Bagaimana Cara Memasak Jengkol?

Bagaimana Cara Memasak Jengkol
Rendam dengan air dingin – Tips pertama untuk mengolah jengkol dengan baik yaitu dengan merendamnya terlebih dahulu dengan air dingin semalam penuh. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan bau jengkol. Cara lain bisa memilih merendam jengkol dengan air kapur sirih. Cara ini juga dipercaya dapat menghilangkan bau tidak sedap pada jengkol dan menetralisir rasa.

Bagaimana cara merebus jengkol?

5. Rebus jengkol – Setelah dicuci dan direndam semalaman, barulah kamu merebus jengkol tersebut tanpa menggunakan campuran apapun. Hal ini dilakukan supaya membuat tekstur jengkol menjadi lembut dan empuk. Rebuslah kurang lebih 10-15 menit.

Bagaimana cara menghilangkan bau jengkol sebelum dimasak?

Bagaimana Cara Memasak Jengkol SajianSedap cara memasak jengkol agartidak bau dan empuk SajianSedap. com – Membahas soal jengkol pasti selalu berhubungan dengan baunya. Ya, jengkol merupakan salah satu bahan makanan yang sering dihindari karena baunya. Jika dimakan, selain bau mulut jengkol juga membuat air seni menjadi bau.

Meski begitu, jengkol masih sering jadi buruan apalagi jika Anda sering makan di warung makan atau warteg. Nah agar bau jengkol ini bisa berkurang, ternyata ada trik gampang yang bisa Anda lakukan. Hal ini bisa Anda coba jika Anda ingin mengolah jengkol di rumah. Ternyata untuk menghilangkan bau jengkol, Anda bisa menggunakan daun jambu biji lho.

You might be interested:  Sayuran Yang Cocok Untuk Penderita Asam Urat?

Lantas bagaimana caranya? Berikut informasi lengkapnya untuk Anda agarbisa dicoba di rumah. Baca Juga: Nyesel Duit Habis Beli Skincare Mahal, Wajah Glowing Bebas Flek Hitam Ternyata Cuma Butuh Satu Biji Jengkol Tips Masak Jengkol agar Tidak Bau Salah satu trik mujarab untuk menghilangkan bau jengkol dan membuatnya empuk saat dimakan ternyata adalah jambu biji.

  • Ya, sebelum diolah jadi hidangan seperti semur, jengkol sebaiknya direbus dengan menggunakan daun jambu biji.
  • Jika menggunakan daun jambu biji untuk merebus jengkol Anda bisa menghilangkan baunya.
  • Namun Anda harus mengupas jengkol sebelum atau sesudah direbus.
  • Anda bisa mencampurkan 5 sampai 10 lembar daun jambu untuk merebus jengkol ini.

Namun sebelum merebus menggunakann daun jambu biji ini, sebaiknya perhatikan pemilihan jengkol. Mengutip Kompas. com, kamu harus memilih jengkol yang sudah tua. Ciri-ciri jengkol tua terlihat dari warnanya yang putih kekuningan. Baca Juga: Coba-coba Masak Semur Jengkol Ikuti Saran Mertua! Wanita Ini Shock Jengkol Jadi Legit dan Empuk Banget, Warteg Langganan Sampai Nyontek Rahasianya Sementara jengkol muda biasanya masih kehijauan.

Walaupun memilih jengkol tua, hindari yang warnanya terlalu kuning sampai kehitaman. Artinya jengkol ini sudah terlalu lama disimpan dan rasanya lebih pahit. Selanjutnya, pilih jengkol yang bentuknya agak menggembung, tidak terlalu tipis maupun pipih. Tekstur jengkol yang agak menggembung biasanya lebih empuk.

Menurut Dwi Kartika selaku pegiat olahan jengkol mengutip Kompas. com, Sabtu (17/11/2017), kulit jengkol dapat membuat rasanya pahit dan menimbulkan efek ‘mabuk jengkol’. Maka, kamu sebaiknya bersihkan kulit jengkol sampai bersih dan jangan sampai ada yang tersisa.

Artikel berlanjut setelah video di bawah ini. Baca Juga: Oh! Jadi Begini Cara Hilangkan Bau Jengkol, Modalnya Cuma Daun Jeruk dan Daun Salam Aja, Gak Bakal Bau Mulut Lagi Kalau Makan Selanjutnya, cuci bersih jengkol sampai beberapa kali. Selain menggunakan daun jambu, Anda juga bisa menggunakan cara laian agar bau jengkol ini hilang.1.

You might be interested:  Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Teknik Memasak Dengan Cara Poaching?

Rebus dengan abu gosok Rebus jengkol yang belum dikupas dengan air yang sudah dicampur abu gosok.

Apakah masak jengkol harus direndam?

Rendam dengan air es –

Related Post