Shabu Hachi – Cilandak, Jakarta

“Don’t expect life to serve you what you expect. Just enjoy the buffet.” ― Manoj Vaz

Ciye, pake quotes dulu biar kece. Perdana banget nih, karena ulasan kali ini adalah ulasan pertama yang membahas tentang tempat makan yang bisa Makan Sampe Muntah. Jangan khawatir, itu cuman frase aja kok. Artinya, restoran yang diulas adalah all you can eat atau makan sepuasnya! Siapakah restoran yang beruntung dalam ulasan AYCE perdana kali ini? Ini dia, Shabu Hachi! Menurut gue, restoran shabu-shabu ini layak banget dibilang cengli. Mau tau kenapa? Simak sampai selesai ya!

Shabu Hachi, arti kata “hachi” dalam bahasa Jepang adalah angka delapan. Well, gak ada hubungannya sama resto ini sih soalnya gak ada unsur delapannya. Sebenernya gue juga gak ngira, bakalan ada si Shabu Hachi ini. Gue tau ada resto ini dari salah satu teman foodie gue yang berdomisili di Jakarta. Doi bilang, ini enak dan worth to try. Yaudah gue juga ikutan nyobain deh. Restoran ini berlokasi di daerah Cilandak, dan pas gue sampe situ, astaga naga, rame banget! Parkiran depannya sudah penuh jadi harus parkir di seberang atau di tetangga.

IMG_3062 copy IMG_3066 copy IMG_0792 copy

Lampion Unyu

Lampion Unyu

Kompor Listrik

Kompor Listrik

Don’t judge a book by its cover”. Kalimat ini yang menggambarkan Shabu Hachi. Dari depan kelihatannya gedung ini tidak gede-gede amat. Namun, kalau udah masuk ke dalam, pasti kaget, kayak gue. Tempatnya gede parah! Ini sih gak usah khawatir lagi muter-muter sambil bawa piring soalnya luas beud! Mejanya ada banyak, terus dibagi menjadi beberapa area jadi bisa milih mau suasana yang bagaimana. Lumayan nyaman… Anyway, mengikuti tren masa kini, Shabu Hachi juga mengaplikasikan shabu-shabu dengan kompor untuk setiap orangnya. Jadi biar gak rebutan gitu deh.

IMG_0781 copy

Banyak Pilihan

IMG_3071 copy

IMG_3055 copy

Ayam

IMG_3058 copy

Kerang Ijo!

IMG_3054 copy

Buat sebuah restoran shabu-shabu, gue seneng banget melihat variasi item yang ditawarkan. Banyak pake banget! Sayurnya saja sudah lebih dari (kayaknya) sembilan jenis, ada sawi putih, daun ginseng, kangkung, bokcoy, caisim, dan lain sebagainya. Dilanjutkan bakso-baksoan, ayam, ikan, jamur-jamuran, dan juga seafood seperti kerang ijo dan ikan. Semuanya terjamin kesegarannya, bahkan kerang ijonya aja gak bau amis! Tapi ada satu hal yang mungkin gak terlalu penting tapi penting juga *APA SIH*, mereka gak kasih label nama buat setiap item karena gak semua orang tau nama-namanya.

IMG_3069 copy

Spotted a lot of Garlic!!

IMG_3060 copy

Salad

Selain itu, ada juga salad beserta dressing sama berbagai macam condiments. Sekali lagi, mereka gak taruh label nama di setiap barang. Why oh why??? Jadinya mesti nanya staff kalau ga tau itu apaan…

IMG_0818 copy

Salah satu keunikan Shabu Hachi dibandingkan restoran shabu-shabu lainnya adalah bahwa mereka menyajikan takoyaki dan dorayaki yang langsung dimasak ketika ada pesanan. Unik banget kan? Kapan lagi bisa makan kedua makanan tersebut sepuasnya? Cuman di sini!

IMG_3074 copy IMG_3064 copy

IMG_0805 copy

AMBIL YANG BANYAK!

IMG_0802 copy

IMG_3076 copy

Australian Beef

IMG_0810 copy

Kuahnya ada enam jenis, yaitu Japanese Broth, Original Konbu, Miso Soup, Hot Spicy Miso, Sukiyaki, dan Tom Yum. Kalo Koko Cengli sukanya kuah yang rasanya mild jadi ga menutup rasa asli si daging, jadinya milih Japanese Broth. Kalo Cici Cengli pesennya Hot Spicy Miso dan Sukiyaki. Temen gue juga ada yang pesen Tom Yum. 

Karena baru pertama kali nyobain, jadi gue pilih paket yang paling murah dulu, yang dagingnya Australian Beef. Kualitas dagingnya patut diacungi jempol. Lemaknya gak terlalu banyak, ketebalan setiap lembarnya pas, lalu rasanya juga enak. Ingat, untuk tekstur terbaik, jangan merebus terlalu lama ya, nanti dagingnya jadi alot. Gue udah nyobain semua kuah yang dipesen, dan gue paling enak yang Tom Yum karena asamnya tidak terlalu pekat. Yang Japanese Broth itu terbuat dari kaldu ayam, awalnya sedikit hambar tetapi jika dipake buat rebus daging dan ditambahin kecap asin, jadi mantep banget. Kuah lainnya juga oke kok, toh pada akhirnya sesuai selera masing-masing. Masak makanan lainnya, jadi berasa deh.

IMG_3057 copy

Banyak Minuman

IMG_3093 copy

Jelly – Pudding

Minuman di sini juga super banyak, bahkan ada mesin minuman Nescafe. Itu loh, mesin yang biasa ada di minimart, yang tinggal pencet terus minumannya keluar sendiri. Ga cuman itu, ada juga berbagai macam minuman dingin kayak ocha dan lain sebagainya. Dessert-nya juga selain dorayaki dan es krim, ada juga jelly dan pudding. Uhh demen banget sama keduanya. Kekenyalan jelly oke banget, terus manisnya juga pas. Kalau yang pudding, rasanya cokelat tapi gak terlalu manis. Kalau mau manisan lagi, bisa tambah fla sepuasnya!

Oke, kesimpulannya adalah bahwa shabu-shabu di sini super cengli. Paket yang paling murah (yang gue pesen) seorangnya dikenain 151.800 Rupiah. Ajaib kan harganya, setelah melihat kualitas makanannya. Pelayanannya juga gak buruk-buruk amat, ya walau pun lambat sedikit karena sedang ramai sekali. Buat durasi makan, untuk hari biasa atau weekdays GAK ADA alias seharian juga boleh. Mantap kan? Kalo weekend, batasnya adalah dua jam. Pasti pengen balik lagi sih. Sukses terus Shabu Hachi!

Salam Cengli!


Shabu Hachi
Jl. Ampera Raya No. 127, Cilandak, Jakarta
Telp : 0822 99119957

Shabu Hachi Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

1

2 Comments

  1. I do trust all the ideas you have offered on your post.
    They are very convincing and can definitely
    work. Still, the posts are too short for newbies. Could you please lengthen them a little from next time?
    Thanks for the post.

    Reply
    • Hi…

      We really appreciate your suggestion, but I think our posts are already long enough 🙂

      THank you and cheers,
      Kevin – MakanCengli

      Reply

Write a comment below...