Zat Gizi Makro Yang Banyak Terdapat Pada Kacang-Kacangan Adalah?

Zat Gizi Makro Yang Banyak Terdapat Pada Kacang-Kacangan Adalah
Qamarina Yasmin 2001602625 Zat Gizi Makro Yang Banyak Terdapat Pada Kacang-Kacangan Adalah Kacang-kacangan telah lama dikenal sebagai sumber protein yang saling melengkapi dengan biji-bijian, seperti beras dan gandum. Komoditi ini juga ternyata potensial sebagai sumber zat gizi lain selain protein, yaitu mineral, vitamin B, karbohidrat kompleks dan serat makanan.

  • Selain diolah secara tradisional dengan direbus, dikukus, dan disayur, sebenarnya potensi penggunaan kacang-kacangan sangat luas, termasuk juga untuk menghasilkan produk baru.
  • Misalnya sebagai bahan baku tepung campuran ( flour mix ) yang dapat digunakan dalam pembuatan berbagai produk pangan, termasuk makanan bayi.

Di Indonesia, terdapat berbagai jenis kacang-kacangan dengan beragam warna, bentuk, ukuran dan varietas, yang potensial untuk menambah zat gizi dalam diet atau menu sehari-hari. Jenis yang mendominasi pasar adalah kacang kedelai, yang sebagian besar masih diimpor.

Sebenarnya telah banyak usaha yang dilakukan untuk mengangkat kacang-kacangan lokal Indonesia, seperti kacang kecipir, kacang tunggak (kacang tolo) kacang jogo dan koro-koroan. Selain itu, LIPI dan Pemda NTT, pada tahun 2004 pernah bekerjasama untuk mengambangkan kecap dengan menggunakan kacang turis (Cajanus cajan) Dibandingkan dengan makanan berserat yang dewasa ini tersedia dalam bentuk makanan suplemen dengan berbagai merek dagang, sebenarnya kacang-kacangan juga dapat dijadikan sumber serat yang tidak kalah mutunya.

Selain itu, jika dibandingkan dengan serat makanan dalam buah-buahan dan sayuran yang dikenal dapat mencegah timbulnya kanker, mutu serat makanan dalam kacang-kacangan juga tidak kalah. Bahkan kacang-kacangan mempunyai keistimewaan lain, yaitu berharga murah, berprotein tinggi, serta mempunyai kandungan lemak yang pada umumnya baik untuk kesehatan dan mengandung berbagai mineral dalam jumlah cukup banyak.

Adanya krisis kedelai yang melanda Indonesia juga menuntut perlu adanya segera upaya atau tindakan nyata untuk mengatasi hal tersebut. Kedelai yang semula berstatus sebagai makanan rakyat kini harganya melambung tinggi, mencapai dan sudah Rp 8.200 per kg (Anonim, 2008b). Berdasarkan hal tersebut, penelitian mengenai berbagai manfaat dari kacang-kacangan sebaiknya segera dilakukan.

Selain dalam jangka pendek akan sangat bermanfaat dalam mengatasi krisis kedelai yang saat ini tengah melanda Indonesia, maka dalam jangka panjang diharapkan akan dapat menghasilkan berbagai bahan pangan alternatif yang berasal dari kacang-kacangan yang mempunyai potensi besar sebagai bahan pangan bergizi tinggi. Kacang-kacangan dikonsumsi dalam jumlah besar di seluruh dunia. Masyarakat Afrika, India, Amerika Tengah dan Selatan mengkonsumsi 50 sampai 150 gram kacang-kacangan per hari.

Kacang-kacangan mengandung zat gizi apa saja?

7. Kacang merah – Kacang merah sering digunakan untuk bahan pembuatan makanan seperti sup maupun sebagai pelengkap pada hidangan penutup. Kacang ini mengandung beragam nutrisi, seperti protein, serat, vitamin C, vitamin B, folat, serta mineral seperti kalium, magnesium, kalsium, fosfor, zat besi, dan zinc.

Apa saja yang termasuk zat gizi makro?

Zat gizi makro terdiri atas karbohidrat, lemak, dan protein.

Nutrisi apa yang paling banyak terkandung pada tanaman kacang?

Bahan pangan ini kaya lemak menyehatkan, serat, dan protein. Kacang -kacangan juga mengandung vitamin dan mineral, khususnya vitamin E.

Kalsium termasuk dalam zat gizi apa?

Kalsium merupakan zat gizi mikro yang dibutuhkan oleh tubuh dan mineral yang paling banyak terdapat dalam tubuh, yaitu 1,5 – 2% dari berat badan orang dewasa atau kurang lebih sebanyak 1 kg (Almatsier, 2001).

Apakah kacang kacangan mengandung karbohidrat?

Kacang-Kacangan –

Kacang-kacangan juga termasuk makanan dengan karbohidrat tinggi meskipun juga kaya akan kandungan protein dan serat. Cobalah untuk mengonsumsi secukupnya saat kamu sedang menerapkan diet rendah karbohidrat, terutama pada buncis dan lentil yang dipercaya kandungan karbonya tinggi. Protein sehari-hari dapat ditambah dari konsumsi daging, telur, dan ikan.

    Apa yang dimaksud dengan zat gizi makro dan mikro?

    Sebagaimana namanya, zat gizi makro adalah zat gizi yang diperlukan tubuh dengan jumlah besar ( makro ), yaitu dalam satuan gram/orang/hari, sedangkan zat gizi mikro adalah zat gizi yang diperlukan dalam jumlah kecil yaitu dalam satuan miligram atau bahkan mikrogram/orang/hari.

    Apakah air termasuk zat gizi makro?

    Air merupakan komponen utama dari tubuh yaitu sekitar duapertiga ukuran tubuh, yang tersebar di seluruh jaringan sebagai cairan intrasel maupun ekstrasel. Manusia lebih tahan terhadap rasa lapar dibandingkan rasa haus, karena air juga dikenal sebagai anti haus yang merupakan zat gizi.

    • Air berperan penting dalam kehidupan, bahkan semua sistem organ bergantung padanya seperti darah, enzim, hormon, cairan plasma serta cairan sel.
    • Selain itu air mempunyai peran dalam proses pelarutan,pencernaan, penyerapan zat gizi, pembuangan sisa serta pengaturan keseimbangan mineral, elektrolit, asam basa dan suhu tubuh.

    Itulah sebabnya air penting bagi tubuh untuk hidup sehat. Air dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang paling banyak dibandingkan kebutuhan zat gizi lainnya, sehingga air dikategorikan sebagai zat gizi makro bersama karbohidrat, lemak, dan protein. Air juga diperlukan dalam jumlah besar, yaitu sekitar 2.000 ml/hari bagi orang dewasa.

    1. Oleh karena itu, kita tidak boleh kekurangan air atau dehidrasi.
    2. Arenanya jelas manusia harus minum air sepanjang hari untuk memenuhi kebutuhan hariannya, dan sudah sepantasnya komponen air ada dalam piramida makanan.
    3. Penelitian membuktikan bahwa dehidrasi 2% saja sudah akan menurunkan konsentrasi dan daya ingat seseorang.

    Bila pada anak-anak akan berdampak buruk pada kecerdasan dan pendidikan anak. AIR SEBAGAI ZAT GIZI ESENSIAL Air tidak dapat diproduksi oleh tubuh, karena itu air disebut sebagai zat gizi esensial. Air sesungguhnya juga merupakan zat gizi, karena memenuhi persyaratan sebagai zat gizi yaitu zat yang diperlukan tubuh terutama untuk mengatur proses kehidupan.

    Pemenuhan kebutuhan air bagi tubuh manusia pada umumnya berasal dari minuman, sebagian lagi berasal dari makanan dan dari air hasil metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein di dalam tubuh dalam jumlah yang sedikit. FAKTOR YANG MENENTUKAN KEBUTUHAN AIR Terdapat banyak faktor yang menentukan kebutuhan air seperti suhu lingkungan, tingkat aktivitas fisik, kucuran keringat, umur dan jenis kelamin.

    Anjuran asupan air secara umum bagi remaja dan dewasa adalah 2.000 ml/hari. Anjuran ini perlu disesuaikan dengan tingkat aktivitas dan pengeluaran keringat mengingat hal itu menyebabkan variasi kebutuhan air. Orang-orang yang aktivitas berat dan mengeluarkan keringat bercucuran misalnya, membutuhkan air hingga 2-3 kali lipat, yaitu 4-6 liter per hari.

    1. Tetapi orang lanjut usia (lansia) perlu membatasi konsumsi air karena kebutuhannya cukup hanya 1,5 liter sehari.
    2. DAMPAK KEKURANGAN DAN KELEBIHAN AIR Berbagai penelitian menunjukkan bahwa kurang air akan berdampak pada kesehatan yaitu gangguan mood (sekitar 1%), menurunkan kemapuan fisik (2%), psikomotor dan pada wanita mengalami kelelahan.

    Oleh karena itu, dibutuhkan jumlah air yang optimal untuk berfungsi dalam tubuh, karena kekurangan dan kelebihan air tidak memberikan dampak yang baik bagi tubuh. Apabila tubuh kekurangan air akan berakibat hipovalemia dan dehidrasi, Hipovalemia adalah kondisi terjadi pengurangan volume cairan ekstrasel, keadaan ini terjadi bila keluaran airnya adalah cairan yang isotonik (air dan natrium keluar dalam jumlah yang sebanding sehingga osmolalitas plasma tidak berubah atau kadar natrium plasma tetap normal) biasanya terjadi pada perdarahan dan diare.

    Apakah kacang tinggi protein?

    Kacang-kacangan merupakan salah satu makanan yang mengandung nutrisi dan cocok dijadikan camilan sehat, Kacang merupakan sumber protein nabati, serta mengandung lemak dan serat yang baik bagi tubuh. Selain itu kacang juga diperkaya dengan omega-3, omega-6, magnesium dan vitamin E, yang dipercaya bisa meningkatkan imun tubuh.

    Dilansir dari H ellosehat, berikut 5 jenis kacang protein tinggi yang bisa jadi cemilan sehat dan bermanfaat bagi tubuh.1. Kacang Almond Salah satu kacang dengan protein tinggi adalah kacang almond. Selain memiliki kandungan protein yang tinggi, kulit almond juga mengandung banyak antioksidan. Sehingga, untuk konsumsi almond sangat disarankan untuk dimakan bersama kulitnya.

    Kandungan nutrisi pada almond dipercaya dapat melindungi tubuh dari radikal bebas, mencegah penuaan serta mengurangi risiko penyakit jantung.2. Kenari Kenari juga termasuk salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi.

    • Secara khusus kenari mengandung lebih banyak asam lemak omega-3 dibandingkan jenis kacang lainnya.
    • Hal tersebut membuat kenari sangat cocok untuk dijadikan camilan sehat.
    • Selain itu kenari juga sering diolah menjadi bahan tambahan dessert,
    • Andungan asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang ada pada kenari dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

    Selain itu, antioksidan dan protein juga dipercaya bisa menjaga kesehatan jantung.3. Pistachio Konsumsi satu porsi kecil pistachio setara dengan protein satu buah telur. Selain protein, pistachio memiliki kandungan asam amino esensial yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis kacang lainnya.

    1. Perpaduan protein dan asam amino esensial yang cukup tinggi yang terdapat pada pistachio, dipercaya mampu menjaga kesehatan mata.
    2. Pistachio sering diolah menjadi aneka kue kering, dan bisa juga dijadikan sebagai campuran salad.4.
    3. Acang Mete Kacang mete merupakan salah satu jenis kacang yang populer di Indonesia.

    Selain mengandung protein, kacang mete juga mengandung banyak nutrisi penting lainnya yang bermanfaat bagi tubuh. Diperkaya dengan magnesium, mineral, dan beberapa vitamin lainnya, kacang mete dipercaya dapat membantu pembentukan sel darah merah serta menjaga kesehatan tulang.

    • Acang mete sering diolah dengan cara digoreng, dipanggang atau dijadikan topping campuran es krim.5.
    • Acang Pinus Kacang pinus adalah jenis kacang dari varietas pinus tertentu.
    • Selain memiliki rasa yang manis dan lembut seperti mentega, kacang pinus memiliki kandungan protein dan lemak yang cukup tinggi.

    Lemak yang berasal dari kacang pinus adalah lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Kacang pinus dapat diolah menjadi bubur, serta camilan sehat lainnya. Nah, itulah 5 jenis kacang dengan protein yang tinggi dan dapat dijadikan camilan sehat.

    Kacang dan biji mengandung vitamin apa?

    KOMPAS. com – Banyak makanan yang mengandung vitamin E untuk mencukupi kebutuhan harian tubuh akan nutrisi ini. Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah makanan yang mengandung vitamin E dalam jumlah tinggi di setiap porsinya. Mendapatkan cukup vitamin E sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh, kesehatan pembuluh darah, dan kesehatan kulit.

    Minyak kelapa dan kacang-kacangan mengandung zat gizi apa?

    Minyak kelapa mengandug zat gizi lemak dan protein. Minyak kelapa merupakan asam lemak tak jenuh (tidak dibentuk di tubuh) dan berasal dari lemak nabati/tumbuhan. Kacang – kacangan juga mengadung vitamin B1, B6, biotin, dan vitamin E. Selain itu, mengandung mineral seperti fosfor, sulfur, zat besi, dan tembaga.

    Apa itu mineral makro?

    Zat Gizi Makro Yang Banyak Terdapat Pada Kacang-Kacangan Adalah 2021-02-12 05:36:44 Tubuh tidak hanya membutuhkan protein, karbohidrat, dan lemak untuk bisa berfungsi secara optimal. Asupan macam-macam mineral yang memadai juga penting untuk menjaga fungsi tulang, otot, jantung dan otak kita. Apa sajakah jenis mineral itu dan bagaimana mendapatkannya? Secara garis besar, mineral yang dibutuhkan tubuh terbagi menjadi dua jenis, yaitu makro mineral dan mikro mineral.

    Makro mineral merupakan jenis mineral yang diperlukan tubuh dalam jumlah besar, sedangkan mikro mineral merupakan jenis mineral yang diperlukan tubuh dalam jumlah sedikit. Jenis-Jenis Makro Mineral Beberapa jenis mineral yang termasuk ke dalam kelompok makro mineral adalah: 1. Fosfor Fosfor merupakan satu dari empat jenis makro mineral.

    Dalam tubuh, zat ini memiliki fungsi penting sebagai komponen pembentuk enzim dan sel. Selain itu, mineral ini juga berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan mengoptimalkan metabolisme tubuh. Idealnya, tubuh membutuhkan asupan fosfor tidak kurang dari 700 mg per hari.

    eberapa makanan yang menjadi sumber fosfor di antaranya daging ayam, ikan, dan sapi.2. Kalsium Kalsium merupakan mineral yang memiliki banyak peranan penting dalam kesehatan tubuh. Selain menjaga kepadatan tulang, kalsium juga berperan dalam pembekuan darah saat luka, mengaktifkan berbagai enzim penting dalam tubuh, dan bahkan dapat mencegah preeklampsia.

    Beberapa contoh makanan yang kaya akan kalsium adalah susu, yoghurt, keju, dan makanan laut. Umumnya, tubuh membutuhkan asupan kalsium sebanyak 1200 mg per hari. Kebutuhan ini bisa berbeda-beda sesuai usia atau kondisi kesehatan seseorang.3. Magnesium Mineral lain yang juga termasuk ke dalam jenis makro mineral adalah magnesium.

    Magnesium diperlukan dalam pengaturan tekanan darah, gula darah, dan kontraksi otot. Mineral ini juga berperan dalam menghantarkan sinyal pada saraf, mengaktifkan beberapa enzim dalam tubuh, serta menjaga keseimbangan elektrolit. Magnesium banyak terkandung dalam beberapa jenis makanan, seperti sayuran hijau, alpukat, kacang-kacangan, dan cokelat hitam.

    Dalam sehari, tubuh memerlukan 320-420 mg asupan magnesium.4. Natrium Mineral yang satu ini sangat populer di khalayak karena banyak terkandung dalam garam dan bahan penguat rasa. Walau sering dikaitkan dengan penyakit hipertensi dan dijadikan “musuh” bagi penderitanya, tubuh sebenarnya tetap membutuhkan asupan natrium untuk membantu menjaga keseimbangan kadar air dalam tubuh.

    Asupan natrium yang ideal dalam sehari adalah tidak lebih dari 1500 mg atau sekitar setengah sendok teh garam dapur. Jika kamu merasa kesulitan mengurangi garam dalam masakanmu, kamu bisa mencoba mengurangi konsumsi makanan instan seperti makanan kaleng atau saus-saus yang tinggi akan sodium. Jenis-Jenis Mikro Mineral Walaupun hanya dibutuhkan dalam jumlah sedikit, bukan berarti jenis mineral ini tidak penting.

    Mikro mineral juga memiliki macam-macam peranan dalam fungsi tubuh.

    Apa fungsi mineral makro?

    Kalium – Mineral makro selanjutnya adalah kalium atau potasium. Fungsi mineral ini yaitu menjaga kesehatan jantung, ginjal, saraf, mengatur keseimbangan cairan tubuh, serta berperan dalam kontraksi otot dan transmisi pesan antar sel saraf. Mums bisa mendapatkan manfaat kalium dari beberapa jenis makanan, seperti susu dan produk olahannya, pisang, kentang, daging, ubi, tomat, kacang merah, alpukat, kerang, ikan tuna, ikan salmon, dan ikan tenggiri.

    Apa saja yang termasuk dalam zat gizi?

    Halodoc, Jakarta – Mengonsumsi makanan bukan hanya soal memenuhi rasa lapar. Namun, kamu juga harus memperhatikan zat gizi yang ada di dalamnya. Untuk memperoleh gizi seimbang, diperlukan konsumsi dari berbagai kelompok makanan yang berbeda. Zat gizi yang dibutuhkan tubuh di antaranya adalah protein, karbohidrat, dan lemak.

    1. Zat-zat gizi tersebut diperlukan untuk membangun dan memperbaiki sel-sel tubuh, metabolisme, dan untuk mendapatkan energi.
    2. Bukan hanya ketiga zat gizi di atas, tubuh juga perlu mineral dan vitamin untuk pertumbuhan tulang, mengatur cairan (elektrolit) tubuh, membantu proses metabolisme, pembentukan sel-sel darah, dan membentuk hormon maupun enzim.

    Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan soal zat gizi yang dibutuhkan tubuh. Karbohidrat Gizi yang dibutuhkan tubuh ini memiliki dua macam jenis, yakni karbohidrat simpleks dan kompleks. Karbohidrat simpleks adalah karbohidrat yang cukup mudah diserap oleh tubuh dan bila glukosa yang terbentuk tidak segera digunakan, akan disimpan oleh tubuh dan menjadi lemak.

    Sementara, karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang diserap secara perlahan dan meningkatkan kadar glukosa di tubuh secara perlahan. Dianjurkan untuk lebih banyak mengonsumsi karbohidrat kompleks dibandingkan dengan karbohidrat simpleks. Protein Gizi yang dibutuhkan tubuh selanjutnya adalah protein.

    Makanan yang mengandung lebih banyak protein di antaranya susu, telur, keju, daging, biji-bijian yang masih berkulit ari, kacang tanah, dan kedelai. Susu dan sejenisnya menjadi sumber protein terbaik. Kedelai juga menjadi salah satu sumber protein yang perlu dikonsumsi.

    1. Selain itu, kedelai mengandung protein yang lengkap, kandungan proteinnya dua kali lebih banyak dibandingkan dengan protein yang dikandung oleh daging, dan lebih banyak empat kali daripada telur.
    2. Makan putih telur setiap hari juga dianjurkan, karena di dalam putih telur tidak mengandung kolesterol yang tinggi.

    Lemak Lemak selalu diidentikkan sebagai zat jahat dalam tubuh. Padahal, beberapa jenis lemak masuk ke dalam kategori gizi yang dibutuhkan tubuh. Lemak berguna untuk memproduksi energi dan pertumbuhan, baik badan maupun otak, serta memelihara pergantian jaringan.

    Lemak dibagi menjadi 3 golongan, yakni asam lemak jenuh, asam lemak tak jenuh tunggal, dan asam lemak tak jenuh ganda. Mengurangi konsumsi lemak tak jenuh dalam porsi makanan membantu meningkatkan kesehatan Anda. Beberapa asam lemak jenuh (lemak jahat) yang harus dihindari adalah lemak dari daging berkaki empat seperti domba, kambing, sapi, dan babi.

    Selain itu, lemak trans seperti margarin, biskuit, dan krim juga termasuk dalam lemak jahat. Sementara itu, lemak yang sebaiknya kamu peroleh yakni minyak dari biji bunga merah, minyak dari biji bunga matahari, minyak jagung, minyak kacang kedelai, dan minyak kacang tanah Memenuhi Gizi Seimbang dengan Panduan Piring Makan Pada umumnya, untuk menggambarkan pola makan gizi seimbang menggunakan piramida.

    Apa yang dimaksud dengan makronutrien sebutkan contoh dan fungsinya masing masing?

    Bila didefinisikan, arti makronutrien adalah segala nutrisi yang kamu butuhkan dalam jumlah banyak, terutama untuk menghasilkan energi. Zat-zat yang termasuk makronutrien contohnya adalah lemak, karbohidrat, dan protein.

    Apa yang dimaksud dengan zat gizi mikro?

    Ilustrasi sumber zat gizi. Foto: pixabay Ilmu gizi adalah ilmu yang mempelajari zat pangan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kelangsungan hidup manusia. Berdasarkan kebutuhannya zat gizi dibagi menjadi dua jenis, yaitu zat gizi makro dan mikro. Zat gizi makro adalah zat yang diperlukan tubuh dengan jumlah besar, yaitu dalam satuan gram/orang/hari.

    1. Sedangkan zat gizi mikro adalah zat gizi yang diperlukan dalam jumlah kecil, yaitu dalam satuan miligram/orang/hari.
    2. Meskipun dibutuhkan dalam jumlah kecil, fungsi zat mikro tidak bisa kita abaikan.
    3. Sekecil apapun jumlahnya, akan tetap menimbulkan masalah serius jika kita tidak mengonsumsinya secara cukup.

    Zat gizi makro terdiri atas karbohidrat, lemak, dan protein, Untuk mengetahui informasi lengkapnya, simaklah penjelasan berikut. Karbohidrat merupakan zat gizi yang cepat menyuplai energi sebagai bahan bakar untuk tubuh. Karbohidrat sendiri dikelompokkan ke dalam tiga jenis, yaitu monosakarida, oligosakarida, dan polisakarida.

    Fungsi karbohidrat bagi tubuh di antaranya sebagai sumber energi, pemberi rasa manis, mengatur metabolisme tubuh, penghemat fungsi protein, dan dapat membantu pengeluaran feses. Adapun makanan yang merupakan sumber karbohidrat adalah serealia, umbi-umbian, sayuran, dan buah-buahan. Ilustrasi sumber zat gizi.

    Foto: pixabay Protein berasal dari bahasa Yunani Proteos yang artinya “utama”, Protein merupakan salah satu zat yang paling penting dalam setiap organisme. Bahkan keberadaannya mengisi 17% komponen penyusun tubuh, terbesar kedua setelah air. Protein memiliki peran penting sebagai komponen fungsional dan struktural pada semua sel tubuh.

    Selain itu, protein juga memiliki fungsi khas sebagai zat pembangun dan pemelihara sel-sel jaringan tubuh. Fungsi lain dari protein di antaranya zat pembangun untuk pertumbuhan dan pemeliharaan, berperan dalam sekresi tubuh, mengatur keseimbangan air, mengatur netralitas jaringan tubuh, dan membantu pembentukan antibodi.

    Adapun makanan yang merupakan sumber protein adalah telur, ikan, daging, dan kacang-kacangan atau biji-bijian. Lemak atau lipid adalah zat gizi yang juga menghasilkan energi untuk tubuh. Lemak banyak ditemukan pada sumber hewani dan nabati. Fungsi lemak adalah sebagai sumber energi, pembawa vitamin larut lemak, sumber asam lemak esensial, sebagai pelindung bagian tubuh, memberi rasa kenyang, penghemat protein, dan memelihara suhu tubuh.

    • Lemak juga dipercaya mampu menjadi zat anti peradangan dan dapat menurunkan risiko penyakit kanker.
    • Adapun sumber lemak nabati dan hewani dapat ditemukan di alpukat, kacang-kacangan, ikan, telur, dan masih banyak lagi.
    • Ilustrasi sumber zat gizi.
    • Foto: pixabay Zat gizi mikro adalah zat yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil.

    Yang termasuk dalam zat gizi mikro adalah vitamin dan mineral. Agar lebih memahaminya, simaklah penjelasan berikut. Berdasarkan sifatnya vitamin dibedakan menjadi dua jenis, yaitu vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin larut air terdiri dari vitamin B dan vitamin C, sedangkan vitamin larut lemak terdiri dari vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K.

Related Post