Pada Dataran Tinggi Jenis Tanaman Sayuran Yang Dapat Dibudidayakan Diantaranya?

Pada Dataran Tinggi Jenis Tanaman Sayuran Yang Dapat Dibudidayakan Diantaranya
Sumber : Pertanianku. com Sebelum menanam sayuran, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu kondisi lokasi yang digunakan. Pasalnya, tidak semua jenis sayuran bisa cocok ditanam di lokasi yang Anda gunakan. Salah satu hal yang harus diperhatikan dari kondisi lokasi adalah ketinggian tempat.

  1. Etinggian lokasi sangat memengaruhi pertumbuhan tanaman sayur yang ditanam.
  2. Tidak semua tanaman sayur dataran tinggi bisa ditanam di dataran rendah, hasil yang didapatkan akan jauh dari kata maksimal, bahkan bisa tidak menghasilkan sama sekali.
  3. Sebaiknya sebelum menanam, Anda memerhatikan kriteria ketinggian tempat dari tanaman tersebut agar mampu tumbuh dengan optimal.

Berikut ini pembahasan lebih jelas mengenai jenis sayuran yang dibagi berdasarkan ketinggian tempat tumbuh tanaman. Sayuran dataran rendah Lokasi yang termasuk dalam kategori dataran rendah adalah lokasi yang memiliki permukaan tanah yang berada di level 0—600 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Beberapa jenis tanaman sayur yang bisa tumbuh subur di dataran rendah adalah kangkung, bayam, terung, kacang panjang, dan kecipir. Sayuran dataran tinggi Lokasi yang termasuk kategori dataran tinggi adalah lokasi yang memiliki permukaan tanah berada di atas ketinggian 600 mdpl. Sayuran yang bisa tumbuh subur di dataran tinggi adalah wortel, buncis, kapri, kentang, kubis atau kol, dan selada.

Sayuran yang bisa di dataran tin g gi dan rendah Ada beberapa macam sayuran yang bisa tumbuh di dataran rendah dan tinggi. Tanaman tersebut biasanya memiliki varietas yang bsa ditanam di dataran rendah dan varietas yang bisa ditanam di dataran tinggi.

Apa saja hasil perkebunan dataran tinggi?

KOMPAS. com – Sumber daya alam adalah sumber daya berupa material yang dimiliki bumi secara alami untuk mendukung kehidupannya di dalamnya. Berbagai sumber daya alam terserar di bumi, salah satunya adalah di dataran tinggi. Dataran tinggi adalah daerah permukaan bumi yang memiliki ketinggan lebih dari 700 meter di atas permukaan laut.

    Persediaan air

Air tawar merupakan zat yang sangat penting bagi kehidupan. Keberadaan air dalam bentuk cairlah yang membedakan bumi kita dengan planet lainnya. Dataran tinggi, terutama pegunungan memiliki pasokan air bersih yang banyak sehingga sering disebut sebagai menara air.

  • Dilansir dari National Geographic, secara keseluruhan, dataran tinggi mengandung sekitar setengah dari semua air tawar yang digunakan manusia.
  • Hal ini karena gunung mencegat alirah udara, menaikkannya ke atas, dan membuatnya mengembun, berubah menjadi awan.
  • Awan kemudian turun menjadi hujan ataupun salju yang menjadi sumber air bersih bagi manusia.

Air dari pegunungan juga menjadi hulu bagi berbagai sungai yang mengairi dunia. memberikan air tawar bagi manusia, hewan, dan juga tumbuhan untuk hidup. Baca juga: Contoh Sumber Daya Alam di Dataran Rendah

    Hasil tambang

Dataran tinggi menyediakan barang tambang seperti seperti batu kapur dan juga belerang. Hasil tambang tersebut dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan industri dan juga sebagai mata pencarian masyarakat disekitarnya.

    Perkebunan dan pertanian

Dataran tinggi merupakan landskap geografi yang tepat untuk membuat perkebunan. Dataran tinggi menyediakan lahan yang luas, tanah kaya nutrisi, kelembapan, serta suhu udara yang cocok untuk tumbuh dan berkembangnya tanaman perkebunan. Jenis perkebunan dan pertanian di dataran tinggi adalah kopi, teh, tembakau kakao, stroberi, apel, beri, jeruk, kina, dan yang utamanya adalah kayu.

    Pertanian

Dataran tinggi merupakan lingkungan yang cocok untuk pertanian. Terutama sayuran seperti wortel, seladam brokoli, buncis, kentang, dan kubis. Menurut Food and Agricultureof the United Nations dalam Opportunities for Hasnessing Zero Hunger in Asia Executive Summary (2019) pertanian di pegunungan dapat dimanfaatkan untuk ketahanan pangan dan mata pencarian.

    Keragaman flora dan fauna

Daniel Maselli, dkk dalam Mountain Biodiversity and Global Change (2010) menyebutkan bahwan keragaman flora dan fauna adalah asuransi alam yang memainkan peran kunci dalam mempertahankan kestabilan ekosistem. Keanekaragaman hayati menjaga kestabilan iklim, siklus air, siklus nitrogen, menyediakan bahan pangan, bahan obat-obatan, bahan sandang, dan udara bersih, serta mencegah terjadinya erosi.

Usaha pertanian apa yang cocok di daerah dataran tinggi?

A. Perkebunan Kondisi fisik dataran tinggi yang berhawa sejuk dan letaknya yang relatif tinggi ( > 600 m di atas permukaan laut ) cocok untuk usaha perkebunan teh, kina, cengkih, kopi, buah-buahan, dan sayur-sayuran. Jenis tanaman ini akan tumbuh subur di daerah dataran tinggi. Hanya perlu hati-hati dalam pengolahan lahan untuk perkebunan. Kondisi fisik dataran tinggi rentan terhadap erosi tanah.b. Hortikultura Selain perkebunan, kegiatan ekonomi yang dapat diusahakan di dataran tinggi adalah pertanian hortikultura. Sistem pertanian ini dilakukan dengan cara memperbanyak jenis tanaman yang di tanam pada lahan pertanian. Dengan cara ini hasil panen akan meningkat, kegagalan panen dapat diperkecil, dan lahan tetap hijau ditumbuhi tanaman sehingga erosi tanah dapat dicegah. Pertanian hortikultura banyak diusahakan di Pulau Jawa dan Sumatra.c. Kehutanan Hutan akan tumbuh baik di dataran tinggi. Di Indonesia, hutan masih banyak tumbuh di Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Irian Jaya, dan sebagian kecil Jawa. Perekonomian penduduk Indonesia, terutama di luar Pulau Jawa, masih tergantung dari hasil hutan. Selain memanfaatkan berbagai jenis kayu, seperti jati, ulin, kruing, dan bangkirai, penduduk juga mengambil hasil hutan lainnya seperti rotan, damar, dan getah-getahan.d. Peternakan Di dataran tinggi yang berhawa sejuk dan dinging juga cocok untuk usaha peternakan. Jenis hewan yang diternakan atau dikembangbiakan adalah hewan yang mempunyai bulu tebal sehingga dapat mengatasi udara dingin. jangan lupa di jadikan jawaban terbaik ya., terimakasih

You might be interested:  Bagaimana Cara Memasak Dengan Teknik Steaming?

Apakah jagung bisa ditanam di dataran tinggi?

Lokasi yang Tepat untuk Menanam Jagung – Admin dkpp | 11 Maret 2020 | 7311 kali Tanaman jagung berasal dari daerah tropis, tetapi masih bisa tumbuh menyesuaikan iklim di luar daerah tropis. Untuk menghasilkan tanaman yang tumbuh optimal dan menghasilkan banyak tongkol dengan bijinya yang banyak, Anda harus memilih lokasi dan iklim yang tepat untuk menanam jagung agar dapat menunjang pertumbuhannya.

Lokasi menanam jagung pada dasarnya cukup mudah untuk ditentukan. Lokasi menanam jagung hanya perlu memerhatikan beberapa hal berikut di bawah ini. Ketinggian tempat Jagung bisa ditanam di berbagai daerah, baik dataran rendah hingga dataran tinggi. Di Indonesia, jagung biasanya ditanam di daerah dataran rendah, baik di tegalan, sawah tadah hujan, dan sawah irigasi.

Jagung yang ditanam di dataran tinggi bisa dilakukan di ketinggian 1.000—1.800 mdpl. Jenis tanah Tanah merupakan tempat tumbuhnya tanaman sekaligus menjadi sumber nutrisi yang menunjang pertumbuhan tanaman. Dari tanah-lah jagung akan mendapatkan suplai air dan unsur hara.

  • Pada dasarnya jagung bisa tumbuh hampir di setiap jenis tanah.
  • Bahkan, jagung bisa ditanam di tanah kering, berpasir, atau tanah liat berat.
  • Jenis tanah yang bisa ditanami jagung adalah andosol yang bersal dari gunung berapi, latosol, dan grumsol.
  • Tanah grumsol yang akan digunakan harus diolah terlebih dahulu untuk menciptakan drainase dan aerasi yang baik.

Tanah latosol menjadi jenis tanah yang disukai karena tanah liat dapat menahan lengas yang tinggi. Selain jenis tanah, tingkat keasaman tanah yang baik bagi jagung berkisar 5,5—7. Derajat keasaman tanah berpengaruh terhadap ketersediaan unsur hara tanaman.

  1. Jagung cukup toleran terhadap tanah basa.
  2. Namun, jika pH dibawah 5,5, jagung tidak bisa tumbuh maksimal karena mengalami keracunan ion aluminium.
  3. Jagung bisa ditanam di dataran miring dengan kemiringan maksimum 8 persen karena memiliki risiko erosi tanah yang kecil.
  4. Curah hujan dan kebutuhan air Tanaman jagung membutuhkan air yang cukup banyak, terutama pada saat memasuki masa pertumbuhan awal, berbunga, dan pengisian biji.

Kekurangan air akan menyebabkan hasil produksi menurun. Kebutuhan air setiap varietas jagung berbeda-beda. Namun, umumnya jagung membutuhkan 2 liter air per tanaman per hari saat kondisi panas dan berangin. Cahaya matahari dan suhu yang optimal Tanaman jagung memerlukan sinar matahari yang cukup secara langsung untuk menunjang pertumbuhannya.

Penyinaran secara langsung akan memengaruhi hasil produksi menjadi lebih maksimal. Pohon yang ternaungi akan menghasilkan tongkol yang kurang baik, bahkah bisa tidak berbentuk buah. Suhu yang dikehendaki untuk pertumbuhan jagung adalah sebesar 27—32°C. Pada suhu 21—27°C dapat mendukung perkecambahan benih yang optimal.

Sumber : https://www. pertanianku. com/lokasi-yang-tepat-untuk-menanam-jagung/

Mengapa sayur sayuran banyak tumbuh di dataran tinggi?

1.) Dimanfaatkan Sebagai Perkebunan – Kualitas tanah pada dataran tinggi ini sangat subur dan juga bagus apabila ditanami dengan bermacam jenis tumbuhan. Sehingga dataran tinggi ini banyak sekali dimanfaatkan sebagai lahan perkebunan. Banyak tanaman yang tumbuh subur di dataran tinggi umumnya seperti teh, kopi, sayur – sayuran, bahkan kina. Pada Dataran Tinggi Jenis Tanaman Sayuran Yang Dapat Dibudidayakan Diantaranya Pada Dataran Tinggi Jenis Tanaman Sayuran Yang Dapat Dibudidayakan Diantaranya Anda tentunya sering melihat perkebunan teh di daerah dataran tinggi, sedangkan untuk dataran tinggi di Dieng, perkebunan kentang menjadi mata pencarian penduduk yang berada di sana.

Apa yang dapat dimanfaatkan dari dataran tinggi?

Manfaat Dataran Tinggi Daerah dataran tinggi di Indonesia banyak dimanfaatkan untuk bidang pertanian hortikultura seperti lahan perkebunan teh, kopi, kina (obat untuk malaria), bunga, sayuran, dan sebagainya.

Mengapa penduduk di dataran tinggi membudidayakan tanaman sayur?

Jawaban. Jawaban: Karena daerah dataran tinggi berhawa sejuk, maka umumnya aktivitas masyarakatnya adalah menanam padi dan berbagai jenis sayuran.

You might be interested:  Jenis Sayuran Yang Tinggi Zat Besi?

Apakah wortel hidup di dataran tinggi?

Wortel lebih dikenal sebagai tanaman sayuran dataran tinggi. Karena itu wilayah yang tak mempunyai dataran tinggi kerap kesulitan untuk membudidayakan tanaman tersebut. Akibatnya, harga wortel pun melangit. Namun dengan teknologi budidaya, ternyata wortel bisa dikembangkan di dataran rendah.

Misalnya di Kalimantan Tengah, petani kini bisa memanen ‘si oranye’. Dengan demikian menjadi peluang usaha baru bagi petani. Di Kalimantan Tengah, wortel termasuk tanaman yang mempunyai nilai komersial tinggi. Apalagi pada waktu tertentu, misalnya saat terjadi gelombang besar di Laut Jawa, komoditas tersebut harus didatangkan melalui pesawat udara.

Pada hari besar keagamaan, harga wortel juga terkadang melonjak. Selama ini wortel yang diperdagangkan di Palangka Raya berasal dari Pulau Jawa seperti Malang, Jawa Timur. Melihat peluang yang cukup menguntungkan tersebut, beberapa petani di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah berinisiatif untuk mengembangkan tanaman tersebut.

  • Pengembangan wortel di dataran rendah tersebut menjadi sebuah terobosan baru.
  • Apalagi banyak tantangannya.
  • Beberapa penelitian mengungkapkan, budidaya wortel di dataran rendah akan cenderung gagal.
  • Ada juga yang mengatakan, wortel yang ditanam di dataran rendah hanya akan keluar daunnya tanpa dapat membentuk umbi wortel.

Namun sejak April 2014, peneliti Balai Penelitian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Tengah bersama penyuluhan pertanian dari WKPP Banturung BPP (Balai Penyuluh Pertanian) Tangkiling dan petani di Palangka Raya melakukan uji adaptasi beberapa varietas wortel.

Ternyata wortel yang ditanam, Suroto petani di Banturung Kecamatan Bukit Batu, hasilnya cukup menggembirakan. Ada beberapa varietas wortel yang diuji yaitu Royal Chantenay, Nantes Improved, Flaker Giant, Cisarua, dan Batu. Dari beberapa jenis, varietas Cisarua memiliki produksi tertinggi. Warnanya juga menarik yakni oranye tua dan tingkat kemanisanpun tertinggi.

Guna melanggengkan budidaya wortel yang telah memiliki adaptasi di Palangka Raya, beberapa varietas wortel yang telah diuji tersebut dilakukan perbanyakan melalui pembenihan. Tujuannya pembenihan wortel tersebut agar benih tidak perlu lagi didatangkan dari Pulau Jawa yang harganya cukup mahal.

  1. Selain itu, wortel yang dibenihkan telah mengalami adaptasi spesifik lokasi.
  2. Di Palangka Raya, pembenihan wortel terus dikembangkan.
  3. Dengan keberhasilan uji coba tersebut, kini mulai banyak petani berminat menanam wortel.
  4. Diharapkan dengan kemampuan petani memproduksi benih wortel sendiri, minat masyarakat membudidayakan wortel makin besar.

Dampaknya, harga wortel akan stabil dan kebutuhan masyarakat, khususnya di Kota Palangka Raya dapat tercukupi. Wiwik R /Yul Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066 Editor : Julianto

Apakah tanaman kelapa dapat tumbuh di dataran tinggi?

  • Kamis, 27 Juni 2019 – 10:22:47 WIB
  • Hadiatul Wazri

1. SYARAT PERTUMBUHAN 1.1. Iklim

  1. Kelapa tumbuh baik pada daerah dengan curah hujan antara 1300-2300 mm/tahun, bahkan sampai 3800 mm atau lebih, sepanjang tanah mempunyai drainase yang baik. Akan tetapi distribusi curah hujan, kemampuan tanah untuk menahan air hujan serta kedalaman air tanah, lebih penting daripada jumlah curah hujan sepanjang tahun.
  2. Angin berperan penting pada penyerbukan bunga (untuk penyerbukannya bersilang) dan transpirasi tanaman.
  3. Kelapa menyukai sinar matahari dengan lama penyinaran minimum 120 jam/bulan sebagai sumber energi fotosintesis. Bila dinaungi, pertumbuhan tanaman muda dan buah akan terlambat.
  4. Kelapa sangat peka pada suhu rendah dan tumbuh paling baik pada suhu 20-27 derajat C. Pada suhu 15 derajat C, akan terjadi perubahan fisiologis dan morfologis tanaman kelapa.
  5. Kelapa akan tumbuh dengan baik pada rH bulanan rata-rata 70-80% minimum 65%. Bila rH udara sangat rendah, evapotranspirasi tinggi, tanaman kekeringan buah jatuh lebih awal (sebelum masak), tetapi bila rH terlalu tinggi menimbulkan hama dan penyakit

1.2. Media Tanam

  1. Tanaman kelapa tumbuh pada berbagai jenis tanah seperti aluvial, laterit, vulkanis, berpasir, tanah liat, ataupun tanah berbatu, tetapi paling baik pada endapan aluvial.
  2. Kelapa dapat tumbuh subur pada pH 5-8, optimum pada pH 5.5-6,5. Pada tanah dengan pH diatas 7.5 dan tidak terdapat keseimbangan unsur hara, sering menunjukkan gejala-gejala defisiensi besi dan mangan.
  3. Kelapa membutuhkan air tanah pada kondisi tersedia yaitu bila kandungan air tanah sama dengan laju evapotranspirasirasi atau bila persediaan air ditambah curah hujan selama 1 bulan lebih besar atau sama dengan potensi evapotranspirasi, maka air tanah cukup tersedia. Keseimbangan air tanah dipengaruhi oleh sifat fisik tanah terutama kandungan bahan organik dan keadaan penutup tanah. Jeluk atau kedalaman tanah yang dikehendaki minimal 80-100 cm.
  4. Tanaman kelapa membutuhkan lahan yang datar (0-3%). Pada lahan yang tingkat kemiringannya tinggi (3-50%) harus dibuat teras untuk mencegah kerusakan tanah akibat erosi, mempertahankan kesuburan tanah dan memperbaiki tanah yang mengalami erasi.

1.3. Ketinggian Tempat Tanaman kelapa tumbuh baik didaerah dataran rendah dengan Ketinggian yang optimal 0-450 m dpl. Pada ketinggian 450-1000 m dpl waktu berbuah terlambat, produksi sedikit dan kadar minyaknya rendah.2. PEDOMAN TEKNIS BUDIDAYA 2.1. Pembibitan 2.1.1.

You might be interested:  Tuliskan 5 Sayuran Berdasarkan Pigmen Yang Dikandung?

Mengapa di daerah dataran tinggi mudah ditanami tumbuhan?

Pada Dataran Tinggi Jenis Tanaman Sayuran Yang Dapat Dibudidayakan Diantaranya Pexels/Yosi Azwan Tanaman teh biasanya hidup di daerah dataran tinggi. Bobo. id – Tanaman teh biasanya kita temukan di wilayah dataran tinggi, Apakah lingkungan tersebut baik untuk tanaman ini? Perkebunan lebih cocok di dataran tinggi karena karakteristik daerah ini adalah bersuhu dingin.

Masih ingatkah kamu bagaimana lokasi dataran tinggi? Dataran tinggi adalah permukaan bumi yang memiliki ketinggian 500 meter di atas permukaan laut. Dataran tinggi biasanya kita temukan di sekitar pegunungan atau dan memiliki suhu lingkungan yang dingin. Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 4 SD Tema 3, Apa Kewajiban Kita Terhadap Tumbuhan Sekitar? Dengan suhu yang dingin ini, beberapa jenis tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan subur.

Perkebunan apa yang biasa kamu temukan di daerah dataran tinggi? Ada perkebunan teh, perkebunan kopi, stroberi, dan sebagainya. Pada materi pelajaran tematik kelas 4 SD tema 3, teman-teman akan mempelajari mengenai habitat tumbuhan. Terdapat pertanyaan yang berbunyi, lingkungan seperti apa yang baik untuk tanaman teh? Yuk, temukan kunci jawaban pertanyaan dari penjelasan berikut ini! Tempat Hidup Tanaman Teh Teh atau Camelia sinensis biasanya hidup di daerah tropis dengan ketinggian 200 hingga 2000 meter di atas permukaan laut.

  1. Suhu yang baik untuk pertumbuhan tanaman ini adalah 13 sampai 15 derajat Celcius.
  2. Tanaman teh dapat mengalami pertumbuhan yang subur dipengaruhi oleh suhu dan sinar matahari.
  3. Tanaman teh yang terpapar suhu yang terlalu panas, justru sulit untuk dapat tumbuh subur.
  4. Baca Juga: Identifikasi Setiap Bagian Tumbuhan Beserta Fungsinya, Materi Kelas 4 SD Tema 3 Tanaman ini dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 9 meter, khususnya untuk jenis Teh Jawa dan Teh Tiongkok.

Teh dengan kualitas yang tinggi biasanya ditanam dengan ketinggian 1500 meter, supaya dapat menghasilkan rasa yang berkualitas. Tanaman teh biasanya dibudidayakan di iklim tropis dan subtropis. Tahukah kamu, tanaman teh yang tidak dipangkas akan bertumbuh tinggi hingga menjadi pohon, lo.

Namun, jika tujuan penanamannya untuk budidaya, maka harus dipangkas sehingga lebih mudah memetik daunnya. Perkebunan Teh di Indonesia Di Indonesia, terdapat banyak perkebunan teh yang dibudidayakan untuk kebutuhan masyarakat. Bahkan beberapa di antaranya juga dikunjungi untuk dinikmati keindahannya. Berikut perkebunan teh yang ada di Indonesia.

10 Jenis Tanaman Dataran Tinggi yang Bisa Dibudidayakan di Rumah

– Kebun Teh Wonosari, Malang, Jawa Timur – Kebun Teh Ciater, Subang – Kebun Teh Kertowono, Lumajang, Jawa Timur Baca Juga: Mengapa Melakukan Kewajiban untuk Merawat Tanaman Itu Penting? Materi Kelas 4 SD Tema 3 – Kebun Teh Kaligua, Brebes, Jawa Tengah – Kebun Teh Bahbutong, Simalungun, Sumatera Utara – Kebun Teh Malino, Gowa, Sulawesi Selatan – Kebun Teh Gunung Mas, Bogor, Jawa Barat Nah, itulah penjelasan mengenai lingkungan yang baik untuk pertumbuhan tanaman teh dan contoh kebun teh di Indonesia.

Bagaimana ciri ciri tumbuhan di dataran tinggi?

Jawaban: Ciri khusus tumbuhan yang hidup di dataran tinggi adalah.,C. bentuk daun seperti jarum, pohonnya bungkuk, dan berbentuk keset. Pembahasan: Anatomi atau bentuk dari tumbuhan sangat bergantung pada tempat hidup atau habitatnya. Kondisi seperti ketinggian habitat, curah hujan dan suhu dan mempengaruhi bentuk batang dan daun dari tanaman tersebut.

  • Pohon pada pegunungan tinggi memiliki bentuk batang bungkuk, karena topologi atau bentuk permukaan tanah yang tidak merata, sehingga tanaman tumbuh menjadi mebelok.
  • Pada tanaman yang berada di pegunungan, bentuk daunnya berbentuk jarum.
  • Bentuk ini berguna untuk menahan suhu dingin dan mengurangi hilangnya panas.

Umumnya daun ini juga dilapisi dengan lapisan lilin untuk mengurangi penguapan. Bentuk daun jarum juga membuat daun ini tidak mudah rontok pada saat berhembus angin kencang. Selain itu tanaman di pegunungan tinggi juga memiliki adaptasi berupa akar yang kuat dan dalam.

  1. Adaptasi bentuk akar ini digunakan agar tanaman di pegunungan bisa menahan arus air dan angin yang kencang, dan digunakan untuk menyerap unsur hara yang lebih sedikit di wilayah pegunungan yang berbatu-baru, bila dibandingkan dengan dataran rendah.
  2. Contoh tanaman yang berasal dari pegunungan dengan ciri seperti di atas adalah tanaman konifer, seperti pinus dan cemara.

Kelas : IX Mata Pelajaran : Biologi Materi : Adaptasi Hidup Organisme Kata Kunci : Tanaman yang hidup pada pegunungan

Tanaman apa saja yang cocok untuk ditanami di daerah pegunungan?

Daerah pegunungan dan perbukitan merupakan merupakan daerah yang mungkin saja terletak di iklim sedang, lembab dan dingin. Maka jenis tanaman yang cocok untuk ditanam adalah kopi, teh, karet sayuran dan pinus. Berikut adalah penjelasannya. Tanaman merupakan organisme yang segaja ditanam di suatu ruang untuk dipanen ketika sudah mencapai tahap pertumbuhan tertentu.

Related Post