Sebutkan 6 Jenis Sayuran Yang Dapat Dimakan Berdasarkan Bagian Daunnya?

Sebutkan 6 Jenis Sayuran Yang Dapat Dimakan Berdasarkan Bagian Daunnya
Post Views : 103,719 9 Jenis Sayuran Berdasarkan Bagian yang Bisa Dimakan – Halo sobat BT, kali ini kita akan membahas tentang salah satu jenis komoditas hortikultura yang selalu menjadi teman setia kita saat makan. Yap, sayuran! Kita akan bahas sayuran lebih tepatnya tentang 9 jenis sayuran berdasarkan bagian yang bisa dimakan.

  • Buy T3 Cytolmel Bodybuilding Steroids – Let’s Support Aguascalientes testosterone undecanoate for sale oxymetholone bodybuilding steroids.
  • Sebelum kita bahas jenis-jenisnya, terlebih dulu kita bahas arti sayuran.
  • Biar kita tau bedanya antara sayuran dengan tanaman horti lain yakni tanaman buah-buahan dan tanaman hias.

Sekaligus biar kita ntar bisa jelasin pas adik kita nanya, “tomat itu buah atau sayur sih?”, “Buah atau sayur ya?” Pasti kebanyakan anda menjawab tomat ya buah, bukankah kita sendiri sering mendengar istilah “buah tomat, jus buah tomat dll”, kan tomat bentuknya kayak buah, munculnya aja setelah pembungaan. Ilustrasi Gambar Jenis Sayuran Berdasarkan Bagian yang Bisa Dimakan Sayuran umumnya diolah menjadi tumis, sayur bening, sayur lodeh, atau lalapan yang sering kita jumpai saat kita makan di luar (beli di warung maksutnya). Nah, sayuran berdasarkan bagian yang bisa dimakan di kelompokkan menjadi 9 jenis antara lain : sayuran daun, tangkai daun, umbi, umbi lapis, batang, akar, bunga, buah ataupun biji.

  • Lebih lengkapnya simak uraian berikut ini : 1.
  • Daun Sayuran daun merupakan jenis sayuran dari daun yang biasa dikonsumsi baik itu segar atau dimasak terlebih dahulu.
  • Contohnya selada ( lettuce ), kubis (cabbage), daun singkong (cassava leaves), bayam (spinach), kangkung (kale), sawi/pakcoy (mustard), bawang (spring onion).2.

Tangkai daun Kelompok sayuran tangkai daun tentu saja yang dikonsumsi tangkai dan daunnya contohnya seledri (celery) dan kangkung (kale),3. Umbi lapis Jenis sayuran dari umbi lapis contohnya bawang-bawangan (bawang merah, bawang putih dan bombay).

Tanaman sayuran apa saja yang dimanfaatkan pada bagian daunnya?

Klasifikasi sayuran – Berdasarkan bagian tanaman yang dimakan: Berdasarkan perkembangbiakannya, organ tumbuhan dapat dibedakan menjadi dua bagian yaitu bagian vegetatif (daun, batang, akar) dan bagian generatif (buah, bunga, biji). Berikut ini klasifikasi sayuran berdasarkan bagian tanaman yang dapat dimakan: 1.

  • Sayuran daun ( leaf vegetables ) Sayuran daun merupakan jenis sayuran yang dapat dikonsumsi pada bagian daunnya.
  • Sayuran daun dengan kualitas bagus adalah jika bagian daunnya utuh, tidak berlubang dan tidak busuk, serta batang dan daun berwarna segar.
  • Contoh sayuran daun antara lain bayam, kangkung, sawi, kubis, daun kemangi, daun melinjo, daun singkong, pokcay, pohpohan dan lettuce/selada.

Baca juga: Siswa, Seperti Ini Proses Fotosintesis pada Tumbuhan 2. Sayuran batang ( stem vegetables ) Sayuran batang yang dimanfaatkan adalah bagian batang dari tumbuhan yang terdiri dari buku dan ruas. Buku merupakan tempat menempelnya daun. Memilih sayuran batang yang baik biasanya batang yang masih muda, berwarna cerah, muda dan bersih, serta tidak busuk.

  • Contoh sayuran batang yaitu asparagus, rebung, paku, dan seledri.3.
  • Sayuran akar ( root vegetables ) Sayuran akar berupa umbi-umbian, karena umbi merupakan akar menggembung.
  • Sayuran akar banyak mengandung karbohidrat dan berbagai nutrisi sehat lainnya.
  • Sayuran akar yang baik adalah yang sudah berumur cukup, ukurannya besar, tidak tumbuh tunas, dan tidak ada bagian yang membusuk.

Contoh sayuran akar yaitu kentang, wortel, lobak, bit, talas, ubi kayu, ubi jalar.4. Sayuran polong Sayuran polong yang dimanfaatkan tidak hanya pada bagian polongnya tetapi kulitnya bisa ikut dimakan juga. Kualitas sayuran polong yang baik biasaya yang muda, biji sayuran tidak menonjol dan kulitnya masih lurus.

Warna buah terlihat segar dan tidak ada bagian yang rusak. Yang termasuk sayuran polong antara lain buncis, kapri, kacang panjang, kacang merah dan kedelai. Baca juga: Siswa, Ini Fungsi Telinga dan Bagian-bagiannya 5. Sayuran bunga ( flower vegetables ) Tanaman sayuran yang berasal dari organ generatif dan yang dimanfaatkan pada bagian bunganya.

Sayuran bunga dikatakan memiliki kualitas baik jika bunga/kembang tersusun secara kompak, ukurannya besar, berwarna cerah segar dan tidak ada bagian yang digigit hama. Contoh sayuran bunga yaitu brokoli,kembang kol, kecombrang, dan bunga turi.6. Sayuran buah ( fruit vegetables ) Sayuran buah dihasilkan dari penyerbukan dan pertumbuhan yang terjadi pada organ bunga, sehingga yang dimanfaatkan bagian buahnya.

  1. Sayuran buah yang memiliki kualitas baik biasanya dengan tingkat umur yang cukup (tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua), berukuran besar dan sayuran buahnya berwarna cerah segar serta tidak ada bagian yang busuk.
  2. Contohnya tomat, cabai, paprika, timun, terong, pare, labu siam, jagung dan oyong.7.
You might be interested:  Cara Memasak Daging Yang Sudah Bau?

Sayuran umbi batang Sayuran umbi batang adalah batang yang tumbuh ke dalam tanah, ujung batang membengkak membentuk umbi karena penimbunan makanan. Pada permukaan tanaman umbi batang terdapat daun yang berubah menjadi sisik dan pada ketiak sisik terdapat mata tunas sebagai calon tumbuhan baru.

Ada berapakah jenis sayuran berdasarkan bagian tanaman yang bisa dimakan?

Pembahasan – Sayuran adalah salah satu bentuk dari tanaman pangan yang juga sangat umum untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Sayuran ini menjadi makanan yang juga sangat bermanfaat bagi manusia karena mengandung vitamin dan mineral yang bisa membawa kesehatan bagi tubuh seorang manusia. Berikut adalah beberapa jenis dari sayuran :

  • Sayuran daun : jenis sayuran yang bagian daunnya yang menjadi bahan pangan bagi manusia. Contoh dari sayuran daun adalah bayam.
  • Sayuran batang : jenis sayuran yang bagian batangnya yang menjadi bahan pangan bagi manusia. Contoh dari sayuran batang adalah asparagus.
  • Sayuran umbi : jenis sayuran yang bagian umbinya yang menjadi bahan pangan bagi manusia. Contoh dari sayuran umbi adalah kentang.
  • Sayuran bunga: jenis sayuran yang bagian bunganya yang menjadi bahan pangan bagi manusia. Contoh dari sayuran bunga adalah kembang kol.
  • Sayuran buah : jenis sayuran yang bagian buahnya yang menjadi bahan pangan bagi manusia. Contoh dari sayuran buah adalah jeruk.

Tuliskan jenis sayuran apa saja yang dapat dimakan pada bagian batangnya?

Pembahasan – Sayuran adalah salah satu jenis bahan pangan yang berasal dari tanaman atau tumbuhan. Sayuran sendiri merupakan jenis bahan pangan yang bisa dikonsumsi secara langsung tanpa memerlukan pengolahan bahan pangan. Selain itu, manfaat yang bisa kita dapatkan dengan memakan sayuran tanpa pengolahan bahan pangan adalah kita bisa mendapatkan vitamin dan mineral yang ada pada sayuran tersebut secara maksimal.

  • Sayuran bunga : jenis tanaman sayuran yang bagian bunganya yang digunakan sebagai bahan pangan.
  • Sayuran buah : jenis tanaman sayuran yang bagian buahnya yang digunakan sebagai bahan pangan.
  • Sayuran batang : jenis tanaman sayuran yang bagian batangnya yang digunakan sebagai bahan pangan.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan sayur daun?

Sayuran daun adalah tumbuhan yang dapat dimanfaatkan daunnya untuk dibuat sayur.

Brokoli termasuk sayuran jenis apa?

KOMPAS. com – Brokoli adalah sayuran hijau yang berbentuk seperti kecil. Brokoli merupakan sayuran yang dekat hubungannya dengan kol, kale, dan kembang kol. Brokoli terkenal sebagai salah satu sayuran yang mengandung banyak vitamin dan mineral dengan kalori yang rendah.

Dalam setengah cangkir brokoli yang sudah dimasak, atau sekitar 78 gram, mengandung 84 persen kebutuhan vitamin C harian. Vitamin C ini lebih banyak daripada yang terkangund pada 1,5 buah jeruk. Selain itu, brokoli juga kaya kandungan vitamin K dan antioksidan, Vitamin dan mineral lain yang juga terkandung di dalam sayuran yan sehat ini adalah vitamin A, folat, potasium, fosfor, dan selenium.

Menurut penelitian, berbagai metode memasak yang berbeda bisa mengurangi kandungan vitamin dan mineral di dalam brokoli. Namun, cara memasak yang paling baik adalah dengan mengukusnya. Cara ini terbukti mempertahankan nutrisi paling banyak dibandingkan cara yang lain.

Apakah yang dimanfaatkan dari sayuran batang dan beri 2 contoh sayuran batang?

Sayuran merupakan sebutan umum bagi bahan pangan asal tumbuhan yang biasanya mengandung kadar air tinggi dan dikonsumsi dalam keadaan segar atau setelah diolah secara minimal. Sebutan untuk beraneka jenis sayuran disebut sebagai sayur-sayuran atau sayur-mayur.

Sayuran dibedakan menjadi dua (2) yaitu: Berdasarkan bagian yang dimakan; Sayuran daun, jenis sayuran yang dapat dikonsumsi pada bagian daunnya. Contohnya Bayam, kangkung dan sawi. Sayuran batang, bagian yang dimanfaatkan adalah bagian yqng terdiri dari buku dan ruas. Contohnya asparagus, rebung, paku dan seledri.

Sayuran akar, bagian sayuran berupa umbi-umbian,yang merupakan akar mengembung. Contohnya kentang, wortel dan lobak. Sayuran polong, sayuran yang dimanfaatkan bukan hanya polongnya saya tetapi kulitnya juga bisa ikut dimakan, Seperti buncis, kacang panjang, kacang merah dan kedelai.

  1. Sayuran bunga, sayuran yang dimanfaatkan bagian bunga nya.
  2. Contohnya brokoli, kembang kol, kecombrang dan bunga turi.
  3. Sayuran buah, sayur yang dimanfaatkan dibagian buahnya.
  4. Contohnya tomat, cabai, timun dan pare.
  5. Sayuran umbi batang, sayuran yang tumbuh dalam tanah yang mengembung pada ujung batang.
  6. Contohnya singkong, ubi jalar, talas, umbi bit, dan gambili.

Sayuran umbi lapis, sayuran yang tumbuh dibawah permukaan tanah. Contohnya bawang merah, bawang putih, bawan bombai dan adas. Berdasarkan pigmen yang dikandung; Sayuran berwarna hijau, terbentuk oleh klorofil yang kaya dengan karetenoiddan mengandung vitamin A.

Contohnya kale, bayam dan kubis. Sayuran berwarna ungu mengandung vitamin A, kalsium yang tinggi, mengandung antosianin, resveratrol dan asam elagik yang bisa mencegah serangan penyakit kanker, diabetes, dan serangan jantung. Contohnya terong, wortel ungu, blueberry dan kubis ungu. Sayuran yang berwarna biru dan merah, disebabkan karena adanya zat anthocyanin yang sensitif terhadap perubahan ph dan dapat larut dalam air.

Contohnya tomat, bit, cabe, dan lain-lain. Sayuran warna kuning dan orange berasal dari kandungan beta dan alfa karoten yang tidak beruabah dengan pengolahan atau ph. Contohnya wortel, jagung, labu dan ubi jalar. – Sayuran merupakan sebutan umum bagi bahan pangan asal tumbuhan yang biasanya mengandung kadar air tinggi dan dikonsumsi dalam keadaan segar atau setelah diolah secara minimal.

    Sayuran daun, jenis sayuran yang dapat dikonsumsi pada bagian daunnya. Contohnya Bayam, kangkung dan sawi. Sayuran batang, bagian yang dimanfaatkan adalah bagian yqng terdiri dari buku dan ruas. Contohnya asparagus, rebung, paku dan seledri. Sayuran akar, bagian sayuran berupa umbi-umbian,yang merupakan akar mengembung. Contohnya kentang, wortel dan lobak. Sayuran polong, sayuran yang dimanfaatkan bukan hanya polongnya saya tetapi kulitnya juga bisa ikut dimakan, Seperti buncis, kacang panjang, kacang merah dan kedelai. Sayuran bunga, sayuran yang dimanfaatkan bagian bunga nya.

    Apakah batang sawi bisa dimakan?

    11. Menghalau Penuaan Dini – Serupa dengan tampilan yang segar, sawi dapat dimanfaatkan untuk kecantikan. Vitamin dan mineral yang terkandung dapat mencegah penuaan dini. Kamu bisa makan sawi langsung, dimasak, atau dijadikan jus sayuran untuk menikmati khasiatnya. Baca Juga: Manfaat Seledri: Daun Beraroma Khas, Khasiat Tak Terbatas Cara Konsumsi Sawi Sebutkan 6 Jenis Sayuran Yang Dapat Dimakan Berdasarkan Bagian Daunnya Sumber Gambar: The Works of Life Sawi sebenarnya aman dikonsumsi saat mentah. Namun, beberapa jenis sawi punya rasa pahit sehingga kurang nikmat jika tidak dimasak terlebih dahulu. Kamu bisa mengolah sawi dengan cara direbus, tumis, atau dihaluskan dengan blender.

    Tidak hanya daunnya, batang sawi juga dapat dikonsumsi. Kamu perlu memasak batang sawi lebih lama agar tidak terlalu keras saat dimakan. Baca Juga: Manfaat Asparagus: Sayur Sedap, Bernutrisi Lengkap Meskipun terbukti aman dikonsumsi, namun kandungan vitamin K dan oksalat yang tinggi pada sawi dapat berisiko menimbulkan efek samping negatif bagi beberapa orang.

    Untuk memastikan kamu dapat mengikuti tes alergi atau bertanya langsung dengan dokter. Sawi organik memiliki manfaat lebih banyak karena tidak menggunakan pestisida. Cari berbagai sayur dan buah organik segar di Tokopedia ! Sebutkan 6 Jenis Sayuran Yang Dapat Dimakan Berdasarkan Bagian Daunnya Ingin ngemil tapi tetap sehat? Ini solusinya, Toppers! Penulis: Andina Naza Apriliani

    Apa saja sayuran yang dapat dikonsumsi bagian akar dan umbi?

    Jenis-jenis Tanaman Sayur dan Bagian yang Dapat Dimanfaatkan – 1. Sayuran Akar dan Umbi Bagian paling bawah dalam tanaman sayuran yang dapat dimanfaatkan adalah akar dan umbinya yang biasanya terdapat di dalam tanah, tidak beruas dan berbuku. Sayuran jenis ini biasanya ditanam untuk dikonsumsi pada bagian akar atau umbinya.

    Beberapa contoh sayuran yang dimanfaatkan akar dan umbi nya adalah wortel, lobak, kentang, radish dan bawang.2. Sayuran Batang Batang merupakan sumbu tanaman sebagai tempat semua organ lain bertumpu dan tumbuh. Pada bagian ini akan tumbuh bagian buku dan ruas sebagai tempat menempelnya daun dan tangkai.

    KLASIFIKASI SAYURAN | PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN | PENGERTIAN DAN KLASIFIKASI SAYURAN

    Daun dianggap sebagai perkembangan lanjutan dari batang untuk menjalankan fungsi yang lebih khusus. Beberapa contoh sayuran yang dimanfaatkan batangnya adalah tebu, rebung, asparagus, kailan dll 3. Sayuran Daun dan Tangkai Daun dapat tumbuh dari ranting dan tangkai, biasanya daun berwarna hijau karena mengandung klorofil yang berfungsi sebagai penangkap energi dari cahaya matahari untuk fotosintesis.

    • Tanaman sayur yang diambil pada bagian daun dan tangkai nya dapat dimakan langsung sebagai lalapan atau dimasak.
    • Sayuran jenis ini biasanya ditanam di sekitar rumah selain sebagai hiasan juga dapat dikonsumsi.
    • Contoh sayuran yang dimanfaatkan daun atau tangkainya adalah kangkung, bayam, kemangi, selada, petsai, seledri, sawi, dll.4.

    Sayuran Buah Buah merupakan perkembangan lanjutan dari bakal buah atau ovarium. Buah biasanya membungkus dan melindungi biji. Aneka rupa dan bentuk buah tidak terlepas kaitannya dengan fungsi utama buah, yaitu sebagai pemencar biji tumbuhan. Disebut sayuran buah karena tanaman ini ditanam untuk diambil buahnya.

    1. Pada tanaman sayur buah biasanya sering dimanfaatkan untuk dikonsumsi guna memenuhi kebutuhan nutrisi dan mineral tubuh manusia.
    2. Buah dari sayuran tersebut biasanya dapat langsung dimakan atau dimasak dan ditumis, sebagai lalapan, atau campuran lauk dan sambal.
    3. Contoh sayuran yang dimanfaatkan buahnya adalah antara lain buncis, cabai, terung, tomat, labu siam, mentimun, pare.5.

    Sayuran Bunga Bunga atau disebut juga kembang merupakan alat reproduksi pada tumbuhan berbunga magnoliophyta dan angiospermae, (tumbuhan berbiji tertutup). Didalam bunga terdapat benang sari dan putik. Pada tanaman sayur berbunga yang sering dimanfaatkan untuk disayur dan dimakan adalah bunga nya.

    • Contoh sayuran yang dimanfaatkan bunganya adalah bunga turi, brokoli, kobis bunga, tebu telur dan bunga kol.6.
    • Sayuran Biji Sayuran biji dan kacang-kacangan memiliki kandungan minyak yang tinggi sehingga sulit dicerna jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.
    • Biasanya sayuran biji dapat dikonsumsi dalam bentuk dimasak atau dibakar.

    Jenis tanaman sayur yang dapat dimanfaatkan dari biji yang dihasilkan untuk dikonsumsi adalah kacang tanah, pete, kenari dan bunga matahari. Itulah penjelasan mengenai jenis tanaman sayur dan bagian yang dapat dimanfaatkan untuk kita konsumsi. Bagian tanaman sayur yang dimakan bukan dimakan untuk pencuci mulut saja, namun bisa dimasak dahulu, kecuali Anda memakannya untuk lalaban.

    Bagaimana ciri sayuran daun yang bagus?

    1. Sayuran Daun – Bagian tumbuhan yang terdapat daun hanya pada bagian batang. Kualitas sayuran daun yang baik memiliki ciri-ciri bagian daun utuh, tidak membusuk dan tidak berlubang bekas gigitan hama. Bisa dilihat juga dari bagian daun serta batang yang berwarna segar dan masih muda. Bagian daun lebar dan kompak. Contoh dari jenis sayuran daun adalah: sawi, bayam, kangkung, kubis, kol, daun singkong.

    Apa saja ciri-ciri sayuran daun yang memiliki kualitas bagus?

    Hindari Sayuran yang Mulus, Baca 3 Trik Memilih Sayuran Segar – Foto: Pixabay/WildVeganGarden Kesegaran sayuran sangat memengaruhi kelezatan sebuah hidangan. Karena itu diperlukan kejelian saat memilih sayuran segar, Sayuran berkualitas baik sangat mudah dikenali dari ciri-ciri fisiknya, antara lain: 1/ Tampak segar/tidak layu, berwarna cerah, dan masih kencang saat dipegang.2/ Ada kalanya pada sayuran yang kita jumpai di pasar terdapat sedikit lubang kecil bekas gigitan ulat.

    1. Hal itu wajar, dan tidak selalu harus dihindari.
    2. Justru kita harus waspada terhadap sayuran yang tampak sangat mulus, karena bisa jadi terdapat pemakaian pestisida yang sangat berlebih, sehingga tidak ada hama yang berani mendekat.
    3. Baca juga: 10 Tips Mengolah dan Menyimpan Sayuran Sebelum Dimasak 3/ Umumnya sayuran yang masih muda lebih enak rasanya karena belum berserat banyak.

    Sayuran daun yang masih muda bisa kita kenali dari bentuk daun yang tidak terlalu besar, tekstur permukaan masih halus/lembut, atau warna daun yang hijau muda segar. Sedangkan untuk sayuran polong seperti buncis, kacang panjang, atau kapri, tandanya masih muda adalah biji polongnya tidak terlalu terlihat menonjol dari luar.

    Apakah yang dimanfaatkan dari sayuran batang dan beri 2 contoh sayuran batang?

    Sayuran merupakan sebutan umum bagi bahan pangan asal tumbuhan yang biasanya mengandung kadar air tinggi dan dikonsumsi dalam keadaan segar atau setelah diolah secara minimal. Sebutan untuk beraneka jenis sayuran disebut sebagai sayur-sayuran atau sayur-mayur.

    1. Sayuran dibedakan menjadi dua (2) yaitu: Berdasarkan bagian yang dimakan; Sayuran daun, jenis sayuran yang dapat dikonsumsi pada bagian daunnya.
    2. Contohnya Bayam, kangkung dan sawi.
    3. Sayuran batang, bagian yang dimanfaatkan adalah bagian yqng terdiri dari buku dan ruas.
    4. Contohnya asparagus, rebung, paku dan seledri.

    Sayuran akar, bagian sayuran berupa umbi-umbian,yang merupakan akar mengembung. Contohnya kentang, wortel dan lobak. Sayuran polong, sayuran yang dimanfaatkan bukan hanya polongnya saya tetapi kulitnya juga bisa ikut dimakan, Seperti buncis, kacang panjang, kacang merah dan kedelai.

    Sayuran bunga, sayuran yang dimanfaatkan bagian bunga nya. Contohnya brokoli, kembang kol, kecombrang dan bunga turi. Sayuran buah, sayur yang dimanfaatkan dibagian buahnya. Contohnya tomat, cabai, timun dan pare. Sayuran umbi batang, sayuran yang tumbuh dalam tanah yang mengembung pada ujung batang. Contohnya singkong, ubi jalar, talas, umbi bit, dan gambili.

    Sayuran umbi lapis, sayuran yang tumbuh dibawah permukaan tanah. Contohnya bawang merah, bawang putih, bawan bombai dan adas. Berdasarkan pigmen yang dikandung; Sayuran berwarna hijau, terbentuk oleh klorofil yang kaya dengan karetenoiddan mengandung vitamin A.

    1. Contohnya kale, bayam dan kubis.
    2. Sayuran berwarna ungu mengandung vitamin A, kalsium yang tinggi, mengandung antosianin, resveratrol dan asam elagik yang bisa mencegah serangan penyakit kanker, diabetes, dan serangan jantung.
    3. Contohnya terong, wortel ungu, blueberry dan kubis ungu.
    4. Sayuran yang berwarna biru dan merah, disebabkan karena adanya zat anthocyanin yang sensitif terhadap perubahan ph dan dapat larut dalam air.

    Contohnya tomat, bit, cabe, dan lain-lain. Sayuran warna kuning dan orange berasal dari kandungan beta dan alfa karoten yang tidak beruabah dengan pengolahan atau ph. Contohnya wortel, jagung, labu dan ubi jalar. – Sayuran merupakan sebutan umum bagi bahan pangan asal tumbuhan yang biasanya mengandung kadar air tinggi dan dikonsumsi dalam keadaan segar atau setelah diolah secara minimal.

      Sayuran daun, jenis sayuran yang dapat dikonsumsi pada bagian daunnya. Contohnya Bayam, kangkung dan sawi. Sayuran batang, bagian yang dimanfaatkan adalah bagian yqng terdiri dari buku dan ruas. Contohnya asparagus, rebung, paku dan seledri. Sayuran akar, bagian sayuran berupa umbi-umbian,yang merupakan akar mengembung. Contohnya kentang, wortel dan lobak. Sayuran polong, sayuran yang dimanfaatkan bukan hanya polongnya saya tetapi kulitnya juga bisa ikut dimakan, Seperti buncis, kacang panjang, kacang merah dan kedelai. Sayuran bunga, sayuran yang dimanfaatkan bagian bunga nya.

      Sayuran apa yang dimanfaatkan bunganya?

      Contoh sayuran yang dimanfaatkan bunganya adalah: bunga turi, brokoli, kobis bunga, tebu telur dan bunga kol.

Related Post