Angke – Kota, Jakarta

Nama blog kami yang agak oriental ini rasanya gak lengkap kalau belom mengulas restoran chinese paling fenomenal se-Jakarta! Siapa sih yang gak tahu Angke Restaurant??? Yap, mungkin ini restoran yang familiar dikalangan kakek dan nenek kita, gue sendiri sebagai anak muda (cie masih muda), agak aneh kalo ke sini gak sama keluarga atau bukan acara keluarga. Waktu gue dan teman-teman ke sini, emang hampir gak ada anak muda yang gak ditemani orang tua, kecuali gue, hihi.

Gue cukup sering makan di sini sama teman-teman, jadi ini kumpulan makanan dalam beberapa kali kunjungan. Kurang lebih gue tiap kali datang ber 6 – 8 orang. Mengapa gue perlu banget kasih tau gue datang berapa orang? Karena berhubungan dengan banyaknya porsi yang disajikan. Itulah keistimewaan mereka, mereka akan mencatat berapa orang di meja kita untuk disesuaikan dengan porsinya. Oleh karena itu juga lah mereka gak taruh harga di menu, karena harga pun menyesuaikan. Yok, langsung kita ngunyah!

Ngohiang
Ngohiang ini kesukaan salah satu teman kita, dan juga kesukaan kita semua! Ngohiang ini disajikan polos saja begitu, jadi kalo merasa seret, coba minta saus ngohiang. Rasanya mirip saus tomat, tapi lebih gurih. Colenak, dicocol enakkkk!

file_001-1

Ikan Gurame Tahu Tausi
Pas disajikan, gila kaget banget liat piringnya yang super lebar dan isinya yang tumpeh-tumpeh! Sumpe deh ini porsinya berlebihan banget! Ikannya digoreng garing, tapi gak kering. Lalu disiram dengan bumbu tahu tausi, kuahnya agak kental karena tepung maizena gitu deh..

img_7921

img_7920

Ikan Gurame Tahu Tausi

Cumi Goreng Cabe Bawang
Cumi goreng ini jarang gue pesan, hanya sebagai pelengkap saja. Baru sekali ini coba dan langsung jatuh cinta. Cuminya sama sekali gak alot, tepungnya keriuk-keriuk dan ditambah bumbu garing dari cabe bawang yang asin! DUH, aduk terus sama nasi!

img_7913

Cumi Goreng Cabe Bawang

Bistik Sapi
Ini juga bikin kaget karena porsinya aduhile… buanyak bener! Gue cukup amazed sama dagingnya yang empuk padahal digoreng kering. Tepungnya lebih tipis daripada cumi goreng, jadi dagingnya lebih kegigit gimanaaa gitu lho. Setelah digoreng, dilumuri bumbu yang rasanya agak manis asin gurih, ahh~~ digado enak~~

img_7910

img_7909

Bistik Sapi

NAH.. sekarang kita mulai ke bagian yang paling fenomenal sejagat raya! Menu-menu yang hampir selalu dipesan para penikmat Angke!

Bakmi Ulang Tahun
Ini dia bakmi yang selalu dipesan kalau ada yang ngerayain ulang tahun di sini! Penyajiannya bisa segabreg kayak foto di bawah, atau langsung minta dibagi-bagi ke mangkuk kecil. Ini enak banget parah, karena bakminya wangi banget, wangi semacam kuali yang smoky gitu deh.. hahaha. Ditambah daun kucai yang menambah warna sekaligus aromanya.

img_7918

img_7915

Bakmi Ulang Tahun

Ayam Rebus Minyak Jahe
Udah ngeces belom? masih ada Ayam Rebus nih, atau biasa disebut Pacamke. Makanan asli Hakka ini paling diagung-agungkan selain makanan terakhir yang bakal gue bahas. Selain enak, Pacamke juga sehat! Tekstur ayamnya super duper lembut, dan bumbu minyak jahenya sangat menggugah selera! Jahe dan bawang putihnya terasa banget, tapi gak bau mentah, jadi bagi yang hidungnya sensitif sama bahan masakan seperti ini, don’t worry! Itu bumbu jahenya bisa banget gue sirem-sirem ke nasi biar becyeeek~

img_7907

img_7904

Ayam Rebus Minyak Jahe

Lindung Cah Fumak
This is it! THE LEGEND..(wait for it)… DARY LINDUNG CAH FUMAK!
Makanan yang gak pernah lupa gue pesen, karena ini adalah makanan paling kondang di Angke! “Super sekali” kalo kata Mario Teguh. Lindungnya digoreng guaring banget, kulitnya kriuk-kriuk, walaupun sudah disiram bumbu yang basah. Lalu fumaknya gak kalah garing, ini sayur paling gak ngebosenin kalo dimakan. Batangnya aja gak alot! Sedikit dicampur bawang putih mentah iris, lalu disuap.. HAP! Rasanya pun tak terlupakan!

img_7925

img_7926

Lindung Cah Fumak

Kenyang banget gue.. terakhir ke sana perut uda mau meletus. Porsinya ajubileh! Nah, sekarang tinggal harganya. Gue rata-rata sih seorang ngeluarin duit 100-150 ribu untuk 4 – 5 macam lauk. Sudah termasuk nasi yang sepuasnya! Sekali lagi.. SEPUASNYA! Jadi kalo rasa-rasanya belom kenyang, minta nasi lagi aja aduk sama bumbu Pacamke dan Cumi Cabe Garam, hihihi!

Selamat mencoba ya, Sobat Cengli!

Salam Cengli!


Angke
Komplek Ketapang Indah, Jl. Zaenal Arifin, Kota, Jakarta
Telp: 021 6343030

Angke Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

1

3 Comments

  1. Wah ini restoran sih memang paling T-O-P kalo soal chinese food, memang tidak ada dua nya, setiap kali saya kesini, tidak pernah sepi, entah knp bisa kyk gitu.
    Saya sendiri paling suka sih Lindung cah Fumak nya, apalagi ditambah nasi yg bs nambah sepuas jidat. buset daahhh.
    Thx for the great review!

    Reply

Write a comment below...