Chung Hae Soo San – Senopati, Jakarta

Kalo gue sebut istilah “restoran Korea”, pasti kebanyakan Sobat Cengli langsung kepikiran Korean bbq yang isinya daging semua. Tapi restoran yang bakal gue bahas ini beda dari biasanya karena mereka tidak fokus di bbq-nya. Awalnya gue juga bingung, menu segede ini tapi bagian beef cuman berisi dua itemprime beef dan beef bulgogi. Oke, daripada pembukanya jadi panjang lebar, langsung aja gue mulai!

Lantai 1

Lantai 1

Lantai 2 (Ruangan Private)

Lantai 2 (Ruangan Private)

Nama restorannya Chung Hae Soo San dan berlokasi di Senopati. Kayaknya ini restoran lama deh, soalnya signage-nya udah pudar. Tapi kan blog ini emang tujuannya ngebahas tempat yang cengli, jadi ga mesti yang kekinian, hehehe. Restoran ini punya dua lantai, lantai bawah tipikal restoran Korea, kursinya gede-gede terus tiap meja ada grill sama exhaust fan. Kalo di lantai dua, lebih kece lagi karena makannya di dalam ruangan dan ruangannya punya TV dan toilet sendiri loh. Lumayan kalo rame-rame, bisa lebih private.

Hoi Deop Bap (Rp 95.000,00)

Hoi Deop Bap (Rp 95.000,00)

Apa sih Hoi Deop Bap? Jadi ceritanya ini hidangan yang isinya ikan mentah dan sayuran yang diaduk dengan saus dan nasi. Mirip salad tapi ini versi Korea. Berhubung temen gue ada yang puasa karbohidrat, jadi nasinya ga ikutan dicampur. Sayurannya seger banget, ikan kakapnya juga. Ga ada amis-amisnya sama sekali. Sausnya berasa asam manis gitu. Very tangy and refreshing!

Jap Chae (Rp 130.000,00)

Jap Chae (Rp 130.000,00)

Possibly the best jap chae I have ever tasted!! Kenyalnya pas banget di mulut, terus porsinya juga ga main-main! Rasanya sudah pasti sangat enak, apalagi ditambah irisan daging sapi yang super empuk. Gue jamin bakalan ketagihan!

Hae Mul Tang (Rp 380.000,00)

Hae Mul Tang (Rp 380.000,00)

Hidangan yang sangat amat seafood banget deh, mulai dari isi, aroma, dan rasa. Seafood-nya berlimpah banget, ada kerang bambu, kerang madu, kerang kapak, cumi, udang, dan rajungan. Gue cobain satu per satu dan semuanya fresh! Ga ada yang amis sama sekali. Seafood lover pasti ga akan kecewa coy! Tapi sayangnya kuahnya jadi ga berasa asem pedesnya soalnya seafood-nya terlalu banyak dan intense jadi ketutupan deh. Segi porsi, cengli lah soalnya bisa dibagi untuk delapan orang.

Chung (Medium : Rp 820.000,00), Hae (Medium : Rp 890.000,00)

Sebenernya ada dua piring gede sih, tapi gue cuman foto satu karena keduanya udah di-mix jadi penampilannya mirip-mirip. Untuk ukuran medium, bisa dialokasikan buat 3-4 orang. Ini adalah menu yang direkomendasikan oleh pelayan Chung Hae Soo San. Satu piring gede gini isinya banyak jenis sashimi, seperti tuna, salmon, swordfish, yellowtail, sampai kakap pun ada. Setiap ikan cara makannya beda-beda. Ada yang mesti dicelupin ke saus terus dibungkus rumput laut, ada juga yang langsung dimakan, terus juga ada yang mesti dimakan barengan dengan selada dan bawang putih. Tapi sumpeh, demi apa pun, semua ikannya segernya bukan main! Potongannya, teksturnya, bagus semua coy!

Nah, seporsi sashimi tadi itu sudah termasuk delapan jenis sidedish, tapi ga semuanya bisa nambah lagi karena ada beberapa item yang cukup ‘wow’. Ciyus, ini sidedish-nya tidak seperti restoran Korea pada umumnya. Cekidot!

Muneo Sukhoe / Octopus with Soy Sauce

Sidedish pertama : gurita! Disajiinnya bersamaan dengan saus berbahan dasar kecap asin. Nah, guritanya itu mentah loh, masih sedikit berlendir tapi tenang saja karena tidak amis dan rasanya pun enak. Ga bisa berhenti comotin nih..

Fresh Oyster

Sinseonhan Gul / Fresh Oyster

Lanjottt ke sidedish nomor dua, yaitu Fresh Oyster! Siapa sangka sih, bisa dapet kerang tiram segar sebagai sidedish? Kelihatannya menarik, kan?? Mungkin bagi Sobat Cengli yang belum pernah makan tiram dalam keadaan ‘mentah’, mendingan cobain satu dulu deh soalnya rasanya bener-bener tiram abis! Ga amis sih, tapi rasa alami dari tiramnya itu bener-bener kerasa. Tapi kalau masih penasaran, bisa dimakan dengan cocol ke saus mirip gochujang kok biar ada rasanya.

Apa ya ini??

Apa ya ini??

Yang ketiga ini…. apa ya sebutannya, gue nyari di Google juga ga ketemu. Maklum, kurang khatam dalam makanan Korea. Intinya ini sayuran terus ada keongnya sama dikasih saus. Enak juga, sayurnya crunchy and fresh, keongnya juga kenyalnya pas.

Eomukguk / Fishcake Soup

Eomukguk / Fishcake Soup

Nomor empat ada Fishcake Soup! Mirip sama oden yang dari Jepang, fishcake atau otak-otak dan tahu ikan yang direndam di dalam kuah kaldu ikan. Fix, gue suka sama yang ini! Kuahnya bening, terus rasanya enak banget, seimbang gitu antara manis, asin, dan rasa ikan. Tahu ikan sama otak-otaknya juga enak! Karena terlalu suka, gue sampe minta nambah lagi loh hahaha!!

Dahap-jjim / Baked Clams

Salah satu favorit gue juga. Kerang madu yang dagingnya diiris, lalu diaduk dengan wortel cincang dan dikasih mayonnaise, lalu dipanggang. Rasanya mirip sama mentai sauce, ada asam, asin, sama sedikit pedas. Teksturnya unik juga soalnya ada lembut sama grainy juga yang berasal dari cincangan-cincangan. Yummy!!

Twigim / Tempura

Twigim / Tempura

Nomor enam, ada tempuraTempura-nya pake udang sama ubi. Ternyata ga cuman Jepang ya yang punya tempura, Korea juga punya tempura. Garingnya oke, rasanya juga lumayan. Suka deh sama udangnya yang gendut dan fresh.

Godeungeo-gui / Grilled Mackerel

Godeungeo-gui / Grilled Mackerel

Gue rasa Sobat Cengli udah sering lihat mackerel. Mirip-mirip sama ikan kembung, artinya banyak tulang kecilnya. Katanya sih tulangnya boleh dimakan, tapi gue prefer buang tulangnya dari pada kenapa-kenapa sama leher gue. Ikannya ga amis, rasanya ya rasa ikan banget deh soalnya ga dipakein bumbu apa-apa.

Fritters

Fritters

Gue riset, fritters atau gorengan dalam bahasa Koreanya juga twigim ya, sama dengan tempura. Ya udah deh, ngikutin aja. Gorengan di sini dikasih dua jenis, yang satu pake ikan pari, satunya lagi pake timun. Hmm, yang ini paling biasa aja. Rasanya hambar, teksturnya juga kurang bagus, apa lagi penampilannya yang so-so.

Kesimpulannya? KENYANG MAMPUS! Gue bener-bener ga ngira sidedish-nya bakalan sebanyak ini, apalagi porsinya juga gede-gede. Padahal si pelayannya udah ngasih tau kalo bakalan banyak sidedish tapi kitanya juga yang kekeuh wkwk. Anyway, buat yang penasaran sama restoran Korea yang cukup berbeda ini, cus lah datengin di Senopati.

Salam Cengli!


Chung Hae Soo San
Jl. Senopati No. 49, Senopati, Jakarta
Telp : 021 21889061 ext:307

Chunghae Soosan Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

0

There are no comments

Write a comment below...