Sayuran Hijau Banyak Mengandung Karotenoid Yang Bermanfaat Untuk?

Sayuran Hijau Banyak Mengandung Karotenoid Yang Bermanfaat Untuk
Dilihat 19,260 pengunjung Halo Sobat SMP! Mungkin selama perayaan Idulfitri kalian disuguhkan dengan makanan yang mengandung santan, daging, dan sebagainya. Memang makanan-makanan tersebut rasanya lezat, namun jangan sampai kita terlena dan melupakan sayur-mayur.

  1. Berbicara tentang sayur dan tumbuh-tumbuhan, apakah kalian sadar kalau sayur-mayur memiliki banyak varian warnanya? Meski kebanyakan berwarna hijau, ada juga tumbuhan yang berwarna seperti merah, ungu, dan oranye.
  2. Ternyata pigmen warna yang terkandung di tumbuh-tumbuhan mempunyai manfaat yang berbeda-beda lho ! Penasaran seperti apa manfaatnya? Yuk simak artikel ini! Sayur berwarna hijau Hijau adalah warna yang paling umum dan paling banyak ditemui pada sayur-sayuran.

Warna hijau terbentuk dari klorofil yang berguna bagi tanaman untuk melakukan proses fotosintesis. Sayuran hijau kaya akan karotenoid yang dapat mengatasi radikal bebas, mengandung berbagai vitamin yaitu A,C, dan K yang bermanfaat bagi pembekuan darah dan pembentukkan tulang.

  • Selain itu juga mengandung unsur mineral di antaranya zat besi, zat kapur, magnesium dan fosfor.
  • Contoh sayuran yang berwarna hijau adalah daun singkong, bayam, seledri, katuk, daun kemangi, dan masih banyak lagi.
  • Sayur berwarna ungu Tumbuh-tumbuhan berwarna ungu sering dijumpai pada bayam ungu, bawang, terong, dan paprika ungu.

Tumbuhan yang berwarna ungu memiliki berbagai manfaat baik bagi tubuh kita karena mengandung vitamin A dan kalsium yang tinggi. Tumbuhan berwarna ungu juga mengandung antosianin, resveratrol, dan asam elagik yang bisa menangkap radikal bebas, mencegah terserang penyakit kanker, diabetes serta serangan jantung.

  1. Sayur berwarna merah atau biru Warna merah dan biru pada tumbuhan terjadi karena adanya zat anthocyanin yang sensitif terhadap perubahan pH dan dapat larut dalam air.
  2. Etika pH dalam keadaan netral, pigmen berwarna ungu, ketika dalam keadaan asam, pigmen berwarna merah, sedangkan saat terdapat basa, pigmen berwarna biru.

Sayuran ini memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata, menjaga imunitas tubuh, dan juga mengurangi peradangan. Contoh tumbuhan yang berwarna merah/biru yaitu kubis merah, bit, tomat, cabai, dan paprika. Sayur berwarna kuning atau oranye Warna kuning dan oranye pada tumbuhan berasal dari kandungan beta dan alfa karoten yang tidak akan berubah dengan pengolahan atau pH.

  • Zat tersebut dapat berfungsi sebagai penghambat proses penuaan sel-sel dalam tubuh, membantu meremajakan sel-sel tubuh, dan memberikan sistem kekebalan agar tidak mudah terserang penyakit.
  • Tumbuhan berwarna kuning/oranye adalah ubi jalar, wortel, biji melinjo, dan labu kuning.
  • Yap, itulah tadi beberapa manfaat dari sayuran dan tumbuhan tergantung dari warnanya.

Teruslah konsumsi makanan yang sehat dan bergizi seperti sayur-mayur supaya tubuh sehat dan kuat ya Sobat SMP! Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP Referensi: Modul Prakarya Pengolahan Kelas VII Semester Gasal Terbitan Direktorat SMP Tahun 2020

Apakah kegunaan sayuran hijau yang mengandung karotenoid?

Salah satu manfaat sayuran dan buah hijau adalah mencegah kanker. REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA – Sayuran dan buah memiliki warna yang berbeda. Ternyata perbedaan warna ini juga mengandung manfaat yang berbeda untuk tubuh. Misalnya saja sayuran dan buah berwarna hijau berfungsi membantu melawan infeksi dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, kekebalan tubuh, dan peredaran darah.

  1. Sayur dan buah yang berwarna hijau di antaranya adalah timun, brokoli, pok choy, kale, bayam, selada, seledri, mint, asparagus, kacang hijau, alpukat, anggur hijau, kiwi, melon, pir, jeruk nipis, dan zaitun.
  2. Sayuran dan buah hijau mengandung klorofil, serat, lutein, zeaxanthin, kalsium, folat, vitamin C, dan beta karoten.

Nutrisi yang ditemukan dalam sayuran ini mengurangi risiko kanker, menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol jahat, membantu pencernaan makanan yang lebih baik, mendukung kesehatan dan penglihatan retina, melawan radikal bebas yang berbahaya, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari sayur dan buah hijau. Menurunkan kolesterol jahat Kolesterol yang menumpuk di dinding arteri dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Untuk menjaga kadar kolesterol Anda, tingkatkan konsumsi makanan hijau seperti alpukat, zaitun, kacang hijau, anggur dan lainnya.

Sayur dan buah tersebut mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan serat yang membantu menurunkan kolesterol. Mencegah kanker Banyak penelitian mencatat diet kaya sayuran dan buah-buahan hijau dapat membantu menangkal kanker. Mereka mengandung fitonutrien seperti antioksidan, karotenoid dan flavonoid yang membantu dalam memerangi kanker perut, kanker usus besar, kanker kulit dan kanker payudara.

  • Fitonutrien ini ditemukan dalam alpukat, zaitun, apel hijau, bayam, kale dan lainnya.
  • Meningkatkan kesehatan mata Mengonsumsi sayuran berdaun hijau membantu menjaga kesehatan mata Anda.
  • Bayam, kale, kiwi, anggur dan zucchini mengandung karotenoid esensial yang disebut lutein dan zeaxanthin.
  • Senyawa ini bertindak sebagai perisai pelindung untuk macula dan mencegah kerusakan dari cahaya biru.
You might be interested:  Bagian Tanaman Sayuran Seledri Yang Dapat Dimanfaatkan Adalah Bagian?

Ini juga berfungsi mencegah katarak. Baca juga: 5 Trik Agar Anda Mau Memakan Sayuran Kesehatan pencernaan Tubuh Anda membantu memecah makanan menjadi nutrisi melalui pencernaan untuk membangkitkan energi, pertumbuhan dan perbaikan sel. Untuk memastikan fungsi sistem pencernaan lebih baik, konsumsilah makanan berserat tinggi seperti artichoke, apel, brokoli, kacang hijau, kacang polong dan lobak hijau.

  1. Serat menyerap air tambahan di usus, mempromosikan bakteri usus yang sehat dan memudahkan gerakan usus.
  2. Meningkatkan metabolisme Dorongan dalam metabolisme akan membantu Anda menurunkan berat badan.
  3. Cabai hijau, alpukat serta bayam adalah beberapa makanan hijau yang meningkatkan aktivitas metabolisme.

Nutrisi yang paling penting untuk fungsi metabolisme adalah vitamin B. Meningkatkan fungsi otak Sayuran berdaun hijau gelap dan buah-buahan seperti brokoli, kacang hijau, kubis, alpukat, asparagus, bayam, kale semuanya kaya akan folat yang juga dikenal sebagai vitamin B9.

Karotenoid yang terdapat di dalam sayur bayam bermanfaat untuk apa?

Kandungan karotenoid yang ditemukan pada bayam, seperti beta karoten, lutein, dan zeaxanthin, diketahui mampu menjaga kesehatan mata dan menurunkan risiko beberapa penyakit, seperti rabun senja dan degenerasi makula.

Apa itu kandungan karotenoid?

Karotenoid adalah pigmen alami yang ditemukan pada bakteri, alga, fungi dan tumbuhan tetapi tidak diproduksi oleh hewan(Coates, R. C; Trentacoste, E ; Gerwick, 2013).

Sayuran hijau banyak mengandung vitamin apa?

1. Kale – Sayuran Hijau Banyak Mengandung Karotenoid Yang Bermanfaat Untuk Sumber Gambar: Pexels Sayuran hijau yang pertama adalah kale. Banyak sekali vitamin yang bisa Toppers dapatkan dari mengonsumsi sayuran hijau yang satu ini, lho. Mulai dari vitamin K, vitamin A, vitamin B6, sampai vitamin C, Selain vitamin, kale juga mengandung antioksidan seperti betakaroten dan lutein yang dapat mengurangi risiko penyakit yang diakibatkan oleh stres oksidatif.

Apa manfaat dari karotenoid?

3. Penurunan risiko kanker – Karotenoid adalah antioksidan yang dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas pemicu kanker. Manfaat karotenoid khususnya seringkali dengan penurunan risiko kanker paru-paru dan kanker kulit. Pada kanker kulit, karotenoid dapat dipecah vitamin A, nutrisi yang berperan penting untuk melindungi dari kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari. Apa jenis kelamin Anda? Laki-laki Wanita Berapa usia Anda? (tahun) Berapa berat badan Anda? (kg) Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Jelaskan apa manfaat dari sayuran yang berwarna hijau?

Dilihat 19,260 pengunjung Halo Sobat SMP! Mungkin selama perayaan Idulfitri kalian disuguhkan dengan makanan yang mengandung santan, daging, dan sebagainya. Memang makanan-makanan tersebut rasanya lezat, namun jangan sampai kita terlena dan melupakan sayur-mayur.

  • Berbicara tentang sayur dan tumbuh-tumbuhan, apakah kalian sadar kalau sayur-mayur memiliki banyak varian warnanya? Meski kebanyakan berwarna hijau, ada juga tumbuhan yang berwarna seperti merah, ungu, dan oranye.
  • Ternyata pigmen warna yang terkandung di tumbuh-tumbuhan mempunyai manfaat yang berbeda-beda lho ! Penasaran seperti apa manfaatnya? Yuk simak artikel ini! Sayur berwarna hijau Hijau adalah warna yang paling umum dan paling banyak ditemui pada sayur-sayuran.

Warna hijau terbentuk dari klorofil yang berguna bagi tanaman untuk melakukan proses fotosintesis. Sayuran hijau kaya akan karotenoid yang dapat mengatasi radikal bebas, mengandung berbagai vitamin yaitu A,C, dan K yang bermanfaat bagi pembekuan darah dan pembentukkan tulang.

  1. Selain itu juga mengandung unsur mineral di antaranya zat besi, zat kapur, magnesium dan fosfor.
  2. Contoh sayuran yang berwarna hijau adalah daun singkong, bayam, seledri, katuk, daun kemangi, dan masih banyak lagi.
  3. Sayur berwarna ungu Tumbuh-tumbuhan berwarna ungu sering dijumpai pada bayam ungu, bawang, terong, dan paprika ungu.

Tumbuhan yang berwarna ungu memiliki berbagai manfaat baik bagi tubuh kita karena mengandung vitamin A dan kalsium yang tinggi. Tumbuhan berwarna ungu juga mengandung antosianin, resveratrol, dan asam elagik yang bisa menangkap radikal bebas, mencegah terserang penyakit kanker, diabetes serta serangan jantung.

Sayur berwarna merah atau biru Warna merah dan biru pada tumbuhan terjadi karena adanya zat anthocyanin yang sensitif terhadap perubahan pH dan dapat larut dalam air. Ketika pH dalam keadaan netral, pigmen berwarna ungu, ketika dalam keadaan asam, pigmen berwarna merah, sedangkan saat terdapat basa, pigmen berwarna biru.

Sayuran ini memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata, menjaga imunitas tubuh, dan juga mengurangi peradangan. Contoh tumbuhan yang berwarna merah/biru yaitu kubis merah, bit, tomat, cabai, dan paprika. Sayur berwarna kuning atau oranye Warna kuning dan oranye pada tumbuhan berasal dari kandungan beta dan alfa karoten yang tidak akan berubah dengan pengolahan atau pH.

  • Zat tersebut dapat berfungsi sebagai penghambat proses penuaan sel-sel dalam tubuh, membantu meremajakan sel-sel tubuh, dan memberikan sistem kekebalan agar tidak mudah terserang penyakit.
  • Tumbuhan berwarna kuning/oranye adalah ubi jalar, wortel, biji melinjo, dan labu kuning.
  • Yap, itulah tadi beberapa manfaat dari sayuran dan tumbuhan tergantung dari warnanya.
You might be interested:  Sayuran Daun Merupakan Jenis Sayuran Yang Dapat Dikonsumsi Pada Bagian?

Teruslah konsumsi makanan yang sehat dan bergizi seperti sayur-mayur supaya tubuh sehat dan kuat ya Sobat SMP! Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP Referensi: Modul Prakarya Pengolahan Kelas VII Semester Gasal Terbitan Direktorat SMP Tahun 2020

Apakah manfaat karotenoid dalam tumbuhan jika di konsumsi untuk manusia?

Apa itu karotenoid? – Karotenoid adalah kelompok pigmen pada tumbuh-tumbuhan. Pigmen ini memberikan warna kuning, merah, atau oranye pada tumbuhan, sayuran, dan buah-buahan. Karotenoid juga ditemukan pada alga (ganggang) dan bakteri fotosintetik. Tak hanya sebagai pigmen pada makanan, karotenoid pun dapat berperan sebagai molekul antioksidan,

Sebagai antioksidan, pigmen yang termasuk ke dalam kelompok karotenoid dapat mengendalikan radikal bebas berlebih. Radikal bebas yang tak terkendali pada tubuh dapat memicu kerusakan sel serta berbagai penyakit. Karotenoid merupakan molekul yang larut dalam lemak. Artinya, pigmen karotenoid dapat optimal diserap tubuh jika bersamaan dengan lemak.

Dengan demikian, makanan sumber karotenoid yang dimasak memiliki nutrisi yang lebih kuat saat masuk ke aliran darah.

Apakah manfaat sayur bayam bagi tubuh kita?

Bayam merupakan sayuran yang digunakan sebagai bahan makanan, seperti sup, pecel, gado-gado, dan sebagainya. Tanaman bayam termasuk dalam famili Amaranthaceae. Menurut Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat, di Indonesia terdapat tiga jenis bayam, yaitu:

    Amaranthus tricolor, yaitu bayam cabut yang banyak diusahakan oleh petani, Batangnya berwarna merah (bayam merah) dan ada pula yang berwarna hijau keputih-putihan. Amaranthus dubius, merupakan bayam petik. Pertumbuhannya lebih tegak, berdaun agak lebar dengan warna hijau tua dan ada yang berwarna kemerahan. Biasanya dipelihara di halaman rumah. Amaranthus cruentus, yakni jenis bayam yang dapat ditanam sebagai bayam cabut dan juga bayam petik. Jenis bayam ini tumbuh tegak, berdaun besar, berwarna hijau keabu-abuan dan dapat dipanen secara cabutan pada umur tiga minggu.

Berdasarkan publikasi Titi Juhaeti, dkk. yang diterbitkan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), bayam dapat tumbuh pada daerah dataran rendah atau tinggi, optimalnya pada kisaran pH netral (6-7). Daerah terbaik untuk menanam bayam adalah pada ketinggian kurang dari 1.400 m dpl dengan curah hujan mencapai lebih dari 1.500 mm/tahun, cahaya matahari penuh, suhu udara berkisar 17 – 28 derajat celcius dan kelembapan udara 50-60%.

    Energi: 100 kJ. Karbohidrat: 3,4 g. Protein: 2,5 g. Beta karoten: 4,1 mg. Vitamin B kompleks: 0,9 mg. Vitamin C: 52 mg.

Bayam mengandung vitamin C yang penting untuk tubuh manusia. Menurut publikasi Massey, dkk. dalam “The Journal of Nutrition 135 (7) Juli 2005”, manfaat vitamin C antara lain dapat membantu mengobati kanker, diabetes, infeksi virus dan bakteri, serta memperlambat penuaan dini.

Apa manfaat kandungan karotenoid pada batang brokoli?

Merdeka. com – Brokoli tak hanya mengandung banyak nutrisi, namun juga mengandung zat-zat penting yang sangat berguna untuk kesehatan. Secara umum, brokoli sebagai sayuran memang mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kebugaran. Namun selain itu, brokoli juga menyimpan banyak manfaat khusus bagi kesehatan Anda. 1. Mencegah kanker Brokoli mengandung sulforaphane, zat anti kanker yang akan langsung menyerang akar pertumbuhan tumor. dengan begitu, brokoli juga menghilangkan H. pylori dalam tubuh, yaitu bakteri yang meningkatkan risiko kanker. Brokoli juga mengandung indole-3-carbinol, sebuah antioksidan dan anti-karsinogen yang diketahui menurunkan pertumbuhan kanker payudara, serviks, dan prostat.2.

Esehatan tulang Brokoli mengandung kalsium yang sangat tinggi dan bisa membantu menjaga kesehatan tulang. Tak hanya itu, di dalamnya juga terkandung banyak vitamin K yang akan membuat tulang lebih kuat serta mencegah osteoarthritis.3. Kesehatan jantung Brokoli mengandung karotenoid lutein yang diketahui bisa memperlambat dan mencegah penebalan arteri yang bisa memicu penyakit jantung.

Selain itu, brokoli juga mengandung B6 dan folat yang menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko terkena serangan jantung.4. Kesehatan mata Karotenoid lutein yang ada dalam brokoli mencegah terjadinya penyakit mata akibat usia, serta penyakit katarak dan degenerasi makula.

Sebagai tambahan, brokoli juga merupakan sumber vitamin A yang sangat baik dan penting untuk kesehatan mata.5. Meningkatkan kekebalan tubuh Brokoli memberikan asupan beta-karoten dan mineral yang sangat banyak pada tubuh sehingga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Brokoli juga membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan infeksi.

Itulah beberapa manfaat hebat yang tersembunyi dalam brokoli. Si imut hijau ini ternyata menyimpan manfaat kesehatan yang besar. Jangan ragu lagi untuk mengonsumsi brokoli setiap hari. (mdk/kun) Tangkal radikal bebas dengan makan mentimun! 4 Cara ini buat sayuran dan buah segar dalam waktu yang lama 10 Makanan ini mampu bersihkan lever secara alami 7 Manfaat mengonsumsi kembang kol untuk kesehatan 5 Makanan ini baik dikonsumsi penderita anemia Saus tomat terbukti mampu buat anak suka sayur!

You might be interested:  Apa Manfaat Rebusan Daun Ciplukan?

Karotenoid golongan senyawa apa?

Karotenoid adalah golongan senyawa kimia organik bernutrisi yang terdapat pada pigmen alami tumbuhan dan hewan. Berdasarkan struktur kimianya, karotenoid masuk ke dalam golongan terpenoid. Karotenoid merupakan zat yang menyebabkan warna merah, kuning, oranye, dan hijau tua pada buah dan sayuran.

    Karoten merupakan hidrokarbon atau turunannya yang terdiri dari beberapa unit isoprena (suatu diena). Beberapa senyawa karotenoid yaitu α, β, γ karoten, likopen. Xantofil merupakan karotenoid yang mengandung gugus hidroksil. Xantofil umum biasanya berupa monohidroksikarotena (misalnya lutein, rubixantin), dihidroksikarotena (zeaxantin), atau dihidro atau dihidroksiepoksikarotena (violaxantin).

Karoten dan xantofil, kedua jenis karotenoid ini umumnya mengandung 40 karbon aktif yang terdiri dari 8 unit isopren. Keduanya tidak larut dalam air, tapi larut dalam alkohol, eter minyak bumi, aseton dan banyak pelarut organik lainnya.B. Manfaat Karotenoid Karotenoid berperan penting dalam pencegahan penyakit degeneratif, dengan cara mempertahankan fungsi sistem imun dan antioksidan.

Karotenoid juga sebagai prekusor dari vitamin A yang dapat membantu proses penglihatan. Asupan β-karoten dalam jumlah yang memadai mampu menghambat sel-sel kanker terutama serviks dan menghambat penyebarannya serta melindungi arteri dari penyumbatan yang disebabkan oleh endapan lemak (aterosklerosis) yang menjadi penyakit stroke.

Selain itu fungsi lain karotenoid adalah untuk mengatur fungsi-fungsi kekebalan tubuh (imunitas), melindungi dari proses penuaan seperti kulit kering keriput, rambut memutih, dan flek-flek diwajah dan beberapa jenis kanker.

Apakah sayuran hijau mengandung mineral?

Sayuran Hijau Semuanya mudah didapat dan diolah. Di dalam sayuran berwarna hijau, terdapat kandungan mineral jenis mikro dan makro. Di antaranya adalah magnesium, mangan, potassium, zat besi, kalsium, dan tembaga.

Apa manfaat kandungan karotenoid pada batang brokoli?

Merdeka. com – Brokoli tak hanya mengandung banyak nutrisi, namun juga mengandung zat-zat penting yang sangat berguna untuk kesehatan. Secara umum, brokoli sebagai sayuran memang mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kebugaran. Namun selain itu, brokoli juga menyimpan banyak manfaat khusus bagi kesehatan Anda. 1. Mencegah kanker Brokoli mengandung sulforaphane, zat anti kanker yang akan langsung menyerang akar pertumbuhan tumor. dengan begitu, brokoli juga menghilangkan H. pylori dalam tubuh, yaitu bakteri yang meningkatkan risiko kanker. Brokoli juga mengandung indole-3-carbinol, sebuah antioksidan dan anti-karsinogen yang diketahui menurunkan pertumbuhan kanker payudara, serviks, dan prostat.2.

Esehatan tulang Brokoli mengandung kalsium yang sangat tinggi dan bisa membantu menjaga kesehatan tulang. Tak hanya itu, di dalamnya juga terkandung banyak vitamin K yang akan membuat tulang lebih kuat serta mencegah osteoarthritis.3. Kesehatan jantung Brokoli mengandung karotenoid lutein yang diketahui bisa memperlambat dan mencegah penebalan arteri yang bisa memicu penyakit jantung.

Selain itu, brokoli juga mengandung B6 dan folat yang menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko terkena serangan jantung.4. Kesehatan mata Karotenoid lutein yang ada dalam brokoli mencegah terjadinya penyakit mata akibat usia, serta penyakit katarak dan degenerasi makula.

Sebagai tambahan, brokoli juga merupakan sumber vitamin A yang sangat baik dan penting untuk kesehatan mata.5. Meningkatkan kekebalan tubuh Brokoli memberikan asupan beta-karoten dan mineral yang sangat banyak pada tubuh sehingga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Brokoli juga membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan infeksi.

Itulah beberapa manfaat hebat yang tersembunyi dalam brokoli. Si imut hijau ini ternyata menyimpan manfaat kesehatan yang besar. Jangan ragu lagi untuk mengonsumsi brokoli setiap hari. (mdk/kun) Tangkal radikal bebas dengan makan mentimun! 4 Cara ini buat sayuran dan buah segar dalam waktu yang lama 10 Makanan ini mampu bersihkan lever secara alami 7 Manfaat mengonsumsi kembang kol untuk kesehatan 5 Makanan ini baik dikonsumsi penderita anemia Saus tomat terbukti mampu buat anak suka sayur!

Apakah daun brokoli mengandung karotenoid?

Daun Brokoli (pucuk hijau) merupakan sumber karotenoid dan vitamin A; (16000 IU vitamin A per 100 g), senyawa ini lebih banyak beberapa kali dari yang di bunga.

Kandungan dan Manfaat apa yang dimiliki oleh sayuran yang berwarna ungu?

Sayuran berwarna ungu –

Selain merah dan biru, ada juga sayuran kaya gizi yang berwarna ungu. Sayuran tersebut memiliki banyak sekali kandungan nutrisi. Bayam ungu, bawang, dan terong ungu mengandung banyak vitamin A dan kalsium yang tinggi. Selain dua zat tersebut, sayuran berwarna ungu juga mengandung resveratrol, antosianin, dan asam elagik.

Related Post