Yang Merupakan Hasil Samping Pengolahan Kacang-Kacangan Adalah?

Yang Merupakan Hasil Samping Pengolahan Kacang-Kacangan Adalah
Jawab : Bahan pangan hasil samping tanaman adalah bahan samping atau bagian lain yang dihasilkan dari tanaman (selain dari pada bahan pangan utama yang digunakan) yang masih bisa dimanfaatkan. Hasil samping dari tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai olahan pangan yang dapat dikonsumsi oleh manusia dan ada juga yang dikonsumsi oleh hewan.

PEMBAHASAN : Dengan memanfaatkan hasil samping suatu tanaman seperti batang/tangkai, kulit, maupun daun bagian luar dari tanaman dapat membantu masyarakat atau komunitas dan lingkungan dengan program daur ulang. Penerapan program daur ulang atau sistem reuse, reduce dan recycle menjadi salah satu solusi dalam menjaga lingkungan di sekitar kita yang murah dan mudah untuk dilakukan.

Manusia sebagai makhluk yang paling unggul di dalam lingkungan merupakan pihak yang selalu memanfaatkan lingkungan hidupnya, memiliki kemampuan untuk berkreasi dan mengkonsumsi berbagai sumber daya alam bagi kebutuhan hidupnya, salah satunya untuk pemenuhan kebutuhan pangan.

  1. Adapun hasil samping dari pengolahan serealia, kacang-kacangan, dan umbi antara lain : 1. Padi.
  2. Hasil samping serealia ini berupa beras yang merupakan makanan pokok bagi manusia, dan batang jerami yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar, pakan ternak, dan bahan bangunan.2. Gandum.
  3. Hasil samping serealia yang dapat dimanfaatkan dari gandum ini yaitu batang, daun, sekam hasil penggilingan gandum seperti brand (bagian terluar dari kulit gandum), pollar (kulit gandum bagian dalam yang berupa serpihan).

Bermanfaat untuk pakan ternak berupa unggas.3. Jagung. Hasil saming yang dapat dimanfaatkan berupa tongkol, batang tua dan muda, daun jangung dan klobot. Bermanfaat untuk pakan ternak, pupuk kompos, bahan kerajinan.4. Kacang kedelai. Hasil samping kacang-kacangan ini berupa ampas atau kulit kacang yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan.5.

  • Acang hijau.
  • Hasil samping daring kacang ini berupa daun yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan, dan akar yang dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak ataupun pupuk organik.
  • Dan masih banyak hasil samping yang dapat dimanfaatkan dari tanaman kacang-kacangan, serealia, dan umbi baik sebagai bahan pangan ataupun pakan ternak, bahan pupuk kompos bahkan bahan bakar hingga bahan bangunan.

Pelajari lebih lanjut : brainly. co. id/tugas/14899203 brainly. co. id/tugas/14866701 brainly. co. id/tugas/9932780 DETIL JAWABAN MAPEL : Biologi KELAS : 10 MATERI : Keanekaragaman Hayati KATA KUNCI : Macam Hasil Samping Tanaman Kacang-Kacangan, serealia dan Umbi-Umbian KODE SOAL : 4 KODE KATEGORISASI : 10.4.2

Apa saja yang di dapat dari hasil samping dari kacang kedelai?

Abstract – Proses produksi susu kedelai menyisakan ampas kedelai yangbelum termanfaatkan dengan baik. Ampas kedelai merupakan hasil samping dari pengolahan tahu dan susu kedelai. Ampas tersebut diperoleh dari proses pengepresan yang menghasilkan sari kedelai.

  • UKM susu kedelai biasanya menjual ampas ini kepada pihak lain untuk diolah menjadi pakan ternak.
  • Egiatan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada pelaku UKM mengenai pengolahan ampas kedelai menjadi produk nugget dan brownies ampas kedelai.
  • Edua produk ini bergizi tinggi dan marketable, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan pelaku UKM selain dari penjualan susu kedelai.
You might be interested:  Pakcoy Sayuran Yang Dimanfaatkan Adalah?

Kegiatan ini dilaksanaan melalui beberapa metode, yaitu brainstorming, praktek, penyuluhan, bimbingan teknis dan pendampingan. Hasil olahan ampas kedelai yang dipraktekkan yaitu nugget dan brownies dari ampas tahu. Nugget dan brownies yang diolah dari ampas tahu masih mengandung protein dan lemak yang bermanfaat bagi tubuh.

Apa saja hasil samping dari serealia kacang kacangan dan umbi?

Contoh hasil samping serealia,umbi-umbian,dan kacang-kacangan adalah

  1. Serealia, hasil samping adalah daun, batang dan kulit.
  2. Umbi-umbian, hasil samping adalah daun dan akar.
  3. Kacang-kacangan, hasil samping adalah batang dan daun.

Pembahasan Hasil Sampingan Serealia, Umbi-umbian, dan Kacang-kacangan Serealia adalah sumber karbohidrat sehingga banyak yang membudidayakan untuk diolah menjadi makanan atau minuman. Negara Indonesia banyak ditumbuhi umbi-umbian dan kacang-kacangan. Sehingga serealia, umbi-umbian dan kacang-kacangan banyak diolah menjadi pangan camilan sehat untuk dikonsumsi sehari-hari.

Produk hasil samping adalah produk yang dihasilkan selain produk utama tetapi masih dapat dimanfaatkan. Hasil samping serealia, kacang-kacangan, dan umbi masih bisa dimanfaatkan menjadi produk pangan adalah sebagai berikut: 1. Serealia Tanaman jenis serealia berarti biji-bijian. Salah beberapa contoh tanaman serealia adalah padi dan jagung.a.

Padi Hasil sampingan dari padi yang dapat dimanfaatkan adalah:

  • Kulit pada dapat kita manfaatkan media tanam untuk tanaman.
  • Batang dan daun padi hasil panen dapat digunakan untuk bahan bakar tungku.
  • Dedak dapat digunakan untuk pakan ternak.

b. Jagung Hasil sampingan dari jagung yang dapat dimanfaatkan adalah:

  • Batang dan daun jagung digunakan untuk pakan ternak selain itu juga dapat digunakan untuk bahan bakar tungku.
  • Olahan batang dan daun jagung digunakan untuk pupuk kompos.

2. Kacang-kacangan Jenis tanaman kacang-kacangan adalah kacang tanah, kacang kedelai dan kacang hijau. Hasil sampingan dari ketiga jenis kecang tersebut memiliki manfaat yang sama yaitu:

  • Batang dan daun kacang digunakan untuk pakan ternak selain itu juga dapat digunakan untuk bahan bakar tungku.
  • Olahan batang dan daun kacang digunakan untuk pupuk kompos.

3. Umbi-umbian Jenis tanaman umbi adalah singkong, ubi jalar, dan talas. Hasil sampingan dari umbi-umbian dapat dimanfaatkan untuk:

  • Daun singkong diolah menjadi makanan yang bergizi.
  • Akar talas dapat diolah menjadi bubut yang berkhasiat mengurangi encok.

Pelajari lebih lanjut

  • Teknik pengolahan bahan pangan serealia kacang-kacangan dan umbi brainly. co. id/tugas/18328211
  • Tahapan pengolahan bahan pangan serealia kacang-kacangan dan umbi brainly. co. id/tugas/18553119
  • Wirausaha ikan konsumsi brainly. co. id/tugas/25991622
  • hasil samping perikanan dan peternakan​ brainly. co. id/tugas/27318504
You might be interested:  Sayuran Berikut Ini Yang Merupakan Sayuran Buah Adalah?

Detil Jawaban Mapel : Prakarya dan Kewirausahaan Bab : Hasil Samping Bahan Pangan Serelia, Kacang-kacangan dan Umbi Kelas : VIII Semester : 1 Kode : – #AyoBelajar

Apa hasil samping dari kacang hijau?

Jawaban: Kacang hijau. Hasil samping daring kacang ini berupa daun yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan, dan akar,,

Apa yang dimaksud dengan hasil samping dan berikan contohnya?

Pengertian – Produk hasil samping adalah produk yang dihasilkan selain produk utama. Hasil samping serealia, kacang-kacangan, dan umbi masih bisa dimanfaatkan menjadi produk pangan.

Apakah oncom termasuk hasil samping?

Tahukah kamu jika oncom merupakan makanan tradisional paling murah diantara produk fermentasi lainnya? Oncom merupakan produk samping ( by-products ) dari limbah sisa pembuatan tahu. Meskipun bahan bakunya berupa kacang kedelai yang telah mengalami penghilangan protein (deproteinasi), kandungan protein pada oncom masih terbilang tinggi.

  • Makanan tradisional yang satu ini banyak diproduksi dan dikonsumsi di daerah Sunda, Jawa Barat.
  • Mengingat harganya yang relatif murah, oncom dijadikan sebagai makanan alternatif untuk pengganti sumber protein yang harganya terjangkau oleh semua kalangan.
  • Selain dari kacang kedelai, oncom juga dapat dibuat dari kacang tanah yang telah mengalami deproteinasi.

Terdapat dua jenis oncom yaitu oncom merah dan oncom hitam. Oncom merah biasanya dibuat dari bungkil tahu ( deproteinated soy ) dan proses fermentasinya didominasi oleh jamur Neurospora, Sedangkan oncom hitam dibuat dari kacang tanah deproteinasi yang kadang dicampur dengan tapioka atau tepung singkong, serta proses fermentasinya menggunakan jamur Rhizopus, Sumber: wikimedia. org Proses pengolahan oncom terbilang sedikit lebih kuno dibandingkan dengan produk fermentasi lainnya seperti tahu dan tempe. Dalam proses pembuatan kedua produk tersebut dilakukan penambahan inokulum atau starter pada tahap fermentasi.

  • Sedangkan oncom diproduksi dalam skala kecil tanpa menggunakan inokulum pada proses fermentasinya.
  • Oleh karena itu terkadang kualitas oncom yang dihasilkan tidak selalu stabil.
  • Tapi jangan dulu memandang rendah makanan by-products ini.
  • Seperti produk-produk sebelumnya, produk hasil fermentasi memiliki pengaruh yang cukup besar bagi dampak kesehatan tubuh manusia.

Kandungan gizi pada oncom cukup tinggi terutama kandungan proteinnya. Oncom dikenal sebagai produk kaya protein namun rendah lemak ( low fat ). Sebuah studi menyebutkan bahwa oncom terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol pada tikus sebagai objek penelitian.

Apa yang kamu ketahui tentang hasil samping pengolahan?

Jawaban: Produk hasil samping adalah produk sekunder yang dihasilkan sebagai hasil selain hasil utama suatu proses produksi. Penjelasan: Jawaban panjang: Produk samping biasanya dihasilkan sebagai sampingan proses produksi ketika bahan baku diolah menjadi produk utama

Apa hasil samping dari kentang?

Hasil Samping Kentang yaitu Kentang dapat diolah menjadi Keripik, Stik, dan perkadel.

Apa hasil samping dari jagung?

Kelobot atau kulit jagung merupakan hasil samping dari pemanenan jagung yang memiliki kandungan serat kasar yang tinggi dan protein kasar yang rendah, sehingga pemanfaatannya sebagai pakan perlu dilakukan pengolahan. Kandungan nutrien kelobot jagung dapat dilihat pada Tabel 1.

Bekatul merupakan hasil samping dari apa?

Bekatul adalah hasil samping dari penggilingan padi menjadi beras. Proses penggilingan padi menjadi beras tersebut menghasilkan beras sebanyak 60-65%. Sementara bekatul yang dihasilkan sebanyak 8- 12% dan sisanya adalah sekam padi.

You might be interested:  Sayuran Yang Tumbuh Di Air?

Apa saja contoh makanan hasil samping?

Hasil samping dari bahan pangan hasil perikanan dan peternakan dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi makanan siap konsumsi seperti mie bakso dan ceker ayam, keripik ceker ayam, kerupuk kulit ian, kerupuk kulit sapi, keripik usus ayam, gulai kepala ikan kakap, rempeyek sisik ikan, dan lain-lain.

Apa bahan hasil samping tempe?

Jawaban. bahan hasil samping tempe gembus adalah Ampas tahu.

Apa manfaat dari ampas kedelai?

Potensi yang dimiliki oleh kaum milenial sangatlah besar terhadap perkembangan dunia pertanian. Yang mana seiring perkembangan zaman yang serba digital, memanfaatkan beragam teknologi dan mencari pengetahuan mengenai kegiatan pertanian guna mendukung diversifikasi pangan lokal.

SMK PP Negeri Sembawa, terus berupaya mengurangi limbah pangan menjadi olahan pangan inovasi. Generasi muda adalah kunci, dan pertanian modern adalah solusi untuk menarik generasi muda untuk terlibat dalam bisnis pertanian. Pertanian digital sendiri merupakan teknologi yang dapat memudahkan pengambilan keputusan secara praktis dan bermanfaat, sehingga manajemen risiko di bidang pertanian menjadi lebih mudah dan membantu meningkatkan potensi keuntungan secara berkelanjutan.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahawa Kementan terus meningkatkan kualitas SDM pertanian dan membuat sektor pertanian menjadi lebih menarik serta menguntungkan. Pertanian kita harus mandiri dan modern sehingga keluarga petani semakin sejahtera.

Di samping itu, pertanian harus bisa menarik minat generasi muda sebagai profesi yang menjanjikan, tegas Mentan. Sejalan dengan arahan Menteri Pertanian, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, juga menegaskan bahwa pangan adalah masalah yang sangat utama.

“Masalah pangan adalah masalah hidup matinya suatu bangsa. Sudah waktunya petani tidak hanya mengerjakan aktivitas on farm, tapi mampu menuju ke off farm, terutama pasca panen dan olahannya. Banyak yang bisa dikerjakan untuk menaikkan nilai pertanian, khususnya pasca panen.

Tuntutannya adalah petani harus berinovasi. Buat terobosan agar hadir produk-produk baru,” paparnya. Pangan lokal adalah makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat setempat sesuai dengan potensi dan kearifan lokal. Beberapa produk lokal antara lain ketela pohon, ubi jalar, kedelai, jagung, talas, sagu. Yuli Herlina mengatakan bahwa Pemanfaatan kedelai untuk pembuatan susu kedelai.

Dalam pembuatan susu kedelai terdapat limbah organik yang berupa ampas susu kedelai. Ampas kedelai (okara) merupakan hasil samping dari pengolahan tahu dan susu kedelai. Ampas tersebut diperoleh dari proses pengepressan yang menghasilkan sari kedelai. Ampas kedelai dengan jumlahnya banyak, seiring dengan meningkatnya jumlah tahu dan susu kedelai yang dibuat sehingga perlu dimanfaatkan menjadi suatu produk inovasi yang bernilai yaitu perkedel” ujar Yuli “Perkedel ini terbuat dari bahan utama ampas kedelai, dicampukan dengan telur, irisan daun bawang dan seledri serta tambahan bumbu-bumbu masakan agar terasa gurih lalu dibentuk bulat-bulat gepeng, dan digoreng.

Related Post