BASQUE – Kuningan, Jakarta

The whole package. Kira-kira itu yang gue bisa simpulin dari tempat ini. Bagi para Sobat Cengli yang pengen makan di tempat yang bagus, terus pengen foto yang bagus-bagus, lalu pengen makanannya enak juga, this place is for you!  Untuk menemukan tempat yang memiliki “the whole package” ini, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari gedung bernama Noble House Building. Setelah itu, naik deh ke lantai 8 dan di situlah restorannya berada. Cukup rumit, bukan??

IMG_7186 copy IMG_7175 copy

Oke, mari kita membahas tentang tempatnya ya. Ukurannya super luas dan dibagi menjadi beberapa bagian. Ada bar, kemudian ada yang dekat jendela jadi mejanya terang, ada yang bagian yang gelap banget. Kalau dekorasinya sudah pasti ala Spanyol donkNuansa kayu, furniture berwarna jingga, dan juga kaca sebagai atap yang membuat suasana ruangan jadi lebih terang dan hidup.

Yuk sekarang kita mulai bahas makanannya! Dari makanan cemal-cemil dulu yah.

Gamba Ajillo - 60K

Gamba Ajillo - 60K

Gamba Ajillo – 60K

Gamba Ajillo ini presentasinya cukup unik, karena disajikan dalam pan hitam yang sangat amat panas, jadi masih terjadi proses memasak. Di dalamnya ada udang, jamur shimeji, tossed with garlic oil. Rasanya tasty banget kalo menurut gue, lalu udang dan jamurnya dimasak dengan sangat baik sehingga masih juicy, bumbunya juga endes!

Cheese Platter - 125K

Cheese Platter – 125K

Sebelumnya sih agak ragu mau coba ini soalnya biasa kalau cheese platter, pasti baunya agak tajam dan gue kurang terbiasa sama aroma yang cukup pekat. Tapi ternyata ini beda loh, kejunya ada beberapa macam, memang masih ada aroma khasnya, tapi menurut gue masih enjoyable. Ditambah lagi, mereka ngasih saus kurma di sampingnya buat dimakan bareng kejunya. Mmm, jadi manis-manis enak gitu deh 😉

Grilled Ox Tounge - 45K

Grilled Ox Tongue – 45K

Mereka bilang ini lidah sapi ini telah melalu proses slow-cook selama 72 jam, lalu di-infused dengan wine dan cherry vinegar loh. Ox tongue-nya sendiri betul-betul lembut, hampir meleleh di lidah. Kalau soal rasa sih, jangan ditanya deh. Dimasak 72 jam, masa ga ada rasanya? Justru lidah yang ini bener-bener berasa banget, mirip sama rendang gitu.

Sekarang makanan beratnya:

Seafood Paella - 195K

Seafood Paella - 195K

Seafood Paella - 195K

Seafood Paella – 195K

Gue jatuh cinta waktu liat ini menu keluar, sampai-sampai, dari ga punya Instagram, gue dedikasikan foto pertama gue buat menu yang satu ini! HAHAHA *lebay*. Di atasnya paella ini ada udang, mussels, squid, dan makanan-makanan laut lainnya yang menggugah selera, dannnnn ga bau amis loh! Udangnya gede-gede, gendut-gendut, juicy and tender, terus musselsnya juga! Cantik bangeetts. Rasanya juga enak, bersih ga berkerikil. Risotto-nya lembut, creamy, rasanya menurut gue pas banget sampai-sampai kalau disuruh makan risotto-nya aja gue mau-mau aja :p Terus porsinya ini gede banget loh, bisa buat 2-3 orang.

Tandoori Lamb Cutlet - 180K

Tandoori Lamb Cutlet - 180K

Tandoori Lamb Cutlet – 180K

Ini presentasinya lucu sih. Porsinya juga lumayan besar. Jadi lamb-nya digoreng seperti chicken cutlet gitu, cuma mereka bumbuin pakai yogurt, honey mustard, dan spices. Luarnya garing, dalemnya cukup tender, tidak ada bau, dan sausnya enak!

Squid Ink Meloso with Fried Maitake - 105K

Squid Ink Meloso with Fried Maitake – 105K

Warnanya unik karena pakai squid ink. Ya basically ini itu risotto yang pakai squid ink. Risotto-nya sih not bad, cuman menurut gue masih ada bau-bau serta rasa amis sedikit, jadi buat yang ga tahan mungkin bisa cobain menu yang lain.

Spiced Steak with Cherry Tomato Salsa - 250K

Spiced Steak with Cherry Tomato Salsa - 250K

Spiced Steak with Cherry Tomato Salsa – 250K

Salah satu menu yang patut diacungi jempol. Short ribs ini diberikan berbagai macam bumbu dan rempah-rempah pada bagian luarnya jadi jangan kaget kalau warnanya ada hitam-hitamnya. Tenang saja, rasa pahitnya cuman sedikit kok. Kematangan daging lebih ke medium, jadi tingkat keempukan serta juiciness-nya terjamin. Kalo soal rasa, undoubtedly great!! Apalagi dimakan bareng cherry tomato salsa sama kentang gorengnya, super nikmat!

Abis makan, pengen hidangan penutup dong?

Crema Catalana - 45K

Crema Catalana – 45K

Wow, oke banget nih dessert-nya! Ceritanya ini creme brule versi Spanyol. Lapisan karamel padat di atasnya sempurna. Lihat deh warnanya, cantik banget. Tekstur custard-nya lembut, manisnya pas, dipadukan sama es krim pisang, bikin ketagihan banget!

Mille Crepes - 60K

Mille Crepes – 60K

Kalau dilihat dari jauh, si Mille Crepes sepintas kayak sepiring salad. Ternyata memang ini pesanan yang benar. Mille Crepes-nya dikirain ukurannya gede kayak sepotong kue, eh taunya dipotong seperti dadu lalu ditusuk dengan tusuk gigi. Kayaknya sengaja soalnya di sampingnya ada chocolate sauce-nya biar kayak fondue gitu. Tekstur dari crepes nya pas banget, ga terlalu lembek dan terasa sedikit padat. Buah-buahannya seger semua, mantap kali dah dessert yang satu ini.

Frangelico Tiramisu - 45K

Frangelico Tiramisu - 45K

Frangelico Tiramisu – 45K

Makanan penutup yang bernama Frangelico Tiramisu ini bener-bener niat banget disajiinnya! Luar biasa rapi dan banyak dekor yang butuh ketelatenan, contohnya bulatan bubuk cokelat yang ada di piring. Rasanya juga enak, creamy, soft, density-nya pas. Lalu espressonya juga berasa. Mereka pakai Frangelico liquor, cuma tenang aja, gak bakal bikin mabok dan ga terlalu kuat kok aromanya 😀

BASQUE bisa dibilang merupakan salah satu hidden gem yang ada di kota Jakarta. Tadinya Koko dan Cici Cengli sudah ga mau ke sini soalnya awalnya meragukan dan biasa aja, eh taunya it turns out to be extraordinary! Buat yang suka dan pengen menikmati makanan otentik Spanyol, monggo datang ke sini ya.

Salam Cengli!


BASQUE
Noble House Building, Lantai 8, Jl. Mega Kuningan Barat, Kuningan, Jakarta
Telp: 021 29783111

Basque Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

1

There are no comments

Write a comment below...