Bagaimana Cara Menjaga Kebersihan Makanan Ketika Memasak?

Bagaimana Cara Menjaga Kebersihan Makanan Ketika Memasak
1. Cuci tangan dengan sabun – Sebelum Anda menyentuh makanan atau bahan makanan, Anda perlu mencuci tangan dengan sabun, terutama setelah menyentuh makanan mentah, tempat sampah, hewan peliharaan, dan pergi ke toilet, Hal tersebut penting dilakukan untuk memastikan bahwa tangan Anda bebas dari kuman sebelum memasak atau makan.

Bakteri berbahaya bisa menyebar dengan sangat mudah dari tangan ke makanan dan peralatan masak. Selain cuci tangan untuk menjamin kebersihan tangan, Anda bisa menggunakan sarung tangan plastik saat memasak. Terutama kalau Anda sedang sakit flu atau diare. Saat Anda bersin atau batuk tiba-tiba saat memasak, Anda perlu menutup mulut dan hidung Anda.

Jika Anda menutupnya dengan tangan, Anda perlu mencuci tangan Anda kembali dengan sabun. Jika Anda memang sedang flu, Anda perlu memakai masker saat memasak untuk menghindari penyebaran virus penyebab batuk dan pilek pada makanan yang Anda siapkan.

Mengapa kebersihan makanan harus terjaga?

Kebersihan Alat Makan – Makanan, alat-alat makan dan peralatan memasak harus selalu dalam keadaan bersih, makanan harus disimpan di tempat tertutup. Penting untuk diperhatikan dalam hal mencuci alat alat makan, cara menyimpan, dan menggunakannya dengan mempertimbangkan kemungkinan terkontaminasi oleh kuman yang dapat menyebakan dan menimbulkan penyakit terutama bagi anak balita.

Demikian halnya juga, jika membeli jajanan atau membeli makanan diluar rumah; baik itu makan ditempat maupun dikemas dan dibawa ke rumah, penting untuk memperhatikan perihal kebersihan, kebersihan makanannya, bahan makanannya, perlatan makan, kemasan, dll. Jika sudah terkena penyakit maka akan merepotkan semua pihak, khawatir, dan tentu akan membutuhkan tenaga, pikiran dan biaya.

You might be interested:  Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Bahan Pangan Hasil Samping Sayuran?

Kuman pada makanan dapat tertelan dan menyebabkan penyakit. Agar terhindar dari kuman penyebab sejumlah penyakit, maka :

  • Peralatan makan/ minum harus selalu bersih.
  • Pisau, peralatan masak, panci, cangkir, gelas, sendok dan piring harus bersih dan disimpan tertutup.
  • Kain lap/serbet untuk membersihkan piring dan panci harus dicuci setiap hari dan dijemur di panas matahari. Piring dan berbagai peralatan harus segera dicuci setelah makan dan dikeringkan di atas rak.
  • Makanan harus disimpan di tempat yang tertutup untuk menghindari binatang, serangga, dan debu.
  • Jangan gunakan botol susu dan dot karena dapat menjadi tempat tinggal kuman penyebab diare. Berilah anak ASI, atau makanan dengan gelas yang bersih.

Apa itu kebersihan makanan?

Sanitasi makanan merupakan kebersihan dan kesehatan makanan yang menitikberatkan pada lingkungan makanann yang diolah yang meliputi kualitas bahan maknan,penerimaan dan penyimpannan, teknik pengolahan makanan dan personal hygiene sanitasi makanan meliputi usaha yang ditujukan kepada kebersihan dan kemurnian makannan

Sebutkan hal apa saja yang perlu dilakukan dalam tahap persiapan sebelum memasak?

Mengecek bahan yang dimiliki dan menuliskan bahan yang kurang. Membeli bahan sesuai kebutuhan dan memilih bahan yang segar dan berkualitas. Melakukan tinjauan terhadap resep. Membuat rencana tindakan dan memungkinkan cukup waktu untuk setiap langkah. Memulai penataan ruang kerja dapur.

Jelaskan apa yang harus dilakukan untuk mencegah agar makanan tidak rusak oleh bakteri?

1. Sebelum memasak makanan, pastikan tangan bersih setiap kali hendak memegang makanan.2. Jagalah alat masak dan lingkungan memasak dengan baik sehingga bersih.3. Jangan gunakan jari atau telapak tangan untuk mencicipi makanan.4. Agar makanan tahan lama, kita dapat memasukkan makanan ke kulkas. Saat hendak dimakan, makanan dapat dihangatkan.

Mengapa setelah dimasak makanan perlu ditutup?

Jawaban: Agar tidak di hinggapi lalat Penjelasan: Ketika makanan tidak ditutup, apalagi dalam waktu yang lama, udara bisa membawa berbagai bahaya pada makanan, mulai dari bakteri, virus, lalat ataupun debu. ○ Semoga membantu ^_^ ○ □ Maaf kalau salah ya □ ○ follow ya kak ○ □ Jadikan jawaban tercerdas ya kak □ # BRAINLY # SEMANGAT BELAJAR

You might be interested:  Sayuran Yang Mengandung Pigmen Alfa Dan Beta Karoten?

Kenapa kita harus menjaga sanitasi dalam memasak?

Bagaimana Cara Menjaga Kebersihan Makanan Ketika Memasak Hygiene dan sanitasi tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain karena erat kaitannya. Hygiene adalah upaya kesehatan dengan cara memelihara dan melindungi kebersihan subyeknya seperti mencuci tangan dengan air bersih dan sabun untuk melindungi kebersihan tangan, mencuci piring untuk kebersihan piring, membuang bagian makanan yang rusak untuk melindungi keutuhan makanan secara keseluruhan.

  • Sedangkan sanitasi adalah upaya kesehatan dengan cara memelihara dan melindungi kebersihan lingkungan dari subyeknya, misal menyediakan air bersih untuk keperluan mencuci tangan atau menyediakan tempat sampah untuk mewadahi sampah.
  • Sanitasi juga memiliki beberapa tujuan lain yaitu memperbaiki, mempertahankan serta mengembalikan kesehatan pada manusia, memaksimalkan efisiensi produksi serta menghasilkan produk-produk yang sehat dan aman dari berbagai pengaruh yang bisa menyebabkan penyakit pada manusia.

Begitu pula dengan makanan yang harus bersih dan pengolahannya juga tepat. Dalam pengelolaan makanan, ada 6 prinsip yang harus diperhatikan yaitu keadaan bahan makanan, cara penyimpanan bahan makanan, proses pengolahan, cara pengangkutan makanan yang telah dimasak, cara penyimpanan makanan masak dan cara penyajian makanan masak.

  • Peralatan makanan dan minuman dapat dipergunakan seperti piring, gelas, mangkuk, sendok atau garpu juga harus dalam keadaan bersih.
  • Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah bentuk peralatan utuh, tidak rusak, cacat, retak atau berlekuk-lekuk tidak rata, peralatan yang sudah bersih dilarang dipegang di bagian tempat makanan, minuman atau menempel di mulut karena akan terjadi pencemaran mikroba melalui jari tangan.

Selain itu, peralatan yang sudah retak, gompel atau pecah selain dapat menimbulkan kecelakaan (melukai tangan) juga menjadi sumber pengumpulan kotoran karena tidak akan dicuci sempurna dan kita tidak diperbolehkan menggunakan kembali peralatan yang dirancang hanya untuk sekali pakai.

You might be interested:  Tanaman Sayuran Yang Biasa Dibudidayakan Secara Vertikultur Adalah?

Bagaimana upaya menjaga kebersihan dan kesehatan diri agar terhindar dari pengaruh bakteri patogen?

Bakteri patogen adalah bakteri yang dapat menimbulkan penyakit pada makhluk hidup lain. Bakteri patogen tidak akan menyerang tubuh apabila tubuh bersih sehingga infeksi bakteri patogen dapat dicegah dengan membersihkan tubuh. Salah satu cara membersihkan tubuh yang optimal adalah dengan cara mandi/cuci dengan menggunakan sabun.

  1. Sabun akan menghancurkan membran sel bakteri sehingga akan mati.
  2. Selain itu, imun tubuh kita harus sehat dengan cara memakan makanan yang bergizi dan olahraga.
  3. Bakteri patogen adalah bakteri yang dapat menimbulkan penyakit pada makhluk hidup lain.
  4. Bakteri patogen tidak akan menyerang tubuh apabila tubuh bersih sehingga infeksi bakteri patogen dapat dicegah dengan membersihkan tubuh.

Salah satu cara membersihkan tubuh yang optimal adalah dengan cara mandi/cuci dengan menggunakan sabun. Sabun akan menghancurkan membran sel bakteri sehingga akan mati. Selain itu, imun tubuh kita harus sehat dengan cara memakan makanan yang bergizi dan olahraga.

Sebutkan apa saja hygiene dan sanitasi di dapur?

2.6 Dapur Yang Memenuhi Syarat Kesehatan Adalah Sebagai Berikut : – 1. Selalu dalam keadaan bersih.2. Mempunyai cukup persediaan air bersih untuk mencuci bahan makanan 3. Mempunyai tempat sampah.4. Alat-alat dapur selalu dalam keadaan bersih 5. Mempunyai ventilasi yang cukup guna memasukkan udara segar serta mengeluarkan asap dan bau yang kurang sedap.6.

Apa yang terjadi jika kebersihan area dapur tidak terjaga?

Salah satu cara untuk menciptakan dapur bebas bakteri adalah dengan menjaga kebersihannya. Hal ini penting dilakukan karena dapur merupakan tempat menyimpan dan menyiapkan makanan. Jika kebersihannya tidak terjaga, dapur bisa menjadi sumber penyakit. Bukan hanya toilet, dapur juga bisa menjadi tempat berkumpulnya kuman. Bagaimana Cara Menjaga Kebersihan Makanan Ketika Memasak Jika tidak dibersihkan secara teratur, dapur yang menjadi tempat menyiapkan makanan untuk keluarga bisa menjadi lokasi berkembangnya bakteri dan kuman lainnya

Related Post