Shabu Shabu Gen – Thamrin, Jakarta

WHAT? Shabu Shabu Gen termasuk cengli?

Mungkin itu jenis pertanyaan yang akan muncul di benak Sobat Cengli ketika melihat judulnya. Sama seperti dengan OKU, kenapa sih Shabu Shabu Gen bisa tergolong cengli? Gue sudah merasakan sendiri bagaimana mencoba shabu-shabu di situ. Harganya memang mahal gile sampe nguras isi kartu debit, but in my opinion, this premium shabu-shabu is worth to try at least once in your lifeGue ga bisa bohong, shabu-shabu ini memang layak diacungi banyak jempol.

IMG_0049 copy IMG_0046 copy

IMG_2548 copy

Cici Cengli lagi beberes *LOH*

Oke, mari mulai terlebih dahulu dari lokasinya. Restoran ini bertempat di gedung The Plaza Office Tower, lantai 46. Kalau mau masuk, bisa langsung lewati lobby gedungnya langsung atau lewat Plaza Indonesia. Gue waktu itu baru pertama kali datang jadinya lewat Plaza Indonesia deh. Berhubung ini di lantai 46, jadi selagi menikmati shabu-shabu, bisa sambil melihat pemandangan kota Jakarta. Kece banget kan? Terus ditambah lagi nuansa restoran yang begitu elegan, uuuhh bikin betah deh. Mengingat ini termasuk restoran elite, jadi pakaiannya minimal pake smart casual ya 😀

IMG_2525 copy

Apa sih yang membedakan Shabu Shabu Gen dengan tempat shabu-shabu pada umumnya? Banyak sih. Bahas satu per satu ya. Pertama itu kita lihat peralatan yang dipakai. Kata staff mereka, sebagian besar peralatan langsung diimpor dari Jepang. Jadi kalau makan, ada rasa Jepang gitu deh *pret*. Selanjutnya, chef yang mengolah makanannya juga orang Jepang. Tsaadeesst bingits!

IMG_0056 copy

LIHAT MARBLING NYA !!

LIHAT MARBLING NYA !!

Potong daging pake mesin

Potong daging pake mesin

IMG_0055 copy

Selain yang telah disebutkan sebelumnya, ada satu lagi yang paling penting perbedaannya, yaitu dagingnya. Iya, dagingnya. Daging yang disediakan di sini adalah daging premium yang langsung berasal dari negara sakura, Jepang. Bayangin saja, shabu-shabu pakai daging yang kualitasnya lebih tinggi dari Kobe. Ada loh, namanya Kagoshima dan Hida. Lalu grade dagingnya hanya A4 dan A5. Kualitasnya super tinggi coy (huruf paling tinggi adalah A, angka paling tinggi adalah 5). Lihat saja marbling-nya, langsung bikin ngiler!

IMG_5957 copy

Premium Set (Ilustrasi)

Jadi ceritanya gue nyobain Shabu Shabu Gen Premium Japanese Beef Tasting Menu. Porsi aslinya tidak seperti yang ada di foto alias hanya ilustrasi saja. Harga untuk satu set adalah Rp 1.850.000,00++. Well, it better be so damn good ’cause it costs quite a lot of money. Set ini terdiri dari :

  • Salad
  • Chawan Mushi
  • A4-A5 Kagoshima Sirloin and Ribeye
  • Premium A5 Hida Sirloin and Ribeye
  • Vegetables
  • Ramen
  • Dessert

IMG_0069 copy

Salad

Salad

Dimana-mana, salad memang cocok banget jadi makanan pembuka. Sayurannya bermacam-macam dan semuanya segar. Lalu dressing-nya juga tidak terlalu banyak jadi rasa asamnya pas di mulut.

IMG_0072 copy

Chawan Mushi

Chawan Mushi

Selain salad, segelas chawan mushi juga disajikan sebagai makanan pembuka. Gue sih sebenernya biasa saja sama chawan mushi, tapi yang ini pengecualian. Teksturnya lembut banget, kayak silky pudding. Telurnya juga tidak mengeluarkan bau amis. Makan berbarengan dengan ayam, udang, dan jamur jadi makin maknyus~~

IMG_0042 copy

Ponzu, Yuzu, Sesame

A4 Kagoshiba Sirloin and Ribeye

A4 Kagoshiba Sirloin and Ribeye

A5 Kagoshima Sirloin and Ribeye

A5 Kagoshima Sirloin and Ribeye

Premium A5 Hida Sirloin and Ribeye

Premium A5 Hida Sirloin and Ribeye

Now, let’s start the best part, eating the meats!! Gue udah seneng banget pas lihat marbling dari dagingnya. Ga pernah ngeliat yang secantik ini. Mari mulai rebus-rebusannya. Eh tunggu, kenapa daging duluan ya? Bukannya sayuran dulu ya? Justru daging duluan, biar segala sari dan lemaknya keluar ke kuah, terus pas dipake buat rebus sayur, sayurnya bakalan ada rasanya. Kuah yang dipake buat ngerebus merupakan resep Shabu Shabu Gen yang terdiri dari konbu, katsuobushi, mirin, vinegar, garam, dan lada. Aromanya sedap banget, terus rasa kuahnya doank udah lezat. Ga kebayang lezatnya kalau sudah dipake buat ngerebus daging…

IMG_0092 8

Untuk hasil yang paling oke, plis banget, gue mohon untuk jangan terlalu lama merebusnya. Sayang banget daging kayak gitu kalau kelamaan direndam terus dimakan dengan kematangan well-done atau bahkan overcooked. Gue ngerebusnya ga lama, palingan sekitar 10 detik di kuah mendidih jadi warnanya ga abu-abu amat. Jujur, antara sirloin sama ribeye-nya itu rasa serta teksturnya beda tipis. Saat beranjak dari A4 ke A5, itu lumayan kerasa bedanya, mulai dari tekstur serta cita rasa setiap potongan. Tapi semuanya enak banget. Teksturnya sih absolutely remarkable. Buttery and literally melts in your mouth. Super empuk, sampe-sampe ga perlu dikunyah lagi. Personally, gue suka yang A5 sirloin, entah itu Kagoshima atau Hida, soalnya lemaknya lebih banyak sehingga rasanya lebih mantap. Kalau mau cocol, tenang saja. Setiap pelanggan itu diberikan tiga macam sauce yaitu ponzu (asin), yuzu (asam), dan sesame. Gue udah coba satu per satu, dan gue saranin mendingan ga usah cocol deh soalnya dagingnya sendiri sudah enak banget.

Vegetables

Vegetables (Ilustrasi)

IMG_0101 copy

Inget kan apa yang gue bilang, rebus daging dulu sampe abis, baru masukin sayuran. Gue sengaja minta dipisah. Kalau rebus daging sama sayurnya berbarengan, nanti rasa kuahnya udah keambil sama sayur dan rasa dagingnya tidak mencapai ke titik kelezatan maksimal. Sayurannya cukup banyak jenisnya. Lumayan buat netralisir lemak-lemak dari daging sebelumnya hehehe.

IMG_2593 copy IMG_2589 copy

Ramen

Ramen

Koko dan Cici Cengli termasuk orang yang demen banget sama keluarga mie, salah satunya ramen. Setelah ngeliat ramen mentahnya dibawa sama pelayannya, gue langsung mupeng gitu. Lihat saja, bentuknya kecil dan keriting-keriting. Favorit gue banget nih. Konon katanya, ramen ini asalnya asli dari Jepang dan ternyata memang beda pas dimakan. Kenyal banget dan rasanya juga oke ketika disantap dengan kuah kaldu.

IMG_0120 copy

Dessert

Dessert ini terlalu cantik buat dimakan! Penataannya itu loh, artistik banget. Komponen yang ada di dessert kali ini antara lain apple cherry cinnamon ice cream, warabi mochi, adzuki (red bean) paste, dan yuzu jelly. Gile gue suka banget, apalagi es krim sama jelly-nya. Manis sama asamnya seimbang banget. Pada akhirnya, semua yang ada di piring tersebut sempurna. Impressive!

Yes, gue sangat-amat-puas-sekali setelah menikmati premium shabu-shabu set yang harganya selangit ini. Awalnya bakalan ngira kalau abis makan ini ga akan kenyang. Ternyata gue salah sangka, abis semua itu perut gue berasa kenyang juga. Nilai plus lainnya dari restoran ini adalah tentu saja pelayanan serta keramahtamahan dari setiap pelayannya. Udah kayak di fine dining restaurant. Gue ga akan melupakan pengalaman sekali seumur hidup bersantap di Shabu Shabu Gen yang mengesankan ini.

Salam Cengli!


Shabu Shabu Gen
The Plaza Office Tower, Lantai 46, Altitude
Jl. MH Thamrin Kav. 28 – 30, Thamrin, Jakarta Pusat
Telp : 021 29928846 (Booking Recommended)

Shabu Shabu Gen Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

1

There are no comments

Write a comment below...