Li Feng – Mandarin Oriental Hotel – Thamrin, Jakarta

Hi, Sobat Cengli! Gimana kabarnya? Baik-baik saja kan? Kembali lagi bersama Koko dan Cici Cengli. Jangan bosan-bosan ya sama kita hehehe. Pada kesempatan kali ini kita mau ngebahas salah satu restoran yang belum lama buka di Mandarin Oriental Hotel, Jakarta. Mengusung hidangan ala Kanton, dia adalah Li Feng.

img_1162-copy

img_4036-copy

img_4577-copy

Beautiful, isn’t it?

img_4595-copy

Bikin betah deh~~

Arti dari Li Feng adalah “beauty in abundance”, dalam Bahasa Indonesia adalah “keindahan dalam kelimpahan”. Desain interior dari restoran ini dihiasi dengan lukisan-lukisan, dekorasi, serta ornamen bernuansa Chinese, restoran ini berhasil menggambarkan apa itu arti keindahan yang sesungguhnya. Gue sendiri terpana dengan apa yang telah dikerjakan oleh interior designer sehingga bisa menghasilkan suasana yang mewah dan elegan. Gue aja ga mau cepat-cepat beranjak dari restoran ini, saking kecenya ni tempat.

img_4050-copy

img_4662-copy

Kalo biasanya makanan Kanton itu kesannya berantakan, di piring ga berbentuk, nah kalo yang ini sedikit berbeda. Mengikuti era kuliner yang modern ini, semua makanan yang dihidangkan ditata sedemikian rupa sehingga visualisasinya terlihat sangat cantik. Ditambah lagi dengan pemilihan peralatan seperti utensils hingga wadah untuk menaruh makanan, ohh, absolutely beautiful! Ga percaya? Nih, gue bikin Sobat Cengli biar percaya dengan membahas satu per satu.

img_4603-copy

Crispy Fish Skin with Salted Egg Yolk (Rp 68.000,00)

Crispy Fish Skin with Salted Egg Yolk (Rp 68.000,00)

Panggilan kepada seluruh pecinta telur asin, mohon kesediaannya untuk mencoba menu yang satu ini. This is the proper way to start a meal, dengan makanan pembuka yang sungguh menggoda. Penyajiannya cantik, ada bunga kecil berwarna pink di atasnya. Kulitnya pake ikan salmon, garingnya oke bingits. Yang perlu dicamkan : TIDAK ADA rasa atau pun aroma amis sama sekali. Telur asinnya pun melumuri sempurna, sedikit pedas, tapi ga bikin kepedesan. Pokoknya hati-hati deh, nanti bisa ketagihan.

img_4065-copy

Spicy XO Scallop Dumpling and Squid Ink (Rp 32.000,00 per 3 pcs) - Seafood and Fish Roe Dumpling (Rp 32.000,00 per 3 pcs)

Seafood and Fish Roe Dumpling (Rp 32.000,00 per 3 pcs) – Spicy XO Scallop Dumpling and Squid Ink (Rp 32.000,00 per 3 pcs)

Ternyata dimsumnya enak juga! Teksturnya kulitnya kenyal, dalemnya crunchy. Isiannya ga amis sama ga pelit kayak dimsum pada umumnya. Rasa sudah enak, terus kalo tau harganya cuman 30ribuan, this is dimsum heaven!!

img_4626-copy img_4637-copy

img_4629-copy

Imperial Kungfu Soup (Rp 148.000,00)

Imperial Kung Fu Soup (Rp 148.000,00)

Pas disajiin, gue kira ini teh. Orang udah dapet teh kok dikasih teh lagi. Eh taunya ini adalah Imperial Kung Fu Soup. Dari namanya, kayaknya ini sup cocoknya disajikan di kerajaan deh *ngayal*. Sup ini disajikan di teko biar Sobat Cengli bisa menikmati kuah serta isinya dengan terpisah. Mau campur juga gak apa, itu kan pilihan hehehe. Isinya ada macam-macam. Ayam, burung puyuh, jamur matsutake, dan bahkan buah longan. Ngapain ada buah longan di sini? Justru itu yang membuat rasa kuahnya semakin kaya. Cita rasa kuahnya mirip kayak ayam tim obat, tetapi yang ini sedikit lebih manis. Intinya sih this is the best soup I’ve ever tasted! 

img_4619-copyimg_4611-copy img_4613-copy

Deep Fried Swan Dumpling with Blackpepper Duck Meat (Rp 89.000 per 6 pcs)

Deep Fried Swan Dumpling with Blackpepper Duck Meat (Rp 89.000 per 6 pcs)

This is what we have been waiting for, Li Feng’s signature dish, the Deep Fried Swan Dumpling! Gue nobatkan sebagai dumpling paling cantik dan paling artistik yang pernah gue temui. Presentasinya saja dramatis banget, pake asep-asep segala. Dumpling ini terbuat dari pastry berwarna hitam. Bukan gosong loh ya. Walau pun berwarna hitam, tetep aja sayang buat dimakan soalnya bagus banget bentuknya. Isinya menggunakan daging bebek berbumbu blackpepper. Pastry tidak terlalu keras jadi aman buat gigi. Salah satu menu yang cengli untuk dipesan.

Sauteed Beef with Szechuan Pepper and Chili (Rp 348.000,00)

Sauteed Beef with Szechuan Pepper and Chili (Rp 348.000,00)

Kalau bandingin harga sama porsinya, ajubileh! Kurang disarankan mesen ini sih, tapi kalau penasaran ya silakan mencoba. Dagingnya sangat amat empuk, bahkan pake garpu pun bisa dipake buat motong. Bumbunya lumayan tajam tapi ga bikin kepedesan kok. Jangan takut duluan pas liat makanannya, cabe-cabe itu sebenarnya hiasan doank kok hehe.

img_4661-copy

Sweet & Sour Chicken with Pineapple and Bell Pepper (Rp 98.000,00)

Sweet & Sour Chicken with Pineapple and Bell Pepper (Rp 98.000,00)

Li Feng ini memang tak ada henti-hentinya membuat gue terkagum-kagum. Ayam asam manis aja penampilannya kayak begitu, ada empat batang kayu terus di atasnya dikasih caramel strings. Never in my life seen sweet and sour chicken like that. Ayamnya digoreng tepung dan berbentuk bola. Adonan tepungnya agak tebal, tapi rasanya ga seperti tepung kok. Teksturnya pun ga alot. Saus asam manisnya melimpah dan rasanya pun enak. I like it!

Braised Hele Crab with Japanese Rice in Hoisin Sauce (Rp 218.000,00)

Braised Hele Crab with Japanese Rice in Hoisin Sauce (Rp 218.000,00)

Least favorite dish of the day. Banyak alasan kenapa gue kurang suka sama yang satu ini. Pertama, kepitingnya. Andai kepitingnya disajikan tanpa cangkang, kan jadi lebih mudah makannya. Terus Li Feng kan termasuk fine dining, jadi lebih etis kalau makan pake sendok dan garpu. Kedua, nasinya. Lembek banget, terus lengket pula. Salah satu hal yang ga boleh terjadi pada nasi goreng. Terus rasanya juga ga terlalu memorable karena hambar.

img_4652-copy

Wok-Fried String Beans with Dried Shrimps and Garlic (Rp 68.000,00)

Wok-Fried String Beans with Dried Shrimps and Garlic (Rp 68.000,00)

Dari tadi daging melulu, nih salah satu menu sayuran yang gue cobain. Buncis pake ebi sama bawang putih, tipikal hidangan Chinese yang sering ditemui dan gue ga pernah ga suka. Yang ini buncisnya matang dengan sempurna sehingga masih ada tekstur garingnya, terus pemakaian bumbunya pas banget sama lidah.

img_4672-copy

img_4098-copy

Three Dessert Platter (Rp 118.000,00)

Three Dessert Platter (Rp 118.000,00)

Ya ampun ini makanan penutup imut banget!! Gue jadi ga tega (lagi) buat makannya. Sesuai namanya, satu piring ada tiga komponen utama dan setiap komponen bisa dipesan secara terpisah. Ada ketan goreng berbentuk bebek, blueberry snowskin mochi, dan mango cream with pomelo sago. Menurut pelayannya, cara makan yang disarankan adalah dari unsur yang panas sampe yang dingin. Artinya, bebek dulu, terus mochi, dan terakhir yang mango cream. Yang ketan goreng tuh teksturnya pas banget di mulut. Kalo yang mochi, andai isinya pake es krim, pasti enak banget. Mango cream, oh this is the best of all. Mangganya otentik banget. Satu gelas pun terasa kurang.

Most of the dishes are prepared with finest and executed beautifully, apalagi yang dimsum bebek sama sop kung fu. Aduh itu dua bikin gue ga bisa move on. Rasanya pengen balik lagi cuman buat makan keduanya. Pelayanan di sini cukup mengesankan. Ramah, cepat tanggapnya, dan terasa sangat profesional. Sebelum mengakhiri ulasan ini, gue kasih tips cengli dulu.

  1. Jangan makan nasi putih serta minum Chinese tea-nya karena harganya kurang cengli. Seporsi nasi putih dihargai Rp 30.000,00++ dan buat Chinese tea per orangnya dikenakan Rp 68.000,00++. Nasi sama teh aja sudah harus ngeluarin satu lembar uang merah dan satu lembar uang biru. Bisa menderita kanker (kantong kering) nih.
  2. Buat menu yang paling cengli adalah dimsum-nya. Rasanya enak, harga ga terlalu tinggi. Mantap gan!

Jangan sampe salah pesen ya Sobat Cengli.

Salam Cengli!


Li Feng
Mandarin Oriental Hotel, Jl. MH Thamrin, Thamrin, Jakarta
Telp : 021 29704981 ext:948
Li Feng - Mandarin Oriental Hotel Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato
2

There are no comments

Write a comment below...