Jalan Cibadak – Cibadak, Bandung

Halo Sobat Cengli! Gimana libur Lebarannya? Masih suasana libur begini gue pun masih bernostalgia sama makanan yang kemarin gue keroyok pas liburan. Ditengah maraknya kafe dan restoran kece di Bandung, gue lebih memilih makanan pinggir jalan yang murah merah dan tentunya cengli! Lokasi yang gue serbu saat itu adalah Jalan Cibadak. Pastinya udah pada tahu dong Sudirman Street Day & Night Market? Nah, gang Sudirman Street ada di Jalan Cibadak. Tapi karena makanan di Sudirman Street lebih gampang di-googling daripada makanan di Jalan Cibadak, jadi gue bahas Cibadak dulu yaa..

Jalan Cibadak kalau malam hari rruuuaaameeee banget sama pedagang kaki lima, and guess what? Banyak banget yang jualannya pakai B2! Nasi campur lah, babi panggang lah, samcian goreng lah, babi lada hitam lah, dan masih banyak lagi per-babi-an disana. Selain babi, swikee alias kodok juga buanyak! Tapi gue saat itu gak nyerbu babi doang, bisa keras pundak gue. Jadi ini highlight makanan yang gue coba :

Bola Obi Gardu Jati
Bagi yang sering makan Bola Obi di Paskal Food Market, pasti kaget liat harga Bola Obi di Cibadak. Satunya cuma seribu rupiah, Cyin! Makan deh tuh sampe serak..

20

Bola Obi – 1000/pcs

Bola Obinya kopong dan garing sempurna!

Nasi Campur 88
Seperti yang udah gue bilang sebelumnya, disini buanyak banget per-babi-an, nasi campur dengan nomor – nomor lainnya juga ada. Jadi don’t worry kalau nomor yang kalian incar lagi rame, pindah aja! Kali ini gue makan yang nomor 88. Liat si babi, menutupi nasi gue.. sampe terharu liatnya.. Tapi yang ini juga suka rame, jadi tips dari gue adalah pesen dulu, terus sambil nunggu bisa berburu babi-babi lain. Pengorbanan nungguinnya itu gak sia-sia. Babinya banyak banget, terus enak-enak semua. Cengli abis!

Nasi Campur (40 ribuan)

Nasi Campur (40 ribuan)

Ronde Alkateri
Dingin malem-malem? Yuk, ngeronde ajah!

23

Wedang Ronde – 12 ribu

Tukang ronde juga berjejeran disini, gak cuma Alkateri, tapi merek ini paling rame. Kalau rasanya sih menurut gue 11/12 lah sama yang lain. Harganya 12 ribu per porsi, bisa pilih pakai gula merah atau putih. Onde – ondenya kenyal banget, saking kenyalnya gak pengen gue telen, gue kunyah teruuusss..

Kuotie Santung Timur
YES! Kuotie ini juga ruameee buanget. Mereka cuma punya 2 meja yang masing-masing paling hanya cukup 4 – 5 orang. Mejanya pun selalu penuh. Abangnya pasti seneng kalau kita cuma take away, karena full banget coy! Tapi sayang sekali, gue orangnya pantang menyerah, gue kekeuh makan di tempat karena mau mendapatkan INI!

3

Acar Timun – all you can eat!

2

Bumbu pelengkap

Yep, acar timun, bawang putih, dan sambal sepuasnya!

Untuk Kuotienya si abang goreng pakai minyak goreng bersih dan menggunakan teflon! Kuotienya garing banget kulitnya, isinya juga banyak! Ah sedap..

4

Kuotie – 3 ribu/pcs

Celengan
INI DIA! Kalau ke-empat makanan diatas berstatus ‘kaki lima’, kalau ini berstatus ‘warung’. Jadi mereka punya tempat duduk di dalam rumah, gak terlalu banyak sih, tapi cukup nyaman dan bersih. Disini terkenal dengan berbagai masakan babinya, salah duanya Smoked Pork dan Pork Belly Crackle. Emang sih dua itu DABEST banget!

7

Smoked Pork – 28 ribu

Smoked Pork dimasak dengan tingkat kematangan yang sempurna banget, liat dagingnya masih ada sedikit merah, jadi empuk, disatu sisi dagingnya gak bau babi. Bumbunya asin dan manis.

9

Pork Belly Crackle – 38 ribu

10

Pork Belly Crackle – 38 ribu

Sedangkan Pork Belly Crackle adalah daging lapis samcian goreng yang dicocol ke sambal matah dan saus warna cokelat (gue gak tahu itu apa). Gile, ini juara banget, babinya krispi diluar, dan gak alot sama sekali, dan sambal matahnya pedas, gokiel!

12

Babi Cabe Garam – 30 ribu

Temennya Pork Belly Crackle ada Babi Cabe Garam. Teksturnya persis cuma ditambahi tepung dan tentu bumbunya pakai cabe dan garam. Gurihnya~~

15

Babi Lada Hitam – 30 ribu

Lalu Babi Lada Hitam juga gak kalah, lada hitam gue minta yang strong, nendang banget rasanya! Babinya so tender..

Makan babi terus bisa keras pundak, jadi gue pesan Capcay dengan tambahan Dorodok alias kulit babi. Sami mawon, pundak teteup keras! Tapi endes bok!

13

Capcay – 30 ribu

14

Dorodok – tambahan 5 ribu

Selain makan nasi dengan lauk babi, disini kalian juga bisa makan Bakmie. Hanya mengeluarkan 20 ribu udah bisa makan Bakmie dengan berbagai macam babi, ada babi cincang dan babi chasiu. Tekstur bakmienya mirip Bakmi GM, bentuknya juga agak pipih gitu. Dayuumm!

19

Bakmie Chasiu – 20 ribu

Apalagi hayo yang cengli??
Ini dia, kalau upload foto di Instagram, kita bisa dapat pudding 3 rasa secara cuma – cuma, uhuy! Harga aslinya 30 ribuan, tapi gue cuma tambah 10 ribu karena extra matcha ice cream. Super cengli!

17

Pudding & Eskrim Matcha – free (tambah 10 ribu untuk eskrim)

18

byur!

Lalu, minum apa disini? Gue minum Ice Cappuccino dan Ice Milk Tea. Awalnya meragukan, takutnya kayak cuma kopi saset diblender, ternyata enggak loh. Kopi dan susunya berasa banget, rekues-an gue untuk less sugar juga terpenuhi. Milk Tea-nya pun demikian.

11

Cappuccino & Milk Tea – @ 15 ribu

Nah itu dia 5 tempat makan yang jadi highlight di Jalan Cibadak versi makancengli. Sebenarnya masih buanyaaak lagi yang belom gue coba, seperti Samcian Goreng Epenk, Samcian yang legendaris. Pas gue kesitu antriannyaaa… neng gak kuat.

5

Samcan Goreng Epenk

Selain itu, berbagai macam Swike juga gue belom coba. Next time kalo kesini lagi bakal gue serbu semua! Sekian ulasan kali ini, semoga membantu ya!

Salam Cengli!


Jajanan Kaki Lima
Jalan Cibadak, Bandung, Jawa Barat

Celengan
Jalan Cibadak No. 260, Cibadak, Bandung
tlp : 087823454800

 

2

There are no comments

Write a comment below...