Yang Merupakan Ciri-Ciri Sayuran Jagung Adalah?

Yang Merupakan Ciri-Ciri Sayuran Jagung Adalah
Ciri – ciri tanaman jagung yaitu :

  • Berkeping satu atau monokotil.
  • Berakar serabut.
  • Tulang daun sejajar.
  • Daun sempurna.
  • Jagung memiliki bunga jantan dan bunga betina yang terpisah dalam satu tanaman.

Apa ciri ciri batang jagung?

Tanaman jagung termasuk famili rumput-rumputan (graminae) dari subfamili myadeae. Dua famili yang berdekatan dengan jagung adalah teosinte dan tripsacum yang diduga merupakan asal dari tanaman jagung. Teosinte berasal dari Meksico dan Guatemala sebagai tumbuhan liar di daerah pertanaman jagung.

SISTEM PERAKARAN Jagung mempunyai akar serabut dengan tiga macam akar, yaitu (a) akar seminal, (b) akar adventif, dan (c) akar kait atau penyangga. Akar seminal adalah akar yang berkembang dari radikula dan embrio. Pertumbuhan akar seminal akan melambat setelah plumula muncul ke permukaan tanah dan pertumbuhan akar seminal akan berhenti pada fase V3.

Akar adventif adalah akar yang semula berkembang dari buku di ujung mesokotil, kemudian set akar adventif berkembang dari tiap buku secara berurutan dan terus ke atas antara 7-10 buku, semuanya di bawah permukaan tanah. Akar adventif berkembang menjadi serabut akar tebal.

Akar seminal hanya sedikit berperan dalam siklus hidup jagung. Akar adventif berperan dalam pengambilan air dan hara. Bobot total akar jagung terdiri atas 52% akar adventif seminal dan 48% akar nodal. Akar kait atau penyangga adalah akar adventif yang muncul pada dua atau tiga buku di atas permukaan tanah.

Fungsi dari akar penyangga adalah menjaga tanaman agar tetap tegak dan mengatasi rebah batang. Akar ini juga membantu penyerapan hara dan air. Yang Merupakan Ciri-Ciri Sayuran Jagung Adalah Perkembangan akar jagung (kedalaman dan penyebarannya) bergantung pada varietas, pengolahan tanah, fisik dan kimia tanah, keadaan air tanah, dan pemupukan. Akar jagung dapat dijadikan indikator toleransi tanaman terhadap cekaman aluminium. Tanaman yang toleran aluminium, tudung akarnya terpotong dan tidak mempunyai bulu-bulu akar (Syafruddin 2002).

Pemupukan nitrogen dengan takaran berbeda menyebabkan perbedaan perkembangan (plasticity) sistem perakaran jagung (Smith et al.1995). BATANG DAN DAUN Tanaman jagung mempunyai batang yang tidak bercabang, berbentuk silindris, dan terdiri atas sejumlah ruas dan buku ruas. Pada buku ruas terdapat tunas yang berkembang menjadi tongkol.

Dua tunas teratas berkembang menjadi tongkol yang produktif. Batang memiliki tiga komponen jaringan utama, yaitu kulit (epidermis), jaringan pembuluh (bundles vaskuler), dan pusat batang (pith). Bundles vaskuler tertata dalam lingkaran konsentris dengan kepadatan bundles yang tinggi, dan lingkaran-lingkaran menuju perikarp dekat epidermis.

Kepadatan bundles berkurang begitu mendekati pusat batang. Konsentrasi bundles vaskuler yang tinggi di bawah epidermis menyebabkan batang tahan rebah. Genotipe jagung yang mempunyai batang kuat memiliki lebih banyak lapisan jaringan sklerenkim berdinding tebal di bawah epidermis batang dan sekeliling bundles vaskuler (Paliwal 2000).

Terdapat variasi ketebalan kulit antargenotipe yang dapat digunakan untuk seleksi toleransi tanaman terhadap rebah batang.

Apa ciri ciri akar jagung?

Akar – Jagung masuk dalam kelompok tumbuhan berkeping satu atau monokotil, sehingga ciri-ciri jagung adalah berakar serabut. Tapi, serabutnya kuat lho karena bisa tumbuh dengan kedalaman antra 20 sampai 80 sentimeter. Melansir Padang Ekspress, akar serabut jagung juga sering muncul ke permukaan tanah untuk menopang tumbuhan yang sudah dewasa. Akar ini disebut dengan akar adventif.

Apakah jagung memiliki daun?

Botani – Tanaman semusim ( annual ) yang dalam budidaya menyelesaikan satu daur hidupnya dalam 80-150 hari (sekitar 3 sampai 5 bulan), tergantung kultivar dan saat tanam. Istilah “seumur jagung” menggambarkan usia rata-rata jagung yang berkisar tiga sampai empat bulan.

Sekitar paruh pertama dari daur hidup merupakan tahap pertumbuhan vegetatif dan paruh kedua untuk tahap reproduktif, Sebagian jagung merupakan tanaman hari pendek yang pembungaannya terjadi jika mendapat penyinaran di bawah panjang penyinaran matahari tertentu, biasanya 12,5 jam. Tinggi tanaman jagung sangat bervariasi.

Rata-rata dalam budidaya mencapai 2,0 sampai 2,5 m, meskipun ada kultivar yang dapat mencapai tinggi 12 m pada lingkungan tumbuh tertentu. Tinggi tanaman biasa diukur dari permukaan tanah hingga ruas teratas sebelum rangkaian bunga jantan (malai). Meskipun ada yang dapat membentuk anakan (seperti padi), pada umumnya jagung tidak memiliki kemampuan ini. Bunga betina jagung (tongkol), terlindung oleh klobot, dengan “rambut”. Rambut jagung sebenarnya adalah tangkai putik, Sebagai anggota monokotil, jagung berakar serabut yang dapat mencapai kedalaman 80 cm meskipun sebagian besar berada pada kisaran 20 cm.

Tanaman yang sudah cukup dewasa memunculkan akar adventif dari buku-buku bagian terbawah yang membantu menyangga tegaknya tanaman. Batang jagung tegak dan mudah terlihat, sebagaimana pada sorgum dan tebu, Terdapat mutan yang batangnya tidak tumbuh pesat sehingga tanaman berbentuk roset, Batangnya beruas-ruas.

Ruas terbungkus pelepah daun yang muncul dari buku. Batang jagung cukup kokoh namun tidak banyak mengandung zat kayu ( lignin ). Daun jagung merupakan daun sempurna, memiliki pelepah, tangkai, dan helai daun.

You might be interested:  Makanan Yang Terbuat Dari Kacang-Kacangan?

Apakah jagung berspora atau tidak?

Jagung termasuk tumbuhan tidak berspora,dan batangnya jelas.

Apakah jagung memiliki bunga dan biji?

Ciri-ciri tananaman jagung antara lain akar serabut, tulang daun berbentuk sejajar memanjang dan biji berkeping satu. Ciri lain seperti batang tegak dan beruas-ruas. Memiliki tongkol yang terdapat di batang dan pelepah daun. Dalam satu tanaman terdapat bunga jantan (di pucuk) dan betina yang terpisah. Jagung merupakan salah satu tumbuhan monokotil.

Apa jenis akar jagung?

Jagung mempunyai akar serabut dengan tiga macam akar, yaitu (a) akar seminal, (b) akar adventif (c) akar kait atau penyangga. Akar seminal adalah akar yang berkembang dari radikula dan embrio.

Apakah bunga jagung memiliki kelopak?

Pembahasan – Organ adalah kumpulan jaringan yang bersama-sama melakukan tugas atau fungsi tertentu. Organ tumbuhan terdiri dari akar, batang, daun, bunga, maupun buah.1. Akar Akar adalah bagian tumbuhan yang berada di dalam tanah dan berbentuk meruncing sehingga lebih mudah menembus tanah.

  • Akar berasal dari akar lembaga atau radikula yang terdapat pada biji tumbuhan.
  • Akar tumbuh dari meristem apikal ujung akar yang dilindungi oleh tudung akar atau kaliptra.
  • Fungsi tudung akar yaitu untuk melindungi ujung akar pada saat menembus tanah.
  • Fungsi akar antara lain: a.
  • Memperkuat tubuh tumbuhan pada tanah.b.

Menyimpan cadangan makanan dalam bentuk umbi akar seperti pada wortel.c. Menyerap air dan garam-garam mineral terlarut yang dibantu oleh raambut akar.d. Sebagai alat pernapasan seperti pada beringin dan bakau.2. Batang Batang merupakan salah satu organ tumbuhan berpembuluh yang berfungsi sebagai penyangga tubuh tumbuhan.

Batang tersusun oleh beberapa macam jaringan yang berbeda, sehingga terdiri dari beberapa jenis batang seperti batang berkayu, batang lembut dan lunak (herbaseus), dan batang tipe rumput (kalmus). Fungsi batang antara lain sebagai berikut: a. Menyalurkan air dan garam mineral dari akar ke daun dan zat makanan dari daun ke seluruh bagian tubuh tumbuhan.b.

Mengarahkan tubuh tumbuhan agar mendapatkan cahaya matahari yang cukup.c. Tempat penimbunan cadangan makanan seperti pada sagu dan tebu.d. Tempat melekatnya daun, bunga, serta buah. Pada bagian batang terdapat beberapa bagian yaitu: a. Pucuk batang. Terdapat meristem apikal yang berfungsi untuk pertumbuhan memanjang batang.b.

Ruas batang. Terdapat meristem interkalar. Biasanya ada di tumbuhan monokotil.c. Tunas. Merupakan aktifitas meristem lateral atau samping untuk membentuk cabang batang dan memperbesar diameter batang.3. Daun Daun merupakan organ tumbuhan yang memiliki fungsi utama untuk membuat makanan melalui proses fotosintesis.

Selain itu, fungsi daun yaitu sebagai tempat pengeluaran air dengan cara penguapan dan respirasi. Berikut struktur yang melapisi daun dimulai dari atas ke bawah yaitu: a. Epidermis atas, ada beberapa jenis dilapisi oleh kutikula.b. Jaringan palisade parenkim/jaringan tiang/jaringan pagar yang mengandung banyak klorofil untuk fotosintesis.c.

  1. Berkas pembuluh yang terdapat xilem dan floem yang berfungsi sebagai alat transportasi dan penguat daun dalam bentuk tulang daun.d.
  2. Jaringan spons parenkim/bunga karang, mengandung sedikit klorofil berfungsi menyimpan udara.e.
  3. Epidermis bawah biasanya terbentuk stomata.4.
  4. Bunga Bunga meruoakan alat reproduksi tumbuhan.
You might be interested:  Sebutkan Bahan-Bahan Yang Dibutuhkan Untuk Budidaya Tanaman Sayuran?

Berikut ini merupakan bagian-bagian bunga yaitu: a. Kelopak bunga. Pada umumnya berwarna hijau. Fungsinya sebagai pembungkus dan melindungi kuncup bunga sebelum mekar.b. Mahkota bunga. Umumnya Memiliki warna yang cerah dan menarik. Fungsi mahkota bunga yaitu untuk menarik serangga untuk datang dan menyerbuki bunga.

Apa Keterangan tanaman jagung?

Mengenal Jagung di Indonesia – Oleh : Fitri Ikayanti, SP Pengawas Benih Tanaman Kota Pontianak Jagung adalah salah satu tanaman serealia penting di Indonesia, selain sebagai tanaman bahan pangan pokok pengganti beras dalam upaya diversifikasi pangan, jagung juga merupakan pakan ternak.

    Kandungan Nutrisi

Jagung memiliki kandungan gizi per 100 gram bahan sebagai berikut : Kalori : 355 Kalori Protein : 9,2 gr Lemak : 3,9 gr Karbohidrat : 73,7 gr Kalsium : 10 mg Fosfor : 256 mg Besi : 2,4 mg Vitamin A : 510 SI Vitamin B1 : 0,38 mg Air : 12 gr dan bagian yang dapat dicerna 90%.

    Manfaat

Jagung memiliki banyak manfaat bagi tubuh karena kandungan nutrisinya, diantara manfaatnya yaitu dapat menurunkan hipertensi sehingga dapat mencegah penyakit jantung. Jagung dapat mengontrol diabetes, memperlancar pencernaan, mencegah sembelit dan wasir karena jagung kaya akan serat, bahkan dapat menurunkan risiko kanker usus besar.

Jagung juga mengandung sebagian besar magnesium, tembaga besi, dan yang terpenting adalah kandungan fosfor yang baik untuk kesehatan tulang, nutrisi ini tidak hanya mencegah tulang retak karena pertambahan usia, tapi juga meningkatkan fungsi ginjal. Vitamin C, karotenoid dan bioflavinoids yang terkandung dalam jagung juga dapat menjaga jantung agar tetap sehat dengan mengendalikan kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh.C.

Jenis-Jenis Jenis-jenis jagung yang dikembangkan di Indonesia yaitu jagung hibrida, jagung komposit dan Jagung transgenik. Jagung hibrida merupakan keturunan pertama dari persilangan dua tetua yang memiliki karakter/sifat yang unggul. Shull (1908) merupakan orang yang pertama kali menemukan bahwa hasil persilangan sendiri tanaman jagung mengakibatkan terjadinya depresi inbreeding, dan persilangan dua tetua yang homozigot menghasilkan F1 yang sangat vigor.

    Keunggulan dan Kekurangan

Keunggulan dan kekurangan jagung hibrida, jagung komposit dan jagung transgenik antaralain Jagung hibrida memiliki tingkat produksi yang tinggi, dapat mencapai 8-12 ton per hektar. Adapun kekurangannya adalah jagung hibrida tidak dapat dijadikan benih untuk ditanam kembali karena produksinya akan turun mencapai 30 % hal ini menimbulkan ketergantungan bagi petani terhadap benih jagung hibrida tersebut, selain itu harga jagung hibrida jauh lebih mahal.

Apakah tanaman jagung memiliki akar serabut?

Akar Tanaman jagung berakar serabut dan memiliki sistem perakaran yang terdiri dari tiga bagian yaitu akar seminal, akar adventif, dan akar penyangga atau kait. Akar seminal adalah akar yang tumbuh ke bawah pada saat akar yang berkembang dari radikula dan embrio.

Apakah batang jagung bercabang atau tidak?

Tanaman jagung mempunyai batang yang tidak bercabang, berbentuk silindris, dan terdiri atas sejumlah ruas dan buku ruas. Pada buku ruas terdapat tunas yang berkembang menjadi tongkol.

Jagung biji berkeping berapa?

Jakarta – Menurut bijinya, tumbuhan dikelompokkan menjadi dua yakni tumbuhan monokotil dan tumbuhan dikotil. Monokotil adalah tumbuhan biji berkeping satu. Contohnya jagung, padi, kelapa, dan sebagainya. Dikotil adalah tumbuhan biji berkeping dua. Contohnya kacang kedelai, kacang tanah, bunga matahari, wortel, dan sebagainya.

Apa Keterangan tanaman jagung?

Mengenal Jagung di Indonesia – Oleh : Fitri Ikayanti, SP Pengawas Benih Tanaman Kota Pontianak Jagung adalah salah satu tanaman serealia penting di Indonesia, selain sebagai tanaman bahan pangan pokok pengganti beras dalam upaya diversifikasi pangan, jagung juga merupakan pakan ternak.

    Kandungan Nutrisi

Jagung memiliki kandungan gizi per 100 gram bahan sebagai berikut : Kalori : 355 Kalori Protein : 9,2 gr Lemak : 3,9 gr Karbohidrat : 73,7 gr Kalsium : 10 mg Fosfor : 256 mg Besi : 2,4 mg Vitamin A : 510 SI Vitamin B1 : 0,38 mg Air : 12 gr dan bagian yang dapat dicerna 90%.

    Manfaat

Jagung memiliki banyak manfaat bagi tubuh karena kandungan nutrisinya, diantara manfaatnya yaitu dapat menurunkan hipertensi sehingga dapat mencegah penyakit jantung. Jagung dapat mengontrol diabetes, memperlancar pencernaan, mencegah sembelit dan wasir karena jagung kaya akan serat, bahkan dapat menurunkan risiko kanker usus besar.

  • Jagung juga mengandung sebagian besar magnesium, tembaga besi, dan yang terpenting adalah kandungan fosfor yang baik untuk kesehatan tulang, nutrisi ini tidak hanya mencegah tulang retak karena pertambahan usia, tapi juga meningkatkan fungsi ginjal.
  • Vitamin C, karotenoid dan bioflavinoids yang terkandung dalam jagung juga dapat menjaga jantung agar tetap sehat dengan mengendalikan kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh.C.
You might be interested:  Nutrisi Yang Terkandung Dalam Sayuran Tomat Adalah?

Jenis-Jenis Jenis-jenis jagung yang dikembangkan di Indonesia yaitu jagung hibrida, jagung komposit dan Jagung transgenik. Jagung hibrida merupakan keturunan pertama dari persilangan dua tetua yang memiliki karakter/sifat yang unggul. Shull (1908) merupakan orang yang pertama kali menemukan bahwa hasil persilangan sendiri tanaman jagung mengakibatkan terjadinya depresi inbreeding, dan persilangan dua tetua yang homozigot menghasilkan F1 yang sangat vigor.

    Keunggulan dan Kekurangan

Keunggulan dan kekurangan jagung hibrida, jagung komposit dan jagung transgenik antaralain Jagung hibrida memiliki tingkat produksi yang tinggi, dapat mencapai 8-12 ton per hektar. Adapun kekurangannya adalah jagung hibrida tidak dapat dijadikan benih untuk ditanam kembali karena produksinya akan turun mencapai 30 % hal ini menimbulkan ketergantungan bagi petani terhadap benih jagung hibrida tersebut, selain itu harga jagung hibrida jauh lebih mahal.

Apa saja ciri ciri tanaman padi?

Tanaman padi memiliki ciri – ciri yaitu, berakar serabut, daun berbentuk lanset (sempit memanjang), urat daun sejajar, memiliki pelepah daun, dan bunga tersusun sebagai bunga majemuk dengan satuan bunga berupa floret.

Apa ciri ciri tanaman singkong?

Ciri ciri Tanaman Singkong Singkong, mungkin anda sudah sangat akrab mendengar nama ini. Namun mungkin juga tidak akrab dengan singkong pada lidah Anda. Ciri ciri Tanaman Singkong Singkong identik dengan makanan pedesaan, hanya biasa tersaji di meja sederhana milik petani.

  • Ada istilah “Anak singkong”, yang berarti anak petani dari desa yang selalu hidup sederhana.
  • Namun jangan salah, berkat kemajuan industri masa kini, singkong sudah naik derajat menjadi makanan cemilan olahan yang enak dilidah.
  • Berbagai makanan olahan dari singkong kini sudah banyak yang mengihiasi etalase supermarket modern.

Singkong Manihot esculenta Crantz Klasifikasi Kingdom : Plantae (Tumbuhan) Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh) Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji) Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga) Kelas : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil) Sub Kelas : Rosidae Ordo : Euphorbiales Famili : Euphorbiaceae Genus : Manihot Spesies : Manihot esculenta Crantz Kerabat Dekat : Singkong Karet Deskripsi Merupakan umbi atau akar pohon yang panjang dengan fisik rata-rata bergaris tengah 2-3 cm dan panjang 50-80 cm, tergantung dari jenis singkong yang ditanam.

  • Daging umbinya berwarna putih atau kekuning-kuningan.
  • Umbi singkong tidak tahan simpan meskipun ditempatkan di lemari pendingin.
  • Gejala kerusakan ditandai dengan keluarnya warna biru gelap akibat terbentuknya asam sianida yang bersifat racun bagi manusia.
  • Umbi singkong merupakan sumber energi yang kaya karbohidrat namun sangat miskin protein.

Sumber protein yang bagus justru terdapat pada daun singkong karena mengandung asam amino metionin. Akar Tanaman singkong mempunyai sistem perakaran serabut yang terspesialisasi, yaitu akar yang dapat berubah bentuk kaarena berbeda dengan fungsi asal.

  • Akar berwarna putih kekuningan, panjang akar 30cm, panjang rambut akar 50cm, termasuk tumbuhan dikotil, akar menggembung berisi cadangan makanan.
  • Batang Permukaan batang berwarna coklat, dalam batang berwarna putih kekuning-kuningan, memiliki diameter selebar 2-4cm, batangnya beruas-ruas.
  • Daun Permukaan daun rata, tulang daun menjari, jenis daun tunggal, bentuk daun lingkaran, daun berwarna hijau (berklorofil), tangkai daun berwarna merah, ujung daun lancip, tangkai daun panjang, berwarna kemerahan.

Bunga Bunga berukuran sangat kecil, berwarna putih, kelopak berjumlah 5 buah berwarna hijau dan berukuran lebih besar dari ukuran bunga, bunga tidak memiliki alat kelamin jantan maupun betina. e) Umbi Umbi memiliki diameter 2-5cm, panjang 20-60cm, daging umbi berwarna putih/ kekuning-kuningan, kulit umbi berwarna coklat, dagingnya bergetah Kandungan Gizi Sinkong – Cassava Ukuran 100 gr (100 g) Jumlah per Porsi Kalori 131 dari Lemak 2.70 % Nilai harian* Total Lemak 0.30 g 0.5 % Lemak Jenuh 0.100 g 0.5 % Kolesterol 0 mg 0.0 % Sodium 2 mg 0.1 % Total Karbohidrat 31.90 g 10.6 % Diet Serat 1.5 g 6.0 % Protein 1.10 g 2.2 % Vitamin C 50.0 % Vitamin B1 Thiamin 8.7 % Vitamin B2 Riboflavin 1.2 % Vitamin B3 Niasin 3.0 % Vitamin B5 Asam Pantotenat acid 2.

Related Post