Bagaimana Cara Memasak Mengurangi Kadar Lemak?

Bagaimana Cara Memasak Mengurangi Kadar Lemak
Ilustrasi makanan berlemak. Foto: Toshiko/kumparan Banyak jenis makanan yang mengandung lemak, terutama makanan yang menggunakan santan dan daging berlemak. Jika tidak dipanaskan, lemak tersebut akan mengendap di bagian atas. Hal ini akan membuat makanan tidak enak dan terlihat kurang menarik.

  1. Tak hanya itu, makanan berlemak juga dapat membahayakan kesehatan.
  2. Lalu bagaimana caranya mengurangi lemak berlebih yang terdapat pada makanan? Simak ulasannya berikut ini.1.
  3. Gunakan Bahan Masakan Rendah Lemak Cara yang paling mudah, tentunya dengan menggunakan bahan masakan yang rendah lemak.
  4. Mulai dari bahan utama, hingga bumbu-bumbunya.

Jika ingin memasak daging, pastikan menggunakan daging murni, yang tidak ada campuran lemak di dalamnya. Hal ini akan membantu mengurangi kandungan lemak di masakan. Jika menggunakan santan, pilih santan yang berkualitas dan jangan menggunakannya terlalu banyak.

  1. Begitu pula dengan bumbu masakan lainnya.2.
  2. Perhatikan Durasi Memasak Durasi memasak bisa memengaruhi kadar lemak pada masakanmu.
  3. Sebaiknya jangan memasak terlalu lama, karena bisa membuat kadar lemaknya semakin meningkat.
  4. Apalagi untuk masakan yang bersantan.
  5. Tidak hanya membuat lemak berlebih, namun bisa membuat santan pecah.

Hal ini akan membuat makanan cepat basi. Selain itu, untuk beberapa jenis bahan makanan, dimasak terlalu lama bisa mengurangi kandungan nutrisi di dalamnya. Daripada harus menyendok lemak yang mengendap di permukaan makanan satu persatu, lebih baik manfaatkan es batu.

Memasukkan es batu ke dalam masakan, akan membuat lemak menempel pada es batu dan berkurang sedikit demi sedikit. Jangan masukan terlalu banyak, karena bisa mengurangi rasa masakan. Selain menggunakan es batu, kamu juga bisa memasukkan sendok yang sudah didinginkan di lemari es. Sendok yang dingin bisa mengangkat lemak di masakan.4.

Masak dengan Air Mendidih Pastikan sebelum semua bahan dimasukkan, air sudah mendidih dengan sempurna. Hal ini akan membantu mengurangi lemak yang mengendap di permukaan masakan. Jika kamu memasukkan bahan sebelum air mendidih, justru dapat membuat lemak di permukaan semakin banyak.5.

  • Dinginkan Kaldu Sebelum Dimasak Untuk jenis masakan yang menggunakan kaldu daging, kamu bisa mendinginkannya terlebih dahulu sebelum dimasak.
  • Dinginkan kaldu selama satu jam di kulkas, kemudian buang semua lemak yang menumpuk dan berada di permukaan.
  • Selanjutnya, kamu bisa memasaknya lagi dan menambahkan bahan yang dibutuhkan.
You might be interested:  Bagaimana Teknik Menyimpan Bahan Sayuran Yang Baik?

Ternyata mengurangi kadar lemak di masakan sangat mudah dan tidak membutuhkan bahan khusus, ya. Terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak memang tidak baik untuk kesehatan. Selain bisa menyebabkan kegemukan, makanan berlemak juga dapat menyebabkan penyakit berbahaya lainnya.

Bagaimana cara mengurangi lemak tubuh?

Bersama-sama, latihan aerobika dan diet terbukti menjadi salah satu kombinasi terbaik untuk mengurangi lemak tubuh. Secara umum dianjurkan untuk melakukan aktivitas aerobika 150 menit setiap minggu, artinya hanya 20 menit setiap hari. Untuk mempercepat pengurangan lemak tubuh, disarankan untuk olahraga lebih lama, hingga 60 menit sehari.

Bagaimana cara melihat lemak paling banyak berkurang?

Sebelum memulai diet dan olahraga, lakukan beberapa pengukuran. Ini akan membantu Anda melihat di bagian tubuh mana lemak paling banyak berkurang. Bagian tubuh yang biasanya diukur dan dilacak adalah pinggang, pinggul, dada, paha, dan lengan atas. Catat hasil pengukuran ini dalam jurnal.

Bagaimana cara membakar lemak?

Salah satu cara paling efisien untuk membakar lemak adalah tidur. Kenapa? Karena tidur yang tidak tepat menghasilkan lebih banyak ghrelin dan ini memicu keinginan Anda untuk makan makanan manis atau berat keesokan paginya. Anda disarankan tidur 6-7 jam setiap malam untuk mengembalikan kebugaran tubuh.3. Teh hijau

Berapa lama olahraga untuk mengurangi lemak tubuh?

Untuk mempercepat pengurangan lemak tubuh, disarankan untuk olahraga lebih lama, hingga 60 menit sehari. Lakukan banyak variasi latihan aerobika, seperti jalan kaki/joging, lari, bersepeda, menari, berenang, seni bela diri atau tinju, dan menggunakan mesin elliptical.

Related Post