Daerah Yang Cocok Untuk Ditanami Sayuran Dan Buah-Buahan Yaitu?

Daerah Yang Cocok Untuk Ditanami Sayuran Dan Buah-Buahan Yaitu
Sayuran dan buah buahan merupakan tanaman yang cocok ditanam petani pada daerah dataran tinggi dan pegunungan. Kondisi ketinggian yang berbeda membuat adanya perbedaan kondisi tanam yang jelas bisa mempengaruhi jenis tanaman. Sehingga wilayah di ketinggian mempunyai tanaman yang jenisnya berbeda beda jika dibandingkan dengan tanaman yang ada di dataran rendah.

Apa yang ditanam di daerah dataran tinggi?

Jenis-jenis Sayuran Berdasarkan Ketinggian Tempat Tumbuhnya – Admin dkpp | 01 September 2020 | 43890 kali Sebelum menanam sayuran, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu kondisi lokasi yang digunakan. Pasalnya, tidak semua jenis sayuran bisa cocok ditanam di lokasi yang Anda gunakan. Salah satu hal yang harus diperhatikan dari kondisi lokasi adalah ketinggian tempat.

  • Etinggian lokasi sangat memengaruhi pertumbuhan tanaman sayur yang ditanam.
  • Tidak semua tanaman sayur dataran tinggi bisa ditanam di dataran rendah, hasil yang didapatkan akan jauh dari kata maksimal, bahkan bisa tidak menghasilkan sama sekali.
  • Sebaiknya sebelum menanam, Anda memerhatikan kriteria ketinggian tempat dari tanaman tersebut agar mampu tumbuh dengan optimal.

Berikut ini pembahasan lebih jelas mengenai jenis sayuran yang dibagi berdasarkan ketinggian tempat tumbuh tanaman. Sayuran dataran rendah Lokasi yang termasuk dalam kategori dataran rendah adalah lokasi yang memiliki permukaan tanah yang berada di level 0—600 meter di atas permukaan laut (mdpl).

  • Beberapa jenis tanaman sayur yang bisa tumbuh subur di dataran rendah adalah kangkung, bayam, terung, kacang panjang, dan kecipir.
  • Sayuran dataran tinggi Lokasi yang termasuk kategori dataran tinggi adalah lokasi yang memiliki permukaan tanah berada di atas ketinggian 600 mdpl.
  • Sayuran yang bisa tumbuh subur di dataran tinggi adalah wortel, buncis, kapri, kentang, kubis atau kol, dan selada.

Sayuran yang bisa di dataran tin g gi dan rendah Ada beberapa macam sayuran yang bisa tumbuh di dataran rendah dan tinggi. Tanaman tersebut biasanya memiliki varietas yang bsa ditanam di dataran rendah dan varietas yang bisa ditanam di dataran tinggi.

  • Misalnya, bayam, tomat, kol, kangkung, cabai, bawang bakung, pare, selada, sawi, terung, dan kol.
  • Seluruh komoditas tanaman sayuran tersebut memiliki varietas yang cocok ditanam di dataran tinggi dan dataran rendah.
  • Misalnya, ada varietas tanaman tomat yang bisa ditanam di dataran tinggi dan ada juga yang cocok ditanam di dataran rendah.

SUMBER : https://www. pertanianku. com/jenis-jenis-sayuran-berdasarkan-ketinggian-tempat-tumbuhnya/

Mengapa tanaman buah buahan dan sayuran banyak ditanam di daerah pegunungan atau dataran tinggi?

Sayur dan buah banyak ditanam di daerah dataran tinggi, karena kondisi topografi dan suhu wilayah tersebut yang paling cocok jika ditanami suyuran dan buah. Sayuran dan buah biasanya ditanam pada kondisi suhu udara yang sejuk dan dingin sehingga tanaman dapat tumbuh dengan baik.

  1. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.
  2. Sayur dan buah banyak ditanam di daerah dataran tinggi, karena kondisi topografi dan suhu wilayah tersebut yang paling cocok jika ditanami suyuran dan buah.
  3. Sayuran dan buah biasanya ditanam pada kondisi suhu udara yang sejuk dan dingin sehingga tanaman dapat tumbuh dengan baik.
You might be interested:  Sayuran Rebung Adalah Jenis Sayuran Yang Dikonsumsi Adalah Sayuran Jenis?

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Mengapa sayur sayuran tumbuh di dataran tinggi?

1.) Dimanfaatkan Sebagai Perkebunan – Kualitas tanah pada dataran tinggi ini sangat subur dan juga bagus apabila ditanami dengan bermacam jenis tumbuhan. Sehingga dataran tinggi ini banyak sekali dimanfaatkan sebagai lahan perkebunan. Banyak tanaman yang tumbuh subur di dataran tinggi umumnya seperti teh, kopi, sayur – sayuran, bahkan kina. Daerah Yang Cocok Untuk Ditanami Sayuran Dan Buah-Buahan Yaitu Daerah Yang Cocok Untuk Ditanami Sayuran Dan Buah-Buahan Yaitu Anda tentunya sering melihat perkebunan teh di daerah dataran tinggi, sedangkan untuk dataran tinggi di Dieng, perkebunan kentang menjadi mata pencarian penduduk yang berada di sana.

Daerah pegunungan cocok ditanami apa?

Pertanian berarti kegiatan manusia yang memanfaatkan sumber daya alam untuk menghasilkan bahan pangan, sumber enegeri, bahan baku industri, dan mengelola lingkungannya. Daerah pegunungan merupakan salah satu wilayah yang tanahnya cocok untuk kegiatan pertanian yaitu untuk budidaya tanaman sayuran seperti kol, tomat, wortel, kentang, teh, dan bakau, serta buah-buahan seperti apel dan strawberry.

  1. Tanah pegunungan cocok untuk pertanian karena berada di ketinggian lebih dari 600 meter di atas permukaan laut, suhunya sejuk, dan umumnya tanahnya subur.
  2. Pertanian berarti kegiatan manusia yang memanfaatkan sumber daya alam untuk menghasilkan bahan pangan, sumber enegeri, bahan baku industri, dan mengelola lingkungannya.

Daerah pegunungan merupakan salah satu wilayah yang tanahnya cocok untuk kegiatan pertanian yaitu untuk budidaya tanaman sayuran seperti kol, tomat, wortel, kentang, teh, dan bakau, serta buah-buahan seperti apel dan strawberry. Tanah pegunungan cocok untuk pertanian karena berada di ketinggian lebih dari 600 meter di atas permukaan laut, suhunya sejuk, dan umumnya tanahnya subur.

Usaha pertanian apa yang cocok di daerah dataran tinggi?

A. Perkebunan Kondisi fisik dataran tinggi yang berhawa sejuk dan letaknya yang relatif tinggi ( > 600 m di atas permukaan laut ) cocok untuk usaha perkebunan teh, kina, cengkih, kopi, buah-buahan, dan sayur-sayuran. Jenis tanaman ini akan tumbuh subur di daerah dataran tinggi. Hanya perlu hati-hati dalam pengolahan lahan untuk perkebunan. Kondisi fisik dataran tinggi rentan terhadap erosi tanah.b. Hortikultura Selain perkebunan, kegiatan ekonomi yang dapat diusahakan di dataran tinggi adalah pertanian hortikultura. Sistem pertanian ini dilakukan dengan cara memperbanyak jenis tanaman yang di tanam pada lahan pertanian. Dengan cara ini hasil panen akan meningkat, kegagalan panen dapat diperkecil, dan lahan tetap hijau ditumbuhi tanaman sehingga erosi tanah dapat dicegah. Pertanian hortikultura banyak diusahakan di Pulau Jawa dan Sumatra.c. Kehutanan Hutan akan tumbuh baik di dataran tinggi. Di Indonesia, hutan masih banyak tumbuh di Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Irian Jaya, dan sebagian kecil Jawa. Perekonomian penduduk Indonesia, terutama di luar Pulau Jawa, masih tergantung dari hasil hutan. Selain memanfaatkan berbagai jenis kayu, seperti jati, ulin, kruing, dan bangkirai, penduduk juga mengambil hasil hutan lainnya seperti rotan, damar, dan getah-getahan.d. Peternakan Di dataran tinggi yang berhawa sejuk dan dinging juga cocok untuk usaha peternakan. Jenis hewan yang diternakan atau dikembangbiakan adalah hewan yang mempunyai bulu tebal sehingga dapat mengatasi udara dingin. jangan lupa di jadikan jawaban terbaik ya., terimakasih

You might be interested:  Sebutkan Klasifikasi Sayuran Berdasarkan Bagian Tanaman Yang Dimakan?

Tomat apa yang cocok ditanam di dataran tinggi dan dataran rendah?

Tomat ( Lycopersicon esculentum L.) merupakan tanaman asli dari Amerika Tengah dan Selatan. Tanaman ini idealnya ditanam pada kisaran suhu 20-27oC dengan curah hujan sekitar 750-1250 mg per tahun. Secara umum tomat dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 0-1500 m dpl.

Mengapa di daerah dataran tinggi mudah ditanami tumbuhan?

Daerah Yang Cocok Untuk Ditanami Sayuran Dan Buah-Buahan Yaitu Pexels/Yosi Azwan Tanaman teh biasanya hidup di daerah dataran tinggi. Bobo. id – Tanaman teh biasanya kita temukan di wilayah dataran tinggi, Apakah lingkungan tersebut baik untuk tanaman ini? Perkebunan lebih cocok di dataran tinggi karena karakteristik daerah ini adalah bersuhu dingin.

Masih ingatkah kamu bagaimana lokasi dataran tinggi? Dataran tinggi adalah permukaan bumi yang memiliki ketinggian 500 meter di atas permukaan laut. Dataran tinggi biasanya kita temukan di sekitar pegunungan atau dan memiliki suhu lingkungan yang dingin. Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 4 SD Tema 3, Apa Kewajiban Kita Terhadap Tumbuhan Sekitar? Dengan suhu yang dingin ini, beberapa jenis tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan subur.

Perkebunan apa yang biasa kamu temukan di daerah dataran tinggi? Ada perkebunan teh, perkebunan kopi, stroberi, dan sebagainya. Pada materi pelajaran tematik kelas 4 SD tema 3, teman-teman akan mempelajari mengenai habitat tumbuhan. Terdapat pertanyaan yang berbunyi, lingkungan seperti apa yang baik untuk tanaman teh? Yuk, temukan kunci jawaban pertanyaan dari penjelasan berikut ini! Tempat Hidup Tanaman Teh Teh atau Camelia sinensis biasanya hidup di daerah tropis dengan ketinggian 200 hingga 2000 meter di atas permukaan laut.

  • Suhu yang baik untuk pertumbuhan tanaman ini adalah 13 sampai 15 derajat Celcius.
  • Tanaman teh dapat mengalami pertumbuhan yang subur dipengaruhi oleh suhu dan sinar matahari.
  • Tanaman teh yang terpapar suhu yang terlalu panas, justru sulit untuk dapat tumbuh subur.
  • Baca Juga: Identifikasi Setiap Bagian Tumbuhan Beserta Fungsinya, Materi Kelas 4 SD Tema 3 Tanaman ini dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 9 meter, khususnya untuk jenis Teh Jawa dan Teh Tiongkok.

Teh dengan kualitas yang tinggi biasanya ditanam dengan ketinggian 1500 meter, supaya dapat menghasilkan rasa yang berkualitas. Tanaman teh biasanya dibudidayakan di iklim tropis dan subtropis. Tahukah kamu, tanaman teh yang tidak dipangkas akan bertumbuh tinggi hingga menjadi pohon, lo.

Namun, jika tujuan penanamannya untuk budidaya, maka harus dipangkas sehingga lebih mudah memetik daunnya. Perkebunan Teh di Indonesia Di Indonesia, terdapat banyak perkebunan teh yang dibudidayakan untuk kebutuhan masyarakat. Bahkan beberapa di antaranya juga dikunjungi untuk dinikmati keindahannya. Berikut perkebunan teh yang ada di Indonesia.

– Kebun Teh Wonosari, Malang, Jawa Timur – Kebun Teh Ciater, Subang – Kebun Teh Kertowono, Lumajang, Jawa Timur Baca Juga: Mengapa Melakukan Kewajiban untuk Merawat Tanaman Itu Penting? Materi Kelas 4 SD Tema 3 – Kebun Teh Kaligua, Brebes, Jawa Tengah – Kebun Teh Bahbutong, Simalungun, Sumatera Utara – Kebun Teh Malino, Gowa, Sulawesi Selatan – Kebun Teh Gunung Mas, Bogor, Jawa Barat Nah, itulah penjelasan mengenai lingkungan yang baik untuk pertumbuhan tanaman teh dan contoh kebun teh di Indonesia.

Apa yang dimaksud dengan daerah dataran rendah?

Dataran rendah adalah hamparan luas tanah dengan tingkat ketinggian yang di ukur dari permukaan laut adalah relatif rendah (sampai dengan 200 mdpl). Istilah ini diterapkan pada kawasan manapun dengan hamparan yang luas dan relatif datar yang berlawanan dengan dataran tinggi.

You might be interested:  Sayuran Dibawah Ini Yang Berupa Batang Adalah?

Apakah yang dimaksud dengan dataran tinggi dan berikan contohnya?

Jawaban: Dataran tinggi/pegunungan merupakan bagian permukaan bumi yang mendatar dan terletak pada ketinggian lebih dari 600 m di atas permukaan laut, sedangkan dataran rendah merupakan bagian permukaan bumi di daerah rendah dan biasanya mendekati daerah pantai. Penjelasan:

    Dataran Tinggi Alas dan Gayo di Aceh. Dataran Tinggi Kayo di Sumatera Utara. Dataran Tinggi Agam di Sumatera Barat. Dataran Tinggi Pangalengan di Jawa Barat. Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah. Dataran Tinggi Ijen di Jawa Timur.

Apa yang dapat dimanfaatkan dari dataran tinggi?

Daerah Yang Cocok Untuk Ditanami Sayuran Dan Buah-Buahan Yaitu Photo by Christian Heitz from Pexels Dataran tinggi dapat dimanfaatkan sebagai tempat wisata atau usaha perkebunan. Bobo. id – Dataran tinggi memiliki karakteristik atau ciri-ciri yang berbeda dengan daerah lainnya. Apa yang kamu ketahui tentang dataran tinggi ? Dataran tinggi adalah permukaan bumi yang datar dengan ketinggian 500 meter di atas permukaan laut.

  • Dataran tinggi biasanya kita temukan di sekitar pegunungan atau dan memiliki suhu lingkungan yang dingin.
  • Teman-teman, memasuki materi tematik tema 3 ini, kamu akan mempelajari tentang “Peduli Terhadap Makhluk Hidup”.
  • Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 4 SD Tema 3, Mengisi Tabel ‘Pantai’ Berdasarkan Teks Bacaan Pada buku tematik kelas 4 SD tema 3 halaman 5, terdapat teks yang berisi penjelasan mengenai pantai, dataran tinggi, dan dataran rendah.

Setelah mengamati teks bacaan tersebut, kamu akan menemukan tabel yang harus diisi sesuai dengan hasil pengamatan. Tabel ini mencakup karakteristik dataran tinggi berupa lokasi, ciri-ciri, sumber daya alam, manfaat, dan mata pencaharian penduduk. Nah, untuk menemukan kunci jawaban dari tabel tersebut, mari kita simak penjelasan berikut ini.1.

Lokasi Dataran Tinggi Dataran tinggi merupakan dataran yang berlokasi di daerah pegunungan dengan ketinggian 500 meter di atas permukaan laut. Dataran tinggi juga disebut dengan plato dengan ketinggian mencapai 700 meter di atas permukaan laut. Oleh karena itu, biasanya dataran tinggi bersuhu dingin.2.

Ciri-Ciri Dataran Tinggi Dataran tinggi memiliki ciri bentuk permukaan alam yang bergelombang atau berbukit. Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 4 SD Tema 3, Tabel Karakteristik Dataran Rendah Berdasarkan Teks Bacaan Suhu lingkungan dataran tinggi merupakan suhu yang dingin, berbeda dengan pantai dan dataran rendah.

Walaupun bersuhu dingin, ternyata kelembapan udara di wilayah dataran tinggi juga rendah, lo, teman-teman. Dengan begitu, tidak semua jenis tanaman cocok ditanam di daerah seperti ini.3. Sumber Daya Alam Pada daerah dataran tinggi, sumber daya alam yang bisa kita temukan adalah perkebunan dan sumber mata air.

Beberapa jenis tanaman cocok tumbuh di wilayah dataran tinggi yang suhunya dingin dan kering. Adapun contoh perkebunan yang cocok tumbuh di dataran tinggi antara lain perkebunan teh, perkebunan kopi, perkebunan apel, perkebunan stroberi, dan perkebunan tembakau.

  • Amu juga bisa menemukan sumber mata air di sini, karena letaknya yang berdekatan dengan pegunungan.
  • Sumber mata air dari dataran tinggi juga terasa lebih segar dan aman dari berbagai macam bakteri.4.
  • Manfaat Dataran Tinggi Dataran tinggi biasanya dimanfaatkan untuk usaha perkebunan, pertanian, dan wisata.

Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 4 SD Tema 2, Mengapa Harus Melaksanakan Kewajiban Dahulu Sebelum Mendapatkan Hak? Dengan kenampakan alam yang indah dan hijau, tidak heran wilayah ini dimanfaatkan sebagai tempat wisata.

Related Post