Apa Manfaat Minum Rebusan Daun Kelor?

2. Mengatasi Asam Urat – Asam urat merupakan gangguan kesehatan yang terjadi pada setiap persendian manusia. Gangguan ini berupa penumpukkan kristal pada sendi-sendi karena kandungan asam urat dalam darah. Hal ini biasanya disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi.

Penyakit apa saja yang bisa disembuhkan dengan daun kelor?

18 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan (Efek Sampingnya) – Admin prokomsetda | 25 Februari 2018 | 1167036 kali Mungkin Anda pernah mendengar peribahasa “dunia tak selebar daun kelor”, hal itu karena daun kelor memiliki ukuran yang kecil. Mungkin Anda pernah mendengar peribahasa “dunia tak selebar daun kelor”, hal itu karena daun kelor memiliki ukuran yang kecil.

  1. Walau kecil ukurannya, daun kelor memiliki banyak manfaat penting bagi kesehatan tubuh.
  2. Bahkan, para ilmuan menyebutnya sebagai pohon ajaib (Miracle Tree).
  3. Daun kelor berbentuk bulat lonjong, dan ukurannya yang kecil tersusun rapi pada sebuah tangkai, biasanya dimasak sebagai sayur untuk pengobatan.
  4. Penelitian mengenai khasiat daun kelor telah dimulai sejak 1980, pada bagian daunnya, lalu kulit batang, buah dan bijinya.

Organisasi kesehatan dunia WHO menganjurkan bagi anak-anak dan bayi dalam masa pertumbuhan untuk mengkonsumsinya, karena manfaat dari kandungan daun kelor yang besar, yaitu mengandung: • Potasium tiga kali lipat dari pada pisang. • Kalsium empat kali lipat daripada susu.

  1. Vitamin C tujuh kali lipat daripada jeruk.
  2. Vitamin A empat kali lipat lebih banyak dari pada wortel.
  3. Dua kali lipat protein dari pada susu.
  4. Organisasi WHO yang menobatkan pohon kelor sebagai miracle tree, setelah menemukan manfaat penting daun kelor. Id.
  5. Wikipedia.
  6. OrgLebih dari 1.300 studi, artikel dan laporan telah menjelaskan tentang manfaat kelor dan kemampuan dalam penyembuhan penyakit, yang penting dalam menghadapi permasalahan wabah penyakit dan masalah kekurangan gizi.

Penelitian menunjukkan bahwa hampir setiap bagian dari tanaman kelor memiliki khasiat penting, yang dapat dimanfaatkan dalam beberapa cara. Draxe. comManfaat daun kelor #1. Menjaga berat badanHal penting yang jangan dilupakan yaitu untuk menjaga tubuh agar tetap seimbang berat badannya.

Studi yang dilakukan para ahli menemukan bahwa teh kelor membantu untuk menangani masalah pencernaan. yang manfaatnya untuk merangsang metabolisme tubuh agar optimal dalam membakar kalori. Dilansir dari jabar. tribunnews. com, teh yang dibuat dari daun kelor mengandung polyphenol yang tinggi, yang bekerja sebagai antioksidan.

Manfaat antioksidan untuk mendetoksifikasi racun di dalam tubuh, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. #2. Menghilangkan flek wajahRamuan sederhananya, ambil beberapa daun kelor yang masih muda, tumbuk hingga sangat halus, lalu gunakan sebagai bedak (atau juga bisa dicampur dengan bedak).

Menurut makassar. tribunnews. com, bahwa di beberapa negara ekstrak kelor sudah digunakan sebagai bahan baku pembuatan kosmetik untuk kulit. Bagian tanaman kelor yang banyak digunakan untuk kulit yaitu pada bagian kulit batang, daun, bunga dan biji. Daun kelor mengandung nutrisi seperti kalsium dan mineral seperti tembaga, besi, seng (zinc), magnesium, silika dan mangan.

Daun kelor juga bisa menjadi pelembab alami, memiliki kegunaan untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit.

Rebusan daun kelor untuk obat apa saja?

4. Mengatasi Diabetes – Apa Manfaat Minum Rebusan Daun Kelor Sumber Gambar: Pixabay Manfaat daun kelor selanjutnya adaah untuk mengatasi diabetes. Daun kelor dapat mengurangi kadar gula dalam darah sehingga menjadi normal. Daun kelor dapat dijadikan sebagai insulin alami untuk mengatasi diabetes. Sehingga konsumsi sayur daun kelor bisa mencegah penyakit gula darah atau diabetes.

Apa efek samping minum rebusan daun kelor?

Menyebabkan Diare – Efek samping daun kelor berikutnya yaitu dapat menyebabkan diare. Hal ini terjadi apabila pemakaian daun kelor tidak sesuai dosis. Sifat pencahar yang dimiliki oleh daun kelor, bisa memicu berbagai gangguan atau masalah perut. Salah satu di antaranya yakni diare.

Bagaimana cara mengkonsumsi daun kelor?

1. Merebus – Cara mengolah daun kelor yang paling tradisional adalah minum rebusan daun kelor atau mengonsumsinya seperti sayuran pada pecel atau lalap. Namun, sebaiknya jangan merebus daun kelor terlalu lama agar kandungan antioksidan di dalamnya tidak terbuang.

Berapa lama merebus daun kelor?

Sajiansedap. com – Anda pasti sudah familiar dengan daun kelor. Daun satu ini ternyata punya banyak manfaat baik untuk kesehatan loh. Bahkan daun kelor bisa mengobati penyakit mematikan yang paling ditakuti kaum wanita. Daun kelor memang dikenal sebagai tanaman mistis.

You might be interested:  Berikut Yang Merupakan Sayuran Bulb Vegetables Adalah?

Sebab disebut-sebut jika daun kelor bisa menolak bala. Baca Juga: Dianggap Tanaman Mistis, Rutin Minum Air Rebusan Daun Kelor Ternyata Bisa Mengobati Penyakit Mematikan Ini Namun, di balik itu ternyata daun kelor memiliki manfaat baik untuk tubuh. Untuk menikmati manfaatnya Anda bisa mengolahnya menjadi air rebusan.

Cuma butuh waktu 20 menit loh! Penasaran daun kelor bisa mengobati penyakit mematikan apa? Yuk simak artikel ini! Air Rebusan Daun Kelor Kini daun kelor mulai banyak dikenal masyarakat. Sebab daun kelor disebut-sebut memiliki banyak kandungan baik untuk tubuh.

  1. Dilansir dari Nakita.
  2. Id, daun kelor mempunyai kandungan protein yang tinggi dan mengandung semua asam amino esensial.
  3. Selain itu, daun kelor juga banyak mengandung kalium, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, D, C, dan beta karoten.
  4. Dan untuk mendapat manfaat dari kandungan daun kelor, anda bisa minum air rebusan daun kelor setiap hari.

Melansir dari Healthline, inilah manfaat minum air rebusan daun kelor setiqp hari untuk kesehatan: Baca Juga: Sering Disebut Sebagai Tanaman Mistis, Jangan Kaget Jika Tubuh Merasakan Hal Luar Biasa ini Jika Rutin Makan Daun Kelor Mengobati diabetes Gula darah tinggi bisa menjadi masalah kesehatan yang serius.

  1. Faktanya, itu adalah karakteristik utama dari diabetes.
  2. Menurut US National Library of Medicine National Institutes of Health, penggunaan terapi daun kelor telah dievaluasi pada diabetes.
  3. Hal ini karena kapasitasnya untuk menurunkan konsentrasi glukosa darah setelah konsumsi karena mengandung polifenol seperti quercetin-3-glikosida, rutin, kaempferol, dan glikosida.

Aktivitas antidiabetes dari serbuk daun kelor telah diamati dalam uji coba menggunakan hewan, dipaparkan bahwa terjadi penurunan glukosa dan perbaikan kadar lipid peroksida, berkurangnya tingkat IL6, dan imunoglobulin A. Manfaat daun kelor untuk diabetes lebih efektif ketika diekstrak.

Baca Juga: Wanita Harus Tahu! Cuma Rutin Konsumsi Bubuk Daun Kelor, Segudang Manfaat Ini Akan Terjadi Pada Tubuh! Enggak Bakal Nyangka Seiring waktu, kadar gula darah tinggi juga meningkatkan risiko penyakit jantung. Oleh karena itu, penting untuk anda menjaga gula darah dalam batas yang sehat. Nah, daun kelor dapat turunkan kadar gula darah karena kandungan isothiocyanates.

Artikel berlanjut setelah video di bawah ini : Mengobati penyakit jantung Antioksidan berfungsi menangkal radikal bebas dalam tubuh. Terlalu banyak radikal bebas menyebabkan anda stres oksidatif. Di mana stres oksidatif ini berhubungan dengan penyakit kronis lainnya seperti penyakit jantung Komponen antioksidan ini terdiri dari vitamin C dan beta karoten.

Kapan sebaiknya minum teh daun kelor?

pxhere Rutinkan minum teh daun kelor setelah makan, ini yang akan terjadi pada tubuh Nakita. id – Belakangan ini banyak informasi mengurai tentang manfaat teh daun kelor untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Teh daun kelor dipercaya menjaga imunitas terutama di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang.

  1. Tanaman daun kelor sendiri berasal dari India dan Arab yang memiliki nama latin Moringa oleifera,
  2. Baca Juga: Tolong Jangan Lagi Minum Teh Setelah Makan Jika Tubuh Tidak Ingin Rasakan Bahaya Luar Biasa Ini Di Indonesia, tanaman ini sering ditanam sebagai pagar hidup dan pagar sepanjang tepi sawah.
  3. Usut punya usut, daun kelor memiliki berbagai manfaat kesehatan.

Bahkan untuk sejumlah kasus, daun kelor bbisa menjadi tanaman obat. Mengutip Kompas. com dari laman WebMD, berikut manfaat teh daun kelor yang bisa Moms dapatkan.1. Baik untuk kesehatan jantung Sebuah studi membuktikan kalau daun kelor bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Dengan mengonsumsi daun kelor, Moms bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Ini juga bisa mengurangi pembentukan plan di arteri serta mencegah stroke. Baca Juga: Nyesel Baru Tahu Sekarang, Rambut Beruban Bisa Hitam Kembali Hanya dengan Teh Chamomile, Seperti Ini Caranya 2. Meningkatkan imunitas Tidak banyak yang tahu kalau daun kelor dikategorikan sebagai superfood,

Hal ini karena kandungan nutrisi daun kelor sangat melimpah dan bermanfaat untuk tubuh. Tanaman ini mengandung kalsium, vitamin C dan A, serta zat besi.3. Mengontrol gula darah Teh daun kelor sangat cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Ini karena daun kelor terbukti bisa menurunkan kadar gula darah.

  1. Teh daun kelor menunjukan manfaatnya ketika dikonsumsi setelah makan.
  2. Baca Juga: Bisa Buat Satu Keluarga Panjang Umur dan Bebas Penyakit, Tolong Mulai Sekarang Biasakan Minum Teh Sebelum Tidur Jika Mau Hal Menakjubkan Ini Terjadi Pada Tubuh 4.
  3. Melindungi dari penyakit kronis Kandungan antioksidan yang tinggi seperti polifenol, tanin, saponin dan zat lain bisa melawan inflamasi organ.

Dengan kata lain, teh daun kelor mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis. Secara umum, daun kelor terbukti aman untuk dikonsumsi. Hanya saja, ibu hamil dan pasien yang sedang menerima pengobatan kemoterapi tidak disarankan mengonsumsi teh ini. Artikel ini merupakan bagian dari Parapuan Parapuan adalah ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Apakah rebusan daun kelor aman untuk asam lambung?

“Daun kelor adalah salah satu tumbuhan yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan asam lambung. Beberapa kandungan dari tumbuhan ini sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat. ” Apa Manfaat Minum Rebusan Daun Kelor Halodoc, Jakarta – Ada istilah yang mengatakan “dunia tak selebar daun kelor”, tetapi tidak semua orang tahu manfaat tanaman tersebut untuk kesehatan. Daun yang berukuran kecil ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dari menjaga tekanan darah tetap normal hingga mencegah kanker.

You might be interested:  Sayuran Yang Bagus Untuk Diet?

Apakah daun kelor bisa melancarkan peredaran darah?

Pernah mendengar peribahasa dunia tak selebar daun kelor yang merupakan ungkapan nyata bahwa dunia ini luas? Meski peribahasa ini banyak dikatakan orang, nampaknya masih banyak juga orang yang tidak mengetahui dan mengenal daun kelor. Ya, meskipun beberapa orang telah mengenal baik daun ini sih. Apa Manfaat Minum Rebusan Daun Kelor Daun kelor atau merunggai (Moringa Oleifera) adalah tumbuhan dari suku Moringaceae dan dipercaya memiliki banyak manfaat buah kesehatan. Biasanya, pohonnya dapat tumbuh tinggi hingga 711 meter dan diameter pohonnya bisa sangat besar. Bentuk daun kelor adalah bulat dan baunya pun juga khas.

  • Para ahli percaya bahwa nutrisi yang terkandung di dalam daun kelor bisa menjadi obat berbagai macam penyakit sekaligus pencegah dari berbagai macam penyakit berbahaya.
  • Ira-kira apa saja sih Manfaat Daun Kelor buat kesehatan? Dikutip dari laman authoritynutrition.
  • Com, inilah beberapa manfaat dari daun kelor.

Mencegah Kanker Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa nutrisi pada daun kelor bermanfaat untuk mencegah kanker. Antioksidan yang tinggi dalam daun kelor sangat dipercaya bisa membunuh sel kanker dalam tubuh. Tak hanya itu saja, vitamin yang terkandung di dalam daun kelor juga dikatakan mampu membunuh sel kanker dalam tubuh dan bisa membuat penderita kanker sembuh jika mau konsumsi daun kelor secara rutin dan dengan takaran yang pas.

  • Menurunkan Kolesterol Studi mengungkapkan bahwa nutrisi yang terkandung di dalam daun kelor bisa bantu seseorang menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
  • Para ahli percaya bahwa ekstrak kelor bisa bantu menurunkan kolesterol dalam tubuh dan melancarkan peredaran darah.
  • Anti Diabetes Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Wiconsin LaCrosse menyebutkan jika mineral yang terkandung di dalam daun kelor mampu bantu tubuh memproduksi insulin dan memungkinkan tubuh terhindar dari risiko diabetes atau gangguan kesehatan lain.

Bahkan, dalam studi yang dilakukan tahun 2012 dan diterbitkan sebagai jurnal internasional yang berjudul Journal of Diabetes mengungkapkan bahwa konsumsi daun kelor dan ekstraknya secara teratur bisa menurunkan risiko diabetes dan mengobatinya. Mencegah Kerusakan Jantung Penelitian yang dilakukan pada tahun 2009 dan diterbitkan dalam Jurnal of Medicinal Food mengungkapkan bahwa nutrisi pada daun kelor bisa digunakan untuk mencegah kerusakan jantung dan berbagai masalah terkait kesehatan jantung.

Apa Manfaat daun kelor kering?

6. Kontrol Tekanan Darah – Manfaat teh daun kelor yang ke enam adalah untuk membantu mengontrol tekanan darah dalam tubuh Anda. Teh kelor, yang dibuat dari daun kelor kering yang digiling, dikatakan dapat membantu mengontrol tekanan darah. Ini dihubungkan dengan adanya quercetin di dalamnya, yang dikatakan dapat menurunkan tekanan darah.

Apakah daun kelor bisa merusak organ hati?

Efek Samping Daun Kelor yang Terakhir – Ilustrasi Perut Kembung dan Mual Credit: pexels. com/pixabay 7. Keracunan Walaupun daun kelor bermanfaat untuk kesehatan, ada baiknya untuk tidak menggunakan bagian lain dari tanaman kelor yang belum terbukti khasiatnya secara ilmiah.

Salah satunya seperti konsumsi akar pohon kelor. Sebab, akar pohon kelor dipercaya mengandung racun berbahaya.8. Rusaknya hati dan ginjal Lalu, efek samping daun kelor yang terakhir bisa menyebabkan kerusakan hati dan ginjal. Hal ini sudah pasti perlu diwaspadai. Terutama jika konsumsi obat dari daun kelor dalam jangkan panjang.

Tentu akan memicu kerusakan pada organ tertentu di dalam tubuh, salah satunya hati dan ginjal itu sendiri. Mungkin tidak hanya daun kelor saja, pengecekan berkala pada fungsi ginjal dan hati harus rutin dilakukan terutama bagi orang yang mengonsumsi obat herbal dalam jangka panjang.

Berapa kali sehari minum daun kelor?

Dosis aman daun kelor untuk ibu menyusui – Daun kelor bisa dikonsumsi selama menyusui. Namun, Bunda perlu hati-hati menambahkan ekstrak daun kelor dalam menu makan sehari-hari ya. Jumlah atau dosis daun kelor yang aman dikonsumsi adalah 1000 mg/kg berat badan.

Apakah daun kelor mengandung kolesterol?

KOMPAS. com – Daun Kelor memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Tak heran, daun ini disebut sebagai salah satu superfood. Saat ini, semakin banyak orang yang mulai menanam dan membudidayakan tanaman daun kelor, Selain memiliki khasiat kesehatan, minat pasar global terhadap daun ini pun cukup tinggi.

Dilansir dari Medical News Today melalui KOMPAS. com, daun kelor mengandung banyak senyawa yang menyehatkan. Kandungan daun kelor antara lain vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, folat, kalsium, kalium, besi, magnesium, fosfor, dan seng. Selain itu, daun kelor juga mengandung lemak dalam kadar yang sangat rendah dan tidak memiliki kolesterol berbahaya.

You might be interested:  Sayuran Hijau Banyak Mengandung Karotenoid Yang Bermanfaat Untuk?

Baca juga: 6 Manfaat Minum Air Putih Dalam Menurunkan Berat Badan Meski seluruh bagian tanaman kelor dapat dijadikan obat, namun daun dan polongnya adalah bagian yang paling sering digunakan. Daun kelor yang dikeringkan biasanya dijadikan suplemen makanan dalam bentuk kapsul.

Apakah daun kelor bisa merusak organ hati?

Efek Samping Daun Kelor yang Terakhir – Ilustrasi Perut Kembung dan Mual Credit: pexels. com/pixabay 7. Keracunan Walaupun daun kelor bermanfaat untuk kesehatan, ada baiknya untuk tidak menggunakan bagian lain dari tanaman kelor yang belum terbukti khasiatnya secara ilmiah.

Salah satunya seperti konsumsi akar pohon kelor. Sebab, akar pohon kelor dipercaya mengandung racun berbahaya.8. Rusaknya hati dan ginjal Lalu, efek samping daun kelor yang terakhir bisa menyebabkan kerusakan hati dan ginjal. Hal ini sudah pasti perlu diwaspadai. Terutama jika konsumsi obat dari daun kelor dalam jangkan panjang.

Tentu akan memicu kerusakan pada organ tertentu di dalam tubuh, salah satunya hati dan ginjal itu sendiri. Mungkin tidak hanya daun kelor saja, pengecekan berkala pada fungsi ginjal dan hati harus rutin dilakukan terutama bagi orang yang mengonsumsi obat herbal dalam jangka panjang.

Apakah daun kelor bisa menyebabkan asam urat?

2. Menurunkan Asam Urat – Asam urat adalah jenis radang sendi yang terjadi karena kandungan asam urat dalam darah tinggi yang menyebabkan penumpukan kristal asam urat di persendian. Untuk mencegah asam urat kembali kambuh, Anda harus mengurangi makanan yang mengandung purin tinggi.

Apakah daun kelor dapat menyembuhkan asam lambung?

Manfaat Daun Kelor untuk Atasi Masalah Asam Lambung – Asam lambung adalah masalah yang rentan kambuh pada beberapa orang akibat kebiasaan mengonsumsi makanan yang pedas atau asam. Salah satu masalah yang dapat terjadi adalah maag atau tukak lambung. Gangguan ini terjadi akibat ketidakseimbangan antara cairan asam di lambung dan usus kecil yang ada di pencernaan.

Baca juga: Obat Alami untuk Atasi Gejala Asam Lambung Saat mengidap masalah asam lambung, kamu mungkin merasakan sensasi terbakar dan nyeri di dada dan perut, bersendawa atau refluks asam, kembung, hingga mual atau muntah. Sebelum gejala yang timbul semakin parah dan mengganggu aktivitas, penting untuk segera melakukan pengobatan.

Dipercaya jika salah satu cara yang ampuh adalah dengan mengonsumsi daun kelor. Apakah benar? Faktanya, memang daun kelor umum digunakan sebagai obat untuk mengatasi gangguan saluran pencernaan, termasuk juga masalah asam lambung. Tanaman ini kaya akan kandungan tanin dan flavonoid, yaitu antioksidan nabati yang ampuh untuk menyembuhkan peradangan, iritasi, serta mengatasi masalah yang berhubungan dengan maag.

Kapan sebaiknya minum teh daun kelor?

pxhere Rutinkan minum teh daun kelor setelah makan, ini yang akan terjadi pada tubuh Nakita. id – Belakangan ini banyak informasi mengurai tentang manfaat teh daun kelor untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Teh daun kelor dipercaya menjaga imunitas terutama di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang.

  • Tanaman daun kelor sendiri berasal dari India dan Arab yang memiliki nama latin Moringa oleifera,
  • Baca Juga: Tolong Jangan Lagi Minum Teh Setelah Makan Jika Tubuh Tidak Ingin Rasakan Bahaya Luar Biasa Ini Di Indonesia, tanaman ini sering ditanam sebagai pagar hidup dan pagar sepanjang tepi sawah.
  • Usut punya usut, daun kelor memiliki berbagai manfaat kesehatan.

Bahkan untuk sejumlah kasus, daun kelor bbisa menjadi tanaman obat. Mengutip Kompas. com dari laman WebMD, berikut manfaat teh daun kelor yang bisa Moms dapatkan.1. Baik untuk kesehatan jantung Sebuah studi membuktikan kalau daun kelor bisa meningkatkan kesehatan jantung.

  1. Dengan mengonsumsi daun kelor, Moms bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
  2. Ini juga bisa mengurangi pembentukan plan di arteri serta mencegah stroke.
  3. Baca Juga: Nyesel Baru Tahu Sekarang, Rambut Beruban Bisa Hitam Kembali Hanya dengan Teh Chamomile, Seperti Ini Caranya 2.
  4. Meningkatkan imunitas Tidak banyak yang tahu kalau daun kelor dikategorikan sebagai superfood,

Hal ini karena kandungan nutrisi daun kelor sangat melimpah dan bermanfaat untuk tubuh. Tanaman ini mengandung kalsium, vitamin C dan A, serta zat besi.3. Mengontrol gula darah Teh daun kelor sangat cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Ini karena daun kelor terbukti bisa menurunkan kadar gula darah.

  1. Teh daun kelor menunjukan manfaatnya ketika dikonsumsi setelah makan.
  2. Baca Juga: Bisa Buat Satu Keluarga Panjang Umur dan Bebas Penyakit, Tolong Mulai Sekarang Biasakan Minum Teh Sebelum Tidur Jika Mau Hal Menakjubkan Ini Terjadi Pada Tubuh 4.
  3. Melindungi dari penyakit kronis Kandungan antioksidan yang tinggi seperti polifenol, tanin, saponin dan zat lain bisa melawan inflamasi organ.

Dengan kata lain, teh daun kelor mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis. Secara umum, daun kelor terbukti aman untuk dikonsumsi. Hanya saja, ibu hamil dan pasien yang sedang menerima pengobatan kemoterapi tidak disarankan mengonsumsi teh ini. Artikel ini merupakan bagian dari Parapuan Parapuan adalah ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Related Post