Maji Streatery – Kelapa Gading, Jakarta

Perkembangan industri makanan di Indonesia, khususnya Jakarta, terasa begitu pesat. Sebut saja Kelapa Gading di Jakarta Utara. Belakangan ini, banyak sekali restoran, kafe, atau pun tempat makan baru yang bermunculan. Emang layak banget disebut one stop culinary heaven. Udah gitu, kualitas makanan sama tempatnya pun lumayan menarik para warga setempat. Bahkan warga luar Jakarta kayak gue aja sampe ke sini buat hunting makanan enak. How very fortunate, gue kedapetan satu restoran yang spesialisasinya adalah Indonesian-mix fusion cuisines. Penasaran? Kuy, dibaca sampe selesai.

Nama restorannya adalah Maji Streatery. Gue ga tau sih apa asal-usul pemilihan namanya, tapi berdasarkan ilmu sotoy gue, kata ‘streatery’ itu diambil dari kata ‘street‘ dan ‘eatery‘. Yaaa seperti yang Sobat Cengli tau, Indonesia itu cukup terkenal loh akan makanan di pinggir jalan dengan suasana yang seadanya. Contohnya : bubur, sate, nasi uduk, dan lain sebagainya. Dengan begitu, restoran ini mengusung konsep Indonesian street food, but with a twist : digabung dengan gaya negara lain seperti Jepang, China, Meksiko, Amerika Serikat, dll. Sepengalaman gue sih, yang fusion kayak begini suka gagal. Rasanya aneh, bentuknya absurd. Some bad experiences, heh? Kalo di Maji, definitely not a failure! 

Breakfast Menu!

Breakfast Menu!

They offer a wide selection of Indonesian fusion dishes. Kebetulan banget nih pas gue dateng, lagi ada paket sarapan pagi yang berlaku setiap hari, mulai dari jam 08.00 – 10.00 WIB. PLUS dapet teh atau kopi sepuasnya. Cengli banget kan?? Yoih!! Cocok banget nih buat yang mau sarapan sebelum kerja atau kuliah.

Omurice Ikan Teri (Rp 32.000,00)

Omurice Ikan Teri (Rp 32.000,00)

Bakmi Ayam Maji (Rp 35.000,00)

Bakmi Ayam Maji (Rp 35.000,00)

Untuk paket sarapan pagi, nanti ada tiga pilihan :

  1. Omurice Ikan Teri. Nah loh, omurice, yang mana berasal dari Jepang, dipakein ikan teri? Aneh ga ya? Tentu tidak! Surprisingly good! Nasi gorengnya cukup pera, terus bumbunya juga oke. Penggunaan ikan teri tepat banget jadi meningkatkan cita rasa hidangan. Tapi menurut gue, saos di atas telor dadarnya kurang banyak ya, jadi kesannya sedikit kering gitu. But taste-wise, it’s delicious!
  2. Bakmi Ayam Maji. Mungkin ini menjadi salah satu bakmi terenak yang pernah gue makan. Kacau gila enaknya, sampe nambah lagi gue *jujur*. Bakmi ini berisikan ayam rica, kerupuk kulit ayam, telur rebus setengah mateng, sama sayuran. Semuanya nyambung loh rasanya. Bumbu bakminya apalagi, enak banget. Sampe ga diaduk pun masih terasa lezat. Tekstur bakmi yang sempurna membuat hidangan ini patut diacungi jempol.
  3. Bubur Ayam Zuppa. Bubur dengan sedikit modifikasi : dikasih zuppa sama kuah kari. Surprisingly good! Isiannya lumayan banyak, lalu konsistensi buburnya juga oke. Kari sering banget overpowered rasanya, tapi yang ini tidak sama sekali, alias pas! Jadi makan semangkuk pun ga bikin eneg. Eh iya, buat yang ga tau penampakannya kayak gimana, cek foto berikut ya!

Nasi Ayam Cabe Gila (Rp 45.000,00)

Nasi Ayam Cabe Gila

Panggilan kepada semua penggemar pedas, gue wajibkan banget buat pesen menu dari Festival Pedas ala Maji Streatery. Gue nyobain dua dari empat menu pedas yang tersedia. Apa aja sih?

  1. Sambel Wings (Rp 35.000,00). Ukuran ayamnya mini banget, sampe-sampe dagingnya ga terlalu keliatan secara kasat mata. Tapi pas dicoba, ya ulohhhh enaknya kebangetan! Nagih banget rasa asin gurih pedesnya, sampe gue langsung pesen lagi.
  2. Nasi Ayam Cabe Gila (Rp 45.000,00). Nasi pake chicken katsu yang crunchy, lalu di atasnya dikasih mozzarella dan disajikan dengan sambal buatan Maji Streatery. Sambalnya sih enak banget, pedesnya nendang, ada rasa dan aroma bawang putihnya juga. Makan langsung jadi lahap banget berkat si sambal ini.
Nasi Gila Taco (Rp 49.000,00)

Nasi Gila Taco (Rp 49.000,00)

Gue kira nasinya pake taco yang garing-garing gitu, ternyata ini lebih ke arah memadukan isian taco ke dalam nasi sehingga jadilah nasi gila yang topping-nya amburadul gitu seperti daging sapi cincang, selada, salsa, telur ceplok, sama sour cream. Kayak gini bagusnya dicampur aduk dulu biar segala cita rasa dari topping-nya bisa menyebar dengan merata. The flavor is quite unique but in a very good way. Kayak taco beneran, perpaduan asin dan asam, cuman ini dicampur pake nasi. One bite is not enough!

Kari Ayam Puff-puff (Rp 45.000,00)

Kari Ayam Puff-puff (Rp 45.000,00)

Lucu ya bentuk ayamnya, kayak turkey leg but tiny version. Warna golden brown-nya menarik banget buat dimakan. Untuk kari yang dipakai di sekeliling nasi, ga beda jauh sama yang di bubur di awal-awal. Yes and it is still not gonna make you ‘eneg’. Rasa karinya yang ringan dengan konsistensi yang pas, dipadu pake kerupuk sama isiannya yang melimpah. Sedap sekali!!

Nasi Goreng Gulung (Rp 45.000,00)

Nasi Goreng Gulung (Rp 45.000,00)

Ga ngira kalau nasi goreng bisa dibentuk kayak sushi. Hmm, makannya pake tangan atau pake sumpit ya? Abisnya ini gabungan Indonesia sama Jepang sih hahaha. Nasi goreng ini digulung pake telor dadar, terus di dalamnya dikasih sosis dan ada ikan asinnya juga biar ada sentuhan rasa asin. Rasanya?  Negara kita tercinta banget deh. Nasi goreng, ikan asin, telor dadar, sosis…. Buat nasi gorengnya, bisa minta mau pedes atau tidak loh. Jadi jangan khawatir, ada pilihan untuk kita semua :). Yummy!

Panna Cotta Gula Jawa (Rp 29.000)

Panna Cotta Gula Jawa (Rp 29.000)

First of all, they really nailed the presentation. Cantiknya banget banget bangettt!! Hiasan cokelat putihnya itu sentuhan yang sangat bagus karena memberikan warna terhadap hidangan. There’s a lot of positive comments about this one (including the presentation). Buat dessert sekelas panna cotta, harganya murah banget!! Cuman 29 ribu bok! Terus yang ini unik juga karena dipakein saus gula Jawa atau gula merah. Sumpeh, demi apa pun, rasanya luar biasa enaknya. Gue kira bakalan kemanisan, secara panna cotta sendiri uda manis, terus ditambah gula Jawa. EHHH ternyata manisnya pas banget, terus panna cotta-nya lembut pisan. Top markotoppp!!

Terkesima, terkagum, tertakjub. Itu lah kata-kata yang gue pake untuk menyimpulkan dan menjelaskan Maji Streatery. Like I said before, it is not an easy job to produce such delicacy by combining Indonesian food and other countries’ cultures, but this does not apply to Maji Streatery. Terus Sobat Cengli nyadar nga, dari tadi yang gue jelasin itu, ga ada yang harganya di atas lima puluh ribu. So cengli kan??? Iya donk, makanya masuk blog deh. Yuk cobain!!

Salam Cengli!


Maji Streatery
Jl. Boulevard Raya Blok WE2 No. 1H, Kelapa Gading, Jakarta
Telp : 021 22454843081808580787
Maji Streatery Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

2 Comments

  1. Selamat Siang. Darii Google saya sampai ke blog ini, ternyata
    artikelnya sangat informatif ddan banyak konten yang banyak manfaatnya.
    Numpang izin komen dan sharing beberapa tulisan ke sosmed
    saya ya sekawligus biar blog anda semakin banak pembacanya.
    Mudah mudahan selalu di updatye teru ya blognya.Terima Kasih

    Reply

Write a comment below...