Cara Memasak Oncom Yang Enak?

Cara Memasak Oncom Yang Enak
Oncom merupakan makanan khas Indonesia, namun lebih populer di Jawa Barat. Oncom sendiri terbuat dari bungkil tahu yaitu kedelai yang telah diambil proteinnya. Meski begitu kandungan gizi untuk bahan pembuatan oncom masih sangat tinggi. Cara mengolah yang paling gampang, tapi tetap enak yakni di tumis dengan leunca.

Rasa oncom seperti apa?

2. Rasa dan aroma – Perbedaan oncom dan tempe juga ada pada rasa serta aromanya. Umumnya oncom memiliki rasa dan aroma yang lebih kuat daripada tempe. Selain itu teksturnya pun lebih berbulir dan agak lebih kasar. Jika tidak terbiasa, barangkali kamu kurang menyukai oncom karena aroma dan rasanya yang unik. Baca juga:

    Resep Cireng Isi Oncom Mercon, Camilan Akhir Pekan buat Pencinta Pedas 3 Jenis Kacang Pengganti Kedelai untuk Membuat Tahu dan Tempe

Apakah oncom ada gizinya?

Berdasarkan data Kemenkes RI (TKPI), setiap 100 gram ‘ Oncom ‘ mengandung 115 mg fosfor, 13,0 gram protein, 27,0 mg besi dan 1,6 mg niasin. Ini menunjukkan bahwa kandungan fosfor, protein, besi dan niasin termasuk tinggi dan cukup tinggi. Menguatkan otot ➠ Manfaat dari tingginya kandungan protein, fosfor dan besi.

Apa beda oncom merah dan hitam?

Saat ini dikenal dua jenis oncom, yaitu merah dan hitam. Perbedaan kedua jenis oncom tersebut terletak pada jenis kapang. Oncom merah dihasilkan oleh kapang Neurospora sitophila yang mempunyai strain jingga, merah, merah muda, dan warna peach. Sedangkan oncom hitam dihasilkan oleh kapang Rhizopus oligosporus.

Bolehkah oncom disimpan di kulkas?

Cara Memasak Oncom Yang Enak Brilio. net – Oncom adalah makanan yang terbuat dari kedelai. Umumnya berbentuk persegi panjang dan permukaannya tidak rata. Oncom dibuat melalui proses fermentasi, sebab itu oncom dipenuhi lapisan jamur. Oncom sering diolah menjadi berbagai jenis masakan seperti sambal oncom, goreng-gorengan, dan lainnya.

Beberapa dari kamu yang suka membeli oncom mungkin akan khawatir jika oncom belum dimasak bisa tidak awet dan mudah basi. Karena oncom yang tidak disimpan dengan cara yang benar hanya akan bertahan selama satu sampai dua hari. Penasaran bagaimana cara menyimpan oncom yang baik dan benar? Berikut brilio.

net rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (11/5), 5 cara menyimpan oncom supaya lebih tahan lama.1. Beli oncom yang masih segar. Cara Memasak Oncom Yang Enak foto: Instagram/@zachdurham77 Sebaiknya kamu membeli oncom yang masih segar. Ciri-ciri oncom segar yaitu teksturnya padat dan keras. Oncom yang masih segar memunculkan aroma kacang kedelai yang kuat.2. Sangrai oncom. Cara Memasak Oncom Yang Enak foto: Instagram/@whitecancan Jika kamu ingin oncom lebih awet, sebaiknya sangrai terlebih dahulu sebelum disimpan. Dengan begitu, oncom akan memiliki aroma yang lebih enak saat dimasak nanti. Tekstur oncom juga akan menjadi lebih kering.3. Simpan di wadah kering dan tertutup. Cara Memasak Oncom Yang Enak foto: Instagram/@sopian1390 Simpan oncom di wadah yang kering dan tertutup. Setelah itu kamu dapat menyimpannya di lemari es. Cara ini akan membuat oncom awet hingga dua sampai tiga hari.4. Kukus oncom. Cara Memasak Oncom Yang Enak foto: Instagram/@kuliner_riaa Selain dengan cara disangrai, kamu dapat mengukus oncom terlebih dahulu sebelum disimpan.

You might be interested:  Yang Termasuk Sayuran Akar Adalah . . .?

Berapa lama oncom bertahan di kulkas?

Simpan di kulkas dalam wadah tertutup Menyimpannya di dalam kulkas bisa membuat oncom tahan paling tidak 1-3 hari.

Tempe gembus dan oncom apakah sama?

Hasil Akhir Tempe Foto: Thinkstock Tempe merupakan makanan khas Indonesia yang sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda, bahkan makanan ini juga dapat ditemukan di luar negeri. Pembuatannya yang mudah, kerap menjadikan tempe sebagai produk rumah tangga yang murah dan lezat.

Maka tak heran, jika warga Indonesia yang tinggal di luar negeri pun bisa membuatnya sendiri di rumah; asalkan ada bahannya seperti kacang kedelai dan ragi. Selain tempe yang kita kenal sehari-hari, masyarakat Tanah Air juga mengenal sajian tempe gembus. Ya, tempe satu ini merupakan bentuk lain dari tempe yang biasa kita makan.

Makanan ini banyak ditemukan di daerah Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Di Banyumas, tempe ini dikenal dengan nama tempe gajes, sedangkan di Jawa Timur sebutannya adalah tempe menjes, Meski penyebutannya berbeda-beda, namun bahan pembuatan tempe gembus ini tetaplah sama yakni ampas tahu.

Dahulunya sebelum Indonesia merdeka ampas tahu tersebut biasa digunakan sebagai pakan ternak, ikan hingga untuk membersihkan lantai rumah. Namun, sekitar tahun 1943, tempe gembus mulai dikenal sebagai makanan masyarakat setempat. Dijadikannya tempe gembus sebagai makanan sehari-hari ini karena memang pada saat itu masyarakat Indonesia sedang kekurangan bahan makanan.

Sedang memuat. 0 01 April 2020 Sayangnya, dibandingkan dengan jenis tempe pada umumnya, tempe gembus memiliki kandungan nutrisi yang lebih rendah. Karena berasal dari fermentasi ampas tahu, maka protein dalam tempe gembus tidak sebanyak pada sajian tempe biasa yang benar-benar menggunakan kacang kedelai sebagai bahan utamanya.

Meskipun begitu, tempe gembus rendah lemak dengan kadar serat yang justru lebih tinggi, dan mengandung asam lemak esensial, serta isoflavon. Sehingga disinyalir tempe ini bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, mendukung fungsi otak, dan menjaga kesehatan jantung. Dalam kesehariannya, tempe gembus kerap dijadikan berbagai macam olahan mulai dari digoreng, ditumis, dan dibuat menjadi sajian kuah.

Sepintas makanan yang juga mirip dengan oncom, hanya saja tidak berwarna oranye ini memiliki cita rasa yang ringan, lembut, dan gurih. Jika kamu suka, tempe gembus juga bisa dimasak bersama daun melinjo, ikan teri, dan leunca yang kemudian ditumis bersama irisan rawit merah, bawang merah, serta bawang putih.

Apakah makan oncom bikin gemuk?

5. Membantu mengontrol berat badan – Kandungan gizi oncom cocok untuk Anda yang ingin menjaga berat badan. Pasalnya, oncom kaya akan protein dan lemak menyehatkan yang membuat Anda kenyang lebih lama. Alhasil, Anda juga tidak makan secara berlebihan. Beberapa studi juga menyebutkan bahwa bakteri tertentu dalam makanan fermentasi mungkin membantu menurunkan berat badan dan lemak perut.

Bolehkah penderita kolesterol makan oncom?

LINGKAR MADIUN – Oncom merupakan makanan khas Indonesia, namun lebih populer di daerah Jawa baarat. Oncom sendiri terbuat dari bungkil tahu yaitu kedelai yang telah diambil proteinnya. Di pasaran oncom sendiri memiliki dua macam jenis yaitu oncom merah dan oncom hitam.

You might be interested:  Adonan Yang Dicampur Dengan Sayuran?

Oncom memiliki nilai gizi makanan yang sangat bervariasi. Hal tersebut tergantung dari bahan mentah yang digunakan. Baca Juga: Kaya Antioksidan, Inilah 4 Khasiat Rutin Mengonsumsi Kacang Hijau Berikut 5 manfaat oncom untuk kesehatan, diantaranya: 1. Mengurangi Kolesterol Jahat Sebuah penelitian mengungkapkan, oncom terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol dan meningkatkan ekskresi steroid tinja.

Makanan olahan ini kaya akan protein dan juga serat. Dimana hal tersebut merangsang produksi rantai pendek asam lemak.2. Mencegah Perut Kembung Editor: Yeha Regina Citra Mahardika

Kenapa oncom berwarna hitam?

Kesehatan Umum Ayu Maharani, 12 Feb 2021 Dua warga meninggal dunia setelah makan nasi tutug oncom (04/02). Jika sampai merenggut nyawa, apa saja sebenarnya bahaya makan oncom bagi kesehatan? Cara Memasak Oncom Yang Enak Kabar meninggalnya ibu dan anak di Cianjur, Jawa Barat, pascamakan nasi tutug oncom mengagetkan masyarakat. Sebelum meninggal dunia, korban sempat mendapat perawatan dari RSUD Cianjur. Oncom sebenarnya bukan kuliner fermentasi baru dan memang sering dijadikan lauk pendamping nasi. Cara Memasak Oncom Yang Enak Oncom terbuat dari ampas kacang tanah atau tahu. Jika dilihat dari warna sporanya, oncom dibedakan menjadi dua, oncom merah dan hitam. Oncom merah dibentuk oleh jamur Neurospora sitophila, Sedangkan oncom hitam, dibentuk oleh ragi untuk membuat tempe. Jamur Neurospora sitophila akan menghasilkan enzim amilase, lipase, dan protease.

  1. Enzim tersebut berperan penting dalam penguraian oncom sehingga teksturnya berubah dan menimbulkan bau yang khas.
  2. Oncom ini termasuk makanan kaya protein.
  3. Arena itulah, makan oncom bisa jadi solusi murah saat masyarakat ingin mendapatkan sumber protein yang baik.
  4. Artikel Lainnya: Asam Urat Bisa Parah Akibat Konsumsi Kedelai? Sayangnya, efek samping samping makan oncom juga tak boleh diremehkan.

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, oncom termasuk makanan yang rentan terkontaminasi dengan jamur jenis lain. “Adapun jamur lain yang dimaksud adalah Aspergillus flavus, Jamur tersebut menghasilkan racun aflatoksin yang dikenal sebagai pemicu risiko kanker.

    Bagaimana kualitas bahan baku yang dipakai untuk membuat oncom? Seberapa lama jamur itu berkontak dengan bahan baku? Bagaimana kualitas air yang digunakan untuk mengolah? Bagaimana suhu dan kelembapan penyimpanannya?

Reaksi keracunan sebenarnya tergantung kepada kondisi masing-masing tubuh.

Berapa lama oncom bertahan?

Jika kebetulan kamu tidak tinggal di Jawa Barat dan masih baru pertama kalinya melihat oncom, mungkin kamu bingung mau dimasak seperti apa bahan makanan ini. Dan karena masih baru dengan oncom, kamu mungkin juga kesulitan dan bingung bagaimana mengolah dan menyimpan oncom yang baik.

  • Oncom sendiri adalah olahan bahan kacang kedelai bentuknya seperti tempe tapi berjamur.
  • Meski begitu oncom tidak membahayakan, justru punya kandungan bakteri sehat untuk pencernaan karena telah melalui proses fermentasi.
  • Nah, berikut ini cara mengolah oncom yang baik.1.
  • Sangrai atau bakar lebih dulu Setelah dibeli, oncom sebaiknya langsung diolah, jangan dibiarkan terlalu lama.

Sebelum diolah jadi berbagai masakan, lebih baik dihancurkan dan disangrai atau dibakar dulu agar aromanya lebih sedap dan tidak terlalu banyak kandungan airnya.2. Simpan di kulkas dalam wadah tertutup Jika ingin menyimpannya karena beli banyak, kamu bisa menempatkan oncom dalam wadah kering dan tertutup sebelum dimasukkan ke kulkas.

You might be interested:  Sayuran Yang Memiliki Kandungan Vitamin A Dan C Adalah?

Untuk memastikan wadahnya kering, bisa juga dialasi kertas sebelum menutup wadah. Menyimpannya di dalam kulkas bisa membuat oncom tahan paling tidak 1-3 hari. Itu dia yang bisa kamu lakukan jika pertama kalinya membeli oncom dan tertarik mengolahnya. Oncom kualitas bagus bisa dilihat dari jamur yang penuh di permukaannya.

Itu berarti oncom amsih segar. Nah, semoga bermanfaat ya ladies.

    Talenan Plastik vs Talenan Kayu, Mana yang Terbaik Untuk Memotong Daging? Selama Ini Kita Salah? Begini Harusnya Mengupas Nanas Biar Tidak Gatal 5 Tips Agar Talenan Tidak Licin Saat Memotong Bahan Makanan Tips Simpan Bawang Bombay Agar Awet dan Tak Mudah Busuk Agar Gula Tidak Mudah Menggumpal & Benyek, Begini Tips Menyimpannya

(vem/feb)

Oncom merupakah hasil samping dari tanaman?

Tahukah kamu jika oncom merupakan makanan tradisional paling murah diantara produk fermentasi lainnya? Oncom merupakan produk samping ( by-products ) dari limbah sisa pembuatan tahu. Meskipun bahan bakunya berupa kacang kedelai yang telah mengalami penghilangan protein (deproteinasi), kandungan protein pada oncom masih terbilang tinggi.

Makanan tradisional yang satu ini banyak diproduksi dan dikonsumsi di daerah Sunda, Jawa Barat. Mengingat harganya yang relatif murah, oncom dijadikan sebagai makanan alternatif untuk pengganti sumber protein yang harganya terjangkau oleh semua kalangan. Selain dari kacang kedelai, oncom juga dapat dibuat dari kacang tanah yang telah mengalami deproteinasi.

Terdapat dua jenis oncom yaitu oncom merah dan oncom hitam. Oncom merah biasanya dibuat dari bungkil tahu ( deproteinated soy ) dan proses fermentasinya didominasi oleh jamur Neurospora, Sedangkan oncom hitam dibuat dari kacang tanah deproteinasi yang kadang dicampur dengan tapioka atau tepung singkong, serta proses fermentasinya menggunakan jamur Rhizopus, Sumber: wikimedia. org Proses pengolahan oncom terbilang sedikit lebih kuno dibandingkan dengan produk fermentasi lainnya seperti tahu dan tempe. Dalam proses pembuatan kedua produk tersebut dilakukan penambahan inokulum atau starter pada tahap fermentasi.

  1. Sedangkan oncom diproduksi dalam skala kecil tanpa menggunakan inokulum pada proses fermentasinya.
  2. Oleh karena itu terkadang kualitas oncom yang dihasilkan tidak selalu stabil.
  3. Tapi jangan dulu memandang rendah makanan by-products ini.
  4. Seperti produk-produk sebelumnya, produk hasil fermentasi memiliki pengaruh yang cukup besar bagi dampak kesehatan tubuh manusia.

Kandungan gizi pada oncom cukup tinggi terutama kandungan proteinnya. Oncom dikenal sebagai produk kaya protein namun rendah lemak ( low fat ). Sebuah studi menyebutkan bahwa oncom terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol pada tikus sebagai objek penelitian.

Apakah oncom Bagus Untuk Kesehatan?

Oncom termasuk makanan khas Indonesia yang populer, khususnya di Jawa Barat. Makanan fermentasi ini mengandung zat gizi yang cukup lengkap, baik zat gizi makro seperti protein atau zat gizi mikro berupa mineral. Apa manfaat makan oncom?

Apakah oncom dibuat melalui proses bioteknologi?

Oncom merupakan produk bioteknologi konvensional, yang terdiri dari dua jenis yaitu oncom merah dan oncom hitam. Oncom merah dibuat dari bahan dasar ampas tahu dengan bantuan jamur Neurospora crassa. Sementara oncom hitam dibuat dari bungkil kacang tanah dengan bantuan jamur Rhizopus oligosporus.

Related Post