Sebutkan Bahan Hasil Samping Sayuran Yang Dapat Diolah?

Sebutkan Bahan Hasil Samping Sayuran Yang Dapat Diolah
Hasil samping sayuran adalah bagian lain dari sayuran yang biasanya tidak digunakan sebagai bahan pangan, namun masih bisa dimanfaatkan dan diolah supaya dapat dikonsumsi. Biasanya, saat mengolah sayuran atau bahan makanan lainnya, setelah mengambil bagian utamanya kita akan membuang bagian sayuran lainnya.

  • Namun demikian, tidak semua hasil samping sayuran ini tidak bermanfaat.
  • Hasil samping sayuran dapat diolah sebagai penerapan sistem daur ulang sehingga dapat membantu menjaga lingkungan.
  • Contoh makanan olahan dari hasil samping sayuran adalah: 1.
  • Batang dan daun brokoli Biasanya, kita hanya mengonsumsi bunga brokoli.

Namun demikian, daun yang menyelimuti bunga brokoli dapat diolah menjadi bahan sop atau dibuat jus sayuran. Batang brokoli juga dapat dikupas bagian kerasnya, lalu diolah sebagai acar atau ditumis.2. Tangkai wortel Bagian wortel berwarna oranye yang biasa kita makan adalah umbi wortel.

  • Tangkai wortel yang biasa disingkirkan ketika mengolah wortel, ternyata mengandung banyak antioksidan yang baik untuk kesehatan.
  • Tangkai ini bisa dimasak tumis bersama dengan bawang putih, minyak zaitun, kacang tanah, garam, dan keju.3.
  • Ulit kentang Ahli gizi menyarankan untuk mengupas kulit kentang setipis mungkin karena kulit kentang mengandung banyak gizi.

Kulit kentang dapat mencegah mutasi sel-sel yang mengarah pada kanker. Kulit kentang dapat ditumis bersama kentang, bawang, dan cabe di masakan balado kentang.4. Kulit melinjo Tanaman melinjo biasanya dimanfaatkan daun dan bijinya. Kulit melinjo yang biasanya menjadi limbah dapur ternyata memiliki banyak vitamin dan dapat dijadikan obat asam urat.

Kulit melinjo dapat diolah menjadi oseng-oseng dan dikonsumsi.5. Daun talas Umbi talas biasanya digunakan sebagai bahan olahan pangan utama. Namun demikian, hampir semua bagian dari talas ternyata dapat diolah dan dimanfaatkan. Contohnya adalah daun talas yang dapat diolah menjadi buntil daun talas atau ditumis dengan santan.

Detil tambahan Kelas: VII SMP Mapel: Seni Kategori: Pengolahan bahan pangan Kata kunci: makanan olahan, bahan samping sayuran

Apa saja hasil samping dari sayuran?

Pembahasan – Saat mengolah sayuran, kita akan memperoleh hasil samping yang biasanya kita buang. Beberapa contoh hasil samping sayuran antara lain kulit bawang merah, kulit bawang putih, kulit bawang Bombay, batang brokoli, batang kembang kol, tangkai dan daun wortel, kulit kentang dan lain sebagainya.

  • Dengan bekal pengetahuan dalam pengolahan hasil samping yang biasanya terbuang masih dapat kita olah menjadi makanan dengan nilai gizi yang hampir menyamai pengolahan sayuran.
  • Berikut uraian materi singkat terkait dengan zat gizi yang dibutuhkan oleh manusia.
  • Makhluk hidup memerlukan makanan sebagai sumber nutrisi untuk menjalankan aktivitas hidupnya.

Secara umum, kita dapat membagi makanan menjadi 2 golongan yaitu:

    Makronutrien meliputi karbohidrat, lemak dan protein. Mikronutrien meliputi vitamin dan mineral.

Pelajari lebih lanjut tentang zat makanan di: brainly. co. id/tugas/24651819, Dalam pola makan kita sehari-hari diperlukan sejumlah makronutien serta mikronutrien dalam jumlah yang seimbang, sehingga menu makanan kita harus mencakup menu 4 bintang meliputi:

    Karbohidrat Lemak Protein, berupa protein nabati dan atau protein hewani. Serat, berupa sayur dan buah.
You might be interested:  Tanaman Sayuran Yang Diambil Manfaatnya Pada Bagian Bunga Adalah?

Jika kekurangan salah satu unsur nutrisi maka tubuh akan mengalami gangguan, begitu pula jika kelebihan salah satu unsur nutrisi maka tubuh juga akan mengalami gangguan. Uji makanan perlu dilakukan dengan tujuan mengetahui kandungan zat gizi dalam makanan tertentu dengan menggunakan larutan penguji khusus.

    Vit. B1 (Thiamin) : Padi, polongpolongan, sayuran hijau, susu, kuning telur, ikan, hati. Vit B2 (Riboflavin) : Susu, hati, telur, ragi, sayuran, mentega. Vit B6 (Asam Panthotemat) : Buah, sayuran, daging, hati, ikan, susu, kentang, telur. Vit. B3 (asam panthotenat) : Buah, sayuran, daging, hati, ikan, susu, kentang, telur. Vit B12 (Sianokobalin) : Ikan, kerang, udang, hati, daging, susu, telur, keju. Asam Nikotrinat (Niasin) : Hati, ikan, telur, daging, tomat, kacang, sayuran hijau.

Pelajari lebih lanjut tentang vitamin di: brainly. co. id/tugas/18481869,

Apa saja contoh makanan hasil samping?

Hasil samping dari bahan pangan hasil perikanan dan peternakan dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi makanan siap konsumsi seperti mie bakso dan ceker ayam, keripik ceker ayam, kerupuk kulit ian, kerupuk kulit sapi, keripik usus ayam, gulai kepala ikan kakap, rempeyek sisik ikan, dan lain-lain.

Apa hasil samping dari sayuran wortel?

Hasil samping sayuran wortel adalah tangkai daun hijau pada wortel. Tangkai tsb merupakan hasil samping dari sayuran wortel, yang biasanya tidak digunakan namun ternyata masih tetap bisa dimanfaatkan. P e m b a h a s a n : Wortel adalah tumbuhan yg menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar.

  1. Tumbuhan tersebut berbunga pada tahun kedua, dengan batang bunga tumbuh setinggi sekitar 1 m, kemudian bunganya berwarna putih, dan rasanya yang sedikit manis langu.
  2. Bagian yang biasa dimanfaatkan dari wortel adalah bagian umbi/ akarnya.
  3. Namun selain umbinya, wortel punya hasil samping yg bisa dimanfaatkan yaitu tangkai hijau daun yg mengandung banyak nutrisi yaitu mengandung banyak antioksidan.

Kemudian daun hijaunya kaya akan kalsium, magnesium, niasin, zat besi, seng, vit B serta vit K. Wortel berkembang biak secara vegetatif, lebih spesifiknya perkembangbiakkan vegetatif dengan cara menumbuhkan umbi akarnya. Umbi akar yg terdapat pada wortel adalah cadangan makanan yang disimpan yg kemudian nantinya akan tumbuh tunas baru, lalu kemudian tanaman induk akan layu.

Wortel juga dapat berkembangbiak dengan cara generatif, yaitu ketika lingkungan di sekitarnya mengalami musim hujan, kemudian wortel tsb akan menghasilkan bunga. Bunga-bunga tsb akan mengalami penyerbukan yg kemudian menghasilkan biji. Bijinya inilah yanh akan menyebar dan menghasilkan tanaman wortel yang baru.

P e l a j a r i l e b i h l a n j u t

    Materi perkembangbiakan vegetatif brainly. co. id/tugas/30520354, Materi perkembangbiakan generatif brainly. co. id/tugas/3140474 Materi tentang manfaat wortel brainly. co. id/tugas/1635666

D e t a i l J a w a b a n Kelas : 6 Mapel : IPA Bab : Tema 1 Kode : – #AyoBelajar #SPJ2

Apa hasil samping dari kentang?

Hasil Samping Kentang yaitu Kentang dapat diolah menjadi Keripik, Stik, dan perkadel.

Apa hasil samping dari sayuran brokoli?

Jawaban: BATANG BROKOLI dikatakan sebagai hasil samping sayur brokoli karena sayur brokoli yang biasa dikonsumi adalah bunganya. Batang brokoli masih dapat dimakan dengan mengupas sedikit bagian yang keras dari batangnya. Batangnya ini biasa diolah sebagai acar atau ditumis.

  1. Andungan nutrisi pada batang brokoli sama seperti yang terkandung dalam bunga brokoli.
  2. DAUN BROKOLI juga dapat dikatakan sebagai hasil samping sayur brokoli.
  3. Hal ini karena sayur brokoli yang biasa dikonsumi adalah bunganya.
  4. Daun yang menyelimuti bunga brokoli sangat nikmat jika dimasak sop seperti kubis atau dibuat jus sayuran.

Daun brokoli mengandung karotenoid, merupakan sumber vitamin A, yang memiliki sifat mencengah kanker.

1 Apa yang dimaksud dengan bahan pangan hasil samping sayuran?

Bahan pangan hasil samping sayuran adalah bahan samping atau bagian lain yang dihasilkan dari tanaman sayuran (selain dari pada bahan pangan utama sayuran ) yang masih bisa dimanfaatkan.

You might be interested:  Apa Perbedaan Teknik Memasak Dengan Cara Merebus Dan Mengukus?

Jelaskan apa yang dimaksud dengan hasil samping sayuran serta berikan contohnya?

Penjelasan singkat tentang jelaskan yang dimaksud dengan hasil samping sayur beserta contoh adalah bagian lain dari sayuran selain bahan pangan utama sebagai contoh adalah batang brokoli yang masih bisa dimakan.

Apa hasil samping kulit pisang?

PISANG merupakan buah yang banyak mengandung vitamin C, A, mineral, serat dan kandungan gizi lain yang bermanfaat untuk tubuh. Orang sudah banyak mengakui kelezatan dan kandungan gizi pada buah pisang. Namun, belum banyak yang melirik kelezatan kulit pisang.

Selama ini orang hanya menikmati buahnya saja. Kulit pisang merupakan hasil samping dari pemanfaatan pisang yang dapat dijadikan makanan ringan seperti keripik atau kerupuk kulit pisang. Walaupun kulit pisang merupakan hasil samping, namun kandungan gizinya tak kalah dari buahnya. Kulit pisang mengandung serat yang cukup tinggi, vitamin C, B, kalsium, protein, dan karbohidrat.

Hasil penelitian tim Universitas Kedokteran Taichung Chung Shan, Taiwan, memperlihatkan bahwa ekstrak kulit pisang ternyata berpotensi mengurangi gejala depresi dan menjaga kesehatan retina mata. Selain kaya vitamin B6, kulit pisang juga ternyata banyak mengandung serotonin yang sangat vital untuk menyeimbangkan mood.

  1. Selain itu, ditemukan pula manfaat ekstrak pisang untuk menjaga retina dari kerusakan cahaya akibat regenerasi retina.
  2. Manfaat kulit pisang dapat dinikmati dalam keripik kulit pisang.
  3. Hal ini menjadi peluang bisnis baru.
  4. Para pengusaha keripik pisang tidak perlu ragu untuk memanfaatkan kulit pisang menjadi olahan keripik kulit pisang.

Kelezatan keripik kulit pisang tak kalah dengan keripik pisang. Untuk memberikan variasi rasa, taburkan bumbu tabor pada keripik kulit pisang. Pilih bumbu tabur aneka rasa untuk memberikan sensasi rasa yang berbeda. Kulit pisang mengandung nutrisi/gizi yang bisa di konsumsi oleh manusia.

  1. Ternyata dari sesuatu hal yang sepeleh ini, juga ada manfaat dan kandungan nutisi yang baik untuk di konsumsi manusia.
  2. Di Kabupaten Lumajang merupakan perkebunan penghasil pisang terbesar di Indonesia.
  3. Bahkan, Lumajang di juluki sebagai “KOTA PISANG (Banana City) “.
  4. Buah pisang memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, tentu sudah banyak yang tahu bukan? Olehkarena itu banyak yang memilih mengkonsumsi buah yang banyak jenisnya ini, baik dikonsumsi sebagai buah segar maupun hasil olahan dari buah pisang ini.

Namun mengenai manfaat kulit pisang, mungkin belum banyak yang tahu, sehingga selama ini kulit pisang banyak dibuang begitu saja. Jus dan Yogurt Pisang Banyak sekali cara kita memanfaatkan kulit pisang ini, yang paling mudah dan sering adalah dengan cara di jus bersama dengan buah-buahan lainnya.

  • Langkah-langkah pembuatan jus itu cukup mudah yaitu dimulai dengan mencuci bersih kulit pisang, lalu dicincang kecil-kecil sebelum dimasukkan ke dalam blender dengan buah-buahan lain.
  • Setelah diblender beberapa menit, jadilah jus yang siap minum.
  • Selain dikonsumsi dalam bentuk jus, masih banyak bentuk olahan kulit pisang lainnya.

Misalnya dibuat selai kulit pisang, yogurt kulit pisang, tepung kulit pisang, es krim kulit pisang, brownies kulit pisang, nugget kulit pisang, keripik kulit pisang dan kerupuk kulit pisang. Dalam pelatihan yang dari Kantor Ketahanan Pangan dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lumajang, yaitu pembuatan kerupuk kulit pisang dan berikut ini cara pembuatannya.

Apa hasil samping dari jagung?

Kelobot atau kulit jagung merupakan hasil samping dari pemanenan jagung yang memiliki kandungan serat kasar yang tinggi dan protein kasar yang rendah, sehingga pemanfaatannya sebagai pakan perlu dilakukan pengolahan. Kandungan nutrien kelobot jagung dapat dilihat pada Tabel 1.

Apa hasil samping dari sayuran bawang?

Bahan Pangan Hasil Samping Sayuran Sebutkan Bahan Hasil Samping Sayuran Yang Dapat Diolah Pengertian dari bahan pangan hasil samping sayuran adalah bahan samping atau bagian lain yang dihasilkan dari tanaman sayuran (selain dari pada bahan pangan utama sayuran) yang masih bisa dimanfaatkan. Hasil samping dari sayuran dapat dimanfaatkan sebagai olahan pangan yang dapat dikonsumsi oleh manusia sehari hari.

JENIS-JENIS HASIL SAMPING SAYURAN 1. KULIT BAWANG Kulit bawang merupakan hasil samping dari sayuran umbi lapis di antaranya kulit bawang merah, kulit bawang putih dan kulit bawang bombay. Kulit bawang mengandung quercetin, yakni sebuah senyawa yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mendukung sistem kekebalan tubuh atau antioksidan yang sangat tinggi.

Kalian bisa memanfaatkan kulit bawang ini dengan cara tidak mengupasnya apabila membuat bumbu untuk memasak, baru setelah masakan matang, kulit bawangnya bisa kamu singkirkan. 2. BATANG DAN DAUN BROKOLI Batang brokoli masih dapat dimakan dengan mengupas sedikit bagian yang keras dari batangnya. Demikian juga dengan daun yang menyelimuti bunga brokoli sangat nikmat jika dimasak sop seperti kubis atau dibuat jus sayuran. Sedangkan batangnya bisa diolah sebagai acar atau ditumis. 3. TANGKAI DAN DAUN WORTEL Biasanya tangkai daun hijau pada wortel tidak digunakan, namun ternyata masih bisa dimanfaatkan. Tangkai hijau daun pada wortel mengandung banyak nutrisi yaitu memiliki banyak antioksidan yang baik untuk untuk kesehatan Daun hijau kaya akan kalsium, magnesium, niasin, zat besi, seng, vitamin B, vitamin K, serta antioksidan yang baik untuk kesehatan. 4. KULIT KENTANG Selama ini kita selalu membuang kulit kentang dan menganggapnya sampah organik yang tidak berguna. Nutrisi kentang paling banyak terletak pada bagian bawah kulitnya. Bagian kulit kentang kaya akan asam klorogenik, yaitu polifenol yang mencegah mutasi sel- sel yang mengarah pada kanker.

You might be interested:  Syarat Dalam Memilih Sayuran Akar Yang Baik Adalah?

Apakah hasil samping dari tanaman talas?

Hasil samping dari talas adalah daun,batang dan akar talas. Daun dan batang dapat dimanfaatkan sebagai olahan produk pangan yg menunjang kesehatan tubuh,namun akar talas lebih banyak dibuat sebagai obat.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan hasil samping sayuran serta berikan contohnya?

Bahan pangan hasil samping sayuran adalah bahan samping atau bagian lain yang dihasilkan dari tanaman sayuran (selain dari pada bahan pangan utama sayuran ) yang masih bisa dimanfaatkan. Dalam setiap masakan kita biasanya menggunakan bawang sebagai bumbu utama. Tanpa bawang, rasa makanan menjadi kurang nikmat.

Apa hasil samping dari jagung?

Kelobot atau kulit jagung merupakan hasil samping dari pemanenan jagung yang memiliki kandungan serat kasar yang tinggi dan protein kasar yang rendah, sehingga pemanfaatannya sebagai pakan perlu dilakukan pengolahan. Kandungan nutrien kelobot jagung dapat dilihat pada Tabel 1.

Apa yang dimaksud dengan bahan pangan hasil samping dari sayuran?

Jawaban: bahan pangan hasil samping sayuran adalah bahan samping atau bagian lain yang di hasilkan dari tanaman sayuran (selain dari bahan pangan utama sayuran ) yang masih bisa dimanfaatkan.

Apakah semua hasil samping sayuran dapat diolah untuk dikonsumsi manusia?

Jawaban: Sayur adalah semua jenis tanaman yang dapat dikonsumsi baik yang diambil dari akar, batang, daun, biji, bunga atau bagian lain yang digunakan untuk diolah menjadi masakan. Sayuran mengandung zat gizi yang berfungsi mengatur Metabolisme atau proses kerja tubuh.

Zat pengatur ini terdiri dari air, vitamin, dan mineral. Ada juga protein, dan karbohidrat. Penjelasan: Oleh karena itu bagian sampingan dari sayuran sebenarnya sangat bermanfaat, karena sebenarnya seluruh bagian dari sayuran dapat diolah dan tinggi khasiat. Bagian sayuran yang dianggap tidak bisa dimakan itu sebenarnya kaya khasiat dibandingkan bagian bahan pangan utama dari sayuran itu sendiri.

Itulah mengapa hasil sampingan dari bahan sayuran dapat dimanfaatkan kembali menjadi produk pangan.

Related Post