IKEA – Alam Sutera, Tangerang

Lah, kok ngulas IKEA? IKEA kan bukan restoran, tetapi tempat jualan barang-barang furniture dan lain sebagainya. Eits, tunggu dulu. Sebelum melanjutkan, gue kasih tau dulu nih. Emang bener IKEA itu jualan furniture dan kawan-kawannya, tetapi mereka juga punya restoran loh. Ini biar pelanggan bisa isi perut dulu sebelum menghabiskan tenaga berbelanja barang-barang. Itu langkah yang cerdas dan masuk akal.

Sobat Cengli pasti sudah pada tau kan kalau IKEA itu asalnya dari Swedia. Jadi makanan di sini berbau-bau Barat. Tenang saja, mereka juga punya makanan dari Indonesia loh. Nah, pesen makanannya ga kayak kebanyakan restoran yang mana orang duduk lalu lihat menu. Di sini, kita mesti antri sambil bawa trolley buat ambil makanan dan minuman, abis itu bayar di kasir deh.

Mushroom Cream Soup (Rp 15.000,00)

Mushroom Cream Soup (Rp 15.000,00)

Mari memulai dengan makanan pembuka, yaitu Mushroom Cream Soup. Kalau nge-lihat harganya sih, menurut gue super cengli. Gimana ngak, pake duit lembaran warna hijau saja sudah cukup, kembalian pula. Terus ambil supnya sendiri, jadi kalau niat, isinya sampe penuh banget. Buat rasanya, mmm sedap!! Jamurnya kerasa banget, lalu teksturnya juga creamy. Walau pun gue ngarepnya sedikit lebih kental, tapi ya sudah lah. CUMAN LIMA BELAS RIBU COY!!

Swedish Meatballs with Cream Sauce (Rp 40.000,00)

Swedish Meatballs with Cream Sauce (Rp 40.000,00)

Ga banget deh kalo Sobat Cengli ke IKEA, tapi ga pesen menu yang satu ini. Kudu pake wajib buat pesen Swedish Meatballs with Cream Sauce karena ini salah satu menu yang asalnya asli dari Swedia. Satu porsi berisi sepuluh (10) bakso sapi, mashed potato, saus krim, dan lingonberry sauce. Lah, kok ada lingonberry sauce sih? Awalnya gue juga bingung, kenapa ada itu saus. Tapi setelah mencoba barengan sama baksonya, ternyata nyambung juga loh rasanya. Asin, asam, dan manis jadi satu. Unik banget. Bakso di sini pake daging cincang, jadi lebih berserat dari bakso yang punya abang-abang punya. Jadi wajar kalau teksturnya sedikit kering. Tenang, saus krimnya tuh banyak banget, cukup buat nemenin si bakso-bakso. Mashed potato-nya juga sangat enak karena rasanya pas dan teksturnya lembut. Hidangan yang ini sih puasin banget.

Chicken Balls with Rice (Rp 30.000,00)

Chicken Balls with Rice (Rp 30.000,00)

Kalau gak suka bakso sapi, bisa beli Chicken Balls with Rice. Dari namanya saja ketauan kalau baksonya terbuat dari ayam. Jarang sih gue denger bakso dari ayam, baru kali ini saja. Satu porsi isinya sepuluh bakso juga. Terus gak pake mashed potato, tetapi pake aromatic rice. Gue sih sebut aja itu soalnya aroma nasinya wangi banget. Ada sausnya juga cuman gue kurang tau itu apa, rasanya agak asam. Lumayan suka sama hidangan ini. Rasa nasinya mirip dengan nasi briyani jadi berasa banget rempah-rempahnya. Makan bakso pake nasi sama sausnya itu… ahh nikmat…

Pasta with Tomato Sauce (Rp 20.000,00) + Sausage (Rp 10.000,00)

Pasta with Tomato Sauce (Rp 20.000,00) + Sausage (Rp 10.000,00)

Mau murah dan kenyang, pesen saja Pasta with Tomato Sauce. Pastanya berupa penne. Tekstur pastanya al dente. Porsinya gede juga loh, cukup bikin kenyang perut. Saus tomatnya sedikit terlalu asam buat selera gue. Jadi kalau ga mau asam-asam, bisa minta sausnya setengah saja. Tapi gue pikir, kayaknya rada gersang kalau piring gue cuman isi penne sama saus tomat. Ya udah gue beli juga sausage-nya buat menghias piring sama nambah gizi. Cocok banget deh itu sosis sama pastanya. Rasanya nikmat, kenyalnya juga sesuai selera. Sangat cengli!!

Ayam Bakar Taliwang (Rp 35.000,00)

Ayam Bakar Taliwang (Rp 35.000,00)

Kalau lidah Sobat Cengli ga suka sama makanan barat, nih gue saranin pesen Ayam Bakar Taliwang, salah satu menu asal Indonesia yang dijual oleh IKEA. Gue gak nyesel pesen ini karena rasanya cucok banget sama lidah Indonesia gue. Ayamnya empuk banget, bumbunya berasa, lalu pembakarannya juga sempurna jadi ga banyak gosongnya. Sambelnya itu loh, nagih abis. Memang sih pedes, tapi itu lah yang membuatnya disebut taliwang. Untung minum di sini bisa refill, jadi ga usah khawatir kehabisan air.

Cheese Cake (Rp 25.000,00)

Cheese Cake (Rp 25.000,00)

Phew, abis banyak makan main course, lanjut ke makanan penutupnya. Gue penasaran sama Cheese Cake-nya, jadi ambil saja deh satu. Di atasnya terdapat buah raspberry dan sedikit sarinya. Jujur, menurut gue sih penampilannya memang kurang menarik. Kayak kue yang sudah lama didiamkan begitu saja soalnya atasnya kayak ada putih-putih, mirip jamur di roti gitu. Pas gue cobain, ternyata rasanya tidak sesuai sama penampilannya karena enak banget. Rasa asin dari keju serta manisnya sangat seimbang. Ditambah lagi asam dari raspberry-nya membuat kue ini semakin lezat. Teksturnya cukup lembut, ya walau pun gue berharap lebih lembut dari itu. Gak apa-apa deh, toh gak mahal-mahal amat harganya 😛

Almond Butter Cake (Rp 20.000,00)

Almond Butter Cake (Rp 20.000,00)

Hati-hati buat penggemar cokelat, nanti bisa ketagihan sama Almond Butter Cake. Kue ini terdiri dari dua lapisan, yang atas campuran chocolate ganache dengan kacang almond dan yang bawah kue bolu cokelat. Tekstur dari kue ini sedikit berat dan padat. Rasa cokelatnya kaya dan otentik banget tapi tingkat kemanisannya sedikit melebihi selera gue. Kacang almondnya banyak juga dikasihnya dan ini menambah tekstur crunch ke dalam kue. Overall, a quite decent cake for sharing (atau buat sendiri juga boleh).

Faktanya adalah : setiap gue berkungjung ke sini, gak ada yang namanya sepi. Nyari tempat duduk saja butuh sedikit kesabaran dan ketelitian. Gak heran juga sih setelah melihat makanan serta minumannya. Rasanya enak, harganya juga gak terlalu mahal. Value for money mah udah terjamin banget. Nah, kalau ada yang nanya soal pelayanan, gue ga bisa jelasin juga sih karena di sini semuanya self-service (kecuali kasir). Pengunjung diajarkan untuk selalu membersihkan meja setelah makan, biar harga makanan tidak naik. Ya intinya, biar harganya tetap terjangkau, jangan males bersihin setelah makan ye.

Salam Cengli!


IKEA
Jl. Jalur Sutera Boulevard No. 45, Alam Sutera, Tangerang
Telp: 021 29853900

Restoran IKEA Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

3

3 Comments

  1. Hi there, There’s no doubt that your site may be having browser compatibility issues.
    Whenever I take a look at your website in Safari, it looks fine however, when opening in IE,
    it’s got some overlapping issues. I merely wanted to provide you with a quick heads
    up! Other than that, excellent site!

    Reply

Write a comment below...