Kelompok Kacang-Kacangan Yang Memiliki Kandungan Protein Tinggi Antara Lain?

Kelompok Kacang-Kacangan Yang Memiliki Kandungan Protein Tinggi Antara Lain
Ada banyak sekali makanan yang mengandung sumber protein. Kamu tak perlu makan daging untuk mendapatkan sumber nutrisi protein, karena ternyata ada banyak makanan nabati yang bisa memenuhi kebutuhan protein harianmu. Yuk kenali satu-satu.

    Kacang-kacangan Kelompok kacang-kacangan seperti misalnya kacang tanah, kacang almond, kacang kedelai, kacang mede, kacang merah, dan kacang polong punya kandungan protein tinggi yang bisa memenuhi kebutuhan protein setiap hari. Tahu dan tempe Tahu tempe yang berbahan dasar kedelai memang terkenal kaya protein, sudah tak diragukan lagi. Mudah didapat dan harganya murah. Tahu dan tempe bisa jadi makanan harian untuk memenuhi kebutuhan protein. Begitu pula dengan Susu kedelai yang kaya protein. Sayuran berdaun hijau Sayuran berdaun hijau seperti bayam, sawi, kangkung, selada, dan brokoli adalah yang paling kaya protein. Ditambah lagi sayuran ini kaya serat dan antioksidan. Biji-bijian Biji-bijian seperti kuaci, biji labu, biji semangka juga punya kandungan protein tinggi. Cocok dijadikan cemilan dan mengenyangkan. Telur Telur mungkin masih kelompok sumber protein hewani, tapi bukan daging. Dan telur bukan kaya protein dan membantu pembentukan otot tubuh, tapi juga enak sebagai menu diet.

Jadi, jika memang menghindari makan daging tapi tetap ingin bisa memenuhi kebutuhan protein harian, tak perlu bingung lagi mencari makanan apa ya di pasar.

    Kabar Baik! Ini Nih Karbohidrat Yang Tidak Akan Bikin Kamu Gemuk Mom, Berikut Makanan yang Wajib DiKonsumsi Saat Hamil Alasan Terong Tak Bisa Diremehkan Sebagai Makanan Sehat Kenalkan Telur & Kacang Saat Masih Bayi, Perkecil Risiko Alergi Makanan Kaya Protein, Bahaya kah Terlalu Banyak Makan?

(vem/feb)

Contents

You might be interested:  Sayuran Yang Mempunyai Manfaat Mencegah Dan Mengurangi Anemia Adalah?

Apakah kacang tanah mengandung protein yang tinggi?

Kacang tanah – Ilustrasi Kacang Tanah / Sumber: Pixabay Kacang tanah merupakan salah satu jenis kacang dengan profil protein yang sangat tinggi. Faktanya, kacang tanah memiliki kandungan protein tertinggi dari semua kacang yang biasa dikonsumsi. Kacang tanah bisa mengandung 9,5 gram protein per 37 gramnya.

Kacang-kacangan termasuk bahan pangan yang memiliki gizi apa saja yang tinggi?

KOMPAS. com – Walau ukurannya kecil, tapi kacang-kacangan adalah bahan makanan yang memiliki ragam nutrisi yang membuatnya layak disebut sebagai sahabat tubuh. Dengan harga yang jauh lebih murah dari protein hewani, kacang-kacangan memiliki kandungan protein dan asam amino esensial yang tinggi.

Bahan pangan ini juga bisa dijadikan sumber karbohidrat kompleks, vitamin, dan mineral. Kacang juga kaya akan lemak tek jenuh seperti omega 3. Zat ini mengurangi penimbunan lemak di pembuluh darah yang memicu penyumbatan pembuluh darah dan hipertensi. Serat yang tak larut air merupakan manfaat lain dari kacang.

Kacang merah dan kacang hijau memiliki kandungan serat tertinggi. Mengingat begitu banyak manfaat kacang, pada Sidang Umum Tahunannya yang ke 68, Perserikatan Bangsa-Bangsa menetapkan tahun 2016 sebagai Tahun Aneka Kacang Internasional. Inisiatif terhadap penetapan tersebut datang dari Pakistan dan Turki melalui konsultasi dengan negara-negara lain.

Para negara tersebut percaya bahwa kacang-kacangan memegang peranan penting guna menghadapi tantangan keamanan pangan dan perubahan iklim yang sekaligus berkontribusi pada pasokan sumber makanan yang seimbang dan sehat. Masyarakat Indonesia, terutama mereka yang tinggal di kawasan timur mengkonsumsi kacang-kacangan sebagai bagian dari makanan pokok mereka.

Di Nusa Tenggara Timur, catemak jagung merupakan makanan pokok tradisional yang dibuat dari jagung dan kacang-kacangan. “Sudah tiba saatnya bagi kita untuk kembali dan mempromosikan kekayaan dan keberagaman Indonesia melalui berbagai jenis masakan berbahan kacang-kacangan.

  • Acang-kacangan terbukti sebagai sumber nutrisi penting, menyehatkan, dan murah,” kata Jiwon Rhee, Associate Professional Officer di Perwakilan Organisasi Pangan dan Pertanian PBB di Indonesia.
  • Ekurangan pangan masih menjadi masalah utama bagi banyak orang dan rumah tangga di Indonesia, khususnya bagi mereka yang tinggal di daerah miskin, dimana daging, produk susu, dan ikan sulit dijangkau secara ekonomis.
You might be interested:  Sayuran Yang Dapat Menangkal Serangan Virus Flu Dan Sariawan Adalah?

Dengan demikian, kacang-kacangan dapat menjadi solusi masalah kekurangan pangan yang terjadi. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas. com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas. com News Update”, caranya klik link https://t.

Apakah kacang merah termasuk protein?

2. Kacang hijau dan kacang merah – Dalam 100 gram kacang hijau, terdapat sekitar 8,7 gram protein. Tidak hanya itu, kacang hijau juga mengandung lemak, karbohidrat, serat, zat besi, dan asam folat. Selain kacang hijau, kacang merah juga bisa dijadikan pilihan sumber protein nabati yang baik untuk anak.

Kacang tanah termasuk protein apa?

11 Protein Nabati Tertinggi

Kacang tanah Selain itu, sumber protein nabati yang satu ini juga memiliki kandungan karbohidrat, kolin, berbagai vitamin serta mineral.

Protein nabati tertinggi apa?

1. Kacang-kacangan – Sumber protein nabati pertama yang mudah diperoleh dan kandungan proteinnya cukup tinggi adalah kacang-kacangan. Beberapa jenis kacang yang dapat Anda konsumsi adalah kacang kedelai, kacang merah, kacang almond, atau kacang hijau.

Apakah pisang tinggi protein?

5. Pisang ambon – Buah yang satu ini paling sering jadi pencuci mulut, kadang dijadikan makanan untuk penunda lapar. Selain itu, pisang cukup populer dengan kandungan proteinnya. Sebanyak 100 gram pisang ambon, mengandung sekitar 1 gram protein. Zat gizi ini dimanfaatkan tubuh untuk membangun blok yang penting bagi struktur sel. Pisang juga mengandung zat gizi penting lainnya, seperti:

    9 mg vitamin C, 1,9 gram serat, 20 mg kalsium, dan 30 mg fosfor.

Kalsium dan fosfor bekerja sama untuk membangun tulang dan gigi. Sementara serat bisa menyehatkan sistem pencernaan karena memberi makan pada bakteri-bakteri baik di usus. Sama seperti buah lain, vitamin C pada pisang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga Anda tidak gampang sakit.

Apakah kacang hijau mengandung protein nabati?

5. Kacang hijau – Masih dari kelopok kacang-kacangan, makanan yang mengandung protein nabati selanjutnya yaitu kacang hijau. Biasanya bahan makanan yang satu ini dijadikan makanan olahan seperti bubur kacang hijau. Setelah di masak, kacang hijau akan memiliki tekstur yang lembut dan mekar.

You might be interested:  Jelaskan Kandungan Yang Terdapat Dalam Sayuran Berwarna Ungu?

Kacang tanah termasuk protein apa?

Kacang tanah Selain itu, sumber protein nabati yang satu ini juga memiliki kandungan karbohidrat, kolin, berbagai vitamin serta mineral.

Berapa persen kandungan protein dalam kacang tanah?

Jenis kacang yang satu ini sering banget dianggap remeh. Kamu pastinya akan lebih memilih untuk mengonsumsi kacang almond, mete, macadamia, dan kenari dibandingkan dengan kacang tanah. Padahal protein kacang tanah lebih tinggi dibadingkan dengan daging dan telur. Kelompok Kacang-Kacangan Yang Memiliki Kandungan Protein Tinggi Antara Lain Kacang tanah biasa dikonsumsi sebagai bahan utama bumbu gado-gado, ketoprak, dan asinan. Di luar makanan tersebut, jarang orang mau mengonsumsi kacang tanah sebagai camilan. Kacang mede atau kedelai goreng akan lebih diminati sebagai kudapan dibandingkan dengan kacang tanah goreng.

  1. Mungkin kamu baru bisa menemukan kacang tanah goreng sebagai kudapan saat Hari Raya Lebaran.
  2. Sebagian besar orang menghindari kacang karena menganggap kacang merupakan penyebab timbulnya jerawat.
  3. Padahal jerawat timbul karena adanya timbunan minyak berlebih pada lapisan kulit dan kurang terjaganya kebersihan wajah.

Jadi kacang sumber jerawat hanya mitos belaka. Kacang tanah masuk ke Indonesia sekitar abad ke-17. Kacang tanah mengandung lemak (40%-50%), protein (27%), karbohidrat, lesitin, kolin, berbagai vitamin serta mineral. Tahukah kamu kalau lemak dalam kacang tanah merupakan pencuci perut alami terbaik? That’s why orang diare “haram” hukumnya mengonsumsi makanan yang mengandung kacang tanah. Nggak cuma diolah menjadi bumbu masakan, kamu juga bisa mengolah kacang tanah untuk menjadi berbagai jenis kue ataupun selai. Susah untuk mengolah kacang tanah menjadi kue, mungkin selai adalah salah satu sumber makanan dari kacang tanah yang paling mudah didapat.

Berapa persen kandungan protein kacang tanah?

Marzuki (2009) menyatakan bahwa kacang tanah mengandung lemak 40-50%, protein 27%, karbohidrat 18%, dan vitamin.

Berapa protein kacang tanah goreng?

Berdasarkan data Kemenkes RI (TKPI), setiap 100 gram ‘ Kacang tanah, goreng ‘ mengandung 106 mg kalsium dan 25,5 gram protein.

Related Post