Buah Dan Sayuran Yang Mengandung Vitamin E?

Buah Dan Sayuran Yang Mengandung Vitamin E
7. Labu – Sayuran yang mengandung vitamin E selanjutnya yaitu labu. Labu mampu memenuhi 6% kebutuhan vitamin E harian kamu. Selain itu, labu juga efektif dalam membantu tubuh menjaga oksidasi darah, menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), serta memperlancar sistem pencernaan oleh karena labu juga kaya akan serat.

  • Nah, itulah jenis sayur-sayuran yang mengandung vitamin E.
  • Vitamin E adalah antioksidan kuat yang dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.
  • Mengonsumsi vitamin E yang cukup juga dapat membantu mengurangi risiko kanker, penyakit kardiovaskular, dan penurunan fungsi kognitif.
  • Namun, perlu diingat bahwa asupan vitamin juga harus diimbangi oleh asupan zat bergizi lainnya.

Untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin E setiap harinya, kamu dapat mengonsumsi suplemen penambah vitamin E dari Pyfa Health berikut ini. Yuk, cek produknya sekarang!

vitamin E terdapat pada makanan apa?

Memahami Sumber Vitamin E – Vitamin E yang terbentuk secara alami di alam terdiri dari delapan bentuk kimia yang meliputi alpha tokoferol, beta tokoferol, gamma tokoferol, delta-tocopherol, alpha tocotrienol, beta tocotrienol, gamma tokotrienol, delta tokotrienol.

Dari kedelapan jenis vitamin ini, diketahui hanya alpha tokoferol saja yang sesuai dengan kebutuhan manusia. Sumber vitamin ini dari makanan sangat beragam. Wheat germ oil atau dikenal sebagai minyak bibit gandum menjadi salah satu sumber tertinggi vitamin ini sebanyak 20,3 mg setiap satu sendok makannya.

Biji bunga matahari mengandung vitamin sebanyak 7,4 mg per ons. Kacang almond mengandung 6,6 mg vitamin per 1 ons untuk yang sudah dikeringkan. Minyak bunga matahari mengandung vitamin sebanyak 5,6 mg per satu sendok makan. Anda juga bisa mendapatkan vitamin alpha tokoferol dari asupan sayuran yang dikonsumsi sehari-hari.

You might be interested:  Jenis Tanaman Sayuran Yang Dimanfaatkan Bagian Buahnya Adalah?

Brokoli mengandung vitamin alpha tokoferol sebanyak 1,2 mg untuk brokoli yang dipotong-potong dan direbus. Dalam setengah cangkir mangga terkandung vitamin alpha tokoferol sebanyak 0,7 mg. Namun, terlepas dari kandungannya, vitamin E merupakan vitamin yang mudah rusak bila terkena panas. Hal ini menyebabkan vitamin E pada minyak biasanya akan hilang saat dipakai dengan api yang tinggi seperti untuk menggoreng, memanggang.

Vitamin E dapat terjaga bila dikonsumsi mentah atau dalam api kecil dengan waktu yang cepat seperti menumis.

Apa fungsi dari vitamin E?

KOMPAS. com – Vitamin E adalah salah satu zat gizi penting untuk menjaga kesehatan mata, reproduksi, otak, sampai kulit. Vitamin E termasuk vitamin larut lemak. Nutrisi ini mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel tubuh dari efek buruk radikal bebas.

    Anak usia 1-3 tahun: 6 mg atau 9 IU Anak usia 4-8 tahun: 7 mg atau 10,4 IU Anak usia 9-13 tahun: 11 mg atau 16,4 IU Wanita usia 14 tahun ke atas: 15 mg atau 22,4 IU Ibu hamil: 15 mg atau 22,4 IU Ibu menyusui: 19 mg atau 28,5 IU Pria usia 14 tahun ke atas: 15 mg atau 22,4 IU

Kekurangan vitamin E bisa memicu nyeri saraf dan masalah kesehatan lainnya. Baca juga: 7 Manfaat Vitamin C untuk Tubuh Berikut beragam manfaat vitamin E bagi tubuh yang tak boleh disepelekan:

Apakah pisang mengandung vitamin E?

Vitamin dalam pisang lainnya yang kadarnya cenderung sedikit – Selain lima vitamin di atas, 100 gram pisang mengandung vitamin berikut ini namun dengan kadar yang tak begitu signifikan:

    Vitamin A: 1% dari Angka Kecukupan Gizi (AKG) harian Vitamin B1: 2% dari (AKG) harian Vitamin E: 1% dari (AKG) harian Vitamin K: 1% dari (AKG) harian

Apakah bayam mengandung vitamin E?

3. Bayam – Apa fungsi vitamin E? Satu porsi 100g bayam mentah mengandung 2,03 mg vitamin E. Penyajian yang sama juga mengandung: 9377 unit internasional (IU) vitamin A 28,1 mg vitamin C 2,2 g serat 558 mg kalium

You might be interested:  Sayuran Yang Bisa Menurunkan Kolesterol?

Apa yang terjadi jika tubuh kekurangan vitamin E?

Apa Saja Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin E? – Saat tubuh kekurangan vitamin E, otot akan melemah dan koordinasi gerak tubuh akan terganggu. Kondisi ini akan menyebabkan Anda kesulitan dalam melakukan berbagai aktivitas, seperti berjalan atau mengambil benda. Selain itu, ada beberapa gejala yang dapat muncul saat tubuh kekurangan vitamin E, antara lain:

    Refleks tubuh lambat. Gangguan koordinasi gerakan tubuh, misalnya banyak bergerak atau sulit mengambil suatu benda. Gangguan penglihatan. Kesemutan atau mati rasa di bagian tubuh tertentu. Pucat dan mudah lelah.

Jika dibiarkan berkepanjangan, tanda gejala kekurangan vitamin E bisa menjadi berat atau bahkan menyebabkan beberapa masalah kesehatan berat, seperti kebutaan, aritmia, dan demensia, Kekurangan vitamin E juga rentan dialami oleh bayi prematur dan bayi baru lahir yang memiliki berat badan rendah.

Apakah madu mengandung vitamin E?

Bola. com, Jakarta – Siapa yang tak kenal madu ? Cairan yang dihasilan oleh lebah ini sering digunakan sebagai pemanis. Jika dilihat, madu sekilas menyerupai sirup, namun lebih kental. Madu bukan hanya sekadar sebagai alternatif gula karena pada dasarnya produk alami ini menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan.

Madu telah lama digunakan dalam keperluan pengobatan. Di dalam madu, terdapat beragam macam kandungan yang diperlukan oleh tubuh. Kandungan seperti vitamin A (retinol), vitamin E (tocopherol), vitamin K, vitamin B kompleks, vitamin C, serta flavonoid, asam fenolik, dan karotenoid yang ada di dalamnya sangat baik untuk menunjang kesehatan Anda.

Selain itu, ada banyak macam mineral, seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan zinc. Kandungan terpenting dari madu adalah asam askorbat, asam pantotenat, niacin dan riboflavin. Madu kerap digunakan untuk pengobatan Ayurveda selain sebagai obat pencernaan dan ketidakseimbangan pada tubuh.

Apakah wortel mengandung vitamin E?

5. Wortel – Wortel juga tergolong salah satu sayuran yang mengandung vitamin E di dalamnya. Meski kandungan vitamin E di dalamnya memang tidak banyak, tetapi manfaat wortel untuk kesehatan tubuh tidak bisa dianggap sepele. Pasalnya, di dalam wortel terdapat vitamin A yang baik untuk mejaga kesehatan mata. Dengan mengonsumsi sayuran ini secara rutin, kerusakan mata pun dapat dicegah.

You might be interested:  Bagaimana Cara Memilih Sayuran Yang Baik?

Apakah Toge termasuk vitamin E?

Toge merupakan salah satu jenis sayur yang banyak dikonsumsi dan menjadi salah satu makanan bernutrisi yang mudah dicerna. Sayuran ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya adalah meringankan kerja sistem pencernaan. Buah Dan Sayuran Yang Mengandung Vitamin E Toge juga berperan dalam membantu penyerapan zat besi, vitamin C, dan zinc, Sehingga, toge menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi kamu yang sedang memiliki masalah gangguan pencernaan dan yang memiliki reaksi hipersensitivitas terhadap biji-bijian.

Selain itu, toge juga memiliki berbagai kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Dalam takaran 100 gram, toge segar hanya mengandung sedikit kalori, yakni sekitar 34 kalori dan 1 gram lemak. Dalam takaran yang sama, toge bisa menyumbang protein sebesar 3 gram. Kandungan beta karoten 100 gram toge juga dapat mencapai 41 mkg, vitamin C sebanyak 5 mg, dan vitamin E sebanyak 0,5 mg.

Selain itu, 100 gram toge juga mengandung 133 mg kalsium dan 100 gram kalium. Berbagai vitamin dan mineral dalam toge membuat sayuran ini dapat menjadi salah satu makanan tambahan untuk melengkapi gizi harian kamu.

Apakah tomat termasuk vitamin E?

Tomat – Buah tomat selain mengandung vitamin C, juga menjadi sumber vitamin E. Tomat berukuran sedang (123 gram) mengandung vitamin E sebanyak 0,75 mg. Seperempat cangkir pasta tomat memiliki 2,8 mg vitamin E, 664 mg kalium, dan 34 mg likopen, dan Setengah cangkir saus tomat mengandung 2,5 mg vitamin E.

Apakah buah tomat mengandung vitamin E?

3. Tomat – Buah tomat juga menjadi salah satu buah yang mengandung vitamin E. Kandungan vitamin E pada tomat bermanfaat untuk untuk menjaga kesehatan kulit, hingga mencegah timbulnya penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke. Tak hanya itu saja, tomat juga dinilai efektif dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan mencegah terjadinya penggumpalan darah.

Related Post