Kedai Soto Ibu Rahayu – Bogor Utara, Bogor

Bogor merupakan salah satu kota yang terletak di provinsi Jawa Barat. Kota ini memiliki julukan “Kota Hujan” karena curah hujannya yang sangat tinggi. Terbukti kok, pas gue ke sono, hujannya deras dari siang sampai malam. Untung ga banjir soalnya kan dataran tinggi hehehe. Nah, kalau hujan begini kan jadinya terasa dingin gitu. Enaknya menyantap semangkuk soto yang hangat ditemani seporsi nasi dan segelas teh. Biar semua itu bisa terpenuhi, berkunjunglah gue ke salah satu penjual soto yang cukup tenar di masyarakat sekitar, yaitu Kedai Ibu Soto Rahayu.

img_1077-copy

img_1073-copy

img_1045-copy

Iseng Foto

Tempat makan ini sudah pasti fokus kepada soto-sotoan. Namanya aja sudah kedai soto, masa ga jualan soto? Anyway, Kedai Soto Ibu Rahayu udah punya banyak cabang di Bogor dan gue tetep memilih yang pertama kalinya buka, yang ada di Jalan Pajajaran biar keotentikan cita rasa sotonya terjamin. Suasananya sederhana banget, layaknya seperti rumah makan. Oke, mari kita coba makanan di sini!

img_0038-copy

img_0039-copy

Soto Bogor (Rp. 33.000,00)

Soto Bogor (Rp. 33.000,00)

Berbagai macam soto ditawarkan di sini. Pertama, gue pesen dulu soto asli sini, yaitu Soto Bogor. Sekilas ga beda jauh sama Soto Betawi karena kuahnya berwarna kuning tua dan menggunakan santan. Isinya juga sama, ada daging sapi, tomat, serta taburan daun bawang. Konsistensi kuahnya sedikit kental. Kelihatannya menggugah selera banget nih, langsung aja gue hap. Wow, gue ga nyangka bakalan selezat dan senikmat ini. Kuahnya meledak-ledak akan rasa, bumbunya sih mantep abis. Terus dagingnya sendiri empuk dan  ada rasanya juga karena direbus dalam waktu yang cukup lama. Seriously, one portion of rice is not enough!!

Soto Oseng (Rp. 35.000,00)

Soto Oseng (Rp. 35.000,00)

Selain Soto Bogor, ada juga yang namanya Soto Oseng. Yang ini mirip sama yang ada di Jakarta. Dagingnya dioseng dengan minyak dan bumbu, terus kuahnya juga terpisah. Rasanya cukup enak, dagingnya empuk, terus ga bikin leher gatel. Tau kan kalau soto oseng di Jakarta tuh banjir akan micin. Ga baik buat kesehatan! Tapi sayang, yang ini porsinya agak terlalu sedikit. Buat kuahnya, sama kayak kuah soto Bogor, which is fantastic!

Soto Goreng (Rp. 33.000,00)

Soto Goreng (Rp. 33.000,00)

Gue udah ga ngerti lagi sama Soto Goreng. Kok bisa ya suatu menu yang berkuah tapi ada nama ‘goreng’-nya??Ini bagian mana ya yang digoreng? Aturannya sih cuman daging sapinya yang bisa digoreng, tapi gue lihat ga kayak digoreng. Sepintas, ini mirip banget sama soto Bandung karena isinya ada lobak dan daging, lalu kuahnya bening. Setelah gue coba, bener-bener mirip soto Bandung! Rasanya gurih-gurih kaldu sapi gitu, tapi ga terlalu pekat. Seperti biasa, dagingnya empuk dan berasa. Lumayan enak juga ternyata, hitung-hitung melepas rasa rindu gue akan soto Bandung 😛

Es Teler (Rp. 19.000,00)

Es Teler (Rp. 19.000,00)

Abis makan yang panas-panas, di cuaca yang cukup panas pada saat itu, semangkuk Es Teler adalah pilihan yang tepat. Well, es teler yang ini beda dari biasanya karena esnya gak menggunung, bahkan ga keliatan. Tau sendiri kan kalau es teler di tenda gitu esnya sebanyak apa. Kalau isinya, tergolong lumayan banyak loh. Nangkanya, alpukatnya, kelapanya. Mmmmm seger!!

Syukurlah keputusan gue untuk bersantap di sini tidak sia-sia, karena gue suka banget sama rasa soto-soto yang ditawarkan. Ini gue nulis ulasan ini jadi kepengen makan sotonya lagi. Andai buka di daerah Tangerang atau Jakarta, pasti bakalan rame banget dan gue akan menjadi salah satu pelanggan setia.

Salam Cengli!


Kedai Soto Ibu Rahayu
Jl. Raya Pajajaran No. 117, Bogor Utara, Bogor
Telp: 0251 8316666

Kedai Soto Ibu Rahayu Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

0

1 Comment

Write a comment below...