Apa Yang Dimaksud Dengan Tahapan Budidaya Tanaman Sayuran?

Apa Yang Dimaksud Dengan Tahapan Budidaya Tanaman Sayuran
Tahap budidaya tanaman sayuran dan teknik budidaya ada enam tahap yaitu tahap pertama pembibitan. Tahap kedua yaitu pengolahan tanah atau mempersiapkan media tanam dan lahan. Tahap ketiga adalah penanaman, tahap keempat adalah pemeliharaan.

Apa yang dimaksud dengan budidaya tanaman?

Budidaya tanaman pangan merupakan suatu kegiatan menanam tanaman yang menjadi sumber karbohidrat utama dan protein pada lahan, kemudian dapat dikonsumsi sendiri atau dijual kembali sebagai sumber penghasilan bagi petani. Pada budidaya tanaman pangan ini memiliki berbagai macam tanaman, yaitu padi, jagung, kedelai, kacang dan tanaman pangan lainnya.1.

  1. Padi Budidaya tanaman pangan ini dimulai dari pemilihan bibit varietas unggul, benih yang digunakan biasanya memilki sertifikat dan bermutu.
  2. Emudian benih akan diseleksi sebelum proses penyemaian agar benih memiliki kondisi yang baik dan bebas dari penyakit bawaan.
  3. Setelah itu dilakukan proses penyiapan lahan dengan cara mengolah lahan yang akan ditanami padi.

Pengolahan tanah disesuaikan dengan kondisi tanah dan ketersediaan air. Pengolahan tanah bertujuan untuk :

    Meratakan tanah untuk digenangi; Menekan pertumbuhan gulma yang dapat menggangu pertumbuhan tanaman padi Membenamkan dan menghancurkan jerami, gulma, dan bahan organik lain Pengolahan tanah telah menggunakan traktor dilakukan dengan 1 kali pembajakan dan satu kali perataan.

Proses selanjutnya yaitu persemaian, dalam hal ini tanaman harus dalam keadaan sehat bebas hama penyakit. Persemaian sebaiknya tidak terlalu rapat, dengan luasan 5% dari luasan lahan benih yang digunakan 25 kg/Ha. Pindah tanam dari persemaian ke lahan sebaiknya dilakukan pada saat tanaman masih muda kurang dari 20 hari, ini penting supaya tanaman lebih cepat beradaptasi, pertumbuhan akar dan tunas dapat optimal sehingga tanaman lebih sehat.2.

Jagung Budidaya tanaman jagung membutuhkan tanah dengan aerasi dan ketersediaan air dalam kondisi bagus. Tanaman jagung biasanya ditanam pada awal musim penghujan (labuhan), marengan dan musim kemarau. Jenis tanaman jagung yang ditanam oleh petani sebagian besar (98%) menanam jenis jagung hibrida dengan alasan kualitas benih bagus, produktivitas jagung hibrida tinggi dan benih mudah didapat.

Teknik penanaman jagung varietas ini pada dasarnya sama dengan teknik penanaman jagung secara umumnya. Pembuatan parit untuk pengolahan jagung diperlukan agar pengairan air dapat terjaga secara optimal. Kemudian sisa-sisa tanaman dan tumbuhan pengganggu dibersihkan.

You might be interested:  Apa Peranan Bakteri Bagi Tanaman Polong-Polongan Atau Kacang-Kacangan?

Jelaskan apa yang dimaksud dengan tanaman sayuran?

3] Sayuran merupakan tanaman /bagian tanaman yang bersifat succulen dan dapat dimakan, bukan berupa biji yang masak dan bukan merupakan bahan makanan pokok tetapi biasanya dimakan bersama makanan pokok.

Apakah tujuan pembudidayaan tanaman?

Tujuan Budidaya – Berdasarkan penjelasan tentang budidaya diatas, maka tujuan budidaya adalah untuk membuka lapangan kerja yang luas, memperoleh penghasilan sendiri, mengembangkan potensi tanaman hias dan makanan lain, agar para konsumen lebih mengenal tanaman hias dan tanaman pangan dari berbagai daerah, agar mampu melakukan bisnis dengan baik, menjadi sumber penghasilan, dan melakukan kegiatan tanaman hias.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan budidaya brainly?

Jawaban: budi daya merupakan kegiatan terencana pemeliharaan sumber daya hayati yang dilakukan pada suatu areal lahan untuk diambil manfaat/hasil panennya., Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, budi daya adalah “usaha yg bermanfaat dan memberi hasil”. Maaf klo salah, smoga membantu

Apa manfaat dari budidaya tanaman sayuran?

4. Membuat Lingkungan Rumah Lebih Sehat – Tumbuhan memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Hal tersebut karena tumbuhan mampu memberikan oksigen dan mengurangi karbon dioksida di lingkungan rumah. Sayuran di halaman juga membantu menyaring udara yang kamu hirup dan membuat lingkungan rumah lebih sehat.

Related Post