Xi Zhan – Wan Chai, Hong Kong

YEAH, setelah melewati diskusi sengit, akhirnya kami bertiga berhasil juga menentukan makanan di Hong Kong yang cengli. Secara, makanan di Hong Kong tuh MAHAL-MAHAL SEMUA, tapi kami harus bijak memilah, dan menganggap dompet kami ini dompet orang Hong Kong, hiks. 

Jadi ceritanya hari pertama menyentuh aspal Hong Kong, langit sudah gelap, gue dan teman-teman udah laper baper. Gue menuju apartemen yang gue sewa lewat Airbnb (sumpah bukan promosi tapi ini cengli banget) pakai Uber (sumpah ini juga bukan promosi tapi harganya lebih cengli dari taksi dan lebih praktis). Beruntunglah gue dan teman-teman mendapat supir uber yang super duper baik, menjelaskan apa aja wisata di Hong Kong, makanan dan transportasi. Saat itu gue tinggal di daerah Wan Chai, pas kami udah turun mobil si supir langsung ngegaet salah satu teman kami untuk menunjukan salah satu restoran wonton noodle ENAK MANTAP SEDAP. Yak! Ini dia, Xi Zhan! Cara alternatif lain untuk ke sini adalah dengan naik MTR (Mass Transit Railway), sejenis MRT-nya Hong Kong, lalu turun di Wan Chai Station.

img_0894

SONY DSC

3 Assorted of Roasted Meats with Salted Egg and Rice – HKD 52

Sebelum nyobain ke wonton dan noodle, gue rame-rame cobain nasinya dulu. Di sini ada berbagai macam daging, jadi kayaknya menu ini bisa melengkapi keinginan kita semua. Dalam menu ini ada daging babi dan bebek, ditambah setengah telur asin. EH gile, emang sih kelihatannya sama-sama aja kayak daging di Indonesia, apalagi telur asinnya yang mirip kayak di Brebes punya. Tapi, rasa dan tekstur dagingnya beda banget! Babinya asin luar dan dalam, ditambah kulitnya yang kriuk! Nah babi yang satu lagi lebih ke rasa manis, seperti babi merah di nasi campur, dengan tekstur yang jauh lebih empuk. Nah, kalo bebeknya, suwer gak ada bau amis atau tengiknya sama sekali, enak mantap sedap! Kalo nasinya? Sama aja lha yauwww.. 😛

SONY DSC

BBQ Crispy Duck with Steamed Chicken and Rice – HKD 62

Nah kalau yang ini agak salah pesen nih, karena cuma dua macam daging tapi harganya $62, lebih mahal dari pada yang pertama. Tapi memang bebek di sini agak mahal sih, dan porsi bebeknya lebih banyak dari pada menu sebelumnya. Lalu daging ayamnya juga empuuuuuuk sekali, dan gak tawar. Sepertinya udah direndam lama di bumbu gitu loh..

SONY DSC

SONY DSC

Minced Pork and Hot Sauce Noodle with Shrimp Roe – HKD 40

Nah mulai ke noodle – noodle ya sekarang. Jadi menu bakmi gue yang pertama ini seperti Mie Ja Jiang kalau di Imperial Lamian atau Ja Jiang Myeon-nya Hong Kong lah kurang lebih. Daging babi cincang dan iris tipis, dimasak dengan bumbu sedikit pedas dan kental, rasanya asin dan manis seimbang. Lalu, mereka pakai “Shrimp Roe” yaitu bakmie ala Hong Kong yang tipis dan garing. KESUKAAN GUE NIH! Bakmi yang jarang bisa ditemukan di Indonesia, huhuhu.

SONY DSC

img_0897

Shrimp Dumplings Noodle with Shrimp Roe – HKD 40

NAH, ini dia makanan kesukaan gue pas di sini, delicious! Kuahnya gurih dan wangi ebi, rasa kuahnya juga clear, tapi disamping itu bumbunya kuat dan gak hambar. Satu porsi ini ada 3 atau 4 dumplings (lupa) yang JUARA banget! Isi dumplings-nya ada daging babi, seekor udang dan sayur. Gigitan pertama langsung.. cesss.. wangi yang tercium pertama adalah wangi minyak wijennya. Dahsyat! Terlebih dalam menu itu mereka juga gunakan bakmi Shrimp Roe yang tipis garing.

img_0899

Pork and Vegetable Wonton Rice Noodle – HKD 40

Last, makanan ini ditujukan bagi penikmat babi, karena babinya dewa! Liat tuh, kuahnya sampe butek gitu ya karena kaldu babinya. Untuk menu ini mereka pakai kwetiaw dan dumplings-nya gak ada isi udangnya, all about babi. MANTAP! Pulang-pulang mabok babi.

Sip lah! Itu dia icip-icip pertama gue di Hong Kong. Kesan pertamanya sih, wah gue bisa idup nih selama enam hari ke depan. Kesan keduanya, KOK MAHAL-MAHAL YA? Tapi percayalah, ada yang lebih mahal (tapi cengli) dari pada ini. Oleh karena itu, gue menyimpulkan kalau harga segini itu murah (dan cengli). Sekian dulu ya ulasan tentang makanan pertama kami di Hong Kong, nantikan ulasan #MAKANCENGLIHK berikutnya!

Salam Cengli!

img_0890

Bonus foto muka laper baper

Uhuhuhu, rasanya perlu keberanian deh buat buka foto-foto makanan di Hong Kong, bikin gue jadi baper dan kangen makanan di sana.


Xi Zhan
Shop B, G/F, Tung Fong Building, 151-155 Johnston Road, Wan Chai
Telp : 2109 0266
0

3 Comments

  1. Great blog! Do you have any tips and hints for aspiring writers?
    I’m hoping to start my own website soon but I’m a little lost on everything.
    Would you advise starting with a free platform like WordPress or go
    for a paid option? There are so many options out
    there that I’m completely confused .. Any ideas? Many thanks!

    Reply
    • My only tips is that you focus on your content and you let your creative minds do the work. For starters, maybe it is better to go with the free option.

      Best Regards,
      Kevin – MakanCengli

      Reply

Write a comment below...