Jenis Sayuran Yang Mengandung Vitamin K?

Jenis Sayuran Yang Mengandung Vitamin K
Vitamin K termasuk dalam golongan vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin K digolongkan dalam dua jenis yaitu vitamin K1 dan vitamin K2. Vitamin K memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti membantu menjaga kesehatan jantung, berguna dalam proses pembekuan darah dan pembentukan tulang.

Fungsi vitamin K dalam pembekuan darah sangat berguna untuk mencegah terjadinya perdarahan yang berlebihan. Orang dengan gangguan pembekuan darah atau yang mengonsumsi obat pengencer darah harus memperhatikan asupan vitamin K. Vitamin K juga baik untuk kesehatan tulang karena membantu mengurangi risiko patah tulang.

Kebutuhan vitamin K untuk tiap orang berbeda-beda sesuai usia dan jenis kelamin. Jumlah yang disarankan adalah sebesar 120 mcg untuk pria dan 90 mcg untuk wanita. Dilansir dari Verywellfit, sumber vitamin K dapat diperoleh dari makanan nabati, beberapa produk hewan dan juga keju.

  • Amu juga bisa mendapatkan vitamin K dari beberapa jenis buah dan sayuran berikut ini.1.
  • Bayam Satu cangkir bayam mengandung lebih banyak vitamin K dibanding jumlah yang disarankan untuk kebutuhan tubuh orang dewasa.
  • Bayam juga bagus untuk memenuhi kebutuhan protein nabati bagi yang menjalani diet vegan dan vegetarian.2.

Kiwi Kiwi adalah buah dengan kandungan vitamin K yang tinggi. Selain itu, buah kiwi juga mengandung vitamin C, vitamin E, potasium, folat dan lain-lain. Buah kiwi juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan.3. Buncis Buncis kaya akan nutrisi dan cukup mudah ditemukan di sekitar kita.

Mengonsumsi buncis sangat baik untuk mendukung asupan vitamin K bagi tubuh.4. Kubis Kubis termasuk sayuran yang rendah kalori, karbohidrat dan lemak. Indeks gikemiknya pun kecil. Jika kamu ingin memperoleh manfaat vitamin K, kamu bisa memasukkan kubis ke dalam daftar menu harian makananmu.5. Asparagus Selain mengandung vitamin K, asparagus juga penuh nutrisi dan kandungan folat serta fiber.

Asparagus juga memiliki kandungan protein.6. Brokoli Brokoli tergolong sayuran berkalori rendah, sehingga banyak dipergunakan untuk menu bagi yang sedang melakukan diet rendah kalori. Selain itu, brokoli baik untuk kesehatan jantung dan mengurangi risiko terserang penyakit dan tentu saja brokoli menawarkan manfaat dari vitamin K.7.

Kale Kale sering disebut sebagai super food dengan kandungan nutrisi yang tinggi. Dalam kale terdapat mineral dan berbagai vitamin termasuk juga vitamin K tentunya. Itulah beberapa sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin K. Kamu dapat mempertimbangkannya untuk menjadi bagian dalam daftar makanan yang kamu konsumsi.

Namun, tetap juga perhatikan agar tidak berlebihan dan tidak mengabaikan jenis makanan lain agar tidak mengalami kekurangan jenis vitamin dan mineral yang lainnya.

vitamin K ada pada buah apa?

Balanced Diet – Frutarian sudah banyak mengenal tentang vitamin K? Mungkin ada beberapa di antara kamu yang masing asing dengan nutrisi yang satu ini. Nah, vitamin K adalah nutrisi yang diproduksi dalam usus oleh bakteri-bakteri yang hidup di dalamnya.

Selanjutnya tubuhmu akan menimpannya pada organ hati dan jaringan lemak yang dimanfaatkan untuk pembekuan darah, dan memaksimalkan kesehatan tulang. Huruf ‘K’ pada vitamin ini diambil dari bahasa Jerman yaitu Koagulationsvitamin. Tahukah kamu? Kekurangan vitamin K memang jarang terjadi. Namun, bila tubuhmu kekurangan vitamin ini, pada umumnya kamu akan mengalami pendarahan pada gusi atau mimisan.

Agar tubuhmu juga mendapatkan nutrisi ini, yuk konsumsi beberapa makanan bergizi sebagai sumber vitamin K berikut ini:

    Bumbu dapur

Daun basil adalah contoh bumbu masakan yang memiliki kandungan vitamin K tinggi. dalam 1 ons daun basil kering terdapat 410 mg vitamin K. Bumbu lainnya yang mengandung vitamin ini ialah oregano.

    Makanan berbahan kedelai
You might be interested:  Alat Yang Digunakan Untuk Memudahkan Mengupas Buah Dan Sayuran Adalah?

Makanan seperti tahu dan tempe adalah santapan murah meriah nan menyehatkan. Makanan tersebut bisa membantumu mendapatkan kebutuhan vitamin K setiap hari. Baik dijadikan cemilan atau sajian, makanan dari kedelai wajib diperhitungkan dalam menu sehatmu.

    Sayuran

Vitamin K tertinggi pada sayuran terdapat pada sayuran yang berdaun seperti bayam dan selada.100g bayam yang telah dimasak memiliki sekitar 490 mikrogram vitamin K. Sayuran lain sebagai sumber nutrisi ini ialah kol, asparagus, dan brokoli.

    Buah-buahan

Buah-buahan seperti kiwi, blueberry, dan blackberry baik untuk membantu proses pencernaan dan juga sumber vitamin K terbaik. Dalam satu cangkir blueberry terdapat 35 mikrogram vitamin K. Dapatkan pula nutrisi ini dari buah-buahan lainnya seperti alpukat dan pomegranate.

Vitamin K sangat dibutuhkan terutama untuk mencegah terjadinya pendarahan pada orang-orang penyandang penyakit hati atau liver. Di samping itu, vitamin ini juga baik untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Jadi, ingatkan selalu dirimu, keluarga, dan mereka yang kamu sayangi untuk memenuhi tubuh akan vitamin K setiap hari ya! Source link: http://www.

livestrong. com/article/352913-list-of-vitamin-k-rich-foods/ http://www. livestrong. com/article/85747-natural-sources-vitamin-k / http://umm. edu/health/medical/altmed/supplement/vitamin-k USDA: Basil, fresh USDA: Spinach, cooked, boiled, drained, without salt USDA: Blueberry, raw USDA: Blackberries, raw

vitamin K fungsinya untuk apa?

Halodoc, Jakarta – Salah satu manfaat vitamin K yang telah banyak diketahui adalah menjaga kesehatan tulang. Vitamin K memegang peranan vital dalam mencegah osteoporosis dan menjaga kepadatan mineral tulang. Tulang kita mencapai kekuatan dan kepadatan maksimal ketika usia 20-30 tahun.

  1. Setelah itu, pembentukan tulang mulai menyusut dan kepadatan mineral tulang mulai berkurang.
  2. Arena itu, osteoporosis biasanya muncul di usia 50-an dan juga banyak ditemui pada wanita pascamenopause.
  3. Mencukupi kebutuhan vitamin K berarti menjaga agar tulang tetap sehat, dan kita tak mengalami masalah tulang meski sudah beranjak ke usia senja.

Nah selain itu, masih banyak manfaat vitamin K bagi tubuh. Ini empat di antaranya.1. Membantu Proses Pembekuan Darah Manfaat vitamin K yang tak kalah penting dari menjaga kesehatan tulang adalah perannya dalam proses pembekuan darah. Berkat vitamin K, darah yang mengalir saat tubuh kita terluka bisa berhenti dengan sendirinya.

Selain perdarahan eksternal, vitamin K juga berperan penting untuk menghentikan perdarahan internal. Bagi wanita, rutin mengonsumsi makanan kaya vitamin K juga baik untuk menghentikan perdarahan berlebih saat menstruasi, bahkan hingga mengurangi rasa nyeri saat menstruasi.2. Mencegah Kanker Prostat dan Kanker Paru-Paru Selain untuk aliran darah, vitamin K juga bermanfaat untuk mencegah kanker, terutama kanker prostat dan paru-paru.

Penemuan ini didapat lewat sebuah studi yang dipublikasikan di American Journal Clinical Nutrition, Penelitian ini melakukan penelitian selama sepuluh tahun terhadap 24.340 orang Jerman berusia 25 sampai 64 tahun. Ternyata, orang yang rutin mendapat asupan vitamin K dari makanan seperti sayuran hijau, memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk terserang kanker, dibandingkan dengan orang yang jarang mengonsumsi makanan kaya vitamin K.

  • Baca juga: 5 Makanan Sehat untuk Mengobati Kanker Prostat 3.
  • Memperlancar Aliran Darah dan Mencegah Arterosklerosis Ada manfaat vitamin K yang tak kalah penting dari menjaga agar kalsium tetap berada dalam tulang.
  • Peran vitamin K, terutama vitamin K 2 sangat vital dalam mengatur agar kalsium tidak menetap di pembuluh darah.

Karena, kalsium yang menumpuk di pembuluh darah bisa menyebabkan arterosklerosis, yaitu penebalan dan penyempitan pembuluh darah. Vitamin K membantu mengantarkan kalsium dari darah ke tulang. Sehingga, tak hanya membantu menguatkan tulang, tapi vitamin K juga mengatasi sumbatan kalsium di aliran darah dan mencegah arterosklerosis.4.

  • Menjaga Kesehatan Jantung Penyakit jantung umumnya disebabkan oleh aliran darah yang tidak lancar, terutama pada pembuluh darah di sekitar jantung.
  • Selain lemak, aliran darah juga bisa tersumbat akibat timbunan kalsium, dan vitamin K memegang peran penting dalam membawa kalsium agar tidak menumpuk di pembuluh darah.

Baca juga: 8 Makanan Ini Sehatkan Jantungmu Penelitian yang dilakukan pada tahun 2015 oleh Dr. Katarzyna Maresz, koordinator International Science and Health Foundation in Krakow membuktikan bahwa salah satu jenis vitamin K, yaitu vitamin K 2 bisa menunjang kesehatan jantung.

Apakah wortel mengandung vitamin K?

Wortel – Jenis Sayuran Yang Mengandung Vitamin K Tidak hanya brokoli dan kedelai, Anda bisa memilih wortel sebagai makanan yang mengandung vitamin K. Dalam 6 ons wortel, Anda bisa mendapat 28 mcg vitamin K. Wortel juga terkenal memiliki banyak beta karoten sehingga kesehatan mata Anda bisa terjaga. Dengan mengonsumsi wortel secara rutin, sistem imun tubuh, metabolisme, dan kesehatan kulit akan meningkat.

You might be interested:  Yang Tergolong Sayuran Berupa Buah Berikut Ini Adalah?

Apakah bayam mengandung vitamin K?

Anda bisa mendapatkan asupan protein, serat, vitamin A, C, asam folat, kalsium, dan zat besi hanya dengan menyertakan sayuran ini ke dalam menu sehari-hari. Bayam juga merupakan makanan yang banyak mengandung vitamin K, khususnya dalam bentuk vitamin K1.

Apakah tomat mengandung vitamin K?

3. Vitamin K – Vitamin pada tomat lain yang kadarnya cukup mengesankan adalah vitamin K, Vitamin tomat ini berperan vital dalam proses pembekuan darah serta terlibat dalam pemeliharaan kesehatan tulang. Setiap buah tomat yang berukuran sedang mengandung vitamin K dengan kadar 9,7 mikrogram. Kadar ini sudah dapat memenuhi 12% dari kebutuhan harian tubuh.

Apakah kuning telur mengandung vitamin K?

9 Manfaat Kuning Telur untuk Kesehatan: Kaya Zat Besi, Vitamin B12, dan Vitamin K.

Apa yang terjadi jika tubuh kekurangan vitamin K?

Perdarahan hebat – Tubuh membutuhkan vitamin K untuk memproduksi protein tertentu yang berperan dalam proses pembekukan darah. Ketika tubuh kekurangan vitamin K, maka produksi zat yang berfungsi untuk membekukan darah pun akan menurun. Akibatnya, Anda lebih berisiko mengalami perdarahan hebat.

Apakah alpukat mengandung vitamin K?

3. Alpukat – Freepik/dashu83 Selain lemak sehat dan serat makanan, alpukat juga dikemas dengan barang lain yang dibutuhkan tubuh anak saat masa pertumbuhan dan perkembangan, termasuk setengah buah alpukat atau satu buah alpukat berukuran medium sekitar 100 gram, mengandung 21 mcg Vitamin K.

Alpukat juga merupakan sumber nutrisi yang baik, termasuk kandungan Folat, Magnesium, Kalium, Riboflavin (Vitamin B2), Niasin (Vitamin B3), Asam Pantotenat (Vitamin B5), Pyridoxine (Vitamin B6), Vitamin C, dan Vitamin E. Anak tidak dapat menggunakan nutrisi dari makanannya, kecuali tubuh mampu menyerapnya dan menggunakannya untuk bekerja.

Nah, buah alpukat dapat membantu dalam penyerapan nutrisi, yang bertindak sebagai mengirimkan nutrisi secara langsung dan penyerapan nutrisi yang larut dalam lemak.

Apa yang terjadi jika kelebihan vitamin K?

Kelebihan vitamin K jangka panjang dapat menimbulkan gejala seperti: sulit menelan, nafsu makan berkurang, sesak napasm sakit kepala, ruam pada kulit, keringat berlebih, gangguan cemas hingga kaku otot. Patogenesis efek toksik baik vitamin B maupun vitamin K belum diketahui secara jelas, karena kurangnya bukti ilmiah.

Apakah biji bijian mengandung vitamin K?

MOMSMONEY. ID – Ada banyak manfaat mengonsumsi biji-bijian bagi kesehatan tubuh. Mulai dari menyehatkan pencernaan, menurunkan risiko penyakit jantung, hingga membantu cegah obesitas. Beberapa contoh biji-bijian yang cukup familiar di Indonesia adalah biji bunga matahari, kacang-kacangan, dan gandum.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini adalah manfaat mengonsumsi biji-bijian untuk kesehatan tubuh Anda, antara lain: Baca Juga: Kenali Bahayanya! Inilah 5 Makanan Pemicu Kanker yang Harus Dihindari 1. Mengurangi risiko obesitas Manfaat mengonsumsi biji-bijian untuk kesehatan yang pertama adalah mengurangi risiko obesitas.

Makan makanan kaya serat dapat membantu kamu kenyang lebih lama dan mencegah makan berlebihan. Inilah salah satu alasan mengapa diet tinggi serat dianjurkan untuk menurunkan berat badan. Biji-bijian mengandung serat dalam jumlah yang tinggi, terutama biji-bijian utuh.

Ini berarti manfaat mengonsumsi biji-bijian juga termasuk mengurangi risiko obesitas.2. Mendukung pencernaan yang sehat Manfaat mengonsumsi biji-bijian untuk kesehatan yang kedua adalah mendukung pencernaan yang sehat. Serat dalam biji -bijian dapat mendukung pencernaan yang sehat dengan berbagai cara.

Pertama, serat membantu membuat feses menjadi lebih banyak dan menurunkan risiko sembelit. Kedua, beberapa jenis serat dalam biji-bijian bertindak sebagai prebiotik. Ini berarti mereka membantu memberi makan bakteri usus yang bermanfaat dan penting untuk kesehatan pencernaan.

Baca Juga: Musim Durian Tiba, Kenali Kandungan Nutrisi dan Manfaat Sebelum Mengonsumsinya 3. Menurunkan risiko penyakit jantung Manfaat mengonsumsi biji-bijian untuk kesehatan yang ketiga adalah menurunkan risiko penyakit jantung. Salah satu manfaat terbesar mengonsumsi biji-bijian adalah menurunkan risiko penyakit jantung.

Penyakit ini merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa mengonsumsi biji-bijian setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Baca Juga: Ambeien Mulai Kambuh? Ini 5 Cara Mencegahnya 4. Menurunkan risiko stroke Manfaat mengonsumsi biji-bijian untuk kesehatan yang keempat adalah menurunkan risiko store.

You might be interested:  Jenis Sayuran Berserat Yang Bisa Dibuat Makanan Dan Minuman Kesehatan?

Manfaat mengonsumsi biji-bijian utuh juga termasuk membantu menurunkan risiko stroke. Hal ini juga dibuktikan dalam penelitian pada 2015 yang dipublikasikan di International Journal of Clinical and Experimental Medicine. Salah satu kemungkinan alasan mengapa biji-bijian dapat menurunkan risiko stroke adalah karena kandungan senyawa di dalamnya.

Seperti serat, vitamin K, dan antioksidan. Nah, itulah beberapa manfaat mengonsumsi biji-bijian yang penting untuk diketahui. Karena manfaatnya sangat banyak, jangan lupa masukkan biji-bijian dalam menu makan sehari-hari. Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Kalium dan vitamin K apakah sama?

Sayuran hijau. pixabay. com/Mimzy “Yuk, makan sayur-mayur! Kaya akan vitamin K, lho. ” “Oh, potasium, kan?” Pernah dengar dialog seperti itu? Ya, kebanyakan orang mengira vitamin K sama dengan potasium. Memang, sih, sama-sama penting untuk tubuh kita. Namun, vitamin K dan potasium adalah dua zat gizi yang berbeda.

Wortel untuk penyakit apa?

2. Mencegah kanker – Wortel kaya akan berbagai jenis antioksidan, terutama lutein dan zeaxanthin yang merupakan jenis dari karoten. Zat ini terbukti mampu menurunkan risiko kanker. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan konsumsi jus wortel mampu memperlambat progres kanker prostat, paru-paru, dan leukemia.

Apa yang terjadi jika tubuh kekurangan vitamin K?

Perdarahan hebat – Tubuh membutuhkan vitamin K untuk memproduksi protein tertentu yang berperan dalam proses pembekukan darah. Ketika tubuh kekurangan vitamin K, maka produksi zat yang berfungsi untuk membekukan darah pun akan menurun. Akibatnya, Anda lebih berisiko mengalami perdarahan hebat.

Apakah alpukat mengandung vitamin K?

MOMSMONEY. ID – Cukup mudah menemukan makanan di sekitar kita yang mengandung vitamin K. Vitamin K adalah salah satu vitamin yang larut dalam lemak. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin K dibutuhkan tubuh karena berperan penting untuk mencegah pendarahan ketika mengalami luka.

Vitamin K merupakan salah satu nutrisi penting bagi kesehatan. Kekurangan vitamin K dapat meningkatkan risiko terkena osteoporosis dan penyakit jantung, serta menimbulkan sejumlah kondisi seperti mudah memar dan luka sulit sembuh. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin K agar dapat menjaga kesehatan tubuh.

Dikutip dari Healthline, rata-rata perempuan dewasa membutuhkan 90 mikrogram (mcg) vitamin K per hari, sementara laki-laki dewasa membutuhkan 120 mcg, Sayuran berdaun hijau mengandung jumlah vitamin K tertinggi. Di samping sayur, ada banyak sumber lainnya di sekitar dan tidak perlu pergi jauh-jauh untuk mendapatkannya. Jenis Sayuran Yang Mengandung Vitamin K Bayam memiliki banyak senyawa tanaman yang dapat meningkatkan kesehatan, seperti lutein, kaempferol, nitrat, quercetin, dan zeaxanthin. Bayam dapat mengurangi stres oksidatif, meningkatkan kesehatan mata, melawan kanker, dan mengatur tekanan darah. Baca Juga: 5 Manfaat Vitamin Secara Umum untuk Kesehatan Tubuh 2. Alpukat Jenis Sayuran Yang Mengandung Vitamin K Alpukat sangat bergizi dan mengandung beragam nutrisi, termasuk 20 vitamin dan mineral yang berbeda. Dalam 100 gram alpukat terdapat vitamin K2 6% dari nilai harian. Meskipun mengandung 9 gram karbohidrat, 7 di antaranya adalah serat, jadi hanya ada dua karbohidrat “bersih”, sehingga menjadikannya makanan nabati rendah karbohidrat yang ramah.3. Brokoli Jenis Sayuran Yang Mengandung Vitamin K Ada banyak jenis makanan yang bisa diolah dengan bahan dasar brokoli. Selain dapat menambah selera makan, brokoli juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Brokoli mengandung banyak vitamin dan mineral, termasuk folat, kalium, mangan, zat besi, dan vitamin C dan K1. Jenis Sayuran Yang Mengandung Vitamin K Kiwi adalah buah kecil yang mengandung banyak rasa dan banyak manfaat kesehatan. Kiwi juga penuh dengan nutrisi seperti vitamin C, vitamin K, vitamin E, folat, dan kalium. Kiwi jmemiliki banyak antioksidan dan merupakan sumber serat yang baik. Biji hitam kecil kiwi dapat dimakan, begitu pula dengan kulit cokelatnya, meskipun banyak yang lebih suka mengupas kiwi sebelum memakannya.

Apa yang terjadi jika kelebihan vitamin K?

Kelebihan vitamin K jangka panjang dapat menimbulkan gejala seperti: sulit menelan, nafsu makan berkurang, sesak napasm sakit kepala, ruam pada kulit, keringat berlebih, gangguan cemas hingga kaku otot. Patogenesis efek toksik baik vitamin B maupun vitamin K belum diketahui secara jelas, karena kurangnya bukti ilmiah.

Related Post