Gyukatsu Motomura – Shibuya, Jepang

こんにちは、お元気ですか?
Kon’nichiwa, ogenkidesuka?

Halo semua, kali ini gue yang baru aja balik dari Nippon, mau kasih oleh-oleh dikit. Oleh-oleh yang hampir semua food blogger bawain kalo baru pulang dari Jepang, yaitu Gyukatsu Motomura!! Daging katsu setengah mateng ini hits banget ya, gak cuma di kalangan turis, tapi juga lokal. Sebelum gue dateng pun, gue uda research ke berbagai blog dan googling tentunya, lokasi mana yang pas sama itinerary gue. Kebetulan cabang mereka di Shibuya cocok nih sama gue. Gue saat itu dateng jam setengah 6 kondisi perut belum lapar sama sekali, liat antrian.. oh dikit ya.. ngobrol-ngobrol bentar.. sampe jam setengah 7, KOK GAK JALAN-JALAN YA???

Sedihnya, cabang yang Shibuya ini salah satu cabang yang kecil, cuma ada sekitar 9 kursi, SEMBILAN! Sedangkan yang Shinjuku lebih banyak 2x lipatnya. Tapi katanya sama aja sih.. sama-sama ngantri! Okeh gue masih sabar menunggu, dikala banyak orang berguguran.. *sambil teriak kesenengan*

Gue antri dari antrian outdoor kehujanan, sampe akhirnya bisa masuk ke step tangga yang indoor. Masih terus muter juga di tangganya.. sampai akhirnya gue bisa ngintip..

ya ampun.. cilik banget.. sampe terharu..

Jam setengah 8, AKHIRNYA AKU MASUK JUGA!!! Waktu di tangga ngantri, gue uda ditanyain mau pesan apa. Jadi begitu duduk, makanan langsung dateng. GILA SAYA SUDAH KELAPARAN!!

Kol gue yang menggunung, sedang disiapkan

YAY! Jadi saat di tangga, cici-cici pelayannya nawarin dengan bahasa yang ku tak mengerti, mereka ada pilihan porsi 130 gram atau 260 gram, dan mau pakai yam atau tidak. Yam itu apa? Awalnya gue juga gak tau, karena gak tau, jadi gue iseng coba aja. Untuk yam ada tambahan charge 100 yen. Btw, walaupun lapar, gue pesan porsi yang 130 gram saja, karena 260 gram terlalu banyak (gak deng.. kemahalan.. hihi)


GILA INI! Ini adalah daging katsu ter-umami yang pernah gue rasakan. Rasanya super gurih, dan teksturnya empuk seperti butter. Nikmat gila!

Gurih atau umami /uːˈmɑːmi/, yang secara populer merujuk pada rasa gurih atau lezat, merupakan salah satu bagian dari lima rasa dasar, dimana rasa dasar itu terdiri dari manis, asam, pahit, dan asin.

Seperti yang sudah kalian tahu, cara makan katsu ini agak berbeda. Jangan langsung dicaplok yah, ini masih setengah mateng. Tepat di depan mata kalian, ada grill personal, nah dagingnya kalian guling-gulingkan dulu di situ sampai tingkat kematangan yang kalian mau. ‘nyessssssssss’

Stop! Setelah mateng, jangan langsung dicaplok! Di depan kalian banyak cocolan!

Condiments

Saus cokelat di botol kaca itu enak buat disiram ke kol, atau daging juga boleh. Tapi kalau untuk daging, ada yang lebih spesial sausnya. Ini dia..

Cocolan

Saus yang cokelat tua itu rasanya lebih asam, supaya kita gak terlalu eneg sama daging yang berlebihan kali ya. Nah saus yang cokelat muda ini loh yang umami-nya kebangetan. Temen gue sampe bilang, perpaduan daging dengan saus ini, rasanya mirip Chitato!

….seperti apa ya ini

Yak ini dia, bagi yang penasaran, apa itu yam. Kata temen gue yang tinggal di Jepang, orang Jepang itu demen banget sama  condiments yang teksturnya ‘menye-menye’ berlendir seperti kuning telur, nato dan salah satunya grated yam ini. Ini sebenarnya adalah ubi Cina, yang diparut hingga berbentuk seperti pasta berlendir. Sebelum gue menuangkan semua yam 100 yen yang gue punya ini, temen gue suru gue icip dulu dan tuangnya dikit-dikit. Oke, setelah gue aduk dikit di nasi.. gue ga suka! HAHAHA! Aneh banget nasinya jadi lembek berlendir, gak pulen lagi. Tapi gue liatin orang Jepang di kanan kiri gue, mereka pasti pesan ini. So kalian yang penasaran, jangan ragu buat coba yam yah, gue sih ga suka tapi belum tentu kalian juga!

Saatnya membayar!

Di tempat yang super kecil ini, membuat gue ga bisa lewat kalo lagi ada yang bayar, hahaha. Oke untuk harga, Daging gue 130 gram harganya 1.300 yen, tambahan grated yam gue 100 yen, jadi total 1.400 yen! Kalau di rupiahkan harganya Rp 169.050. Agak sedikit mahal memang untuk makanan di Jepang yang biasa gue makan. Tapi dengan rasa yang super duper nikmat, sensasi menunggu yang dahsyat membuat gue dan teman-teman mempunyai quality time 2 jam yang sangat dalam, cara masak yang unik dan after-effect yang bikin bahagia.. ini CENGLI BANGET! Suwer kalian harus coba! Soalnya Neng Dara ex-2NE1 aja cobain, masa kalian engga?

sumber : Instagram @daraxxi

Sekian deh review makanan Jepang yang pertama, ditunggu yang lainnya ya!

Salam Cengli!


Gyukatsu Motomura
3-18-10 Shibuya | B1F Ono Bldg. 2-Gokan, Shibuya, Jepang
Telp :+81 3-3797-3735
Opening Hours : 11:00 am – 11:00 pm
1

There are no comments

Write a comment below...