diminum, dikutip dari berbagai sumber.1. Meredakan Batuk Salah satu khasiat daun sirih yang hingga kini masih dipercaya adalah kemampuannya mengatasi batuk. Adapun air rebusan daun sirih mampu mengatasi batuk, karena mengandung Vitamin B, C serta alkaloid untuk mengatasi peradangan penyebab batuk. ilustrasi batuk (Pixabay) 2. Menghambat Kanker Kandungan alkaloid dalam daun sirih bersifat antikanker.

Berapa kali boleh minum air sirih?

KOMPAS. com – Daun sirih sudah lama masuk ke dunia herbal. Digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan penyakit mulai dari keputihan hingga membantu menurunkan berat badan. Dalam mengonsumsinya, daun sirih bisa direbus dan diminum air rendamannya, atau dikunyah begitu saja untuk diambil minyaknya.

Dilansir dari Netmeds, banyak sekali khasiat kesehatan yang terkandung dalam selembar daun sirih. Kandungan daun sirih sangat banyak. Daun ini mengandung analgesik sehingga bisa digunakan meredakan sakit, mengandung antioksidan sehingga bisa menyembuhkan gangguan pencernaan seperti konstipasi, juga mengandung anti peradangan sehingga bisa menyembuhkan berbagai gangguan pernapasan.

You might be interested:  Berikut Yang Merupakan Sayuran Akar Yaitu?

Berikut ini beberapa cara mengonsumsi daun sirih untuk digunakan meredakan berbagai penyakit dan menunjang kesehatan tubuh: Baca juga: 7 Manfaat Baking Soda untuk Berkebun 1. Dikunyah Mengunyah selembar daun sirih setelah makan siang atau makan malam bisa bermanfaat menyehatkan saluran cerna. Apa Manfaat Air Rebusan Daun Sirih Unsplash/Keerthi Ilustrasi daun sirih Daun sirih mengandung berbagai senyawa baik yang bisa mencegah perut kembung dan mendorong kerja usus dalam menyerap berbagai vitamin dan mineral yang dibawa oleh makanan. Mengunyah daun sirih juga bisa digunakan untuk mengontrol asam lambung dan berat badan.

  • Etika mengunyah daun sirih, senyawa di dalam herbal tersebut bisa mereduksi level asam dalam rongga mulut dan juga lambung.
  • Sehingga asam lambung bisa terkontrol dan tak lagi menganggu.
  • Daun sirih yang dikunyah juga bisa memicu produksi liur lebih banyak, sehingga bisa memberi alarm pada saluran cerna untuk segera memproses makanan yang masuk menjadi energi.

Dalam hal ini, daun sirih sangat membantu proses menurunkan berat badan. Mengunyah daun sirih secara rutin juga bisa digunakan untuk membersihkan rongga mulut sehingga gigi bersih dari plak dan bau mulut tak lagi mengganggu. Baca juga: 5 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan 2.

Ditumbuk untuk diambil cairannya Beberapa orang meremas-remas atau menumbuk daun sirih hingga halus dan terbentuk pasta dengan sedikit cairan. Pasta ini akan diaplikasikan ke luka memar atau luka teriris dan membiarkannya selama beberapa menit. Daun sirih bisa membantu meredakan rasa nyeri akibat luka trauma.3.

Direndam Tumbuk atau remas-remas daun sirih dan masukkan ke dalam air matang. Rendam semalaman. Paginya, saring dan minum airnya. Air rendaman daun sirih bisa digunakan untuk mengobati konstipasi juga radang usus. Baca juga: Empat Metode Mengurangi Pahit Daun Pepaya 4. Apa Manfaat Air Rebusan Daun Sirih Unsplash/Fransisco Hernandes Ilustrasi merebus daun sirih Rebus dua cangkir air bersih, masukkan daun sirih, kapulaga, cengkih dan kayu manis.

Berapa kali sehari minum air rebusan daun sirih?

Cara termudah merasakan daun sirih adalah dengan merebus dan meminum airnya. Rebusan daun sirih membawa banyak manfaat untuk kesehatan. – Kamis, 25 November 2021 22:43 Tribunjabar. id/Kisdiantoro Daun sirih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. TRIBUNJABAR.

ID – Cara termudah merasakan daun sirih adalah dengan merebus dan meminum airnya. Jika dilakukan dengan benar, rebusan daun sirih membawa banyak manfaat untuk kesehatan. Daun sirih baik sirih hijau dan sirih merah dikenal sejak lama sebagai obat herbal, Bahkan daun sirih merah masuk dalam jajaran Tanaman Obat Keluarga (TOGA).

Berikut ini cara merebus daun sirih yang benar untuk diminum, dikutip dari berbagai sumber.1. Meredakan Batuk Salah satu khasiat daun sirih yang hingga kini masih dipercaya adalah kemampuannya mengatasi batuk. Adapun air rebusan daun sirih mampu mengatasi batuk, karena mengandung Vitamin B, C serta alkaloid untuk mengatasi peradangan penyebab batuk. ilustrasi batuk (Pixabay) 2. Menghambat Kanker Kandungan alkaloid dalam daun sirih bersifat antikanker.

Apakah daun sirih bisa digunakan setiap hari?

Daun Sirih dan Miss V – Untuk kebersihan Miss V sendiri, khasiat daun sirih dipercaya dapat membunuh jamur, bakteri, parasit, dan mikroorganisme yang menjadi penyebab keputihan, Menggunakan daun sirih untuk kebersihan Miss V serta menyembuhkan dari keputihan dapat dilakukan dengan cara sederhana.

  1. Meski begitu, beberapa wanita menggunakan air rebusan daun sirih untuk membersihkan vagina, apakah boleh? Faktanya, hal ini merupakan salah satu cara yang umum dilakukan.
  2. Caranya, siapkan 10 lembar daun sirih, lalu cuci dengan bersih.
  3. Setelah itu, rebus daun sirih dengan menggunakan 500 ml air bersih hingga mendidih.

Dinginkan air hingga suhu ruang. Kemudian, gunakan air tersebut untuk membilas daerah kewanitaan. Namun, sebelum menggunakan cara ini, sebaiknya tanyakan langsung pada dokter untuk mengetahui cara tepat dalam menjaga kebersihan Miss V. Meskipun daun sirih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tetapi ada beberapa efek samping yang perlu kamu ketahui ketika terlalu banyak menggunakan daun sirih pada bagian Miss V.

  • Meski memiliki khasiat yang baik, tetapi tidak serta-merta penggunaan daun sirih bisa digunakan setiap hari secara rutin.
  • Soalnya, penggunaan rutin dapat menghilangkan pH alami yang ada di area intim.
  • Miss V memiliki bakteri baik yang memang berfungsi untuk menjaga suasana asam di organ genital tetap berada pada suhu normal.

Bahkan sebenarnya, Miss sendiri bisa membersihkan dirinya sendiri tanpa bantuan produk pembersih. Namun, memang ada beberapa situasi tertentu seperti infeksi, sehingga perlu produk pembersih untuk membuat pH alami Miss V kembali normal. Namun, kalau Miss V tidak sedang mengalami masalah dan dalam kondisi normal alias seimbang, ada baiknya kamu tidak “mengganggu” kondisi yang sudah ada dengan perawatan yang berlebihan.

Salah satunya dengan menggunakan air rebusan daun sirih, Justru membersihkan Miss V secara berlebihan dapat mengganggu keseimbangan dan membuat Miss V menjadi teriritasi. Maka dari itu, kalau kamu pernah punya pengalaman mengalami keputihan berlebihan setelah penggunaan produk pembersih kewanitaan, bisa jadi ini dikarenakan kamu menggunakan produk pembersih kewanitaan yang tidak seharusnya.

Baca juga: Bolehkah Membersihkan Miss V dengan Sabun Pembersih Kewanitaan?

Related Post