Kuang Heng – Pratunam, Thailand

Perdana banget nih, nulis ulasan yang bertempatkan di Thailand. Negara Gajah Putih ini, hampir semua makanannya termasuk cengli. Pas gue lagi di sono, emang sih gue banyak beli makan, kayak makanan di pinggir jalan, di kios, di pasar dan lain-lain.. TAPI tempatnya ga ada huruf cetaknya! Jadi yaa.. yang bisa gue ulas ga terlalu banyak deh.. tapi ya moga-moga tetep bisa jadi referensi Sobat Cengli yang lagi mau liburan ke sana hehehe.

DANNNN berhubung sudah dekat dengan Hari Raya Imlek di Indonesia, gue bakalan ngulas salah satu tempat makan yang ngejual makanan Chinese. Ya ga Chinese amat sih, tapi masih 11 12 deh. Aslinya dari Taiwan, tapi dia ternyata buka cabang di Thailand. Yuk langsung saja gue bahas!

Nah, karena signage-nya ada huruf cetaknya, jadi gue tau nih nama tempatnya, yaitu Kuang Heng. Dia ini letaknya tidak terlalu jauh dengan The Platinum Fashion Mall. Coba aja cari di Google Maps, pasti ketemu kok. Tempatnya berupa rumah makan yang ada di pinggir jalan jadi sangat kelihatan. Pas gue dateng siang-siang, ternyata udah lumayan rame juga. Wah, ini pasti ga diragukan lagi makanannya. Makin gak sabar…

Menu makanan yang dijadikan bintang utamanya kebanyakan adalah hainam chicken rice. Ayamnya ada dua macam, ada yang rebus dan ada yang goreng. Kalo yang goreng itu ayam filet dikasih balutan tepung terus digoreng, mirip chicken katsu gitu. Nilai tukar IDR (Indonesian Rupiah) terhadap THB (Thailand Baht) pada saat itu adalah 1 THB =IDR 376. Jangan kaget ya Sobat Cengli pas lihat harganya.

Hainam Rice with Boiled Chicken (THB 50 = Rp 19.000,00)

Hainam Rice with Boiled Chicken (THB 50 = IDR 18.800,00)

GILE LO SEPORSI GA NYAMPE DUA PULUH RIBU?! Iya, emang harganya segitu. Emang murah, tapi porsinya orang Thailand gitu, ga terlalu besar tapi cukup mengenyangkan. Makanya gue jarang ngeliat orang gendut atau yang obesitas. Demen deh sama nasi hainamnya, aromanya semerbak, terus berasa banget kaldunya. Apa lagi tekstur nasinya, suka banget karena ga lengket! Ayam matang dengan sempurna, still moist in the inside. Rasanya tidak terlalu asin, sangat disarankan dicocol sama saus yang dikasih biar lebih flavorful. 

Hainam Rice with Boiled + Fried Chicken (THB 50 = IDR 18.800,00)

Hainam Rice with Boiled + Fried Chicken (THB 50 = IDR 18.800,00)

Kalau mau yang lebih variatif, boleh pesen yang gabungan dari ayam rebus sama ayam goreng. Kalau yang ini, sausnya dikasih dua macam, yang kecap sama yang saus asam manis. Yang goreng gak kalah enak sama yang rebus loh. Perfect crunchiness, luarnya garing dan dalemnya masih moist and juicy. Lagi-lagi, gue sarankan dimakan bersamaan dengan sausnya ya biar rasanya jadi greget.

Thai Milk Tea (THB 25 = IDR 9.400,00)

Thai Milk Tea (THB 25 = IDR 9.400,00)

Buat minumnya, ga lain dan sudah pasti gue pesen Thai Milk Tea. Berhubung lagi di negara aslinya, masa ga pesen? Segelas harganya ga nyampe 10.000 Rupiah. Ini super cengli! Manisnya pas banget, ratio susu dan tehnya ga jomplang jadinya rasa tehnya masih kerasa. Segernya tiada tara, apalagi cuacanya lagi terik banget.

Waiting List!!

Waiting List!!

Asli, puas banget makan nasi hainam di sini. Harganya murah, makanannya enak, haduh kurang apa lagi?? Ya paling tempatnya aja ya, karena cukup sempit dan orangnya juga lalu-lalang. Anyway, saran dari gue adalah datengnya pagian ya, soalnya ga lama setelah gue makan, ternyata di luar udah banyak yang nungguin. Untung aja gue ga termasuk di waiting list. Gue sudahi dulu deh ulasan yang ini, tunggu ulasan #makancenglibkk selanjutnya ya. Cheers!!

Salam Cengli!


Kuang Heng
960 Khwaeng Makkasan, Khet Ratchathewi, Pratunam, Thailand
Telp : +66 2 251 8768

1

There are no comments

Write a comment below...